Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay

Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay : Mudah Dilakukan

Posted on

Empat Pilar – Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay : Mudah Dilakukan. Apakah Kalian sedang mengalami masalah dengan kulkas Kalian yang tidak dapat dihidupkan karena relay-nya rusak? Jangan khawatir, Kalian tidak perlu membeli relay baru atau memanggil tukang service untuk memperbaikinya.

Di artikel ini, saya akan memberikan cara menghidupkan kompresor kulkas tanpa relay. Dengan menggunakan solusi simpel ini, Kalian dapat memperbaiki kulkas Kalian sendiri tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Mari kita mulai!

Mengenal Relay

Relay merupakan komponen pada kulkas yang bertugas sebagai pengaman mesin agar terhindar dari masuknya arus listrik yang tidak stabil.

Terdapat beberapa cara untuk menghidupkan kulkas tanpa menggunakan relay, hal ini dilakukan untuk memeriksa kondisi kumparan relay PTC pada kulkas apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah mengalami kerusakan.

Umumnya, teknik ini digunakan apabila masih ragu apakah kerusakan pada kompresor kulkas disebabkan oleh relay.

Meskipun tanpa relay, kulkas masih dapat dihidupkan.

Cara Kerja PTC dan Overload

Sebelum masuk ke pembahasan seputar cara menghidupkan kompresor kulkas tanpa relay, pahami dulu bagaimana cara kerja PTC dan overload. Kedua komponen ini nantinya jadi kunci penting dalam menyalakan kompresor kulkas.

1. PTC

PTC

Relay PTC pada kompresor berfungsi untuk mengalirkan sementara arus listrik ke kumparan starting kompresor.

Saat dinamo kompresor berputar, relay PTC akan memutuskan arus listrik ke kumparan starting.

PTC adalah jenis resistor dengan nilai hambatan yang dapat berubah-ubah. Nilai hambatan pada resistor PTC dipengaruhi oleh suhu. Semakin tinggi suhu resistor, semakin besar nilai hambatannya.

Akibatnya, semakin panas suhu resistor, semakin sulit aliran arus listrik melaluinya karena nilai hambatannya semakin besar.

2. Overload

Overload

Overload pada kompresor memiliki fungsi untuk mencegah kumparan kompresor rusak akibat terlalu panas, yang dapat disebabkan oleh beban berlebih pada kompresor atau kekeringan pada pendingin oli.

Overload dilengkapi dengan switch atau relay yang diaktifkan oleh logam bimetal. Logam bimetal berfungsi sebagai penghubung dan pemutus aliran arus listrik ke kompresor.

Ketika suhu overload normal, relay overload dapat menghubungkan arus listrik ke kompresor.

Namun, ketika suhu terlalu panas, logam bimetal di dalam overload akan melengkung dan menyalakan relay, yang akan memutuskan arus listrik ke kompresor.

Beberapa tanda overload rusak yang dapat digunakan untuk mendeteksi masalah pada kompresor adalah:

  • Mesin kulkas mati total akibat penumpukan debu pada arus listrik.
  • Kulkas tidak lagi dingin.
  • Kompresor bekerja tanpa henti.
  • Tegangan turun atau terlalu tinggi.

Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay

Setelah memahami dua komponen utama pada kompresor, simak bagaimana Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay!

1. Cari Tahu Socket Terminal pada Kompresor

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh Pins adalah menemukan terminal socket pada kompresor yang terdiri dari tiga terminal, yaitu:

  • Terminal Com
  • Terminal Starting
  • Terminal Running

Kumparan starting pada kompresor kulkas berperan penting dalam mengoperasikan kumparan. Terutama ketika kompresor pertama kali dinyalakan.

Setelah kumparan yang sudah beroperasi mampu memutar poros dinamo kompresor, kumparan starting tidak lagi diperlukan.

Namun, jika kumparan starting tidak berfungsi, kumparan utama dinamo kompresor tidak akan dapat berputar.

Kumparan starting dioperasikan oleh relay PTC. Oleh karena itu, kerusakan pada relay PTC dapat menyebabkan masalah pada fungsi kompresor kulkas.

2. Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay

Setelah menemukan socket terminal pada kompresor, kamu dapat mencoba cara menghidupkan kompresor kulkas tanpa menggunakan relay dengan langkah-langkah berikut:

  • Sambungkan terminal Com dan Running ke colokan listrik, namun jangan langsung colok ke terminal listrik PLN.
  • Siapkan kabel pendek untuk starting.
  • Sambungkan salah satu ujung kabel pendek ke terminal Running. Pegang ujung lain dari kabel tersebut.
  • Colokkan colokan tadi ke terminal listrik PLN. Dengan begitu, aliran listrik dapat melalui kumparan running pada kompresor.
  • Colokkan ujung kabel pendek ke terminal Starting sampai kompresor hidup.
  • Setelah kompresor hidup, cabut kabel pendek tersebut.
  • Hindari menghubungkan kabel ke terminal starting terlalu lama karena dapat merusak kumparan kompresor.
Baca Juga :  Daftar Kode Remot TV Toshiba : Semua Jenis (Tabung, LCD dan LED)

3. Menghidupkan Kompresor Kulkas dengan Switch

Kalian juga dapat menggunakan switch untuk menyalakan kompresor kulkas tanpa relay. Berikut adalah cara yang dapat Kalian lakukan:

  • Siapkan saklar switch.
  • Sambungkan terminal Com dan Running ke colokan atau stop kontak.
  • Hubungkan terminal Starting dengan kabel ke terminal Com atau nol pada switch.
  • Sementara itu, hubungkan terminal NO pada switch ke terminal Running pada kompresor.
  • Colokkan stop kontak ke terminal listrik PLN.
  • Tekan switch hingga kompresor menyala, kemudian lepas.

Itulah cara menghidupkan kompresor kulkas tanpa relay. Namun, Kalian harus berhati-hati karena tegangan listrik yang masuk ke kompresor adalah 220V dan dapat membahayakan jika tersengat.

Jika kompresor dapat menyala saat dihubungkan dengan cara di atas, kemungkinan penyebab kompresor yang tidak berputar atau mati adalah karena kerusakan pada relay PTC.

Ciri-Ciri Kompresor Kulkas Rusak.

Setelah mengetahui Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay selanjutnya Ciri-Ciri Kompresor Kulkas Rusak. Nah, daripada bingung, lebih baik cek kembali kulkas tersebut. Mungkin saja kompresornya mengalami masalah. Berikut ini adalah 5 ciri-ciri kompresor kulkas rusak.

1. Kulkas tidak dapat melakukan proses pendinginan secara maksimal

Kompresor memiliki peran penting dalam mesin pendingin, termasuk pada kulkas. Oleh karena itu, jika kompresor kulkas mengalami kerusakan, kulkas tidak akan mampu menghasilkan hawa dingin secara optimal.

Untuk mendeteksi kerusakan pada kompresor kulkas, Kalian dapat melakukan tes sederhana dengan membekukan es batu di dalam freezer.

Jika es batu tersebut tidak membeku meskipun telah berada dalam waktu yang cukup lama, hal itu bisa menjadi pertKalian adanya kerusakan pada kompresor.

Namun, perlu diingat bahwa hal tersebut tidak selalu menunjukkan kerusakan pada kompresor, karena ada beberapa kasus lain yang dapat menyebabkan kulkas tidak dingin.

Salah satunya adalah pintu kulkas yang tidak tertutup rapat, sehingga suhu ruangan masuk ke dalam kulkas dan mengganggu proses pendinginan.

2. Suara kompresor keras dan berisik

Jika suara mesin kompresor kulkas terdengar sangat keras dan bising, itu bisa menjadi pertKalian bahwa kompresor kulkas mengalami masalah.

Jika masalah ini tidak segera ditangani, kemungkinan besar dalam beberapa hari ke depan kompresor akan mati total.

Penyebab umum dari masalah ini adalah usia kompresor yang sudah tua dan alat-alat di dalamnya juga sudah usang.

Oleh karena itu, diperlukan perawatan dan penggantian komponen yang tepat agar kulkas dapat berfungsi dengan baik dan awet.

3. Meningkatnya ampere kompresor melebihi batas normal

Salah satu tKalian bahwa kompresor kulkas mengalami kerusakan adalah meningkatnya ampere kompresor melebihi batas normal.

Namun, untuk memastikan apakah hal tersebut benar-benar terjadi, Kalian perlu melakukan pemeriksaan tekanan freon pada kulkas.

Terkadang, tekanan freon yang tidak normal juga dapat mempengaruhi peningkatan ampere pada kompresor.

Namun, sebelum melakukan pemeriksaan, pastikan Kalian mengetahui batas PSI tekanan freon dan maksimal ampere yang diperbolehkan pada kompresor kulkas tersebut.

Setiap kulkas memiliki indikator yang berbeda-beda, oleh karena itu penting untuk memahami batas normal pada kulkas Kalian.

4. Kompresor hanya mengeluarkan suara berdengung saja

Jika mesin kompresor kulkas hanya mengeluarkan suara berdengung tanpa menghasilkan hawa dingin, kemungkinan masalahnya terletak pada tegangan listrik yang terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Ketika hal ini terjadi, ampere kompresor cenderung naik dan akhirnya mesin kompresor bisa mati total.

Meskipun kulkas masih berfungsi, tetapi masalah ini perlu segera ditangani agar tidak berdampak pada kerusakan yang lebih serius.

5. Kompresor tidak mau hidup sama sekali

Jika setelah mencolokkan kabel kulkas ke saklar listrik, namun kompresor tidak bereaksi, hal tersebut dapat menjadi tKalian bahwa kompresor kulkas mengalami kerusakan.

Untuk memastikannya, periksa apakah relay PTC atau overload-nya putus. Jika memang putus, coba tes dengan memberikan tegangan listrik langsung pada kompresor untuk mengetahui apakah kompresor masih dapat berfungsi.

Baca Juga :  √ TV Sharp Aquos Tidak Ada Suara : Cara Mudah Mengatasinya !!

Ini adalah tKalian yang pasti bahwa kompresor kulkas mengalami kerusakan dan perlu segera diperbaiki atau diganti.

Penutup

Dalam artikel ini, telah dijelaskan cara menghidupkan kompresor kulkas tanpa menggunakan relay.

Meskipun membutuhkan sedikit usaha dan pengetahuan teknis, tetapi mempelajari cara menghidupkan kompresor kulkas tanpa relay bisa sangat bermanfaat terutama ketika relay mengalami kerusakan dan sulit ditemukan di pasaran.

Namun, sebelum mencoba cara ini, pastikan untuk memahami risikonya dan selalu berhati-hati saat bekerja dengan peralatan listrik.

Semoga informasi dari empatpilar.com mengenai Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay, ini bermanfaat bagi Kalian yang ingin menghidupkan kulkas tanpa relay.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *