Cara Gadai BPKB di Bank Mandiri

Cara Gadai BPKB di Bank Mandiri : Panduan Mudah Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Cara Gadai BPKB di Bank Mandiri : Panduan Mudah Lengkap. Pernahkah Kalian berada dalam situasi mendesak dan bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan nilai mobil Kalian untuk mendapatkan pinjaman? Di Indonesia, salah satu bank yang paling tepercaya dan terkemuka untuk tujuan ini adalah Bank Mandiri. Dalam artikel ini, kami akan membahas proses “Cara Gadai BPKB di Bank Mandiri” dengan rinci, informatif, dan mudah dipahami.

Gadai BPKB Adalah

Gadai BPKB Adalah

Menggadaikan BPKB Kendaraan Bermotor di Pegadaian adalah opsi yang dapat dipilih masyarakat untuk memperoleh pinjaman uang dengan proses yang cepat dan terjamin keamanannya. Sebab BPKB, baik dari motor maupun mobil, bisa dijadikan sebagai agunan untuk mendapatkan pinjaman tersebut. Berikut langkah-langkah dalam menggadaikan BPKB.

Mengurus pinjaman dengan Gadai BPKB kini menjadi lebih mudah. Kalian dapat melakukannya langsung di outlet Pegadaian atau melalui platform online. Menurut informasi dari laman Sahabat Pegadaian, berikut adalah tata cara dan persyaratan untuk menggadaikan BPKB.

Syarat Gadai BPKB di Bank Mandiri

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang prosedur gadai BPKB motor atau mobil di Bank Mandiri, penting bagi Kalian untuk mengetahui beberapa persyaratan yang harus Kalian siapkan. Hal ini bertujuan agar proses gadai BPKB Kalian dapat berjalan dengan mulus.

Untuk menggadaikan BPKB motor atau mobil di Bank Mandiri, Kalian perlu mempersiapkan dokumen-dokumen berikut:

  • Fotokopi KTP (Bagi Pemohon dan Pasangannya)
  • Fotokopi Surat Nikah / Surat Cerai
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi buku tabungan atau rekening koran tiga bulan terakhir
  • Fotokopi NPWP pribadi atau SPT Tahunan PPh
  • Fotokopi slip gaji atau Surat Keterangan Penghasilan
  • Fotokopi AHM (Sertifikat Agunan berupa Hak Milik), SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan), SHMSRS (Sertifikat Hak atas Satuan Rumah Susun), IMB, PBB, atau kombinasi dari BPKB, STNK, dan Kwitansi Jual Beli.

Ketentuan Gadai BPKB di Bank Mandiri

Bank Mandiri memberikan layanan gadai BPKB dengan beberapa syarat dan ketentuan yang perlu dipenuhi oleh pemohon. Berikut adalah rinciannya:

1. Kriteria Umum Pemohon

  • Harus merupakan WNI (Warga Negara Indonesia) dan memiliki tempat tinggal tetap di Indonesia.
  • Usia pemohon minimal 21 tahun. Bagi pegawai, saat kredit berakhir usianya paling maksimal 55 tahun. Sedangkan bagi wiraswasta atau profesional, usia maksimal saat kredit berakhir adalah 60 tahun.

2. Kriteria khusus untuk Pegawai

  • Harus sudah berstatus sebagai pegawai tetap.
  • Masa kerja minimal 2 tahun.
  • Bagi pegawai dengan status kontrak, jabatannya paling minimal harus supervisor/manager atau memiliki status sebagai professional.
  • Penghasilan per bulan paling sedikit Rp 5 juta.
  • Jika pegawai berstatus kontrak, masa kerjanya paling sedikit harus 5 tahun.

3. Kriteria khusus untuk Wiraswasta / Profesional

  • Memiliki pengalaman kerja di bidang usahanya minimal 2 tahun secara beruntun, yang dapat dibuktikan dengan adanya ijin usaha atau ijin praktek.
  • Harus sudah memiliki NPWP atau SPT Tahunan PPh pribadi sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  • Penghasilan per bulan paling sedikit Rp 5 juta.
  • Memiliki agunan yang dapat dijamin dengan baik dan sempurna.

Cara Gadai BPKB di Bank Mandiri

Setelah mengetahui apa saja syarat yang perlu dipersiapkan apabila ingin gadai BPKB di Bank Mandiri, maka langkah selanjutnya ialah tinggal cara gadai BPKB motor atau mobil.

Langkah-langkah Gadai BPKB Motor atau Mobil di Bank Mandiri:

  1. Kunjungi Cabang Bank Mandiri Tunai Finance Terdekat:
    Sebagai langkah awal, kunjungi cabang Bank Mandiri Tunai Finance yang berada di dekat lokasi tinggal Kalian.
  2. Mengisi Formulir Pinjaman:
    Saat Kalian tiba di bank, Kalian akan diarahkan untuk mengisi formulir pinjaman. Pastikan Kalian mengisi semua informasi yang diminta dengan lengkap dan benar untuk mempermudah proses.
  3. Bertemu dengan Customer Service (CS) Bank Mandiri:
    Setelah mengisi formulir, Kalian akan diarahkan untuk bertemu dengan CS. Sampaikan niat Kalian untuk menggadaikan BPKB, baik itu motor atau mobil.
  4. Proses oleh CS Bank Mandiri:
    CS akan meninjau dan memproses formulir yang Kalian isi. Mereka mungkin akan mengajukan beberapa pertanyaan tambahan atau memerlukan dokumen pendukung lainnya.
  5. Survei oleh Bank Mandiri:
    Setelah beberapa hari, akan ada tim survei dari Bank Mandiri yang akan datang ke rumah atau tempat usaha Kalian. Mereka akan melakukan verifikasi terhadap beberapa data atau dokumen yang Kalian lampirkan.
  6. Konfirmasi dari Bank Mandiri:
    Beberapa hari setelah proses survei, Bank Mandiri akan menghubungi Kalian untuk memberi tahu apakah pengajuan gadai BPKB Kalian diterima atau ditolak.
  7. Pencairan Dana:
    Jika pengajuan Kalian diterima, selanjutnya Kalian hanya perlu menunggu proses pencairan dana pinjaman. Bank akan memberitahu Kalian mengenai kapan dan bagaimana Kalian akan menerima dana tersebut.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dengan teliti, proses gadai BPKB Kalian di Bank Mandiri bisa berjalan dengan lancar. Pastikan Kalian selalu berkomunikasi dengan baik dengan pihak bank dan mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan.

Baca Juga :  Ukuran Roller Honda Vario Biar Kenceng dan Tarikan Ringan

Besaran Pinjaman dengan Jaminan BPKB Motor

Besaran pinjaman dengan jaminan BPKB motor di Bank Mandiri bervariasi, dan hal ini disebabkan oleh perbedaan harga dari berbagai jenis sepeda motor. Jika harga jual motor tersebut mahal, maka pihak bank akan memberikan pinjaman yang sesuai dengan nilai motor tersebut. Namun, apabila kondisi sepeda motor sudah agak rusak, kemungkinan pengajuan pinjaman dapat ditolak.

Secara umum, untuk jaminan BPKB motor, besaran pinjaman biasanya berkisar antara Rp 2.000.000,- hingga Rp 5.000.000,– atau bahkan lebih tinggi jika nilai motor sangat tinggi. Oleh karena itu, sebelum mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB motor, pastikan untuk memeriksa terlebih dahulu apakah motor Kalian masih dalam kondisi layak atau tidak. Dengan begitu, Kalian tidak akan merasa kecewa jika pengajuan pinjaman ditolak.

Tabel Angsuran Pinjaman Bank Mandiri Jaminan Bpkb Mobil dan Motor

Sebenarnya, saat ini Kalian dapat melakukan kalkulasi tabel pinjaman Bank Mandiri secara langsung di situs web mereka. Kalian bisa melakukan simulasi tabel pinjaman dengan jaminan BPKB motor di halaman situs Bank Mandiri.

Namun, sebagai tambahan dan untuk memberikan gambaran tentang gadai BPKB di Bank Mandiri, saya akan menyertakan foto tabel angsuran gadai BPKB motor di Bank Mandiri. Meskipun tabel tersebut sebenarnya ditujukan bagi pegawai, namun kemungkinan besar tidak jauh berbeda bagi wiraswasta yang ingin meminjam uang dengan jaminan BPKB motor di Bank Mandiri.

Jumlah pinjaman122436
5,000,000447,000240,000170,000
10,000,000895,000480,000341,000
15,000,0001,343,000720,000512,000
20,000,0001,791,000960,000683,000
25,000,0002,238,0001,200,000854,000
30,000,0002,686,0001,440,0001,025,000
35,000,0003,134,0001,680,0001,196,000

Perlu diingat bahwa isi tabel di atas tidak diupdate secara rutin, sehingga kemungkinan telah mengalami perubahan. Selain itu, di bawah ini juga terdapat foto tabel pinjaman gadai BPKB motor Bank Mandiri tahun 2020. Jika Kalian membutuhkan informasi lebih jelas, Kalian dapat mengunduh tabel pinjaman Bank Mandiri dengan jaminan gadai BPKB motor dan mobil di tautan ini. Disini

Setelah memahami syarat-syarat gadai BPKB motor di Bank Mandiri, berikut adalah cara melakukan gadai BPKB motor di Bank Mandiri. Silakan dipelajari dengan baik.

Penutup

Sebagai kesimpulan dari empatpilar.com, Cara Gadai BPKB di Bank Mandiri menawarkan solusi finansial yang cepat dan mudah untuk memenuhi kebutuhan mendesak Kalian. Prosesnya yang sederhana dan syaratnya yang tidak ribet membuat gadai BPKB menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang.

Namun, penting untuk selalu memastikan bahwa Kalian memahami seluruh ketentuan dan konsekuensi sebelum menggadai aset berharga Kalian. Pastikan juga untuk berkonsultasi dengan petugas Bank Mandiri agar mendapatkan informasi yang akurat dan terbaru. Dengan persiapan yang matang, Kalian dapat memanfaatkan layanan gadai BPKB di Bank Mandiri dengan maksimal dan mengelola pinjaman dengan bijak.

Baca Juga :  Yuk Pahami, Perbedaan Scoopy Sporty dan Stylish Secara Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *