Pengertian Sound Level Meter

√ Pengertian Sound Level Meter : Cara Menggunakan dan Fungsinya

Posted on

Empat Pilar –Pengertian Sound Level Meter : Cara Menggunakan dan Fungsinya. Dalam dunia akustik dan pemantauan lingkungan, Pengertian Sound Level Meter memiliki peran yang sangat penting. Alat ini dirancang untuk mengukur tingkat suara dengan akurasi, memungkinkan kita untuk memahami dampak polusi suara dan memastikan kepatuhan terhadap standar yang telah ditetapkan.

Dari pengaturan industri hingga area perumahan, memahami cara kerja sound level meter sangat penting untuk menjaga suasana yang harmonis. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi seluk-beluk sound level meter, aplikasi-aplikasinya, dan fitur-fitur kunci yang membuatnya menjadi alat yang sangat diperlukan.

Pengertian Sound Level Meter

Sound level meter merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk mengukur intensitas kebisingan. Pengukuran ini menjadi penting terutama saat suatu perusahaan menerapkan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (SMK3) atau standar ISO 45001.

Tingkat kebisingan harus diukur dengan cermat untuk melindungi para pekerja dari paparan berlebihan saat menjalankan tugas mereka di lingkungan perusahaan. Beberapa aspek pekerjaan tidak dapat terlepas dari kebisingan, seperti misalnya yang berasal dari kompresor, pompa, dan lain sebagainya.

Merujuk pada Keputusan Menakertrans No. 51 tahun 1999, terdapat tiga zona berdasarkan tingkat kebisingan:

  • Zona aman (di bawah 85 dBA)
  • Zona dengan perlindungan penutup telinga (ear plug) berkisar antara 85 – 95 dBA
  • Zona dengan perlindungan penutup telinga (ear muff) pada tingkat kebisingan di atas 95 dBA.

Untuk mengukur tingkat kebisingan ini, digunakanlah alat yang disebut sound level meter. Penggunaannya pun cukup sederhana, yakni dengan mengarahkan alat ini ke sumber suara pada tinggi sejajar dengan telinga, sehingga mampu menangkap tingkat kebisingan yang dihasilkan.

Di pasaran, terdapat berbagai merek sound level meter, salah satunya adalah merek Extech. Dalam kesempatan ini, kita akan mengulas spesifikasi sound level meter dari merek Extech, yakni tipe Extech HD600.

Bagian-Bagian Sound Level Meter

Sound Level Meter atau alat pengukur kebisingan adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur tingkat intensitas suara dalam satuan desibel (dB). Berikut ini adalah beberapa komponen utama dari Sound Level Meter:

1. Skala Indikator

Bagian ini menampilkan tingkat kebisingan dalam satuan desibel. Skala ini dapat menunjukkan apakah suara tersebut tenang, nyaring, atau bahkan berpotensi merusak pendengaran.

2. Mikrofon dengan Sirkuit Elektronik

  • Mikrofon:
    Merupakan komponen yang berfungsi untuk mengambil sampel suara dari lingkungan sekitar. Mikrofon ini harus sensitif terhadap berbagai frekuensi suara agar hasil pengukuran akurat.
  • Sirkuit Elektronik:
    Ini adalah bagian yang memproses sinyal dari mikrofon. Salah satu komponen dalam sirkuit ini adalah attenuator, yang berfungsi untuk mengurangi amplitudo sinyal agar sesuai dengan kapasitas alat.

3. Tiga Jaringan Respon Frekuensi serta Amplifier

  • Sound Level Meter biasanya memiliki beberapa pilihan respon frekuensi, seperti A, C, dan Z. Masing-masing jaringan respon ini meniru respon pendengaran manusia pada tingkat kebisingan yang berbeda. Oleh karena itu, standarisasi pada tiga jaringan respon frekuensi ini sangat penting untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat.
  • Amplifier, Berfungsi untuk meningkatkan sinyal yang diterima dari mikrofon sehingga dapat dibaca dan diolah dengan lebih mudah oleh alat.

4. LCD Panel

Ini adalah layar yang menampilkan informasi pengukuran, seperti tingkat kebisingan, skala pengukuran, dan pengaturan lainnya. LCD panel memudahkan pengguna untuk melihat hasil pengukuran dengan jelas.

Dalam penggunaannya, penting untuk memahami bagaimana setiap komponen bekerja agar pengukuran kebisingan dapat dilakukan dengan tepat. Selain itu, selalu pastikan bahwa alat berfungsi dengan baik dan telah dikalibrasi dengan benar sebelum digunakan.

Fungsi Sound Level Meter

Sound Level Meter (SLM) adalah alat yang digunakan untuk mengukur intensitas bunyi atau kebisingan di lingkungan. Ini sangat penting terutama dalam lingkungan industri, perkotaan, atau area lainnya di mana tingkat kebisingan mungkin mencapai ambang batas yang berbahaya bagi pendengaran manusia.

Manusia memiliki kemampuan mendengar yang terbatas pada frekuensi antara 20 Hz hingga 20.000 Hz. Meski demikian, eksposur terhadap suara berfrekuensi di luar rentang ini atau pada level yang terlalu tinggi dalam rentang tersebut bisa merusak pendengaran.

Baca Juga :  Pengertian dan Fungsi Ergonomis Secara Lengkap

Berikut adalah fungsi lebih lanjut dari Sound Level Meter:

  1. Mengukur Intensitas Bunyi:
    Ini adalah fungsi dasar dari SLM, yaitu mengukur seberapa keras suatu bunyi dalam satuan desibel (dB). Dengan begitu, kita dapat mengetahui apakah suatu sumber suara melewati batas keamanan atau tidak.
  2. Menjaga Lingkungan Industri:
    Dalam lingkungan industri, ada mesin dan alat berat yang menghasilkan bunyi yang sangat keras. SLM memastikan bahwa tingkat kebisingan tetap dalam batas yang aman bagi pekerja dan tidak mengganggu lingkungan sekitarnya.
  3. Analisis Dampak Bunyi:
    Dengan SLM, kita dapat menilai seberapa besar dampak kebisingan dari sumber suara tertentu ke lingkungan sekitarnya. Hal ini penting, terutama saat akan mendirikan fasilitas industri atau sumber suara lainnya di dekat pemukiman penduduk.
  4. Verifikasi Level Suara:
    Dalam beberapa kasus, seperti perizinan atau regulasi, mungkin diperlukan verifikasi tentang tingkat kebisingan. SLM dapat memberikan data yang akurat untuk tujuan ini.
  5. Pencegahan Gangguan Pendengaran:
    Penggunaan SLM dapat mengurangi risiko kerusakan pendengaran. Dengan mengetahui level suara yang berbahaya dan mengendalikannya, kita dapat melindungi pendengaran dari potensi kerusakan.

Dengan demikian, Sound Level Meter adalah alat yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan antara kebutuhan industri dan kesehatan pendengaran manusia. Tanpa SLM, risiko kerusakan pendengaran dan gangguan lain yang disebabkan oleh kebisingan akan meningkat pesat.

Cara Kerja Sound Level Meter (SLM)

Sound Level Meter atau SLM adalah sebuah alat yang dirancang khusus untuk mengukur tingkat kebisingan di lingkungan. Prinsip kerjanya didasarkan pada penggunaan mikrofon untuk mengkonversi gelombang suara menjadi sinyal elektrik yang kemudian diolah untuk mendapatkan tingkat kebisingan dalam satuan desibel (dB).

Berikut adalah cara kerja Sound Level Meter secara lebih rinci:

  • Mikrofon Kondensor Elektrik: Pada ujung SLM terdapat mikrofon kondensor elektrik yang berfungsi untuk menangkap gelombang suara dari lingkungan. Mikrofon ini sensitif terhadap perubahan tekanan udara yang disebabkan oleh gelombang suara.
  • Rangkaian Filter: Setelah sinyal elektrik diterima oleh mikrofon, sinyal ini lalu dimasukkan ke dalam rangkaian filter. Fungsi dari filter ini adalah untuk memisahkan suara-suara yang memiliki frekuensi tertentu sesuai dengan standar yang diinginkan, misalnya untuk membedakan antara suara berfrekuensi rendah, menengah, dan tinggi.
  • Amplifier: Sinyal yang telah difilter kemudian dikuatkan oleh amplifier. Hal ini dilakukan agar sinyal menjadi lebih jelas dan mudah untuk diolah lebih lanjut.
  • Integrator dan Sirkuit: Setelah sinyal dikuatkan, sinyal ini dimasukkan ke dalam integrator dan sirkuit lainnya untuk mengkonversinya menjadi nilai desibel. Integrator berfungsi untuk mengukur energi total dari sinyal suara selama periode waktu tertentu.
  • Tampilan Hasil: Hasil pengukuran dalam satuan desibel kemudian ditampilkan pada layar alat, memberikan informasi langsung tentang tingkat kebisingan di lingkungan tersebut.
  • Mikrofon Terarah: Ada jenis SLM yang menggunakan mikrofon terarah, yang memungkinkan pengguna untuk mengukur kebisingan dari arah tertentu dengan lebih akurat.
  • Pengecekan Alat: Sebelum menggunakan, pastikan SLM dalam kondisi baik. Periksa baterai dan pastikan alat sudah dalam posisi menyala. Jika ingin menghubungkan dengan perangkat lunak, gunakan kabel yang sesuai untuk mentransfer data ke perangkat lunak sehingga data dapat ditampilkan dan dianalisis lebih lanjut.

Penggunaan Sound Level Meter sangat penting, terutama di lingkungan industri, untuk memastikan bahwa tingkat kebisingan tetap di bawah ambang batas yang diizinkan dan tidak membahayakan pendengaran pekerja. Pengukuran harus dilakukan secara berkala dan dengan benar agar mendapatkan data yang akurat.

Cara Menggunakan Sound Level Meter

Sound Level Meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tingkat kebisingan suara dalam satuan decibel (dB). Penggunaannya tidak begitu rumit, tapi ada beberapa hal yang harus Kalian perhatikan untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat. Berikut adalah langkah-langkah penggunaan Sound Level Meter:

  1. Kalibrasi Alat: Sebelum Kalian mulai mengukur, penting untuk melakukan kalibrasi. Hal ini untuk memastikan bahwa alat memberikan pembacaan yang akurat. Kebanyakan Sound Level Meter dilengkapi dengan alat kalibrasi yang dapat Kalian pasang pada microphone. Pastikan alat dikalibrasi dengan baik, biasanya pada level 114 dB (A). Kalibrasi yang baik biasanya mencapai 90% ke atas.
  2. Menentukan Range dan Satuan: Setelah kalibrasi, tentukan range pengukuran dan satuan yang akan digunakan. Biasanya, satuan yang digunakan adalah dB.
  3. Pemasangan Windscreen: Windscreen berfungsi untuk mencegah suara angin masuk ke dalam microphone. Ini penting agar hasil pengukuran tidak terganggu oleh suara angin. Selain itu, windscreen juga bisa mencegah debu masuk, terutama jika Kalian melakukan pengukuran di tempat yang berdebu.
  4. Arahkan Microphone: Letakkan atau arahkan microphone langsung ke sumber suara yang ingin diukur. Pastikan tidak ada halangan antara sumber suara dan microphone.
  5. Pembacaan Hasil: Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Sound Level Meter akan menunjukkan tingkat kebisingan dalam satuan dB. Catat hasilnya.
Baca Juga :  Pengertian Gambar Kerja : Fungsi, Syarat dan Contohnya Lengkap

Jangan lupa, selalu rujuk pada manual pengguna jika Kalian menggunakan tipe Sound Level Meter tertentu karena mungkin ada instruksi khusus yang harus diikuti. Selamat mengukur dan pastikan selalu menjaga alat Kalian agar tetap dalam kondisi baik!

Penutup

Dalam rangkuman, Sound Level Meter adalah alat yang esensial dalam pengukuran intensitas suara, memastikan kita dapat memahami dan mengukur tingkat kebisingan di lingkungan kita. Memahami pengertian dan fungsi dari Sound Level Meter memberi kita kesempatan untuk menjaga kualitas hidup yang lebih baik, menjaga kesehatan telinga, dan mencegah kerusakan yang mungkin disebabkan oleh suara berintensitas tinggi. Sebagai masyarakat yang peduli akan lingkungan dan kesehatan, kita perlu lebih memperhatikan alat ini dan memahami pentingnya dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *