Apa Itu Tumbler

Apa Itu Tumbler : Pengertian, Manfaat dan Macam-Macamnya

Posted on

Empat Pilar – Apa Itu Tumbler : Pengertian, Manfaat dan Macam-Macamnya. Di dunia yang begitu cepat dan sibuk saat ini, menjaga kecukupan hidrasi sepanjang hari sangat penting. Salah satu cara populer untuk melakukannya adalah dengan menggunakan tumbler.

Tetapi apa sebenarnya tumbler itu? Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi definisi, manfaat, dan berbagai jenis tumbler yang tersedia di pasaran. Jadi, mari kita telusuri dan temukan lebih banyak tentang tumbler: Apa Itu Tumbler: Pengertian, Manfaat, dan Macam-Macamnya!

Tumbler adalah jenis perangkat minum yang dapat digunakan berulang kali dan dirancang untuk menjaga suhu minuman.

Apa Itu Tumbler?

Tumbler, seperti yang telah kita sebutkan sebelumnya, merupakan jenis wadah minuman yang dapat digunakan berulang kali. Tumbler adalah jenis cangkir atau gelas berinsulasi yang dirancang untuk mudah dibawa saat Kalian berada di luar rumah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tumbler adalah wadah minum yang berbentuk seperti gelas, tanpa gagang dan dilengkapi penutup.

Bermacam-macam bahan dapat digunakan untuk membuat tumbler, termasuk kaca, plastik, dan baja tahan panas. Ada juga tumbler yang dibuat dari bahan stainless steel, yang sangat disukai karena kemampuannya dalam menjaga suhu minuman.

Nama ‘tumbler’ menjadi populer sejak tahun 2000-an dan digunakan untuk merujuk pada wadah atau botol minuman.

Dikarenakan popularitasnya, banyak orang menggunakan tumbler sebagai suvenir, baik untuk promosi perusahaan atau brand, maupun sebagai suvenir dalam acara seperti pernikahan.

Fungsi Tumbler

Setelah memahami Apa Itu Tumbler, selanjutnya Ada beberapa manfaat tumbler yang perlu Kalian ketahui. Apa saja? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Membawa Minuman Panas dan Dingin

Berbeda dengan botol minuman biasa, tumbler memungkinkan Kalian untuk membawa minuman dengan suhu panas atau dingin sesuai kebutuhan.

Jadi, jika Kalian ingin membawa secangkir kopi panas atau air infused yang dingin saat beraktivitas, Kalian dapat melakukannya dengan tumbler tanpa khawatir suhu minuman akan berubah dengan cepat.

2. Mengurangi Sampah Plastik

Tumbler merupakan pilihan wadah minuman yang lebih ramah lingkungan daripada botol sekali pakai. Penggunaan botol plastik secara rutin telah menyebabkan masalah lingkungan yang memprihatinkan. Diperkirakan lebih dari 400 miliar botol plastik dibuang setiap tahun. Penggunaan tumbler dapat membantu mencegah dampak negatif tersebut.

3. Tumbler Dengan Daya Tahan yang Unggul

Dengan menggunakan material seperti stainless steel dan baja tahan karat, tumbler memiliki daya tahan yang sangat baik. Berbeda dengan botol plastik yang rentan retak atau penyok, Kalian dapat menghemat pengeluaran dengan tidak perlu sering membeli wadah minuman baru, karena tumbler ini tahan lama dan awet.

4. Bisa Dijadikan Sebagai Koleksi

Jika Kalian sedang memiliki hobi mengumpulkan barang-barang, tumbler bisa menjadi pilihan yang menarik sebagai koleksi Kalian.

Tersedia dalam berbagai desain dan ukuran, koleksi tumbler Kalian bahkan bisa menjadi investasi. Terutama jika Kalian mengoleksi tumbler edisi khusus atau edisi terbatas.

Salah satu contohnya adalah Starbucks, gerai kopi ternama di seluruh dunia yang secara rutin merilis tumbler dengan koleksi yang selalu berubah mengikuti musim. Tumbler-tumbler ini sangat diminati oleh para penggemar karena desainnya yang menarik, eksklusif, dan tentunya memiliki nilai guna ketika dikoleksi.

5. Sangat Efektif untuk Media Promosi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tumbler tidak hanya sekadar sebagai wadah minuman. Karena manfaatnya yang begitu besar, banyak merek dan perusahaan yang memanfaatkan tumbler sebagai media promosi untuk memperkenalkan bisnis mereka kepada khalayak.

Kalian juga dapat mengikuti langkah serupa dengan membuat tumbler khusus. Cetak logo perusahaan Kalian pada tumbler tersebut dan bagikan kepada rekan kerja, klien, mitra, dan orang-orang di sekitar Kalian agar merek Kalian semakin dikenal.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Jenis Slot VGA di Motherboard : Tips Lengkap

Macam-Macam Ukuran Tumbler

Setelah memahami apa itu tumbler dan fungsinya, penting juga bagi Kamu untuk mengetahui berbagai ukuran botol minum yang umum dijual. Hal ini bertujuan agar Kamu dapat menemukan produk yang terbaik sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai ukuran-ukuran tumbler yang umum :

1. Ukuran standar

Pada prinsipnya, botol air memiliki ukuran yang lebih besar daripada gelas biasa. Ukuran tumbler stKalianr berkisar antara 350 ml hingga 500 ml. Wadah dalam ukuran tersebut sangatlah ringan dan nyaman untuk dibawa saat bepergian.

Jika Kalian adalah seseorang yang suka melakukan perjalanan jauh dalam waktu yang lama, seperti mendaki gunung, disarankan untuk menggunakan wadah minum berukuran 620 ml hingga 1200 ml. Dengan begitu, Kalian akan memiliki persediaan air dalam jumlah yang lebih besar untuk beberapa waktu.

2. Ukuran tumbler insert paper

Apa itu tumbler insert kertas? Tumbler insert kertas adalah wadah minum yang dibuat khusus dengan bahan plastik, memiliki sebuah ruang di dalamnya untuk meletakkan kertas karton. Ruang tersebut pada akhirnya akan mempengaruhi kapasitas air yang dapat ditampung dalam tumbler insert kertas.

Maka dari itu, jika Kamu ingin membuat tumbler minum kustom dengan tambahan foto atau kertas karton, yang terbaik adalah memilih tumbler dengan ukuran 460 ml. Sedangkan ukuran kertas karton yang digunakan sekitar 18 cm x 6 cm, serupa dengan ukuran tumbler yang biasa digunakan di kedai kopi, seperti Starbucks.

3. Ukuran kertas untuk insert paper

Jika Kamu memilih untuk membuat desain botol minum yang disesuaikan, pastikan Kamu mengetahui ukuran kertas yang tepat.

Langkah ini sangat penting karena jika ukuran kertas terlalu besar atau terlalu kecil, hasilnya tidak akan terlihat bagus.

Dalam memasukkan kertas dengan logo kustom ke dalam tumbler, pilihlah ukuran kertas yang tepat dan pas agar dapat dimuat dengan baik di dalam tumbler.

Untuk menghindari risiko tersebut, tentukan terlebih dahulu ukuran kertas yang sesuai dengan ukuran botol yang digunakan. Secara umum, ukuran botol minum biasanya berkisar 297 mm x 210 mm. Setelah itu, Kamu dapat menerapkan desain dan konsep apa pun yang diinginkan.

Perbedaan Tumbler dengan Termos dan Botol

Secara singkat, tumbler dan termos memang tampak mirip dan memiliki fungsi serupa, yakni sebagai wadah penyimpanan air minum yang mampu mempertahankan suhu minuman dalam durasi waktu tertentu. Akan tetapi, ada beberapa perbedaan mendasar antara keduanya.

Termos, biasanya dikenal dengan kemampuannya yang sangat baik dalam mempertahankan suhu cairan yang ada di dalamnya. Jika Kalian menyimpan air panas atau air dingin, termos bisa membuat suhu tersebut bertahan sama selama beberapa jam. Akan tetapi, biasanya termos memiliki ukuran yang lebih besar dan berat, sehingga cukup merepotkan untuk dibawa kemana-mana.

Sebaliknya, tumbler hadir dengan ukuran yang lebih ringkas dan desain yang beragam, membuatnya menjadi pilihan yang lebih praktis untuk dibawa berpergian. Banyak orang yang menggunakan tumbler sebagai tempat minum sehari-hari, baik saat bekerja di kantor, pergi ke gym, hingga berkumpul bersama teman.

Pilihan tumbler pun semakin beragam saat ini. Salah satunya adalah vacuum flask tumbler yang memiliki ukuran lebih kecil. Untuk menambah fungsionalitas, beberapa tumbler dilengkapi dengan termometer yang berguna untuk mengukur suhu cairan di dalamnya. Di bagian penutup, terdapat fitur smart LED yang memberikan informasi suhu minuman, cukup dengan mengetuknya, suhu akan ditampilkan di layar.

Lalu, bagaimana dengan botol minuman atau water bottle? Water bottle adalah istilah umum untuk wadah minuman. Jenisnya pun beragam, namun biasanya dibuat dari plastik, berukuran ringkas dan mudah dibawa. Tidak seperti tumbler, botol minum biasanya tidak mampu mempertahankan suhu minuman dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, kebanyakan orang menggunakan botol minum untuk membawa air putih dengan suhu ruangan.

Perlu diingat bahwa beberapa produk botol minuman terbuat dari plastik yang mengandung BPA, bahan kimia berbahaya yang dapat berdampak negatif pada kesehatan. Oleh karena itu, banyak orang yang lebih memilih tumbler karena dianggap lebih aman. Jika memilih menggunakan botol plastik, pastikan bahan plastiknya sudah bebas BPA atau BPA free.

Baca Juga :  Ketahui, Kelebihan dan Kekurangan Wajan Marble Sebelum Membeli

Kesimpulan Penting

Dalam rangkuman dari empatpilar.com, tumbler merupakan wadah minuman yang ramah lingkungan dan dapat digunakan berkali-kali. Pemahaman tentang apa itu tumbler sangat penting untuk kita semua, tidak hanya sebagai upaya menjaga lingkungan tetapi juga kesehatan kita.

Manfaat tumbler tidak hanya membantu kita mengurangi sampah plastik yang dihasilkan, tetapi juga mendukung kita dalam mencapai hidrasi yang cukup sehari-hari. Selain itu, ragam tumbler di pasaran memungkinkan kita memilih yang paling sesuai dengan gaya dan kebutuhan kita.

Untuk itu, mari kita mulai mengubah kebiasaan kita dan beralih ke tumbler. Dengan memahami apa itu tumbler, manfaat, dan macam-macamnya, kita telah membuka pintu untuk langkah kecil namun berarti dalam menyelamatkan lingkungan kita.

Ingatlah, perubahan besar dimulai dari perubahan kecil dalam diri kita sendiri. Jadi, yuk bawa tumbler kita setiap hari!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *