Cara Memperbaiki Kulkas Mati Total

Panduan Cara Memperbaiki Kulkas Mati Total : Bisa Dilakukan Sendiri

Posted on

Empat Pilar – Panduan Cara Memperbaiki Kulkas Mati Total : Bisa Dilakukan Sendiri. Dapatkan panduan lengkap tentang cara memperbaiki kulkas mati total dengan langkah-langkah mudah dan praktis.

Kulkas adalah salah satu peralatan rumah tangga yang sangat penting dan sering digunakan. Namun, terkadang kita menghadapi situasi di mana kulkas mati total dan tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali.

Jangan panik! Artikel ini akan membahas cara memperbaiki kulkas mati total dengan langkah-langkah mudah dan praktis. Kami akan membahas berbagai penyebab umum masalah ini, serta langkah-langkah yang bisa Anda coba untuk memperbaikinya.

Mengenal Kulkas

Kulkas, lemari es, atau lemari pendingin adalah perangkat listrik rumah tangga yang menggunakan proses refrigerasi untuk membantu menjaga makanan tetap segar.

Kulkas bekerja dengan menggunakan pompa panas untuk mengubah fase operasi dalam siklus pendinginan.

Kulkas terdiri dari lemari pendingin atau pembeku atau keduanya. Sistem dua lemari ini diperkenalkan pertama kali oleh General Electric pada tahun 1939. Beberapa kulkas sekarang dibagi menjadi empat ruang untuk penyimpanan berbagai jenis makanan yang berbeda:

  • -18 °C (-64,4 °F) (pembeku)
  • 0 °C (32 °F) (daging)
  • 4 °C (39,2 °F) (pendingin)
  • 10 °C (50 °F) (sayuran)

Kapasitas kulkas diukur dalam liter. Biasanya, isi lemari pembeku adalah 100 liter dan lemari pendingin 140 liter (tetapi dapat sangat bervariasi).

Panduan Cara Memperbaiki Kulkas Mati Total

Kulkas beroperasi dengan cara menyerap suhu panas yang ada di dalamnya melalui sistem pendinginan berbahan dasar gas freon.

Gas freon ini mengalir di dalam pipa pendingin untuk menyerap dan membuang panas di dalam ruangan pendingin kulkas.

Sama halnya dengan barang elektronik lainnya, kulkas juga dapat mengalami masalah kerusakan yang dapat membuatnya tidak berfungsi. Sehingga proses pendinginan tidak berjalan dengan baik.

Jika Anda mengalami masalah seperti ini, jangan khawatir karena di artikel ini kami akan memberikan beberapa tips mudah untuk memperbaiki kulkas mati total.

Beberapa faktor dapat menyebabkan kulkas mati secara tiba-tiba saat sedang beroperasi. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemeriksaan satu per satu untuk mengetahui komponen mana yang menyebabkan masalah pada kulkas.

Simak Cara Memperbaiki Kulkas Mati Total di bawah ini :

1. Kabel Putus

Seringkali terjadi kerusakan pada kulkas mati total karena kabel listriknya yang putus. Hal ini bisa terjadi karena tikus atau kualitas kabel yang sudah tidak bagus.

Untuk mengecek kondisi kabel, lepas kabel steker atau colokan listrik kulkas. Periksa apakah kabel masih dalam keadaan baik atau tidak. Jika ada bagian kabel yang terkelupas atau terpotong, sebaiknya diganti dengan yang baru demi alasan keamanan.

2. Cek Lampu Kulkas

Perhatikan kondisi lampu pada kulkas saat membuka pintunya. Secara normal, lampu pada kulkas akan menyala ketika pintunya terbuka. Hal ini bertujuan untuk menerangi ruang kulkas yang gelap.

Jika lampu kulkas masih dapat menyala ketika pintu dibuka, itu menandakan bahwa aliran listrik dari rumah masih mengalir ke dalam sistem kelistrikan kulkas.

Namun, pada kasus kulkas mati total, biasanya penyebabnya adalah kompressor yang tidak berfungsi. Sehingga proses pendinginan tidak dapat terjadi.

Salah satu tanda bahwa kompressor tidak berfungsi adalah ketiadaan suara dari kulkas selama beberapa jam.

Kulkas yang tidak mengeluarkan suara ini bisa menjadi indikasi bahwa kulkas mengalami masalah mati total.

3. Fuse Putus

Sebagai tindakan pengamanan, perangkat elektronik biasanya dilengkapi dengan fuse atau sekering. Fuse pada kulkas akan terputus jika terjadi hubungan singkat dalam sistem kelistrikan kulkas karena kelebihan beban.

Periksa fuse untuk melihat apakah terputus atau tidak. Jika telah terputus, sebaiknya diganti dengan yang baru.

Baca Juga :  Cara Kerja AC Split Secara Lengkap dan Pengertian AC Split

Pastikan untuk mengganti fuse dengan ukuran yang sesuai agar tidak merusak kulkas.

4. Timer Kulkas Mati

Timer pada kulkas berfungsi untuk mengatur kinerja mesin kulkas. Di dalam timer terdapat komponen utama yaitu relai atau saklar yang diaktifkan oleh sensor suhu.

Ketika suhu di dalam kulkas meningkat pada level tertentu yang telah ditentukan, maka relai akan berfungsi untuk menghubungkan aliran listrik ke mesin kompressor kulkas.

Hal ini mengakibatkan sirkulasi gas freon untuk memulai kembali proses pendinginan.

Namun, jika terjadi masalah pada timer, aliran listrik dari rumah tidak dapat tersalurkan dengan baik ke kompressor. Sehingga kompressor tidak dapat berfungsi secara normal. Akibatnya, kulkas tidak dingin atau mati total.

Periksa kondisi timer pada kulkas untuk melihat apakah relai yang ada di dalamnya masih berfungsi atau tidak.

5. Kompressor Mati

Kompressor merupakan mesin utama pada kulkas. Tanpa adanya kompressor, gas freon tidak dapat beredar melalui sistem pendingin. Jika terjadi masalah atau kerusakan pada komponen ini, maka kulkas akan berhenti beroperasi atau mati total.

Memperbaiki kulkas mati total yang disebabkan oleh kerusakan pada kompressor cukup sulit dilakukan. Semua komponen pada kompressor berada di dalam tabung yang tidak mudah dibuka.

Untuk mengetahui penyebab kerusakan pada kompressor, kita harus membuka tabung kompressor kulkas. Kerusakan kompressor kulkas biasanya disebabkan oleh putusnya kumparan dinamo kompressor akibat panas.

Solusi tercepat untuk memperbaiki kerusakan kulkas mati total karena masalah kompressor adalah dengan menggantinya dengan yang baru.

6. Colokan Steker Rusak

Meskipun jarang terjadi, kulkas yang tiba-tiba mati total juga bisa disebabkan oleh colokan steker atau terminal steker listrik rumah yang rusak. Kerusakan ini dapat menyebabkan aliran listrik tidak terdeteksi pada colokan.

Coba pindahkan steker atau colokan kulkas ke steker listrik lain yang masih berfungsi dengan normal.

Cara Merawat Kulkas Agar Tidak Mudah Rusak

Setelah memahami Cara Memperbaiki Kulkas Mati Total selanjutnya kami akan berikan cara merawat kulkas. Barang-barang elektronik di zaman modern saat ini sudah banyak. Seperti halnya kulkas atau lemari Es harganya lumayan mahal. sayang, kalau sudah beli baru tetapi tidak terjaga maka kulkas akan cepat rusak.

Cara merawat kulkas sebetulnya sederhana dan bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Inilah cara-cara merawat kulkas :

1. Isi Kulkas dengan Makanan yang Cukup

Pastikan kulkas diisi dengan makanan secukupnya dan jangan terlalu banyak. Hindari juga meletakkan barang yang memiliki berat lebih, seperti botol air, karena dapat menyebabkan pecah dan merusak wadah kulkas jika terlalu penuh.

2. Jangan Simpan Air Minum yang Masih Panas

Hindari menyimpan air minum yang masih panas di dalam kulkas, karena suhu panas dan dingin yang bertemu dapat merusak kulkas. Tunggu sampai air benar-benar dingin sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

3. Bersihkan Kulkas dengan Sabun Anti Septik

Bersihkan kulkas dengan campuran air dan sabun anti septik untuk menghilangkan noda berkarat dan bau yang tidak sedap. Gunakan spons yang lembut untuk membersihkan kulkas hingga benar-benar bersih dari noda berkerak dan berminyak.

4. Pastikan Pintu Kulkas Tertutup Rapat

Pastikan pintu kulkas tertutup rapat untuk menghemat listrik dan menjaga makanan dan minuman tetap dingin. Dengan pintu tertutup rapat, debu dan kotoran tidak masuk ke dalam kulkas dan tidak mencemari makanan di dalamnya.

5. Jauhkan Kulkas dari Sumber Panas

Jauhkan kulkas dari sumber panas seperti kompor, karena suhu panas yang dihasilkan oleh kompor dapat merusak kulkas yang berada di dekatnya.

6. Berikan Ruang Antara Kulkas dan Dinding

Pastikan kulkas diberikan ruang minimal 15-20 cm antara kulkas dan dinding atau tembok. Hal ini dilakukan agar hawa panas dari kondensor kulkas dapat keluar dengan baik dan tidak terhalang.

7. Bersihkan Kondensor dengan Teratur

Bersihkan kondensor yang berada di belakang kulkas secara teratur dari debu dan kotoran. Debu dan kotoran yang menumpuk dapat menyebabkan karat dan menghalangi proses pembuangan hawa panas.

8. Bersihkan Bagian Freezer Secara Teratur

Bersihkan bagian freezer secara teratur agar suhu kulkas terjaga. Hindari mengikis es di freezer dengan pisau karena dapat merusak pelapis bagian dalam dan menyebabkan kulkas bocor serta cepat rusak.

Baca Juga :  Frekuensi Metro TV Digital DVB-T2 : UPDATE Terbaru

9. Atur Suhu Kulkas sesuai Kebutuhan

Aturlah suhu kulkas sesuai dengan kebutuhan. Hindari menjaga suhu kulkas terlalu rendah karena dapat membuat makanan cepat basi dan berbau.

10. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Kulkas Saat Pemadaman Listrik

Jangan terlalu sering menggunakan kulkas saat terjadi pemadaman listrik. Jika aliran listrik sudah kembali, biarkan selama 5 menit sebelum menghidupkan kulkas kembali. Hal ini dilakukan agar kompresor dapat kembali ke posisi awal dan tidak menyebabkan kulkas cepat rusak.

Penutup

Dalam kesimpulan, artikel ini empatpilar.com telah memberikan panduan cara memperbaiki kulkas mati total yang bisa dilakukan sendiri.

Dengan langkah-langkah yang mudah dipahami dan praktis, kini Kalian tak perlu khawatir jika suatu saat menghadapi masalah kulkas mati total.

Namun, perlu diingat bahwa keselamatan harus selalu menjadi prioritas utama. Pastikan untuk selalu mematuhi prosedur keselamatan yang dianjurkan, seperti memutuskan aliran listrik dan menggunakan peralatan yang sesuai.

Meskipun demikian, jika Kalian merasa tidak yakin atau tidak memiliki keahlian yang cukup untuk memperbaiki kulkas sendiri, jangan ragu untuk menghubungi teknisi profesional.

Ingat, mencoba memperbaiki kulkas tanpa pengetahuan yang memadai dapat menimbulkan risiko kerusakan lebih lanjut atau bahkan cedera. Tetap bijaksana dalam mengambil keputusan dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *