Alat Musik Arumba Dimainkan Cara

Alat Musik Arumba Dimainkan Cara? Simak Penjelasannya

Posted on

Empat Pilar – Alat Musik Arumba Dimainkan Cara? Simak Penjelasannya. Alat musik arumba adalah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Sulawesi Utara. Alat musik ini terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara dipukul. Arumba memiliki suara yang khas, yaitu perpaduan antara suara bambu dan suara pukulan.

Arumba dimainkan dengan cara dipukul pada bagian tengahnya. Pukulan dapat dilakukan dengan menggunakan tangan atau dengan menggunakan alat pemukul khusus. Pukulan yang dilakukan dengan tangan biasanya menghasilkan suara yang lebih lembut, sedangkan pukulan yang dilakukan dengan menggunakan alat pemukul khusus akan menghasilkan suara yang lebih keras.

Untuk memainkan arumba, pemain harus memiliki koordinasi tangan yang baik. Hal ini karena arumba dimainkan dengan cara memukul pada bagian tengahnya, sehingga pemain harus dapat mengontrol kekuatan dan arah pukulannya.

Alat Musik Arumba Dimainkan Cara?. Alat musik ini sering digunakan untuk mengiringi tarian-tarian tradisional Minahasa, seperti tarian kabasaran dan tarian sakalele.

Alat Musik Arumba

Arumba adalah sebuah grup musik yang menggunakan alat musik yang terbuat dari bambu. Musik ini biasa dimainkan oleh sekelompok anak-anak muda yang sedang bertugas ronda malam. Alat musik ini berasal dari Desa Margoyoso, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Arumba Margoyoso memiliki ciri khas tersendiri, yaitu menggunakan alat musik bambu yang terbuat dari bambu wulung. Bambu wulung memiliki nada yang lebih berat dan bulat jika dibandingkan dengan bambu hitam atau bambu ori. Hal ini membuat suara Arumba Margoyoso terdengar lebih khas dan unik.

Arumba Margoyoso awalnya hanya dimainkan untuk kegiatan ronda malam. Namun, seiring berjalannya waktu, musik ini juga mulai dimainkan pada acara hajatan seperti pernikahan, sunatan, ulang tahun, dan lain-lain.

Arumba juga dikenal sebagai ansambel musik yang berasal dari Jawa Barat. Arumba Jawa Barat memiliki ciri khas tersendiri, yaitu menggunakan alat musik bambu yang terbuat dari bambu awi. Bambu awi memiliki nada yang lebih tinggi dan jernih jika dibandingkan dengan bambu wulung. Hal ini membuat suara Arumba Jawa Barat terdengar lebih ceria dan meriah.

Arumba Jawa Barat diperkirakan sudah ada sejak tahun 1960-an. Musik ini dikembangkan dari alat musik angklung oleh Daeng Sutisna pada tahun 1938.

Alat Musik Arumba Dimainkan Cara?

Alat Musik Arumba Dimainkan Cara digoyangkan. Alat musik ini terbuat dari bambu dan terdiri dari berbagai ukuran. Semakin besar ukuran bambu, maka semakin rendah nada yang dihasilkan.

Cara memainkan arumba adalah dengan memegang wadah berisi bambu dengan tangan kanan, kemudian menggoyangkan wadah tersebut ke depan dan ke belakang. Goyangan tersebut akan menyebabkan bambu-bambu bergetar dan menghasilkan suara.

Arumba biasanya dimainkan dengan cara berkelompok. Setiap pemain memainkan satu atau lebih bambu. Untuk menghasilkan melodi yang indah, pemain arumba harus memiliki keterampilan dan koordinasi yang baik.

Berikut adalah langkah-langkah memainkan alat musik arumba:

  • Siapkan wadah berisi bambu. Wadah ini biasanya terbuat dari kayu atau plastik.
  • Pegang wadah dengan tangan kanan.
  • Goyangkan wadah ke depan dan ke belakang.
  • Sesuaikan kekuatan goyangan untuk menghasilkan nada yang diinginkan.

Tips Memainkan Alat Musik Arumba :

  1. Berlatihlah secara rutin untuk meningkatkan keterampilan dan koordinasi.
  2. Mulailah dengan memainkan satu bambu terlebih dahulu.
  3. Setelah menguasai satu bambu, barulah mulai memainkan beberapa bambu sekaligus.
  4. Pelajari cara menghasilkan nada yang berbeda dari setiap bambu.

Fungsi Alat Musik Arumba

Arumba adalah alat musik ansambel yang terbuat dari potongan bambu yang dibunyikan dengan cara dipukul. Musik Arumba diperkirakan berasal dari Jawa Barat dan telah ada sejak tahun 1960-an. Musik ini dikembangkan dari alat musik angklung.

Arumba memiliki berbagai fungsi dan peran dalam kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya suku Batak di Sumatra Utara. Berikut beberapa fungsi Arumba:

Baca Juga :  Alat Musik Jimbe Dimainkan dengan Cara? Tips Lengkap

1. Alat musik tradisional

Arumba digunakan sebagai alat musik tradisional pada berbagai upacara adat seperti perkawinan, penyembelihan hewan kurban, atau upacara pemakaman. Arumba juga sering dimainkan dalam acara-acara adat lainnya seperti pesta panen, syukuran, atau acara keagamaan.

2. Sarana komunikasi

Dalam kepercayaan masyarakat Batak, Arumba juga dianggap sebagai sarana komunikasi antara manusia dengan alam gaib dan roh leluhur. Arumba sering dimainkan dalam ritual-ritual adat untuk memohon perlindungan dan berkah dari para leluhur.

3. Hiburan

Arumba sering dimainkan sebagai alat musik dalam tari-tarian tradisional seperti Tortor dan Sipitu Cawan yang bertujuan sebagai hiburan. Arumba juga sering dimainkan dalam acara-acara non-adat seperti pesta rakyat, festival, atau acara keluarga.

4. Edukasi

Melalui Arumba, generasi muda dapat belajar tentang sejarah, budaya, dan nilai-nilai tradisional suku Batak. Arumba sering diajarkan di sekolah-sekolah dan komunitas-komunitas budaya sebagai bagian dari upaya pelestarian budaya Batak.

5. Musik modern

Kini, Arumba juga sering digunakan dalam musik modern seperti jazz, pop, dan rock, dan menjadi salah satu instrumen musik yang diminati oleh para musisi. Arumba memberikan warna dan nuansa yang khas pada musik modern.

6. Identitas budaya

Arumba juga merupakan bagian penting dari identitas budaya suku Batak dan menjadi simbol kekayaan budaya Indonesia. Arumba sering ditampilkan dalam berbagai acara budaya baik di dalam maupun luar negeri untuk memperkenalkan budaya Batak kepada masyarakat luas.

Susunan Musik Arumba

Setelah mengetahui penjelasan Alat Musik Arumba Dimainkan Cara apa? nah selanjutnya arumba adalah ansambel musik yang terdiri dari berbagai alat musik bambu. Susunan alat musik Arumba yang umum saat ini adalah sebagai berikut:

  1. Angklung Solo
    Angklung solo adalah satu set angklung yang biasanya terdiri dari 31 buah. Angklung ini dimainkan oleh satu orang saja, sehingga pada satu saat, hanya dua angklung yang bisa digetarkan. Angklung solo berfungsi untuk memainkan melodi lagu.
  2. Gambang Melodi
    Gambang melodi adalah gambang yang membunyikan melodi lagu. Gambang ini dimainkan oleh satu orang dengan dua pemukul. Gambang melodi berfungsi untuk mengisi suara angklung solo.
  3. Gambang Pengiring
    Gambang pengiring adalah gambang yang bertugas menghasilkan suara akord. Gambang ini dimainkan oleh seorang pemain dengan empat pemukul. Gambang pengiring berfungsi untuk memperkuat irama lagu.
  4. Bass Lodong
    Bass lodong adalah tabung-tabung bambu besar yang dipukul untuk memberi nuansa nada rendah. Bass lodong berfungsi untuk menghasilkan suara dasar lagu.

Selain alat musik-alat musik di atas, ada juga beberapa alat musik lain yang sering digunakan dalam musik Arumba, seperti:

  • Calung
    Calung adalah alat musik bambu yang dimainkan dengan cara dipetik. Calung dapat digunakan sebagai pengiring lagu atau sebagai alat musik solo.
  • Suling
    Suling adalah alat musik tiup yang terbuat dari bambu. Suling dapat digunakan untuk memainkan melodi lagu.
  • Kendang
    Kendang adalah alat musik membranofon yang terbuat dari kulit kambing. Kendang berfungsi sebagai pembawa irama lagu.
  • Bonang
    Bonang adalah alat musik perkusi yang terbuat dari logam. Bonang berfungsi sebagai pengiring lagu.
  • Saron
    Saron adalah alat musik perkusi yang terbuat dari logam. Saron berfungsi sebagai pengiring lagu.
  • Rebab
    Rebab adalah alat musik gesek yang terbuat dari kayu dan kulit. Rebab berfungsi untuk memainkan melodi lagu.

Penutup

Alat Musik Arumba Dimainkan Cara dipukul menggunakan alat yang terbuat dari kayu atau bambu. Bagian tengah arumba yang biasanya dipukul. Namun, apabila bagian sisi-sisinya dipukul, alat musik ini juga bisa menghasilkan suara yang berbeda.

Arumba biasanya digantungkan dengan tali pada sebuah palang horizontal. Arumba mempunyai jenis bunyi ideofon, yaitu bunyi yang berasal dari bahan dasarnya. Alat musik ini memiliki dua jenis ukuran, yaitu ukuran kecil dan besar.

Arumba dimainkan secara berkelompok, biasanya terdiri dari beberapa alat musik lainnya, seperti angklung, gambang, dan gendang. Ansambel arumba biasanya membawakan musik-musik tradisional Jawa Barat, seperti jaipongan, degung, dan calung.

Baca Juga :  Pengertian Musik Atonal : Ciri dan Kelebihannya Secara Lengkap

Alat musik arumba mudah dipelajari dan dimainkan, sehingga cocok untuk semua kalangan. Selain itu, arumba juga merupakan alat musik yang harganya terjangkau. Oleh karena itu, arumba sangat populer di kalangan masyarakat Jawa Barat.

Semoga artikel mengenai Alat Musik Arumba Dimainkan Cara? dari empatpilar.com ini bermanfaat bagi Kalian. Jika Kalian tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang alat musik arumba, Kalian dapat mencari informasi di internet atau bertanya kepada para ahli di bidang musik tradisional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *