Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci

Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci : Langkah Mudah Untuk Pemula

Posted on

Empat Pilar – Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci : Langkah Mudah Untuk Pemula. Mesin cuci adalah salah satu alat rumah tangga yang sangat membantu dalam memudahkan pekerjaan rumah.

Namun, seringkali kita mengalami masalah dengan mesin cuci, seperti tidak dapat berputar atau tidak dapat mengeluarkan air. Salah satu kemungkinan penyebab masalah ini adalah rusaknya kapasitor mesin cuci. Kapasitor mesin cuci berfungsi untuk memulai motor pada mesin cuci.

Jika sebelumnya kami sudah membahas mengenai Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci, maka pada pertemuan kali ini  kami akan membahas mengenai Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci.  Jika kapasitor mesin cuci rusak, mesin cuci tidak akan dapat bekerja dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara cek kapasitor mesin cuci. Berikut adalah panduan lengkap cara cek kapasitor mesin cuci.

Apa itu Kapasitor ?

Mesin Cuci

Kapasitor adalah sebuah perangkat yang sering digunakan dalam berbagai aplikasi elektronik dan listrik, termasuk dalam proses penyaringan frekuensi dan penyimpanan muatan listrik sementara.

Sebagai contoh, kapasitor sering digunakan pada adaptor untuk menjaga stabilitas muatan listrik yang masuk.

Kapasitor juga sangat penting dalam motor listrik 1 fasa induksi, seperti mesin cuci dan pompa air. Pada motor tersebut, kapasitor digunakan untuk mengalirkan arus pada kumparan bantu, sehingga membantu memutar kumparan utama.

Ketika putaran kumparan utama sudah stabil, maka kapasitor akan memutuskan arus yang mengalir pada kumparan bantu. Proses ini dikenal sebagai starting.

Ciri-Ciri Kapasitor Mesin Cuci Rusak

Kerusakan pada mesin cuci bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kapasitor. Ada beberapa faktor penyebab yang dapat membuat kapasitor mesin cuci mengalami kerusakan, seperti penggunaan mesin cuci yang sudah lama atau bahkan mesin cuci yang tidak pernah digunakan sama sekali.

Untuk mengetahui apakah terjadi kerusakan pada kapasitor mesin cuci, Kalian dapat melihat beberapa ciri-ciri yang muncul, antara lain:

  1. Muncul bunyi dengung namun motor dinamo tidak berputar. Bunyi ini muncul ketika Kalian akan mengatur timer motor pencuci maupun motor pengering, namun tidak berputar, hanya menimbulkan bunyi dengung.
  2. Putaran motor dinamo lemah. Pada mesin cuci normal, lama-kelamaan motor dinamo akan berputar kencang, namun jika putaran yang dihasilkan tidak bertambah atau malah melemah, bisa jadi kapasitor mesin cuci mengalami kerusakan.
  3. Motor dinamo tidak dapat berputar. Motor dinamo tidak dapat berputar saat Kalian akan mengatur timer, bahkan tidak muncul bunyi dengung.
  4. Kapasitor menggelembung. Untuk mengetahuinya, Kalian perlu membuka cover bagian belakang mesin cuci. Jika kapasitor menggelembung, maka dapat dipastikan kapasitor tersebut telah mengalami kerusakan.

Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci dengan Multitester

Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci, untuk mengukur kapasitor mesin cuci dengan bantuan multitester analog, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, siapkan alat ukur multitester analog yang akan digunakan.
  2. Atur posisi selektor pada Ohm-meter untuk mengukur nilai tahanan.
  3. Pastikan multitester yang digunakan dalam kondisi baik dan prima.
  4. Siapkan kapasitor yang akan diukur, dan pastikan kapasitor tersebut sudah tidak terhubung dengan kabel-kabel lainnya.
  5. Hubungkan jarum pengukur pada terminal kapasitor yang akan diperiksa.
  6. Lihatlah hasil pengukuran pada jarum penunjuk multitester analog.

Selain cara di atas, Anda juga dapat menggunakan multitester digital atau kapasitansi meter untuk mengecek kapasitor mesin cuci. Namun, multitester analog masih banyak digunakan karena mudah ditemukan.

Mengetahui cara mengecek atau mengukur kapasitor mesin cuci dapat membantu Anda untuk mengetahui kondisinya, apakah masih layak digunakan atau sudah rusak. Selain itu, mengenal ciri kapasitor rusak juga berguna untuk memperkecil kerusakan dan bisa mengatasinya dengan cepat.

Kapasitor pada mesin cuci berfungsi sebagai mesin penggerak yang memberikan hentakan pada waktu start dan menghubungkan arus dari kumparan jalan menuju kumparan pembantu. Oleh karena itu, pastikan kapasitor mesin cuci Anda dalam kondisi baik agar mesin cuci dapat berfungsi dengan baik pula.

Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci dengan Dialiri Arus Listrik

Salah satu cara cek kapasitor mesin cuci adalah dengan dialiri arus listrik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Baca Juga :  Rekomendasi AC Untuk Di Apartemen : Terlengkap

  • Sediakan dua kabel berukuran cukup besar.
  • Pasangkan masing-masing dari kedua ujung kabel pada terminal kapasitor.
  • Tancapkan kedua ujung lain kabel pada stop kontak yang ada di arus listrik secara singkat. Namun, perlu diingat bahwa Kalian harus berhati-hati pada tahap ini agar tidak tersetrum.
  • Cabut kabel dari stop kontak, kemudian tempelkan kedua ujung kabel tersebut. Pastikan tidak menyentuh tangan Kalian.
  • Bila terjadi percikan, maka itu menKaliankan kapasitor mesin masih bagus. Namun, sebaliknya jika tidak muncul percikan, itu menKaliankan kapasitor sudah tidak berfungsi atau bahkan rusak.

Dengan melakukan cara cek kapasitor mesin cuci di atas, Kalian dapat mengetahui kondisi kapasitor mesin cuci Kalian. Pastikan untuk selalu berhati-hati dalam melakukan pengukuran dengan arus listrik dan pastikan kapasitor mesin cuci Kalian dalam kondisi baik agar mesin cuci dapat berfungsi dengan optimal.

Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci 2 Tabung

Untuk mengetahui kondisi kapasitor mesin cuci 2 tabung, ada dua cara yang dapat dilakukan:

  • Pertama, dengan menggunakan avo meter seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci

 

  • Kedua, dengan memasukkan dua kabel kapasitor ke dalam lubang stop kontak dan menyentuhkan kedua kabel tersebut satu sama lain. Apabila terjadi percikan api, itu menandakan kapasitor masih berfungsi dengan baik. Namun, jika tidak ada respons apapun, itu menandakan kapasitor mengalami kerusakan.

Namun, pastikan selalu berhati-hati saat melepaskan kabel dari stop kontak karena dapat menyebabkan sengatan listrik dari dalam kapasitor.

Setelah proses pengecekan selesai dilakukan, segera lakukan penggantian kapasitor yang mengalami kerusakan. Hal ini dapat membantu mesin cuci kembali bekerja dengan baik dan optimal. Sebab, kerusakan pada kapasitor akan membuat daya kerja mesin cuci menjadi kurang optimal.

Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci 1 Tabung

Kerusakan pada komponen listrik mesin cuci bisa diperiksa sendiri dengan mudah dengan cara sebagai berikut:

  1. Pemeriksaan pertama dapat dilakukan dengan mengecek bagian kabel yang terhubung dengan steker listrik.
  2. Cara kedua adalah dengan memeriksa percikan api pada kabel.

Jika kabel steker terlihat dalam kondisi baik, maka mulailah memeriksa kabel-kabel lain di bagian dalam mesin cuci. Para pemilik mesin cuci harus rajin memeriksa apakah ada bagian yang rusak atau tergores yang menimbulkan bau gosong.

Selain itu, para pemilik mesin cuci juga harus mengetahui cara mengecek kapasitor yang masih baik. Untuk cek kapasitor pada mesin cuci 1 tabung, bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, dengan menggunakan bantuan multimeter.

Jenis kapasitor mesin cuci

Ada dua jenis kapasitor yang digunakan pada mesin cuci. Hal ini didasarkan pada jumlah kabel yang ada pada kapasitor tersebut.

1. Kapasitor Mesin Cuci 2 Kabel

Kapasitor mesin cuci 2 kabel pada dasarnya sama seperti kapasitor biasa yang digunakan pada rangkaian elektronika. Hanya saja, sambungan terminal yang digunakan tidak berupa kawat, melainkan menggunakan kabel.

Bentuk kapasitor mesin cuci dua kabel umumnya berupa kotak dengan dua kabel pada masing-masing sisinya.

Kedua kabel pada kapasitor tersebut memiliki warna yang berbeda, meskipun ada juga kapasitor dengan model yang memiliki warna kabel yang sama.

Kapasitor mesin cuci, baik yang 2 kabel atau pun 4 kabel, termasuk ke dalam jenis kapasitor non-polar. Oleh karena itu, kita bebas memasang kabel kapasitor tanpa takut salah atau terbalik memasangnya.

Nilai kapasitansi kapasitor mesin cuci berbeda-beda sesuai dengan kegunaannya. Untuk kapasitor yang digunakan pada dinamo cuci atau washer, biasanya memiliki nilai antara 8uF hingga 14uF.

Sedangkan untuk jenis kapasitor dinamo pengering berukuran 2uF hingga 5uF.

2. Kapasitor Mesin Cuci 4 Kabel

Sebenarnya, kapasitor mesin cuci 4 kabel terdiri dari dua buah kapasitor yang digabungkan sehingga memiliki 4 kabel atau terminal penghubung.

Kedua kapasitor tersebut masing-masing digunakan untuk dinamo pengering dan dinamo cuci. Nilai masing-masing kapasitor dapat dilihat pada label atau body kapasitor.

Umumnya, tiap kabel diberi warna yang berbeda untuk menunjukkan pada masing-masing kapasitor. Contoh kapasitor mesin cuci dengan 4 kabel dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci

Pada gambar tersebut, diperlihatkan kapasitor dengan 4 kabel, di mana masing-masing kabel menunjukkan nilai kapasitor yang berbeda.

Kabel gray dan purple menunjukkan nilai kapasitor 3uF, yang digunakan untuk dinamo pengering, sedangkan kabel red dan blue dengan nilai 11uF untuk dinamo cuci.

Penting untuk diingat bahwa nilai kapasitor untuk dinamo pengering lebih rendah daripada dinamo cuci karena dinamo pengering membutuhkan putaran yang sangat tinggi.

Baca Juga :  Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung yang Mudah Dipahami

 

Penutup

Dengan mengetahui cara cek kapasitor mesin cuci, Kalian dapat dengan mudah memperbaiki mesin cuci yang mengalami kerusakan pada komponen kapasitor.

Cara cek kapasitor mesin cuci dapat dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari menggunakan alat ukur seperti multimeter atau avo meter, hingga dengan dialiri arus listrik.

Untuk pemula, langkah mudah yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan multitester analog atau memeriksa percikan api pada kabel saat dipasangkan ke stop kontak.

Selain itu, perlu juga untuk mengetahui jenis dan nilai kapasitor yang digunakan pada mesin cuci.

Dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan secara rutin, Kalian dapat memperpanjang umur mesin cuci dan menjaga kinerjanya tetap optimal.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba cara cek kapasitor mesin cuci sendiri dan jadilah ahli dalam merawat mesin cuci Kalian. Demikian ulasan lengkap dari empatpilar.com mengenai Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci. Semoga bermanfaat Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/cara-cek-kapasitor-mesin-cuci/,cara cek kapasitor mesin cuci,cara mengetahui kapasitor mesin cuci rusak atau tidak,cek kapasitor mesin cuci,kapasitor sanyo rusak menggelembung bau benerin gimana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *