Arah Satelit Asiasat 9

Arah Satelit Asiasat 9 [Ninmedia] Yang Tepat dan Sesuai

Posted on

Empat Pilar – Arah Satelit Asiasat 9 [Ninmedia] Yang Tepat dan Sesuai. Apakah Kalian sedang mencari arah satelit Asiasat 9 yang tepat dan sesuai untuk Ninmedia Kalian? Jika ya, Kalian telah datang ke tempat yang tepat.

Setelah membaca panduan ini, Kalian akan memiliki semua informasi yang Kalian butuhkan untuk menyetel satelit Kalian dengan mudah dan efektif.

Mengenal Satelit Asiasat 9 [Ninmedia]

Nama Ninmedia sedang menjadi topik yang hangat diperbincangkan akhir-akhir ini, dengan sekitar 2000 volume pencarian per bulan di Google.

Ninmedia adalah perusahaan penyedia layanan TV satelit yang tidak membebankan biaya bulanan untuk menikmati berbagai channel menarik bagi keluarga di Indonesia.

Ninmedia berorientasi pada pengembangan ekosistem untuk penyiaran channel FTA atau Free to Air melalui satelit.

Salah satu kelebihan Ninmedia adalah sebagai channel nasional yang lengkap dibandingkan dengan penyedia layanan TV lainnya.

Selain itu, peralatan yang digunakan cukup murah, terutama parabola yang ukurannya kecil sehingga mudah digunakan. Bahkan, parabola bekas pun masih dapat digunakan.

Saat ini, Ninmedia menjadi salah satu channel yang dijadikan sebagai pelengkap atau LNB kedua oleh pengguna PlayTV Ku-band dengan menggunakan parabola mini.

Yang penting, mayoritas channel Ninmedia dapat ditonton tanpa acakan meskipun menggunakan receiver.

Hal ini disebabkan frekuensi yang dipakai masih menggunakan mode mpeg4 SD sehingga dapat ditrack meskipun belum bisa mendapatkan mode HD. Lebih dari itu, dua transponder di Asisat 9 juga telah aktif mengudara.

Posisi Arah Satelit Asiasat 9

Titik koordinat satelit Asiasat 9 berada di posisi 122 °E dan tepat di atas wilayah udara propinsi Sulawesi Tengah. Oleh karena itu, jika Anda berada di wilayah tersebut, arah disk parabola mini harus menghadap ke atas.

Anda dapat menggunakan posisi titik koordinat satelit Asiasat 9 sebagai patokan untuk mengarahkan disk parabola. Jika daerah Anda berada di sebelah barat titik koordinat 122 °E, arah disk parabola akan miring ke timur. Semakin ke barat posisi daerah Anda, disk parabola akan semakin miring ke timur.

Sebaliknya, jika posisi Anda berada di sebelah timur garis bujur Asiasat 9, arah disk parabola akan miring ke barat. Untuk wilayah pulau Jawa, arah disk parabola sedikit miring ke utara atau timur laut agar mudah menerima sinyal dari satelit Asiasat 9.

Berikut tabel Arah Satelit Asiasat 9 :

LokasiArahKeterangan
Jawa, Bali, Sulawesi SelatanTimur lautArah Jam 1
Sumatra bagian selatan, Kalimantaan Tengah dan Kalimantar SelatanTimur laut Cenderung Ke UtaraArah Jam 2
Bumatra bagian tengan, Kalimantan Barat dan Kalimantaan TimurTimurArah Jam 3
Aceh, Sumatra Utara, Kalimantan UtaraTenggara Cenderung Ke TimurArah Jam 4
Nusa Tenggara Timur, Selawesi TenggaraUtaraArah Jam 12
Sulawesi Tengah, GorontaloBebas,Tinggal Mengatur Arah Konektor Saja-
Sulawesi UtaraBarat DayaArah Jam 8
Ambon, PapuaBarat LautArah Jam 10
Maluku UtaraSelatanArah Jam 9

Arah diatas tidak mutlak adanya. Melainkan perkiraan untuk acuan tracking. Jadi kalau mau mentracking ulang tinggal diarahkan saja di daerah satelit berada. Kalau sudah terlock kita tinggal memaksimalkannya saja.

Frekuensi Terkuat Asisat 9 Ku Band

Untuk kalian yang ingin melakukan pelacakan sinyal satelit Asiasat 9, berikut adalah daftar frekuensi terkuat Asiasat 9 ku band. Kalian bisa menggunakan salah satu frekuensi tersebut sebagai referensi dalam melacak sinyal Asiasat 9 ku band:

Frekuensi TransponderPolaritasSymbol Rate
12269V2521
11415V45000
12320V2850
12655V45000
12367V3000

Frekuensi Ninmedia Terbaru di Asiasat 9

Ninmedia dan Tiviplus melakukan migrasi dari Chinasat 11 ke Asiasat 9, yang menyebabkan siaran hilang karena gangguan transmisi pada transponder Chinasat 12560 V 43200. Oleh karena itu, keputusan tersebut diambil.

Baca Juga :  XL Home Vs IndiHome Pilih Mana ? : Ketahui Selengkapnya

Jika kamu masih tidak bisa mendapatkan siaran, kamu bisa melakukan repointing parabola dan memasukkan frekuensi Ninmedia di Asiasat 9.

Frekuensi Ninmedia di Asiasat 9 adalah 12415 V 45000 pada satelit Asiasat 9 dengan posisi 122°E dan 12655 V 45000 pada satelit Asiasat 9 dengan posisi 122°E.

  • Frekuensi Ninmedia 12415 V 45000

Nama SatelitAsiasat 9
ProvideNinmedia
Posisi Koordinat122 °E
Jenis FrekuensiKu band
Frekuensi LNBUniversal / 9750 - 10600
Frekuensi Transponder12415
PolaritasVertikal (V)
Symbol Rate45000
FEC5-May
SystemDVB-S2 8PSK
Format VideoMPEG-4 / SD
  • Frekuensi Ninmedia 12655 V 45000

Nama SatelitAsiasat 9
ProvideNinmedia
Posisi Koordinat122 °E
Jenis FrekuensiKu band
Frekuensi LNBUniversal / 9750 - 10600
Frekuensi Transponder12655
PolaritasVertikal (V)
Symbol Rate45000
FEC5-May
SystemDVB-S2 8PSK
Format VideoMPEG-4 / SD

Cara Tracking Satelit Asiasat 9 Ku Band

Arah Satelit Asiasat 9, cara melacak satelit Asiasat 9 pada ku band:

  1. Mulailah dengan memasukkan frekuensi terkuat dari satelit Asiasat 9 sebagai acuan.
  2. Kendurkan baut pengatur elevasi atau sudut kemiringan disk parabola.
  3. Pastikan disk parabola dapat bergerak dengan bebas.
  4. Arahkan disk parabola mini Anda ke atas seperti payung terbalik.
  5. Jika Anda berada di wilayah barat titik koordinat Asiasat 9, gerakkan disk ke arah timur secara perlahan hingga muncul sinyal pada indikator sinyal di receiver.
  6. Untuk Anda yang berada di wilayah timur dari titik koordinat Asiasat 9, gerakkan disk parabola miring ke barat secara perlahan sampai didapatkan sinyal dari satelit Asiasat 9.
  7. Jika Anda masih kesulitan melacak sinyal Asiasat 9, Anda dapat memutar disk parabola Anda sedikit ke arah utara atau serong ke utara.
  8. Setelah sinyal sudah bisa diterima dengan maksimal, kencangkan kembali baut pengatur sudut elevasi antena parabola agar tidak mudah berubah.

Mengapa Gagal Tracking Satelit Asiasat 9?

Setelah mengetahui Arah Satelit Asiasat 9, seringkali siaran Ninmedia bermasalah walaupun sudah melakukan tutorial untuk menangkap sinyal. Namun, jangan khawatir karena freqnesia akan membahas beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab masalah ini sekaligus solusinya:

1. Arah kurang tepat

Jika intensitas sinyal sudah naik namun kualitas sinyal belum dapat, kemungkinan arah kurang tepat. Gunakan alat pencari sinyal satelit atau panggil teknisi apabila kesulitan.

2. Tiang tidak tegak lurus

Untuk mendapatkan arah yang tepat, tiang parabola harus tegak lurus. Gunakan waterpass untuk mendapatkan posisi yang tepat. Hal ini akan memudahkan saat mengeser-geser parabola.

3. Terhalang sesuatu

Kesalahan umum pemula adalah meletakkan parabola di lokasi yang tidak tepat. Pastikan antena parabola tidak terhalang tembok atau pepohonan, dan sebaiknya diletakkan di atap. Pangkas dahan-dahan kecil yang dirasa menghalangi datangnya sinyal dari satelit.

4. Alat tempur belum terpasang dengan baik

Jika intensitas sinyal masih 0%, kemungkinan alat tempur belum terpasang dengan baik. Solusinya harus mengecek alat satu per satu, baca di Cara Mencari Sinyal Parabola yang Hilang.

5. LNB kurang sensitif

Jika semua alat penangkap sinyal terpasang dengan baik namun masih gagal lock Asiasat 9, kemungkinan LNB kurang sensitif. Tandanya adalah intensitas sinyal sudah naik namun kualitas sinyal mentok (tidak bisa >60%). Untuk mengatasinya, harus mengganti dengan LNB baru.

6. Parabola kurang besar

Secara teori, Asiasat 9 bisa ditangkap dengan parabola berukuran 40 cm. Namun, jika alat lain tidak dalam kondisi prima maka sinyal sulit ditangkap. Solusi bagi pemula adalah menggunakan parabola mini yang berukuran > 80 cm.

Kesimpulan

Dalam menentukan arah satelit Asiasat 9 [Ninmedia], penting untuk memperhatikan keakuratan dan kecocokan yang tepat.

Sebab, jika arah satelit tidak tepat dan sesuai, maka akan berdampak pada kualitas siaran yang diterima.

Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan alat penunjuk satelit yang akurat dan melakukan penyesuaian arah satelit dengan benar.

Baca Juga :  Jenis LNB Parabola dan Pengertiannya Masing-Masing

Selain itu, perhatikan juga faktor cuaca yang dapat mempengaruhi kualitas siaran.

Dengan menentukan arah satelit Asiasat 9 [Ninmedia] yang tepat dan sesuai, Kalian dapat menikmati siaran televisi dengan kualitas terbaik dan tanpa gangguan.

Semoga artikel dari empatpilar.com ini bermanfaat bagi Kalian yang ingin menikmati siaran televisi melalui satelit Asiasat 9 [Ninmedia].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *