Premi Asuransi

Apa Itu Premi Asuransi Ini Jenis Cara Hitung Fungsi Dan Komponennya

 

Apa Itu Premi AsuransiDalam hal memilih suatu produk asuransi, berarti untuk kalian selaku pelanggan untuk mengetahui apa itu Premi asuransi, fungsi dan jenis Premi asuransi, sampai cara menghitung Premi asuransi.

Mengenali dan menguasai secara nyata produk investasi yang akan diseleksi bisa mempermudah dan meminimalisir risiko di kemudian hari atau saat asuransi sedang berjalan. Nah supaya kalian tahu informasi ini dengan jelas, baca penjelasan berikut sampai habis, ayo!

 

Apa Itu Premi Asuransi?

Secara harfiah, Premi asuransi adalah biaya garansi yang dibayarkan secara sekaligus ataupun berkala oleh tertanggung kepada penjamin berdasarkan suatu polis ataupun insurance Premium. Tarif Premi asuransi yang dibayarkan biasanya dicocokkan pada beberapa kondisi ataupun kondisi yang telah diresmikan oleh Perusahaan asuransi.

 

Fungsi dan Jenis Premi Asuransi

Tidak banyak orang tahu mengenai fungsi dari Premi asuransi sehingga berakibat pada ketidak inginan mendaftar asuransi. Berikut ini beberapa fungsi Premi asuransi yang bisa bermanfaat buat hidupmu:

1. Sebagai Penjamin Perlindungan Nasabah

Sebagai pelanggan, kalian bisa memperoleh proteksi berbentuk uang pertanggungan dari resiko yang terjadi seperti bencana alam hingga kematian. Nah, uang garansi ini ialah akumulasi dari Premi yang dibayarkan secara teratur. Jika polis asuransi yang kalian tuju tidak mensyaratkan Premi ataupun menawarkan Premi yang terlalu kecil, kalian perlu mengecek kembali kebenarannya.

2. Sebagai Biaya Pengalihan Resiko ke Penanggung

Mengalami sesuatu situasi tanpa memiliki perencanaan keuangan bisa menyulitkan kalian. Disinilah fungsi Premi asuransi bekerja, ialah sebagai biaya pengalihan resiko ke pelanggan.

3. Sebagai Wujud Keadilan Nasabah dan Penanggung

Premi asuransi adalah penjamin antar pelanggan dan penjamin bahwa bisnis dijalankan dengan seimbang tanpa ada kecurangan. Maka dari itu dibutuhkan komunikasi serta kedekatan hubungan supaya proses bisnis bisa berjalan dengan baik.

 

Faktor Yang Pengaruhi Tarif Premi Asuransi

Sebelum mengenali metode menghitung Premi asuransi, kalian perlu mengenali faktor yang mempengaruhi tarif Premi asuransi tiap pelanggan yang berbeda- beda, ialah berdasarkan:

1. Nilai Yang Diasuransikan

Jumlah Premi asuransi dipengaruhi oleh nilai yang diasuransikan. Misalnya orang untuk asuransi jiwa, serta mobil untuk asuransi mobil.

2. Kondisi Saat Diasuransikan

Jumlah Premi asuransi mobil baru dengan mobil bekas tentulah sangat berbeda. Asuransi mobil baru dapat lebih ekonomis jika dibandingkan dengan mobil bekas yang pernah mengalami penyusutan performa akibat kecelakaan.

3. Faktor Pemicu Risiko

Untuk Asuransi Jiwa dan Asuransi Penyakit Kritis, tarif Premi yang dikenakan dipengaruhi dari kesehatan dan gaya hidup pelanggan. Jika kalian mempunyai penyakit bawaan, maka tarif Premi dapat lebih tinggi. Tetapi, jika kalian didiagnosa suatu penyakit kritis setelah beberapa bulan mempunyai asuransi, kalian sudah dapat memperoleh uang garansi.

4. Jumlah Uang Pertanggungan

Uang garansi didetetapkan di awal perjanjian. Semakin besar uang garansi yang diajukan, maka semakin besar pula tarif Premi asuransi yang dibayarkan.

 

Apa Saja Komponen Premi Asuransi?

1. Premi dasar

Ini adalah bagian dasar dari Premi. Semua Premi pasti mempunyai Premi dasar. Biasanya Premi dasar sudah memperhitungkan faktor usia, pekerjaan, tipe kelamin, dan cakupan perlindungan produk. Premi dasar bisa dipecah menjadi 3 sub- komponen lagi, ialah komponen Premi yang digunakan untuk kebutuhan selanjutnya:

  • -Biaya kerugian dari resiko;
  • -Biaya operasional;
  • -Keuntungan Perusahaan.

2. Premi tambahan

Ini adalah bagian tambahan ketika cakupan resikonya berubah. Misalnya, Tertanggung ternyata memiliki kondisi khusus yang membuat resiko kesehatan lebih tinggi. Ataupun Tertanggung ingin menaikkan manfaat tertentu. Perubahan jangkauan resiko dan ketentuan bisa mempengaruhi Premi yang kalian punya. Karena itu, yakinkan kalian membaca polis asuransi dengan cermat.

3. Reduksi Premi

Bisa dikatakan reduksi Premi adalah diskon dari Premi dasar. Umumnya kalian bisa menemukan diskon ini dalam kondisi khusus. Misalnya kalian memilih bentuk pembayaran yang sekaligus. Di Rey, membership tahunan itu hanya 11x membership bulanan. Jadi sama saja seakan kalian bayar 11 bulan untuk perlindungan 12 bulan. Ataupun misalnya lagi kalian mendaftar dalam kelompok. Satu keluarga bersama ayah, ibu, serta kerabat kalian. Beberapa Perusahaan dapat memberikan diskon.

4. Tarif Kompeni

Ini merupakan tarif standar yang telah diatur oleh asosiasi Perusahaan asuransi. Manfaatnya adalah standarisasi supaya antar Perusahaan asuransi itu dapat memiliki kompetisi yang lebih sehat.

 

Cara Menghitung Premi Asuransi

Bersumber pada faktor- faktor di atas, nominal Premi asuransi yang dibayarkan dapat berbeda- beda. Nah, jika kalian ingin mengenali berapa estimasi biaya yang dibayarkan untuk mengajukan suatu asuransi, kalian bisa memakai rumus

Jumlah Premi= Tarif Premi x Total Harga Pertanggungan

 

Penutup

Nah mungkin itu saja dari kami mengenai Apa Itu Premi Asuransi Ini Jenis Cara Hitung Fungsi Dan Komponennya,dengan beberapa point yang kami sampaikan mudah-mudahan bisa membantu kalian dalam memahami premi asuransi. Semoga Bermanfaat