Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas

Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas Secara Mudah & Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas Secara Mudah & Lengkap. Kulkas adalah perangkat elektronik yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Fungsi utama dari kulkas adalah untuk menyimpan makanan dan minuman agar tetap segar dan tahan lama.

Kulkas memiliki banyak komponen penting, salah satunya adalah kompresor kulkas. Kompresor kulkas merupakan bagian yang sangat penting dalam kulkas, karena berfungsi untuk memampatkan refrigeran dan menjaga suhu di dalam kulkas agar tetap stabil.

Jika Kalian memiliki kulkas LG, Kalian mungkin ingin tahu bagaimana cara membaca kode kompresor kulkas LG.

Namun pada pertemuan sebelumnya sudah lebih dulu dibahas mengenai Skema Kompresor Kulkas. Pada pertemuan kali ini kami akan membahas mengenai Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas.

Kode tersebut penting untuk memperbaiki masalah pada kulkas, seperti masalah suhu yang tidak stabil atau kompresor yang rusak. Berikut adalah panduan praktis untuk membaca kode kompresor kulkas LG.

Pengertian Kompresor Kulkas

Kompresor memiliki peran yang sangat krusial bagi produk elektronik, khususnya kulkas. Seperti halnya jantung pada tubuh manusia, kompresor juga diibaratkan sebagai jantung dari kulkas.

Fungsinya yang sangat penting adalah untuk menunjang sistem kerja unit kulkas agar dapat berjalan dengan optimal.

Kompresor bertanggung jawab untuk memompa refrigerant atau freon ke seluruh sistem kulkas. Secara sederhana, cara kerja kompresor kulkas adalah dengan memompa gas freon bertekanan tinggi pada sisi tekanan tinggi, dan menghisap gas freon bertekanan rendah pada sisi tekanan rendah (sisi intake).

Kompresor kulkas umumnya berbentuk seperti tangki, terbuat dari logam atau besi yang dilapisi dengan warna hitam.

Ukurannya cenderung kecil dengan permukaan kerah yang rata. Casing kompresor tertutup dengan tabung kompresor yang mengarah ke sisi kulkas yang terletak di bagian belakang.

Dengan kata lain, tanpa adanya kompresor, kulkas tidak akan berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, pemilik kulkas perlu memperhatikan kondisi dan perawatan kompresor agar kulkas dapat bekerja secara maksimal dan tahan lama.

Cara Kerja Kompresor Pada Kulkas

Kompresor kulkas biasanya berbentuk seperti tangki berbahan dasar logam atau besi yang berwarna hitam. Ukurannya kecil dengan permukaan kerah yang rata dan casing kompresornya tertutup dengan tabung kompresor yang mengarah ke sisi belakang kulkas.

Ada tiga cara kerja kompresor kulkas yang dapat dilakukan :

  1. Cara pertama adalah penghisap, dimana fluida atau cairan freon dari bagian evaporator dikondensasi pada suhu yang rendah saat tekanan freon dinaikkan.
  2. Cara kedua adalah penekanan, dimana gas freon dapat ditekan atau dikompresi sehingga menyebabkan tekanan dan suhu temperaturnya tinggi sebelum dialirkan menuju kondensor. Gas freon dikabutkan pada temperatur yang tinggi.
  3. Cara ketiga adalah pemompaan, dimana seluruh proses dapat dijalankan secara berkelanjutan dengan mensirkulasikan atau mengalirkan freon berdasarkan hisapan dan tekanan.

Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas

Terdapat beberapa Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas, khususnya melalui kode resmi yang tercantum di spesifikasi kompresor.

Panduan yang tersedia memberikan makna dari setiap huruf atau angka dalam kode tersebut.

Panduan ini akan membantu dalam memahami cara membaca kode kompresor, mengingat mungkin terdapat perbedaan antara merek dan jenis kulkas yang digunakan.

Contohnya adalah kulkas dengan kode AE A 4 430 Y – 1. Berikut adalah panduan untuk Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas.

1. AE: kelas kompresor

Kode dua huruf awal menunjukkan kelas kompresor yang digunakan untuk kulkas tersebut. AE bukanlah satu-satunya kelas kompresor yang digunakan untuk kulkas, ada kelas lain seperti AZ, AW, WJ, bahkan AZA. Harap diingat bahwa setiap kulkas mungkin memiliki kelas kompresor yang berbeda.

Baca Juga :  Bisskey CNN Indonesia dan CNBC Indonesia : UPDATE Terbaru

2. A: model kulkas

Kode satu huruf menunjukkan model kulkas tersebut. Biasanya, kode ini menandakan apakah kulkas tersebut merupakan rilisan pertama atau produk pertama dari seri kulkas. Kode B menunjukkan rilisan kedua dari seri kulkas tersebut.

3. 4: applicant

Applicant di sini merujuk pada karakteristik low back pressure with high starting torque. Ini berarti bahwa kulkas memiliki tekanan yang rendah dengan torsi awal yang tinggi.

4. Y: refrigerant / pendingin

Kode Y menunjukkan tipe pendingin yang digunakan dalam kulkas tersebut. Untuk Y, tipe pendingin yang digunakan adalah R134a.

Ada kode-kode lain yang menunjukkan tipe pendingin yang berbeda, seperti A dan V dengan pendingin R12, E dengan pendingin R22, J dengan pendingin R502, Z biasanya menggunakan pendingin R404A atau R507, sedangkan G menggunakan pendingin R22/R407C dan M menggunakan pendingin R600a.

5. 1: kode daya listrik yang dikonsumsi

Kode angka terakhir setelah tanda strip (-) menunjukkan daya listrik yang dikonsumsi oleh kulkas tersebut.

Angka 1 menunjukkan daya listrik 115 V/60 Hz, angka 2 menunjukkan daya listrik 208-230 V/60 Hz. Angka 3 menunjukkan daya listrik 100V/50-60 Hz, dan angka 4 menunjukkan daya listrik 110V/60 Hz.

Namun, jika tidak ada kode angka setelah kompresor, itu menunjukkan bahwa kulkas mengkonsumsi daya listrik sebesar 220-240 V/50 Hz.

Selain dari kode, kita juga dapat menentukan spesifikasi kompresor atau kulkas secara visual. Hal ini memudahkan kita dalam memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat Mengenal Kode Kompresor Kulkas LG

Setelah mengetahui Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas, selanjutnya Kompresor kulkas berfungsi untuk memompa bahan pendingin dan mendistribusikan ke seluruh bagian kulkas. Fungsinya adalah menyerap panas dari dalam kulkas dan mentransfernya ke cairan atau gas.

Kinerja kompresor menentukan suhu kulkas LG sesuai dengan pengaturan pengguna. Namun, apabila ampere melebihi batas normal, hal ini menunjukkan bahwa unit kompresor mulai rusak.

Mengetahui kode kompresor memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

1. Menentukan Daya

Setiap kompresor pada kulkas LG memiliki daya yang berbeda tergantung pada spesifikasinya. Dengan fitur inverter, konsumsi listrik bisa ditekan hingga 50 persen lebih rendah.

Kode kompresor kulkas LG membantu menentukan pemilihan daya yang tepat. Sehingga, pemilihan tipe dan spesifikasi produk dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanpa adanya kesalahan.

2. Menemukan Kulkas Ideal

Dalam mencari kulkas ideal, analisis faktor desain, fitur, dan konsumsi daya perlu dilakukan. Kode kompresor membantu calon pembeli dalam memilih jenis kulkas yang paling tepat.

Dengan mengetahui jenis kompresor yang terpasang, calon pembeli dapat memilih kulkas LG terbaik. Hal ini juga akan menentukan ukuran produk yang tepat berdasarkan daya kompresornya.

Ciri Ciri Kompresor Kulkas Rusak

Setelah mengetahui Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas, berikutnya kalian bisa langsung mengenali beberapa ciri-ciri kerusakan kompresor kulkas yang perlu diketahui:

1. Mengeluarkan Suara Berisik

Suara yang sangat bising dari kulkas bisa menjadi tanda bahwa kompresor kulkas kamu rusak. Gejala ini biasanya diikuti dengan matinya lampu kulkas dalam beberapa hari ke depan.

Kerusakan pada kompresor biasanya terjadi karena usia yang sudah tua dan komponen di dalamnya menjadi usang.

2. Terdengar Suara Berdengung

Suara dengungan dari kompresor kulkas yang rusak biasanya disebabkan oleh tegangan listrik yang terlalu rendah atau terlalu tinggi. Kondisi ini akan diiringi dengan naiknya ampere kompresor dan matinya mesin kompresor.

3. Tidak Dingin

Makanan yang tidak dingin meski telah lama disimpan di dalam kulkas bisa menjadi tanda bahwa kompresor kulkas kamu rusak.

Jika dibiarkan, makanan di dalamnya bisa membusuk lebih cepat. Cek juga bagian freezer dengan cara membekukan air di dalamnya.

Jika air tidak membeku meski sudah disimpan dalam waktu lama, hal tersebut bisa menjadi indikator kompresor kulkas rusak.

4. Meningkatnya Daya Arus Listrik Kompresor

Cara mengecek kerusakan kompresor kulkas adalah dengan menggunakan ampere meter. Jika tingkat arus listriknya melebihi batas normal, bisa jadi itu adalah pertanda bahwa kompresor rusak. Selain itu, peningkatan arus listrik pada kulkas juga bisa terpengaruh oleh tekanan freon.

5. Kompresor Mati

Ciri-ciri paling jelas bahwa kompresor kulkas rusak adalah kompresor yang tidak menyala sama sekali. Untuk mengeceknya, sambungkan kulkas ke saklar listrik.

Baca Juga :  TV Tidak Merespon Remote? : Berikut Penyebab dan Solusinya

Jika kompresor tidak menyala, bisa jadi itu adalah pertanda pertama bahwa kompresor kulkas rusak. Periksa juga apakah relay PTC atau overload putus atau tidak.

Jika kompresor tidak bereaksi sama sekali ketika diberi tegangan listrik secara langsung, itu menunjukkan bahwa kompresor rusak.

 

Penutup

Dengan mengetahui cara membaca kode kompresor kulkas secara mudah dan lengkap, kamu dapat memilih produk kulkas yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Selain itu, dengan mengetahui ciri-ciri kerusakan kompresor kulkas, kamu dapat melakukan perawatan dan pemeliharaan pada kulkas dengan tepat waktu.

Jadi, pastikan kamu memperhatikan kedua hal tersebut agar kulkasmu dapat berfungsi dengan baik dan awet. Demikianlah informasi dari empatpilar.com tentang cara membaca kode kompresor kulkas secara mudah dan lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *