Cara Membongkar Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading

√ Cara Membongkar Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading : Panduan Mudah

Posted on

Empat Pilar –Cara Membongkar Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading : Panduan Mudah. Mesin cuci adalah salah satu perangkat rumah tangga yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Mesin cuci front loading dan top loading adalah dua jenis mesin cuci yang paling umum digunakan. Meskipun mereka memiliki fungsi yang sama, proses membongkar mesin cuci front loading dan top loading sedikit berbeda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membongkar mesin cuci front loading dan top loading secara lengkap. Kalian akan mempelajari langkah-langkah yang diperlukan untuk membongkar mesin cuci dengan aman dan efektif.

A. Mesin Cuci Front Loading

Mesin cuci Front Loading, yang operasionalnya sepenuhnya otomatis, merupakan pilihan yang baik untuk Kalian. Tabung cuci dari mesin jenis ini bergerak secara horizontal, dimana ia dengan cepat mengangkat dan menurunkan semua pakaian ke dalam air.

Keuntungan lain dari mesin cuci dengan bukaan depan ini adalah kemudahannya untuk Kalian yang memiliki jadwal yang padat. Proses pencucian bisa sepenuhnya ditangani oleh mesin hingga selesai.

Kalian hanya perlu memasukkan pakaian kotor ke dalam mesin dan membiarkannya bekerja hingga siklus pencucian berakhir. Setelah siklus pencucian selesai, Kalian bisa langsung menjemur pakaian atau memindahkannya ke mesin pengering.

Kelebihan Mesin Cuci Front Loading:

  1. Hemat Air dan Deterjen
    Mesin cuci Front Loading menggunakan teknologi yang berbeda sehingga lebih hemat air dan deterjen. Mesin ini mengalirkan air secara bertahap sesuai kebutuhan, sehingga penggunaan air dan deterjen menjadi lebih efisien.
  2. Cucian Lebih Bersih
    Dibandingkan dengan mesin cuci Top Loading, mesin cuci Front Loading mencuci pakaian dengan perputaran mesin secara vertikal. Hal ini membuat cucian menjadi lebih bersih karena pakaian seperti dicuci dengan cara dibanting. Metode mencuci seperti ini jauh lebih baik daripada memutar pakaian secara horizontal. Hasil cucian pun menjadi jauh lebih bersih.
  3. Aman untuk Semua Jenis Pakaian
    Perputaran mesin secara vertikal pada mesin cuci Front Loading membuatnya lebih aman untuk semua jenis pakaian. Risiko terlilitnya pakaian menjadi lebih kecil. Berbeda dengan mesin cuci Top Loading yang berisiko membuat pakaian saling melilit dan menarik satu sama lain. Mesin cuci Front Loading juga mengurangi risiko kerusakan pada pakaian saat dicuci.
  4. Desain yang Praktis
    Mesin cuci Front Loading dapat diselipkan di bawah kabinet dan memiliki pintu bukaan depan, membuatnya lebih ramah untuk penyandang disabilitas. Selain itu, suara mesin cuci saat proses pencucian juga lebih senyap.
  5. Ekstraksi Air yang Lebih Baik
    Mesin cuci Front Loading memiliki kecepatan putaran yang lebih tinggi, sekitar 800-1500 RPM (putaran per menit). Hal ini memungkinkan mesin cuci Front Loading untuk mengekstrak lebih banyak air dari pakaian, sehingga menghemat waktu dalam proses pengeringan.
  6. Fitur Pencucian yang Beragam
    Mesin cuci Front Loading juga menawarkan fitur pencucian yang lebih beragam dibandingkan dengan mesin cuci Top Loading.

B. Mesin Cuci Top Loading

Mesin cuci berbukaan atas biasanya dilengkapi dengan agitator yang terbuat dari plastik, berlokasi di tengah bagian bawah tabung. Agitator berperan dalam membersihkan dan memutar pakaian sehingga bercampur dengan air dan deterjen. Pada model mesin cuci ini, gerakan tabung cuci bersifat vertikal.

Mesin cuci model top loading sangat memudahkan pengguna dalam menambahkan pakaian yang terlupa saat proses pencucian sedang berlangsung.

Oleh karena itu, banyak orang beranggapan bahwa mesin cuci model top loading lebih sesuai untuk kebutuhan rumah tangga, sebab metode pencuciannya lebih sederhana, bahkan bagi orang yang belum berpengalaman menggunakannya.

Kelebihan Mesin cuci Top Loading:

  1. Mesin cuci jenis ini memiliki harga yang sangat terjangkau dibandingkan dengan jenis Front loading.
  2. Tabung pada mesin cuci Top loading memiliki ukuran yang lebih luas, sehingga dapat menampung lebih banyak cucian dibandingkan dengan Front loading.
  3. Efisiensi dalam menghilangkan noda adalah kelebihan lainnya, berkat tabung besar yang memungkinkan perendaman pakaian lebih optimal.
  4. Desain mesin cuci top loading dengan pintu yang terbuka ke atas dan berada pada ketinggian pinggang memudahkan pengguna saat memasukkan cucian dan deterjen tanpa harus membungkuk.
  5. Dimensinya yang kompak membuat mesin cuci top loading lebih hemat ruangan dibanding jenis Front loading.
  6. Konsumsi listriknya relatif rendah, hanya memerlukan sekitar 330 – 350 watt.
  7. Memiliki siklus pencucian yang lebih singkat.
  8. Perawatan mesin cuci jenis ini juga lebih sederhana.
  9. Dibandingkan dengan mesin cuci lainnya, biaya pemeliharaan mesin cuci top loading cenderung lebih ekonomis.
Baca Juga :  Cara Membersihkan Mesin Cuci 1 Tabung Samsung dengan Baik dan Benar

Cara Membongkar Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading

Ada dua tipe mesin cuci yang akan dibahas pada artikel ini, yaitu front loading dan top loading. Maka dari itu, Kalian harus mengetahui tipe mesin cuci apa yang dimiliki.

Namun, apabila Kalian tidak mengetahui apa itu front loading dan top loading maka bisa membaca artikel berikut ini terlebih dahulu.

Jika sudah mengetahui tipe mesin cuci apa yang Kalian punya, bacalah langkah-langkah Cara Membongkar Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading di bawah ini :

1. Cara Membongkar Mesin Cuci Front Loading

Berikut adalah Cara Membongkar Mesin Cuci Front Loading, pahami dengan baik agar tidak merusak mesin cuci kalian :

  1. Langkah pertama, pastikan mesin cuci dalam keadaan mati dan kabel listrik sudah dicabut dari sumbernya.
  2. Penting untuk membersihkan semua bagian mesin cuci, baik bagian eksterior maupun interiornya, sebelum Kalian mulai membongkarnya.
  3. Setelah itu, periksa apakah mesin cuci dalam keadaan kering. Keadaan basah dapat berpotensi membahayakan, misalnya bisa menimbulkan risiko tersengat listrik.
  4. Kendurkan dan lepaskan baut yang berada di bagian atas mesin cuci front loading.
  5. Selanjutnya, lepaskan panel depan mesin cuci front loading dengan cara mengendurkan baut yang terletak di bagian bawah panel tersebut.
  6. Lepaskan pulsator dengan cara melepaskan baut-baut di sekelilingnya.
  7. Setelah pulsator terlepas, mesin cuci dapat dicopot dari rangkanya.
  8. Lepaskan sabuk mesin cuci dan baut penyangga drum untuk dapat melepaskan drum atau tabung mesin cuci.
  9. Dengan demikian, Kalian dapat membersihkan atau memeriksa komponen-komponen mesin cuci untuk mengetahui apakah ada bagian yang rusak.
  10. Sangat penting untuk mengingat posisi setiap baut. Jangan sampai posisi baut terbalik atau hilang, karena ini bisa mengakibatkan mesin cuci bergetar keras.
  11. Terakhir, nyalakan mesin cuci dan periksa apakah sudah beroperasi dengan normal.

2. Cara Membongkar Mesin Cuci Top Loading

Berikut adalah Cara Membongkar Mesin Cuci Top Loading, perhatikan dengan baik langkah-langkahnya :

  1. Sebagaimana mesin cuci front loading, pastikan mesin cuci dalam keadaan mati dan terputus dari sumber listrik.
  2. Sebelum memulai, kosongkan mesin cuci agar memudahkan dan tidak memberatkan proses pembongkaran mesin cuci top loading.
  3. Pastikan untuk membersihkan bagian eksterior dan interior mesin cuci top loading sebelum membongkarnya.
  4. Dan juga, pastikan mesin cuci dalam kondisi kering karena jika basah dapat berpotensi menimbulkan risiko tersengat listrik.
  5. Buka baut yang berada di bagian atas mesin cuci.
  6. Kemudian, lepaskan panel mesin cuci top loading dengan mengendurkan baut yang terdapat di bagian bawahnya.
  7. Dengan melakukan hal tersebut, Kalian bisa melepaskan penutup atas mesin cuci top loading.
  8. Carilah klip pengunci dan lepaskan dengan menggunakan obeng secara hati-hati.
  9. Lepaskan pulsator dengan cara melepaskan baut yang ada di sekelilingnya.
  10. Setelah pulsator terlepas, Kalian dapat mencopot mesin cuci dari kerangkanya.
  11. Cabut sabuk mesin cuci atau belt dan baut penyangga drum untuk memungkinkan Kalian melepaskan drum atau tabung mesin cuci.
  12. Setelah itu, Kalian dapat membersihkan komponen-komponen mesin cuci atau memeriksa apakah ada yang rusak.
  13. Penting bagi Kalian untuk mengingat posisi setiap baut. Pastikan tidak ada yang tertukar atau hilang, sebab hal ini bisa membuat mesin cuci bergetar kuat.
  14. Sebagai langkah terakhir, nyalakan mesin cuci dan cek apakah kinerjanya sudah kembali normal.

 

BACA JUGA :

Kesimpulan

Demikianlah ulasan dari empatpilar.com Cara Membongkar Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading.

Baca Juga :  Mengenal Bagian-Bagian Mesin Cuci : Fungsi & Cara Kerja Lengkap

Mengerti Cara Membongkar Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading sangat penting, terutama saat Kalian perlu melakukan pemeliharaan atau perbaikan sendiri. Harap ingat, meski prosesnya tampak sederhana, tetap diperlukan kehati-hatian dan ketelitian.

Jangan ragu untuk menghubungi teknisi profesional jika Kalian merasa kesulitan atau ragu dalam proses pembongkaran.

Semoga artikel mengenai Cara Membongkar Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading ini, bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan yang dibutuhkan.

Tetaplah menjaga mesin cuci Kalian agar awet dan berfungsi dengan baik, karena ini adalah investasi yang sangat berharga untuk kelancaran kehidupan sehari-hari.

Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *