Iconnet VS IndiHome

Iconnet VS IndiHome, Pilih Mana ? Lihat Perbandingannya

Posted on

Empat Pilar – Iconnet VS IndiHome, Pilih Mana ? Lihat Perbandingannya. Dalam dunia yang semakin terhubung ini, akses internet menjadi hal yang sangat penting. Kita membutuhkan koneksi internet yang stabil, cepat, dan terjangkau.

Oleh karena itu, banyak penyedia layanan internet yang menawarkan berbagai macam paket dan layanan yang berbeda-beda.

Di Indonesia, Iconnet dan IndiHome adalah dua penyedia layanan internet yang cukup populer. Keduanya menawarkan kecepatan dan harga yang kompetitif, sehingga membuat Kalian bingung memilih yang mana.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membandingkan Iconnet VS IndiHome untuk membantu Kalian memilih yang terbaik untuk kebutuhan internet Kalian.

Mengenal Iconnet

Diperkenalkan pada tanggal 31 Mei 2021 oleh ICON+ bersama PT PLN (Persero), ICONNET merupakan merek layanan internet tetap yang baru yang sebelumnya dikenal sebagai Stroomnet.

ICONNET hadir dengan menawarkan nilai tambah bagi pelanggan melalui jaminan jaringan internet yang andal, terjangkau, dan tanpa batas.

Layanan internet berbasis serat optik ICON+ ini sangat sukses. Dalam waktu beberapa bulan saja, lebih dari 120 ribu pelanggan telah menikmati ICONNET dengan lebih dari 300 ribu homepass.

Pertumbuhan layanan internet tetap ICON+ meningkat 710 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Mengenal IndiHome

Indonesia Digital Home atau yang lebih dikenal dengan sebutan IndiHome merupakan salah satu layanan produk dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang menyediakan paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), internet (Internet on Fiber atau High Speed Internet), dan layanan televisi interaktif (IndiHome TV, IPTV).

Telkom memberikan label IndiHome sebagai tiga layanan dalam satu paket (3-in-1) karena selain internet, pelanggan juga dapat menikmati tayangan TV berbayar dan saluran telepon.

Selain itu, paket IndiHome juga dilengkapi dengan konten seperti layanan portal musik digital dan Home Automation.

Sejak diluncurkannya IndiHome, pelanggan yang sebelumnya berlangganan paket internet Speedy satu-per-satu diminta untuk beralih ke IndiHome, karena layanan dagang Speedy akan segera diberhentikan pada tahun 2015.

IndiHome resmi diluncurkan pada tahun 2015 dan merupakan salah satu program dari proyek utama Telkom, Indonesia Digital Network 2015.

Dalam penyelenggaraannya, Telkom bekerja sama dengan sejumlah pengembang teknologi telekomunikasi untuk membangun rumah berkonsep digital.

Perbedaan Iconnet VS Indihome

Setiap calon pelanggan pasti menginginkan layanan internet yang berkualitas dan cepat. Terlebih lagi jika pemasangan instalasi berlangganan dilakukan untuk penggunaan rutin dengan pembayaran bulanan.

Iconnet dan IndiHome sering menjadi dua opsi yang membuat masyarakat penasaran. Hal ini dikarenakan kedua provider tersebut menawarkan beberapa paket menarik dengan manfaat yang berbeda.

Berikut adalah perbandingan Iconnet VS IndiHome:

1. Harga Paket

Sebagai provider baru, harga paket Iconnet PLN dianggap lebih terjangkau bagi kalangan pemula. Selain itu, keuntungan dari paket ini adalah penggunaan unlimited tanpa batasan FUP (Fair Usage Policy).

Di sisi lain, harga paket berlangganan IndiHome per bulannya cenderung lebih mahal. Meskipun bersifat unlimited, operator ini menetapkan batasan pemakaian wajar sebelum kecepatan internet diturunkan.

Berikut adalah perbandingan harga paket Iconnet dan IndiHome:

Paket InternetIconnetIndiHome
10 MbpsRp. 18.000none
20 MbpsRp. 207.000Rp. 275.000
30 MbpsnoneRp. 315.000
50 MbpsRp. 297.000Rp. 445.000
100 MbpsRp. 427.000Rp. 795.000

2. Kondisi Jaringan

Baik Iconnet maupun IndiHome menggunakan jaringan fiber optik untuk layanan internet berkecepatan tinggi. Kedua operator ini mampu memenuhi kebutuhan pengguna untuk akses data dan konten multimedia.

Namun, kondisi jaringan IndiHome cenderung lebih stabil karena operator ini sudah berpengalaman. Sedangkan Iconnet termasuk pendatang baru yang sedang membangun infrastruktur.

3. Coverage Area

Sebagai penyedia layanan internet ternama, IndiHome memiliki infrastruktur jaringan yang paling luas di Indonesia. Warga perkotaan maupun pedesaan dapat melakukan pemasangan instalasi dengan mudah dan cepat.

Baca Juga :  Pengertian Browsing, Manfaat, dan Cara Kerja : Pembahasan Lengkap

Di sisi lain, Iconnet secara bertahap menambah jaringan untuk mengejar kompetitor lain. Iconnet menggunakan infrastruktur kelistrikan yang sudah ada dan saat ini baru tersedia di kota-kota besar saja.

4. Upgrade dan Downgrade

Dalam penggunaan layanan internet, kadang-kadang pelanggan ingin merubah paket yang sudah ada, baik untuk menambah kecepatan koneksi atau mengurangi biaya bulanan.

Baik Iconnet maupun IndiHome mendukung proses upgrade dan downgrade paket internet broadband, sehingga memberikan kenyamanan bagi pelanggan untuk merubah status keanggotaan kapanpun.

Hasil Analisa Iconnet VS IndiHome

Setelah mengetahui perbedaan antara setiap provider internet, kamu dapat menentukan yang terbaik untukmu.

Namun, hal ini bersifat relatif mengingat kondisi keuangan dan kebutuhan setiap orang yang berbeda-beda.

Untuk memudahkan pemilihan layanan, kami telah merangkum keunggulan masing-masing provider dalam bentuk poin dan tercantum pada tabel yang simpel sehingga calon pelanggan dapat melihat dengan jelas.

PoinIconnetIndihome
Harga Paket10
Jenis Paket01
Batasan FUP10
Coverage Area01
Kondisi Jaringan01
Ubah Paket11
Biaya Instalasi10
Total Poin44

Perlu diingat bahwa harga paket, syarat, dan ketentuan yang berlaku dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk melihat informasi terbaru dari website resmi masing-masing provider.

Hasil akhir dari kompetisi antara Iconnet dan IndiHome terbilang seri untuk sementara waktu. Kita bisa mengamati perkembangan layanan dari kedua provider ini dalam beberapa periode kedepan.

Perbandingan FUP Iconnet dan Indihome

FUP (Fair Usage Policy) adalah indikator batas pemakaian layanan internet dengan kuota tertentu pada paket unlimited. Biasanya setelah FUP habis, kecepatan internet akan melambat secara otomatis.

Dalam membandingkan Iconnet dan IndiHome dari segi FUP, terdapat perbedaan yang signifikan.

IndiHome dikenal dengan penerapan FUP pada setiap paketnya, sementara Iconnet mengklaim bahwa penggunaan layanannya tidak didasarkan pada FUP.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Iconnet akan lebih fleksibel jika dibandingkan dengan IndiHome.

Namun, tidak perlu khawatir karena IndiHome tetap memiliki kualitas internet yang sangat baik ketika digunakan.

Cara Berlangganan Iconnet dan Indihome

Untuk berlangganan ICONNET, kamu dapat mengunjungi kantor ICO+ atau mengunduh aplikasi PLN Mobile yang tersedia di Google Play Store untuk pengguna Android dan Apple App Store untuk pengguna iPhone.

Namun, jika kamu ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai layanan ICONNET, kamu dapat menghubungi Contact Center di nomor 150678, WhatsApp di 081112002123, Instagram di @iconnet maupun @iconplus, atau mengirimkan email ke cc.iconnet@iconpln.co.id.

Sementara untuk berlangganan IndiHome, kamu dapat mengunjungi Sales Counter, Both IndiHome, Plasa Telkom, Call Center, dan situs resmi IndiHome. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai IndiHome, kamu dapat menghubungi Call Center (kode area) + 147 atau mengirimkan email ke customercare@telkom.co.id.

Pertanyaan Yang Terkait Dengan Iconnet dan Indihome

Berapa biaya untuk menginstal layanan berlangganan Iconnet?

Biaya instalasi untuk berlangganan Iconnet adalah Rp 250 ribu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Namun, terdapat promo paket 10 mbps dan paket 20 mbps yang memberikan layanan instalasi gratis. Untuk mendaftar layanan Iconnet, kamu bisa langsung mengunduh aplikasi PLN Mobile.

Berapa biaya untuk memasang layanan baru untuk berlangganan Indihome?

Biaya pasang baru untuk berlangganan Indihome adalah Rp 500 ribu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Namun, terdapat promo diskon hingga 70% dan gratis 1 bulan berlangganan untuk biaya pasang baru Indihome. Jangan tunggu lagi.

Selain Iconnect VS Indihome apa saja jasa layanan Internet berkecepatan tinggi dengan harga murah?

Selain Iconnet dan Indihome, terdapat beberapa jasa layanan internet berkecepatan tinggi dengan biaya berlangganan murah di Indonesia, yaitu:

  1. First Media
    First Media menawarkan layanan TV kabel HD berkualitas terbaik dan internet rumah yang cepat, murah, dan tak terbatas kecepatan hingga 100 mbps di Indonesia.
  2. MyRepublik
    MyRepublik merupakan salah satu penyedia paket unlimited mulai dari 30 mbps hingga paket 100 mbps, dengan diskon internet spesial 20% selama 12 bulan. Harganya mulai dari Rp 100.000. Gratis biaya instalasi untuk berlangganan melalui website. Paket utamanya mulai dari harga Rp 200.000 ribuan.
  3. Biznet
    Biznet merupakan penyedia paket internet broadband dengan layanan internet ultra-cepat dan TV interaktif resolusi 4K terbaik di Indonesia untuk perumahan, apartemen, dan gedung perkantoran.
Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan WiFi CBN : Pahami Sebelum Menggunakan

Penutup

Dalam memilih layanan internet, Iconnet dan IndiHome menjadi dua pilihan yang sering dipertimbangkan. Namun, mana yang lebih baik di antara keduanya?

Dengan mempertimbangkan semua faktor di atas, kesimpulannya adalah tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing.

Jika Kalian memerlukan kecepatan internet yang sangat tinggi, maka IndiHome bisa menjadi pilihan.

Namun, jika Kalian ingin paket internet yang terjangkau dengan pelayanan yang baik, Iconnet bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Demikian ulasan dari empatpilar.com mengenai Iconnet VS IndiHome. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *