Penyebab Genset Tidak Bisa Dimatikan

Penyebab Genset Tidak Bisa Dimatikan dan Cara Perbaikan Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Penyebab Genset Tidak Bisa Dimatikan dan Cara Perbaikan Secara Lengkap. Genset adalah sebuah perangkat yang sangat penting dalam industri dan bisnis yang membutuhkan pasokan listrik yang stabil. Namun, terkadang kita menghadapi masalah ketika mencoba mematikan genset.

Artikel ini akan membahas tentang penyebab genset tidak bisa dimatikan dan memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Mari kita jelajahi penyebab umum dan cara mengatasi situasi ini.

Genset

Sebuah genset (disingkat dari istilah Bahasa Inggris ‘generator set’) merupakan sebuah mesin yang mendorong produksi listrik melalui mesin pembakaran dalam.

Genset biasanya dipakai saat ada kekurangan dalam produksi energi listrik di suatu wilayah, atau ketika pemadaman listrik sering terjadi.

Selain itu, peraturan di berbagai negara mungkin mensyaratkan instalasi genset di tempat-tempat yang berpotensi memiliki konsentrasi manusia yang tinggi, seperti rumah sakit, pusat data, mal, restoran, penjara, gedung pemerintahan, dan sebagainya.

Fungsi yang paling umum dari genset adalah untuk menghasilkan listrik di lokasi-lokasi yang tidak memiliki pasokan listrik. Lokasi-lokasi tersebut biasanya adalah daerah-daerah terpencil dengan infrastruktur yang kurang dan populasi yang jarang.

Contoh lainnya adalah di tempat-tempat publik seperti rumah sakit, pabrik, dan sebagainya, di mana pasokan listrik dari jaringan tidak cukup dan sumber energi alternatif lainnya diperlukan untuk memenuhi kebutuhan listriknya.

Penyebab Genset Tidak Bisa Dimatikan

Genset yang berfungsi normal biasanya dapat dihidupkan dan dimatikan dengan mudah. Namun, terkadang dalam penggunaannya, genset mengalami permasalahan yang muncul tiba-tiba.

Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah ketika genset tidak bisa dimatikan meskipun saklar atau kontak telah dipindahkan ke posisi off.

Kerusakan seperti ini termasuk permasalahan ringan pada genset. Biasanya, penyebabnya adalah kabel massa yang terlepas atau putus. Kabel massa berfungsi untuk mematikan mesin.

Bagi mereka yang belum terlalu familiar dengan mesin genset, permasalahan semacam ini bisa menjadi penyebab kepanikan.

Namun, setelah membaca artikel ini, tidak perlu khawatir lagi karena akan dijelaskan penyebab genset yang tidak dapat dimatikan dan cara memperbaikinya.

Berikut adalah Penyebab Genset Tidak Bisa Dimatikan Dan Cara Memperbaikinya :

1. Masalah pada Sistem Pengapian

Sistem pengapian adalah bagian vital dari genset yang berfungsi untuk menciptakan percikan api yang akan membakar bahan bakar.

Jika ada masalah pada sistem pengapian, seperti coil pengapian yang rusak, ini bisa menyebabkan genset tidak bisa dimatikan.

Jika sudah mencoba langkah-langkah di atas dan genset masih tidak bisa dimatikan, periksa sistem pengapian. Kalian bisa memulainya dengan memeriksa coil pengapian. Jika rusak, Kalian perlu menggantinya.

2. Kotor atau Macet pada Karburator

Karburator adalah bagian yang mengatur campuran udara dan bahan bakar. Jika karburator kotor atau macet, maka genset bisa tetap berjalan meskipun saklar dalam posisi off.

Untuk memeriksa karburator, Kalian harus mematikan mesin terlebih dahulu. Bisa dengan melepas kabel massa dari saklar dan menempelkannya ke bodi mesin, atau dengan menutup kran bensin.
Setelah itu, lepas karburator dan cek apakah ada kotoran atau bahan bakar yang macet. Jika ada, bersihkan dan pasang kembali karburator.

3. Masalah pada Modul Kontrol Genset

Modul kontrol genset adalah bagian yang mengatur operasi genset, termasuk mematikan mesin. Jika modul kontrol rusak, genset tidak akan bisa dimatikan.

Untuk memeriksa modul kontrol, Kalian perlu alat tester khusus. Jika modul kontrol rusak, Kalian perlu menggantinya dengan yang baru.

Namun, perbaikan ini mungkin membutuhkan profesional, jadi pertimbangkan untuk membawa genset Kalian ke service center.

Demikian beberapa penyebab genset tidak bisa dimatikan dan cara memperbaikinya. Penting untuk melakukan perawatan rutin pada genset untuk mencegah masalah ini terjadi. Selalu periksa komponen genset secara berkala dan ganti bagian yang rusak segera.

Tips Perawatan untuk Genset

Setelah memahami Penyebab Genset Tidak Bisa Dimatikan, nah berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai tips perawatan untuk genset:

Baca Juga :  Pengertian RCBO Adalah : Pembahasan Secara Lengkap

1. Melakukan tukar oli secara rutin

Jika genset Kalian sering digunakan, sebaiknya lakukan pergantian oli setidaknya setiap 3 atau 4 bulan sekali.

Oli merupakan komponen penting yang berfungsi untuk melumasi mesin genset sehingga dapat beroperasi dengan optimal. Ketika oli telah lama digunakan dan kotor, fungsinya sebagai pelumas dapat menurun dan ini berpotensi menyebabkan kerusakan pada mesin.

2. Membersihkan saringan udara atau filter

Saringan udara atau filter adalah bagian penting dari genset yang bertugas untuk memfilter udara dari partikel debu dan kotoran sebelum masuk ke dalam mesin.

Debu dan kotoran yang menumpuk pada filter dapat menghambat aliran udara dan berpotensi menurunkan performa mesin. Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkan filter secara berkala.

3. Membersihkan karburator

Karburator adalah komponen genset yang berfungsi untuk mencampur bahan bakar dan udara sebelum masuk ke dalam mesin.

Karburator yang kotor bisa mengakibatkan campuran bahan bakar dan udara menjadi tidak optimal, yang berpotensi menurunkan performa mesin dan efisiensi bahan bakar. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan karburator secara rutin.

4. Memeriksa bahan bakar

Salah satu hal yang sering diabaikan adalah pemantauan tingkat bahan bakar. Ketika genset beroperasi tanpa ada bahan bakar, ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen, seperti pompa bahan bakar dan injektor.

Selalu pastikan bahwa tanki bahan bakar Kalian terisi cukup agar genset selalu siap digunakan saat listrik padam.

Selain empat hal di atas, perlu diingat bahwa melakukan perawatan secara berkala dan preventif dapat memperpanjang usia pakai dan kinerja genset Kalian.

Selalu konsultasikan dengan teknisi genset profesional jika Kalian menemui masalah yang tidak bisa Kalian atasi sendiri.

Jenis-Jenis GenSet

Beberapa Jenis Mesin Generator set:

1. Mesin Genset Gas

Genset gas menggunakan gas sebagai bahan bakar untuk pengoperasiannya.

Dibandingkan dengan generator bensin dan diesel, genset gas menghasilkan tingkat emisi yang jauh lebih rendah.

Meskipun harganya relatif lebih mahal, genset gas kurang diminati.

2. Mesin Genset Diesel

Genset diesel atau sering disebut juga sebagai genset solar menggunakan diesel sebagai bahan bakar untuk pengoperasiannya.

Kelebihan dari generator diesel termasuk torsi yang besar dibandingkan dengan mesin bensin, efisiensi bahan bakar yang tinggi, ketahanan mesin diesel yang lebih baik, serta bahan bakar yang lebih murah.

Namun, kekurangan dari genset diesel adalah suaranya yang lebih berisik dibandingkan dengan generator lainnya, ukuran dan berat yang cenderung lebih besar, serta gas buang yang lebih banyak.

3. Mesin Genset Bensin

Genset bensin merupakan salah satu jenis genset yang paling umum digunakan.

Genset ini menggunakan bahan bakar bensin dan mampu menghasilkan daya listrik yang cukup besar tanpa memerlukan biaya perawatan yang besar.

Genset ini cukup populer karena harganya yang relatif terjangkau dan suaranya yang tidak terlalu bising.

Namun, kekurangannya adalah konsumsi bahan bakarnya yang boros, daya tahan mesin bensin yang kurang jika dibandingkan dengan mesin diesel, mesin yang cepat panas, serta tidak cocok untuk kapasitas besar (>10.000 Watt).

4. Genset Model Standby

Dalam genset biasa, dibutuhkan waktu sekitar 5-10 detik untuk menghidupkannya, tetapi dengan genset model standby, Anda dapat mengatur agar genset langsung berfungsi saat pasokan listrik utama terputus atau mati.

Dan tentunya, genset akan mati secara otomatis begitu pasokan listrik normal kembali.

Generator model standby umumnya memiliki ukuran yang lebih kompak dan tidak memerlukan ruang penyimpanan yang besar.

Namun, kekurangan dari generator model standby adalah harganya yang tinggi.

5. Genset Portable / Genset Mini

Generator ini memiliki ukuran yang kompak, bobot yang ringan, dan umumnya dilengkapi dengan roda untuk memudahkan Anda dalam memindahkan dan membawa generator saat bepergian.

Meskipun memiliki ukuran kecil dan mudah dibawa ke mana saja, genset portable memiliki kapasitas yang cukup besar mulai dari 750 Watt hingga 6.500 Watt.

Genset ini memiliki kekurangan, yaitu suaranya cenderung agak berisik dan pengoperasiannya agak sulit karena masih menggunakan engkol.

Namun, ada juga jenis genset portabel yang memiliki suara yang tidak bising, yang disebut Silent Genset. Silent Genset ini menggunakan starter elektrik, tetapi harganya relatif mahal.

Baca Juga :  Cara Membuat Speaker Biasa Menjadi Bass : Panduan Secara Lengkap

 

BACA JUGA :

  1. Tips Perawatan Genset Agar Tetap Efisien : Pembahasan Lengkap
  2. Pengertian Genset : Fungsi, Cara Kerja dan Manfaatnya Secara Lengkap
  3. 2 Cara Memasang Genset ke Listrik Rumah dengan Baik dan Benar

Penutup

Demikianlah ulasan empatpilar.com tentang “Penyebab Genset Tidak Bisa Dimatikan”. Dengan berbagai kemungkinan yang telah kita bahas, mulai dari masalah pada tombol stop, kerusakan pada sistem pengapian, hingga permasalahan pada sistem bahan bakar, diharapkan kita semakin memahami bagaimana genset bekerja dan mengapa terkadang kita menghadapi kendala dalam mematikannya.

Semoga artikel mengenai Penyebab Genset Tidak Bisa Dimatikan ini, bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru kepada kita semua.

Ingatlah, pengetahuan kita tentang alat-alat seperti genset ini akan sangat membantu ketika kita harus menghadapi masalah.

Tetap update dengan artikel-artikel berikutnya untuk pengetahuan lebih lanjut seputar genset dan permasalahan yang sering dihadapi.

Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *