Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin dengan Mudah : 2 & 3 Kabel

Posted on

Empat Pilar – Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin dengan Mudah : 2 & 3 Kabel. Kipas angin merupakan salah satu perangkat elektronik yang banyak digunakan di rumah atau kantor. Namun, terkadang kipas angin dapat mengalami masalah seperti mati total atau hanya berputar lambat.

Salah satu penyebab masalah ini adalah kapasitor yang rusak. Kapasitor merupakan komponen elektronik yang berfungsi sebagai penyimpan energi listrik sementara. Pada pertemuan sebelumnya kami sudah membahas mengenai Skema Spul Kipas Angin dan pada artikel kali ini kami akan membahas Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin dengan Mudah.

Kapasitor kipas angin dapat rusak karena beberapa faktor seperti usia yang sudah tua, sering dipakai, atau kualitas kapasitor yang buruk. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan cara pasang kapasitor kipas angin dengan mudah.

Pengertian Kapasitor

Kapasitor atau yang juga dikenal dengan sebutan kondensator, merupakan salah satu komponen penting dalam dunia elektronik yang berfungsi sebagai penyimpan muatan listrik sementara.

Struktur dasar kapasitor terdiri dari dua pelat konduktor yang terbuat dari bahan logam dan dipisahkan oleh lapisan isolator. Satuan yang digunakan untuk mengukur kapasitor adalah Farad, yang merupakan satuan internasional untuk besaran kapasitansi.

Berdasarkan fungsinya, kapasitor dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu kapasitor tetap, kapasitor elektrolit, dan kapasitor variabel. Kapasitor tetap digunakan untuk mengatur frekuensi sinyal elektronik.

Sedangkan, kapasitor elektrolit berfungsi sebagai penyimpan energi listrik dalam bentuk arus searah dan umumnya digunakan pada rangkaian elektronik daya tinggi.

Kapasitor variabel digunakan pada rangkaian yang memerlukan penyesuaian kapasitansi secara manual.

Dengan memahami pengertian kapasitor dan jenis-jenisnya, kita dapat lebih mudah memahami fungsi kapasitor kipas angin dan mengaplikasikannya pada perangkat elektronik lainnya.

Fungsi Kapasitor Kipas Angin

Fungsi utama dari kapasitor kipas angin adalah sebagai pengawal putaran atau start. Hal ini berarti kapasitor memiliki peran penting dalam menggerakkan kipas angin saat tombol ON ditekan. Pengaruh kapasitor terasa ketika kipas angin mulai berputar setelah tombol ON ditekan.

Jika kipas angin di rumah Anda tidak dapat berputar, kemungkinan besar kapasitor pada kipas tersebut mengalami kerusakan. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menggantinya sendiri atau membawa kipas angin ke tukang servis.

Arus listrik yang disimpan oleh kapasitor digunakan sebagai langkah awal untuk memutar rotor pada kipas angin. Kita harus memahami bahwa dinamo membutuhkan energi listrik yang besar untuk memulai menggerakkan kipas.

Oleh karena itu, kapasitor sangat diperlukan oleh dinamo untuk memulai menggerakkan kipas.

Ukuran kapasitor yang digunakan pada kipas angin bervariasi, mulai dari 1,5 µF/ 250 Volt, 2,5 µF, hingga 3,3 µF. Meskipun ukuran kapasitor berbeda, namun hal tersebut tidak akan mempengaruhi fungsi kapasitor kipas angin.

Namun, perputaran kipas angin akan dipengaruhi oleh ukuran kapasitor yang digunakan. Putaran kipas angin akan semakin lambat jika kapasitor yang digunakan lebih kecil dari kapasitor sebelumnya.

Sebaliknya, jika digunakan kapasitor yang lebih besar dari sebelumnya, putaran kipas angin akan semakin cepat dari biasanya.

Penting untuk diketahui bahwa penggunaan kapasitor yang lebih besar dari kapasitor sebelumnya dapat berdampak buruk pada kipas angin. Kapasitor dapat dengan mudah terbakar atau bahkan dapat mempengaruhi kerusakan pada komponen kipas angin lainnya.

Oleh karena itu, perlu dipastikan untuk menggunakan kapasitor yang sesuai dengan kapasitor yang digunakan sebelumnya.

Ciri-ciri Kapasitor Kipas Angin yang Mengalami Kerusakan dan Harganya

Jika kapasitor pada kipas angin mengalami kerusakan, maka hal ini akan mempengaruhi fungsi kapasitor kipas angin yang tidak berjalan dengan baik. Berikut adalah beberapa ciri-ciri kapasitor kipas angin yang rusak:

Baca Juga :  Panduan, Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet dan Terjaga

  • Kipas angin tidak merespon atau berputar dengan cepat saat dinyalakan dan memerlukan bantuan tangan untuk memutar kipas.
  • Kipas angin berputar sangat pelan atau lemah sehingga angin yang dikeluarkan tidak kuat.
  • Kipas angin mengeluarkan bunyi bising saat dinyalakan, hal ini disebabkan oleh dinamo yang kekurangan sumber arus guna melakukan start.

Jika mengalami masalah tersebut, perlu diperiksa komponen pada kipas angin, seperti dinamo, bearing, serta kapasitor. Kapasitor kipas angin dapat dibeli di toko-toko elektronik di sekitar Anda dengan harga yang cukup terjangkau. Harga kapasitor kipas angin mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 30.000.

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin

Setelah mengetahui cara kerja dan tanda-tanda kerusakan kapasitor, solusinya adalah dengan mengganti kapasitor yang rusak.

Namun sebelum melakukan Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu, yaitu:

  • Pisau atau gunting pemotong kabel
  • Obeng
  • Kapasitor pengganti dengan isolasi
  • Kabel listrik yang berwarna hitam
  • Selotip.

Hal-hal tersebut perlu disiapkan agar proses penggantian kapasitor dapat dilakukan dengan lebih mudah dan aman.

1. Skema cara pasang kapasitor kipas angin 2 kabel

Setelah mempersiapkan beberapa peralatan yang diperlukan, berikut adalah skema cara pemasangan kapasitor kipas angin:

  • Pastikan kabel power pada kipas angin telah terlepas dari colokan untuk menghindari sengatan listrik.
  • Lepaskan bagian kipas sehingga housing mesin pada kipas angin dapat diakses.
  • Buka bagian penutup kipas dengan menggunakan obeng dan ukuran sekrup yang ada di area penutup. Temukan letak dan jalur kabel kapasitor kipas angin.
  • Pada kedua terminal kapasitor, temukan bagian kabel yang terhubung. Potong bagian kabel yang mudah disambungkan.
  • Pasang kapasitor baru dan hubungkan pada kabel yang telah dipotong. Tidak perlu mengurutkan posisi kabel karena penggunaan listrik di sini merupakan arus bolak-balik.
  • Pastikan kapasitor tersambung dengan aman dan kuat. Bungkus sambungan dengan isolasi agar tidak terjadi korsleting.
  • Rakit kembali semua bagian mesin dan pastikan semuanya aman sebelum mencoba kipas angin.
  • Nyalakan kipas angin untuk mengetahui apakah kapasitor berfungsi. Jika semuanya normal, selesaikan perakitan kipas angin hingga semua komponen terpasang dengan baik.

Dengan mengikuti skema cara pemasangan kapasitor kipas angin, penggantian kapasitor dapat dilakukan dengan mudah dan aman. Pastikan untuk selalu berhati-hati dan mematikan listrik sebelum memulai penggantian.

2. Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 3 Kabel

Sebenarnya, cara pemasangan kapasitor kipas angin dengan 3 kabel dan 5 kabel tidak jauh berbeda dengan skema pemasangan sebelumnya.

Namun, skema pemasangan kapasitor ini memiliki fungsi yang berbeda-beda untuk setiap kabelnya.

Kabel berwarna hitam berfungsi untuk menghubungkan kapasitor ke sumber listrik secara langsung. Kabel berwarna putih berfungsi sebagai sambungan listrik langsung.

Sedangkan kabel berwarna merah digunakan sebagai sambungan di kapasitor saja. Meskipun ada perbedaan pada fungsi setiap kabel, cara pemasangannya tetap sama.

Dengan mengetahui fungsi dari setiap kabel, pemasangan kapasitor kipas angin dapat dilakukan dengan lebih mudah dan tepat. Pastikan untuk memahami skema pemasangan dengan benar sebelum melakukan penggantian kapasitor.

 

Penutup

Dalam artikel ini, empatpilar.com telah membahas cara pasang kapasitor kipas angin dengan mudah.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Kalian sekarang dapat dengan mudah memasang kapasitor kipas angin Kalian sendiri tanpa memerlukan bantuan ahli atau teknisi.

Pastikan Kalian mengikuti setiap langkah dengan hati-hati dan memastikan Kalian memiliki semua alat yang diperlukan sebelum memulai.

Ingatlah untuk selalu mematikan listrik sebelum memulai pekerjaan dan hindari sentuhan langsung pada kabel listrik.

Dengan memasang kapasitor yang tepat pada kipas angin Kalian, Kalian dapat memastikan kinerjanya yang optimal dan dapat menikmati pendinginan yang lebih baik di rumah Kalian.

Baca Juga :  Perbedaan Resistor dan Kapasitor : Simak Ulasan Secara Lengkapnya

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kalian dan selamat mencoba! Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/cara-pasang-kapasitor-kipas-angin/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *