Cara Membuat File ISO

Cara Membuat File ISO dengan Winrar Secara Mudah

Posted on

Empat Pilar – Cara Membuat File ISO, Anda mungkin sudah tidak asing dengan file ISO, yang juga disebut dengan ISO image atau disk image. File ISO adalah file arsip yang merupakan salinan identik data atau salinan apapun yang tersimpan di disk optik seperti CD, DVD atau Blue-ray. Nama ISO sendiri berasal dari nama file sistem yang digunakan oleh media optik yaitu ISO 9660.

Pengertian File ISO

File ISO (sering disebut image ISO) adalah file arsip yang berisi salinan identik dari data yang terdapat pada disk optik, seperti CD atau DVD. File ini sering digunakan untuk mencadangkan disk optik atau untuk mendistribusikan kumpulan file besar yang akan dibakar ke disk.

Pikirkan file ISO seperti kotak yang menyimpan semua bagian yang dibutuhkan untuk sesuatu yang harus dibangun, seperti mainan anak-anak yang mungkin Anda beli yang memerlukan perakitan. Kotak tempat potongan mainan tidak berguna tanpa isi yang diambil dan digabungkan, menjadi mainan yang sebenarnya ingin Anda gunakan. File ISO bekerja dengan cara yang sama, file itu sendiri tidak berguna kecuali dapat dibuka, digabungkan dan digunakan.

Fungsi File ISO

1. Backup Data Menjadi Lebih Mudah

Sobat komputer dapat membuat file ISO untuk mempermudah dalam melakukan backup data. Dengan memiliki data dalam bentuk file ISO, sobat dapat menyalin atau membakarnya ke dalam CD atau DVD dengan lebih cepat. Oleh karena itu, file ISO ini sering digunakan untuk tujuan backup data.

2. Sebagai Pengganti CD / DVD

IFile ISO disebut juga dengan CD/DVD Image, yaitu sebuah file yang berfungsi untuk menggantikan data CD/DVD. Jika sobat ingin membuka file ISO, sobat tidak perlu menggunakan perangkat keras CD/DVD Room, tetapi cukup menggunakan virtual drive pada mesin komputer sobat.

3. Mengurangi Resiko Kerusakan

Karena CD/DVD disimpan dalam bentuk file, maka risiko kerusakan data dapat diminimalisir. Jika awalnya sobat menyimpan data dalam bentuk kepingan CD/DVD, kemungkinan besar kepingan CD/DVD akan tergores atau terdapat bercak, sehingga tidak dapat dibaca oleh CD/DVD Room. Namun, jika sobat menyimpan data CD/DVD tersebut dalam bentuk file ISO, maka risiko tersebut dapat diminimalisir.

4. Menjaga Keamanan Data

Salah satu fungsi file ISO adalah untuk menjaga keamanan data, baik dari orang yang ingin mencuri data penting atau dari serangan virus. Dengan menyimpan data dalam format ISO, sobat dapat mengamankan data dengan memberikan password sesuai dengan keinginan sobat.

 

Kelebihan Membuat File ISO Menggunakan WinRAR

Terdapat banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat file ISO seperti Winrar, Daemon Tools, UltraISO, PowerISO dan aplikasi lainnya. File ISO sendiri biasanya digunakan untuk mendistribusikan program atau bahkan system operasi, sehingga file dalam program yang sangat banyak dapat tersusun rapi menjadi satu file saja.

Baca Juga :  Cara Membuat Surat Izin Sekolah Sendiri dengan Baik

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang cara membuat file ISO dengan menggunakan Winrar. Winrar adalah software yang dibuat khusus untuk pengarsipan dalam PC. Format yang diberikan ketika kamu mengompres atau mengarsipkan sebuah file ke Winrar adalah RAR.

Selain itu Winrar juga mempunyai beberapa kelebihan antara lain.

1. Dapat memperkecil ukuran file

2. Dapat merapikan file

3. Dapat melindungi file dari virus

4. Terdapat 2 jenis format

5. Dapat membuka file ISO dan Java/ Jar

6. Dapat mengunci file RAR

Cara Membuat File ISO dengan Winrar Secara Mudah

Sekarang, pertanyaan yang muncul adalah bagaimana cara membuat file ISO menggunakan Winrar? Sebelumnya, tentukan file apa yang akan diubah ekstensinya menjadi ISO. Berikut ini adalah cara membuat file ISO dengan Winrar secara mudah:

1. Pertama, jika belum memiliki aplikasi Winrar, download dan install terlebih dahulu pada laptop/computer yang akan digunakan. Dalam contoh ini, kita menggunakan file bernama “BFI”.
2. Setelah itu, klik kanan file yang akan diubah ekstensinya menjadi file ISO.

Cara Membuat File ISO
3. Pilih “Add to archive..” pada icon Winrar.

Cara Membuat File ISO
4. Ganti tulisan “.rar” menjadi “.iso” dan pilih OK.

Cara Membuat File ISO
5. Tunggu sampai proses selesai.

Cara Membuat File ISO
6. Maka secara otomatis file tersebut akan berubah ekstensinya menjadi ISO. Mudah bukan?

Cara Membuat File ISO

Winrar menjadi aplikasi favorit banyak orang. Selain berfungsi sebagai pengaman file ISO, cara penggunaannya juga sangat mudah.

 

Nah demikian ulasan mengenai Cara Membuat File ISO dengan Winrar Secara Mudah, semoga bisa kalian pahami dengan mudah dan bisa dipraktekan. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *