Kode Error Kulkas Samsung Inverter

40+ Arti Kode Error Kulkas Samsung Inverter, Pahami dengan Baik

Posted on

Empat Pilar – 40+ Arti Kode Error Kulkas Samsung Inverter, Pahami dengan Baik. Arti Kode Error Kulkas Samsung Inverter membahas berbagai kode error yang umum terjadi pada kulkas Samsung inverter dan cara mengatasinya. Pelajari lebih lanjut di sini!

Kulkas adalah salah satu peralatan rumah tangga yang paling penting, menjaga makanan tetap segar dan bebas dari pembusukan.

Kulkas Samsung Inverter adalah salah satu pilihan terbaik di pasaran saat ini, menawarkan efisiensi energi dan keKalianlan yang luar biasa. Namun, seperti halnya peralatan listrik lainnya, kulkas ini bisa mengalami beberapa masalah teknis.

Untuk membantu Kalian mengatasi masalah tersebut, mari kita telusuri Arti Kode Error Kulkas Samsung Inverter!

Fitur Kode Error Kulkas Samsung Inverter

Kulkas Samsung dengan varian digital inverter umumnya dilengkapi dengan fitur kode error. Ketika sistem mendeteksi adanya kelainan pada produk, pesan ini akan muncul di panel display.

Fitur kode error memberikan informasi detail kepada pemilik tentang jenis kerusakan yang terjadi. Dengan begitu, pemilik akan mengetahui bagian mana yang bermasalah.

Jika kode error muncul pada kulkas Samsung, sebaiknya dicatat pesan tersebut dan hindari mencabut kabel power. Jangan biarkan sistem mereset ulang dan menghapus pesan malfungsi tersebut.

Hal ini akan menyulitkan proses analisis dan identifikasi lebih lanjut oleh tenaga teknisi. Akibatnya, proses perbaikan kulkas Samsung bisa menjadi lebih lama.

Meskipun beberapa malfungsi yang ringan dapat diatasi dengan reset kulkas, namun kerusakan komponen harus diperbaiki dengan mengganti suku cadang yang rusak.

40+ Arti Kode Error Kulkas Samsung Inverter

Kode error yang ditampilkan pada layar display memiliki arti tertentu. Tidak semua teknisi atau pengguna kulkas mengetahui maksud dari pesan kesalahan yang dimunculkan oleh kulkas.

Berikut ini beberapa jenis kode error kulkas Samsung inverter dan artinya:

1. Kode Error Pesan Display

Kode ErrorKerusakan
88 88Sistem blank, cabut stop kontak selama 1 menit kemudian colok kembali
0 F 0 F / 0 FFDalam mode pendinginan
PC / ER / PC CHKomunikasi sistem terputus dengan komponen kulkas
1 ESensor freezer tidak berfungsi
2 ESensor freezer tidak berfungsi
4 ESensor defrost freezer tidak bberfungsi
5 ESensor kulkas tidak berfungsi
6 ESensor utama tidak berfungsi
8 E / 39 ESensor pembuat es tidak berfungsi
14 EPembuat es tidak berfungsi
21 EKipas freezer tidak berputar
22 EKipas kulkas tidak berputar
23 EKipas kondenser tidak berputar
24 EDefrost freezer mati
25 EDefrost kulkas mati
26 E / 39 E / 39 CPembuat es tidak berfungsi
33 EHeater rusak
40 E / 40 CKipas freezer tidak berfungsi
83 E / 85 E / 86 ETegangan atau arus listrik tidak stabil
84 CKompresor tidak berfungsi
88 88Komunikasi sistem dengan komponen terputus

2. Kode Error LED Blanking

Selain memunculkan kode pada layar display, pada beberapa tipe kulkas inverter Samsung tertentu kode kesalahan ditunjukkan dengan lampu led berkedip atau blanking.

Jumlah Kedipan LedKerusakan
1Konektor sensor pembuat es terputus
2Sensor kulkas terputus
3Sensor defrost evaporator terputus
4Kipas kulkas tidak berputar
5Pembuat es tidak normal
6Sistem pemilih suhu dingin error
7Defrost kulkas tidak berfungsi
8Sensor udara terputus
9Sensor freezer terputus
10Defrost evaporator freezer terputus
11Kipas freezer tidak bekerja
12Kipas kondenser tidak bekerja
13Defrost freezer tidak berfungsi

3. Kode Error LED Bar

Cara Reset Kulkas Samsung

Setelah mengetahui Kode Error Kulkas Samsung Inverter, umumnya kode error yang muncul di layar panel kulkas Samsung inverter menunjukkan kerusakan atau komponen kulkas yang tidak berfungsi normal. Namun, terkadang kode error juga bisa muncul karena sistem yang mengalami error atau tidak berjalan dengan normal.

Baca Juga :  Pengertian Telepon : Sejarah, Fungsi dan Jenis Secara Lengkap

Jika masalah disebabkan oleh sistem kulkas yang error, biasanya dapat diatasi dengan melakukan reset atau mengembalikan pengaturan sistem ke setelan pabrik.

Berikut ini adalah cara untuk melakukan reset kulkas Samsung inverter pada tipe tertentu:

1. Soft Reset

  • Temukan tombol power freeze dan cool pada kulkas
  • Tekan kedua tombol secara bersamaan selama sekitar 5 detik
  • Setelah itu, sistem kulkas akan kembali ke pengaturan awal
  • Pada beberapa jenis kulkas Samsung, dilengkapi dengan tombol atau switch reset
  • Temukan switch reset kulkas, kemudian tekan untuk mereset sistem kulkas Samsung
  • Jika setelah direset, sistem tetap menunjukkan kode error, berarti kesalahan bukan pada sistem, tetapi pada komponen yang tidak bekerja normal

2. Hard Reset

Jika kulkas Anda tetap mengalami masalah pada sistem, Anda dapat mencoba melakukan hard reset. Namun, perlu hati-hati karena tindakan ini dapat menghapus semua pengaturan dari pabrik:

  • Matikan kulkas dengan menekan tombol power hingga lampu display benar-benar padam
  • Lepas stop kontak kulkas untuk menghentikan sumber tegangan ke sistem
  • Tunggu beberapa saat hingga kompresor kulkas menjadi lebih dingin
  • Colok kembali stop kontak kulkas
  • Biasanya sistem akan mereset dan meloading ulang semua pengaturan serta mengkalibrasi semua sensor yang terhubung ke sistem.
  • Jika komponen kulkas tidak mengalami masalah, maka kulkas akan kembali normal.

Cara Merawat Kulkas yang Benar

Dengan mengetahui Kode Error Kulkas Samsung Inverter, selanjutnya kalian juga harus memahami cara merawat kulkas yang benar. Merawat kulkas sebetulnya tidak sulit dan dapat dilakukan sendiri dengan mudah. Berikut adalah beberapa cara merawat kulkas:

1. Isi Kulkas Dengan Jumlah Makanan Yang Sesuai

Pastikan kulkas diisi dengan jumlah makanan yang sesuai dan jangan terlalu banyak. Terutama jika Kalian menyimpan barang berat seperti botol air, karena beban berat dapat merusak wadah dan mengakibatkan kerusakan jika terlalu penuh.

2. Hindari Menyimpan Minuman Panas di dalam Kulkas

Hindari menyimpan minuman panas di dalam kulkas, karena suhu panas dan suhu dingin yang bertemu dapat merusak kulkas. Tunggu hingga minuman benar-benar dingin sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

3. Bersihkan Kulkas Dengan Air dan Sabun Anti Septik

Bersihkan kulkas menggunakan air yang dicampur dengan sabun anti septik, karena sabun anti septik dapat menghilangkan noda karat dan bau pada kulkas.

Gunakan bahan yang lembut seperti spons untuk membersihkan kulkas hingga benar-benar bersih dari noda dan kotoran.

4. Pastikan Kulkas Tertutup Rapat

Pastikan kulkas tertutup rapat untuk menghemat listrik dan menjaga makanan dan minuman tetap dingin. Pintu yang tertutup rapat juga dapat mencegah masuknya kotoran dan menjaga kebersihan makanan di dalam kulkas.

5. Jauhkan Kulkas Dari Sumber Panas

Pastikan kulkas tidak ditempatkan terlalu dekat dengan sumber panas seperti kompor, karena suhu panas yang dihasilkan oleh kompor dapat merusak kulkas yang berada di dekatnya.

6. Beri Ruang Antara Kulkas dan Dinding

Pastikan kulkas diberi ruang antara kulkas dengan dinding atau tembok minimal 15-20 cm. Hal ini dikarenakan hawa kondensor yang panas memerlukan celah dan ruang agar dapat keluar dengan baik.

7. Bersihkan Kondensor Secara Rutin

Bersihkan kondensor yang terletak di belakang kulkas secara rutin dari debu dan kotoran. Debu dan kotoran yang menumpuk pada kondensor dapat menyebabkan pembentukan karat dan mengganggu aliran hawa panas.

8. Rutin Bersihkan Bagian Freezer

Rutin bersihkan bagian freezer yang sudah mengeras agar suhu kulkas dapat terjaga dengan baik. Jangan mengikis es di freezer dengan pisau karena dapat merusak bagian pelapisnya dan membuat kulkas bocor.

9. Atur Suhu Kulkas Sesuai Kebutuhan

Pastikan suhu kulkas diatur sesuai kebutuhan, karena suhu yang terlalu rendah dapat membuat makanan dan minuman menjadi beku dan suhu yang terlalu tinggi dapat membuat makanan cepat basi.

10. Jangan Gunakan Kulkas Saat Pemadaman Listrik

Jika terjadi pemadaman listrik, jangan terlalu sering menggunakan kulkas. Jika aliran listrik hidup kembali, biarkan selama 5 menit sebelum menghidupkan kulkas agar kompresor dapat di-reset ke posisi awal.

Baca Juga :  Jenis Receiver K Vision : Produk Baru Yang Beredar Saat Ini

Terlalu sering menggunakan kulkas saat pemadaman listrik dapat membuat kulkas cepat rusak.

Penutup

Demikianlah pembahasan dari empatpilar.com mengenai arti kode error kulkas Samsung inverter yang perlu Kalian pahami dengan baik.

Mengetahui kode error ini akan sangat membantu Kalian dalam mengidentifikasi masalah yang mungkin muncul pada kulkas Samsung inverter milik Kalian.

Dengan memahami setiap kode error, Kalian dapat segera mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut, baik dengan melakukan perbaikan sendiri atau menghubungi teknisi profesional.

Ingat, penanganan yang cepat dan tepat akan menghindari kerusakan lebih lanjut dan menjaga kulkas Kalian tetap berfungsi optimal. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat bagi Kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *