Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci

Panduan Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci 2 Tabung : Menggunakan Multitester

Posted on

Empat Pilar – Panduan Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci 2 Tabung : Menggunakan Multitester. Dalam artikel ini, temukan Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci dengan mudah dan efektif. Ikuti panduan praktis ini untuk menjaga mesin cuci Kalian tetap dalam kondisi prima.

Kapasitor merupakan komponen penting dalam mesin cuci yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik dan melepaskannya secara instan ketika mesin membutuhkan tenaga tambahan.

Sayangnya, kapasitor bisa mengalami kerusakan atau kegagalan, sehingga menghambat kinerja mesin cuci Kalian. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci dengan benar.

Kita akan membahas langkah-langkah praktis dalam melakukan pemeriksaan kapasitor mesin cuci. Mulai dari cara mengecek kondisi fisik hingga mengukur kapasitansi menggunakan multimeter. Selain itu, kita juga akan membahas beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait topik ini.

Pengertian Kapasitor

Kapasitor digunakan dalam berbagai keperluan elektronik dan elektrikal, seperti menyaring frekuensi dan menyimpan muatan listrik sementara.

Salah satu contohnya adalah pada adaptor yang digunakan untuk menyimpan dan menstabilkan muatan listrik yang masuk. Kapasitor juga digunakan pada motor listrik 1 fasa Induksi, seperti mesin cuci dan pompa air.

Kapasitor ini membantu mengalirkan arus pada kumparan bantu untuk membantu putaran pada kumparan utama. Setelah putaran stabil, kapasitor akan memutus arus yang mengalir pada kumparan bantu. Proses ini sering disebut sebagai starting.

Fungsi Kapasitor Pada Mesin Cuci

Kapasitor pada mesin cuci berfungsi untuk memberikan daya listrik tambahan pada motor dinamo saat pertama kali berputar.

Muatan listrik disimpan pada kapasitor untuk memberikan daya tambahan yang dibutuhkan oleh motor dinamo saat mesin cuci digunakan.

Tanpa kapasitor yang berfungsi dengan baik, motor dinamo tidak akan dapat berputar saat mesin cuci dihidupkan.

Karena itu, kapasitor merupakan komponen penting pada mesin cuci dan harus diperiksa secara berkala untuk memastikan kinerjanya yang optimal.

Ciri-Ciri Kapasitor Mesin Cuci Rusak

Terdapat dua jenis kerusakan pada kapasitor mesin cuci, yakni kapasitor yang lemah dan kapasitor yang rusak total.

Kapasitor yang lemah biasanya ditandai dengan mesin cuci yang tidak dapat berputar, namun dapat berputar kembali jika dibantu dengan tangan.

Sementara itu, ciri-ciri kapasitor mesin cuci yang rusak total dapat dilihat dari tampilan fisiknya serta suara mesin. Berikut adalah beberapa tanda kapasitor mesin cuci yang telah rusak:

  • Motor dinamo tidak berputar dan hanya mengeluarkan suara dengung.
  • Kapasitor mengalami pembengkakan atau bahkan meleleh.
  • Terdapat bekas kebakaran (gosong) pada kapasitor.

1. Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci 2 Tabung

Berikut merupakan penulisan ulang dari teks tersebut:

Dalam mengecek kondisi kapasitor mesin cuci 2 tabung, terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah kapasitor tersebut masih normal atau sudah melemah.

  • Cara pertama dapat dilakukan dengan menggunakan avo meter seperti pada gambar di bawah ini:
  • Cara kedua adalah dengan memasukkan dua kabel kapasitor ke dalam lubang stop kontak dan menyentuhkan kedua ujung kabel tersebut satu sama lain. Jika keluar percikan api, maka kapasitor masih berfungsi dengan baik. Namun, jika tidak ada respons, itu menandakan kapasitor mengalami kerusakan.
  • Dalam melakukan pengecekan, pastikan untuk selalu berhati-hati saat melepaskan kabel dari stop kontak untuk menghindari sengatan listrik yang bisa terjadi dari dalam kapasitor.
  • Jika terdapat kerusakan pada kapasitor setelah proses pengecekan, segera lakukan penggantian kapasitor yang rusak. Tindakan ini dapat membantu kondisi mesin cuci Anda agar kembali bekerja dengan baik karena kerusakan akan membuat kinerja mesin cuci menjadi kurang optimal.
Baca Juga :  Harga Borongan Plamir Tembok : Terbaru

2. Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci 1 Tabung

Kerusakan pada komponen listrik mesin cuci dapat diperiksa dengan mudah. Pemeriksaan pertama dapat dilakukan dengan memeriksa bagian kabel yang terhubung dengan steker listrik.

Jika kabel steker dalam kondisi baik, periksa kabel lain di dalam mesin cuci.

Sebagai pemilik mesin cuci, penting untuk rajin memeriksa apakah ada bagian yang rusak atau terbakar yang menimbulkan bau gosong.

Selain itu, pemilik mesin cuci juga harus mengetahui cara memeriksa kapasitor yang masih baik. Untuk memeriksa kapasitor pada mesin cuci 1 tabung, dapat dilakukan dengan dua cara.

Cara pertama adalah menggunakan multimeter. Cara kedua adalah dengan memeriksa adanya percikan api pada kabel.

Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci dengan Multitester

Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci dengan Multitester

Bagaimana cara mengukur kapasitor mesin cuci dengan multitester analog? Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Siapkan alat ukur multitester yang akan digunakan.
  • Atur posisi selektor pada Ohm-meter untuk mengukur nilai tahanan.
  • Pastikan multitester yang digunakan dalam kondisi baik dan berfungsi dengan baik.
  • Siapkan kapasitor yang akan diukur, dan pastikan kapasitor tersebut tidak terhubung dengan kabel-kabel lain.
  • Sambungkan jarum pengukur pada terminal kapasitor yang akan diuji.

Perhatikan hasil pengukuran yang terlihat pada jarum penunjuk multitester analog.

Cara memeriksa kapasitor mesin cuci lain dapat dilakukan dengan menggunakan multitester analog. Meskipun memeriksa kapasitor mesin cuci sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan multitester digital atau kapasitansi meter, multitester analog lebih mudah didapatkan.

Sebagai hasilnya, alat ukur kapasitor mesin cuci ini banyak digunakan oleh masyarakat umum.

Setelah mengetahui cara memeriksa atau mengukur kapasitor mesin cuci, kita dapat mengetahui kondisinya apakah masih layak digunakan atau sudah rusak.

Selain itu, mengenali ciri-ciri kapasitor yang rusak akan sangat membantu kita untuk memperkecil kerusakan dan dapat mengatasinya dengan cepat.

Ada banyak jenis mesin cuci yang tersedia saat ini di pasaran, dengan kekuatan mulai dari 6,5 kg hingga 8 kg, dan merek yang bermacam-macam, namun fungsi kapasitornya tetap sama.

Salah satu fungsi kapasitor adalah sebagai mesin penggerak yang memberikan hentakan saat mesin dihidupkan dan menghubungkan arus dari kumparan jalan ke kumparan pembantu. Oleh karena itu, pastikan kapasitor mesin cuci dalam kondisi baik.

Mengetahui cara memeriksa kapasitor mesin cuci sangat bermanfaat untuk belajar cara memperbaiki alat elektronik sendiri.

Dengan demikian, kita tidak perlu bingung ketika mesin cuci yang digunakan mengalami kerusakan. Mesin cuci yang berfungsi dengan baik akan membuat aktivitas mencuci menjadi lebih menyenangkan tanpa ada hambatan.

Daftar Harga Kapasitor Mesin Cuci Terbaru

Berikut adalah Daftar Harga harga kapasitor mesin cuci Terbaru yang wajib kalian ketahui :

ProdukHarga
Kapasitor Mesin Cuci Double SHARP 2 Tabung 4+10 uF Serabut Tembaga AsliRp17,900
Kapasitor Mesin Cuci 5uf + 12 uf Denpoo OriginalRp85,000
KAPASITOR MOTOR DINAMO MESIN CUCI 10MF 10 MFRp75,000
kapasitor mesin cuci sharp 11+ 3uf originalRp245,000
KAPASITOR MESIN CUCI 1 TABUNG SANYO 11 uF ORIGINALRp212,000
Kapasitor Mesin Cuci 2 tabung 4 uF dan 10 uF 4 kabel 4+10Rp30,000
Kapasitor mesin cuciRp40,000
kapasitor mesin cuci capasitor kabel starmecRp23,999
Kapasitor Mesin Cuci Satu Tabung SHARP 4 uF Serabut Tembaga Isi Kapasitor MaksimalRp7,800
CAPASITOR 10 - 4 Uf 450 volt - Kapasitor mesin cuci 10+4 mikroRp20,000

Penutup

Demikianlah panduan dari empatpilar.com mengenai cara cek kapasitor mesin cuci 2 tabung dengan menggunakan multitester yang telah kami sajikan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Kalian yang ingin mengecek kondisi kapasitor mesin cuci Kalian sendiri di rumah.

Dengan memahami cara ini, Kalian dapat menghemat biaya dan waktu untuk memperbaiki mesin cuci yang mengalami masalah pada kapasitor.

Jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan saat melakukan perbaikan, pastikan mesin cuci dalam keadaan mati dan terlepas dari sumber listrik. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam perbaikan mesin cuci Kalian.

Baca Juga :  Fungsi Duct Tape Pada Pemasangan AC : Penjelasan Lengkap
Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/cara-cek-kapasitor-mesin-cuci-2/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *