Cara Memasang Otomatis Pompa Air Shimizu

Panduan Lengkap, Cara Memasang Otomatis Pompa Air Shimizu

Posted on

Empat Pilar – Panduan Lengkap, Cara Memasang Otomatis Pompa Air Shimizu. Apakah Kalian sedang mencari cara memasang pompa air otomatis di rumah atau kantor? Jangan khawatir! Dalam panduan komprehensif ini, kami akan memandu Kalian melalui proses pemasangan pompa air otomatis Shimizu.

Dengan petunjuk langkah demi langkah dan tips yang berguna, Kalian akan dapat mengoperasikan pompa Kalian dengan mudah dan cepat.

Baik Kalian seorang ahli DIY berpengalaman atau pemula, panduan ini akan sesuai dengan kebutuhan Kalian. Mari kita mulai dan temukan Cara Memasang Otomatis Pompa Air Shimizu.

Sekilas Tentang SHIMIZU

SHiMIZU, produsen pompa air, lahir dari inspirasi yang ditarik dari kondisi alam di Indonesia yang memerlukan air dan perangkat untuk memindahkan air tersebut agar dapat dinikmati oleh banyak orang.

Bisnis Shimizu dimulai pada tahun 1990 dengan mendirikan pabrik pertama mereka di wilayah Cikupa. Kemudian, pada tahun 2002, Shimizu mulai membangun pabrik baru di Balaraja, Tangerang. Pompa Shimizu mendapat pengakuan sebagai pompa air pertama yang meraih sertifikat Standard Nasional Indonesia (SNI), serta juga memenuhi standar internasional (SE).

Hal yang unik dari SHIMIZU adalah bahwa mereka hanya memproduksi satu jenis produk, yaitu pompa air. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa perusahaan Shimizu sepenuhnya berdedikasi dan fokus pada satu produk, yaitu pompa air Shimizu.

Karena konsentrasi perusahaan hanya pada pompa air, tidaklah mengherankan bahwa SHIMIZU memiliki 20 model pompa air yang mencakup 6 jenis umum pompa air yaitu pompa sumur dangkal, semi jet pump, jet pump, pompa submersible, booster, dan water heater.

Sejalan dengan slogannya, “Bintangnya Pompa Air”, Shimizu benar-benar menjadi bintang dalam produksi pompa air.

Kenapa Menggunakan Otomatis Pompa Air?

Pressure switch atau saklar tekanan adalah suatu alat yang memiliki fungsi utama untuk mengontrol dan mengatur aliran fluida (seperti air atau gas) dalam sistem tertentu berdasarkan tekanan yang sudah ditentukan. Alat ini banyak digunakan dalam berbagai aplikasi industri, termasuk dalam sistem pompa air.

Sebelum memahami Cara Memasang Otomatis Pompa Air Shimizu, nah berikut ada beberapa alasan kenapa menggunakan pressure switch:

1. Otomatisasi Kerja Pompa

Pressure switch membuat pompa air dapat berfungsi secara otomatis. Saat tekanan air turun (misalnya ketika keran dibuka), pressure switch akan mengaktifkan pompa untuk menambah tekanan.

Begitu sebaliknya, saat tekanan air sudah mencapai batas yang ditentukan, pressure switch akan mematikan pompa.

Ini membuat operasional pompa menjadi lebih efisien dan pengguna tidak perlu menghidupkan dan mematikan pompa secara manual.

2. Peningkatan Efektivitas Pompa

Dengan adanya pressure switch, pompa dorong dapat bekerja dengan lebih optimal. Alat ini mampu mengatur tekanan air sehingga pompa dapat menghasilkan semburan air yang kuat dan konsisten sesuai kebutuhan.

3. Perlindungan Pompa

Salah satu fungsi penting lainnya dari pressure switch adalah melindungi pompa air dari kerusakan. Saat semua keran ditutup dan tidak ada aliran air, tekanan dalam sistem akan meningkat.

Tanpa pressure switch, pompa akan terus bekerja dan bisa mengakibatkan kerusakan. Namun, dengan pressure switch, pompa akan otomatis mati saat tekanan sudah mencapai batas yang ditentukan, sehingga meminimalkan risiko kerusakan pada pompa.

Cara Memasang Otomatis Pompa Air Shimizu

Memasang otomatis pompa air secara otomatis sebenarnya tidak terlalu sulit. Hal yang penting untuk diperhatikan adalah menghubungkan kabel dengan benar pada otomatis pompa air.

Jika terjadi kesalahan dalam menghubungkan kabel, maka otomatis tersebut tidak akan berfungsi dengan baik. Bagi yang masih bingung tentang cara memasang otomatis pompa air merek Shimizu, berikut ini adalah panduan yang dapat diikuti.

Sebelum memulai pemasangan, pastikan untuk melepas otomatis pompa air yang sebelumnya terpasang. Setelah dilepas, langkah berikutnya adalah memasang dan mengatur otomatis tersebut agar dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Merk Charger Mobil Terbaik Saat Ini

Berikut merupakan Cara Memasang Otomatis Pompa Air Shimizu:

  1. Persiapan Alat dan Material:
    Pertama-tama, siapkan semua alat dan material yang diperlukan untuk pemasangan. Ini termasuk otomatis pompa air, kunci inggris, sealtape, isolatip, gunting, obeng, dan beberapa peralatan lain yang mungkin diperlukan selama proses pemasangan.
  2. Pemutusan Sumber Listrik:
    Sebelum memulai proses, sangat penting untuk memutus koneksi listrik ke mesin pompa air. Ini adalah langkah keselamatan yang vital untuk mencegah terjadinya kecelakaan listrik.
  3. Pengosongan Air dari Pompa:
    Selanjutnya, buang air yang tersisa di dalam sistem pompa air. Hal ini dapat dilakukan dengan membuka kran dan membiarkan air mengalir sampai tidak ada lagi yang tersisa.
  4. Pemotongan Kabel:
    Kemudian, gunakan gunting untuk memotong kabel pompa air. Jangan potong kabel terlalu pendek, karena ini bisa membuatnya sulit untuk menyambung kembali kabel.
  5. Pelepasan Otomatis Lama:
    Gunakan kunci inggris untuk melepas otomatis pompa air lama. Lakukan ini dengan memutar alat ke arah kiri.
  6. Penggunaan Sealtape:
    Sebelum memasang otomatis baru, balut ulir dudukan otomatis dengan sealtape. Ini akan membantu mencegah kebocoran di masa depan.
  7. Pemasangan Otomatis Baru:
    Pasang otomatis pompa air baru dengan tangan Anda, kemudian kencangkan dengan kunci inggris.
  8. Penyambungan Kabel:
    Sambungkan kabel otomatis pompa air baru dengan kabel yang telah Anda potong sebelumnya. Pastikan penyambungan kabel dilakukan dengan baik dan kuat.
  9. Pembungkusan Kabel dengan Isolatip:
    Bungkus sambungan kabel dengan isolatip untuk mencegah konsleting atau efek kesetrum ketika mesin pompa air dinyalakan.
  10. Pengujian:
    Setelah semua langkah selesai, hidupkan mesin pompa air untuk memastikan bahwa otomatis baru bekerja dengan baik.
  11. Pengaturan Otomatis:
    Jika mesin tidak bekerja seperti seharusnya (misalnya, mesin tidak hidup atau tidak berhenti), Anda mungkin perlu mengatur baut penyetel di dalam otomatis. Caranya dengan membuka dua buah sekrup pada body otomatis, lalu menggunakan obeng untuk memutar baut penyetel ke arah kiri atau kanan sampai otomatis berfungsi dengan baik.
  12. Penutupan Body Otomatis:
    Setelah selesai melakukan penyetelan, tutup kembali body otomatis dan kunci dengan sekrup yang sebelumnya telah Anda lepaskan.

Perhatikan bahwa setiap model dan merk pompa air mungkin memiliki instruksi spesifik sendiri. Pastikan untuk merujuk ke manual pengguna jika ada.

Tabel Spesifikasi Pompa Air Shimizu

Ini dia spesifikasi 4 varian pompa air Shimizu yang perlu kamu tahu:

SHIMIZU PS 128 BITSHIMIZU PS 135 ESHIMIZU PC-250BITSHIMIZU PC-260BIT
Voltase220 V / 50 Hz220 V / 50 Hz220 V / 50 Hz220 V / 50 Hz
Daya Output125 W125 W250 W250 W
Daya Input0.3 kW0.3 kW0.6 kW0.6 kW
Daya Dorong33 m33 m60 m60 m
Panjang Pipa9 m9 m30 m30 m
Dimensi420 x 420 x 600 mm
Bobot9 kg9 kg35 kg24 kg
KegunaanSumur dangkalSumur dangkalSumur dalamSumur dalam
HargaRp 432 ribuanRp 528 ribuanRp 2.738 jutaanRp 1.875 jutaan

Harga Pompa Air Shimizu

Berikut adalah rekomendasi Harga Pompa Air Shimizu secara umum :

Jenis PompaHarga
Shimizu PS 128 BitRp. 420.000
Shimizu PS 135 BITRp. 500.000
Shimizu PS 130 BITRp. 615.000
Shimizu 103 BITRp. 850.000
Shimizu 230 BITRp. 990.000
Shimizu JET 108 BITRp. 690.000
Shimizu JET 100 BITRP. 770.000
Shimizu JET 300 BITRp. 1.300.000
Shimizu PC 260 BITRp. 1.800.000
Shimizu PC 268 BITRp. 1.700.000
Shimizu PC 375 BITRp. 2.000.000
Shimizu PC 502/503Rp. 3.200.000
Shimizu SP 314 BITRp. 1.532.000
Shimizu SP 327RP. 2.042.000
Shimizu SP 418Rp. 4.065.000

Penutup

Secara keseluruhan, cara memasang otomatis pompa air Shimizu dapat tampak sedikit rumit bagi yang belum pernah melakukannya. Namun, dengan panduan yang tepat dan peralatan yang sesuai, setiap orang dapat melakukan instalasi ini dengan sukses.

Tentu saja, selalu ada opsi untuk meminta bantuan profesional jika Kalian merasa tidak nyaman untuk melakukannya sendiri. Ingatlah, keselamatan harus selalu menjadi prioritas. Jangan biarkan air dan listrik menjadi kombinasi berbahaya.

Baca Juga :  Apa itu Pompa Air Satelit? : Fungsi dan Cara Kerja Secara Lengkap

Sekarang, dengan informasi ini di tangan, semoga Kalian dapat memasang pompa air Shimizu otomatis Kalian dengan sukses.

Ingat, selalu berhati-hati dan jangan ragu untuk mencari bantuan profesional jika Kalian membutuhkannya.

Itu saja uraian secara lengkap dari empatpilar.com mengenai Cara Memasang Otomatis Pompa Air Shimizu. Semoga bermanfaat Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/cara-memasang-otomatis-pompa-air-shimizu/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *