Cara Memperbaiki Receiver Tidak Ada Sinyal

Cara Memperbaiki Receiver Tidak Ada Sinyal : Mudah di Lakukan

Posted on

Empat Pilar – Cara Memperbaiki Receiver Tidak Ada Sinyal : Mudah di Lakukan. Apakah Anda mengalami masalah dengan receiver Anda? Apakah tiba-tiba receiver Anda kehilangan sinyal dan tidak menerima siaran televisi? Jangan khawatir, dalam artikel ini akan dijelaskan cara memperbaiki receiver yang tidak ada sinyal. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, Anda dapat memperbaiki masalah pada receiver Anda dan menikmati kembali siaran televisi favorit Anda.

Mengenai Receiver

Mengenai Receiver

Receiver adalah alat yang penting untuk menikmati siaran televisi. Namun, ada kalanya receiver mengalami masalah dan tidak dapat menangkap sinyal, sehingga menyebabkan tidak adanya siaran televisi. Hal ini bisa sangat mengganggu dan merusak pengalaman menonton televisi Anda. Oleh karena itu, jika Anda mengalami masalah dengan receiver Anda, perlu untuk segera memperbaikinya. Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki receiver yang tidak ada sinyal.

Cara Memperbaiki Receiver Tidak Ada Sinyal

Secara umum, parabola terdiri dari dua jenis frekuensi, yaitu frekuensi C Band dan KU Band. Frekuensi C Band biasanya digunakan pada jenis parabola besar atau jaring yang memiliki LNB 1-4 dan diameter antena antara 6-10 kaki.

Sementara itu, frekuensi KU Band digunakan pada parabola mini pada TV berbayar dengan ukuran 60-80 cm.

Frekuensi C Band rentan terhadap gangguan seperti jaringan komunikasi, jaringan internet, dan interferensi, sedangkan frekuensi KU Band sering mengalami gangguan karena faktor cuaca seperti hujan dan mendung.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, receiver yang tidak menerima sinyal dapat disebabkan oleh kabel yang putus, LNB yang rusak, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memperbaiki receiver yang tidak menerima sinyal:

1. Cara Memperbaiki Receiver Dengan Mengecek Indikator Sinyal Pada Layar Televisi

Receiver yang rusak atau tidak ada sinyal biasanya ditandai dengan tampilan layar TV seperti TV No Signal, layar blank biru.

Cara memperbaiki receiver tidak ada sinyal yang pertama yaitu dengan memeriksa indikator sinyal pada layar televisi, bisa gunakan tombol info pada remot untuk memeriksa indikator simyal, maka akan muncul kualitas sinyal dan intensitas. Jika salah satu atau bahkan keduanya memiliki nilai 0, menandakan receiver tidak dapat menerima sinyal satelit (inilah mengapa pada layar TV tertulis No Signal).

2. Cara Memperbaiki Receiver Dengan Memeriksa Settingan Parameter dan Receiver

Langkah selanjutnya dalam memperbaiki receiver yang tidak menerima sinyal adalah dengan memeriksa pengaturan parameter dan receiver. Cara memeriksanya cukup dengan melihat lampu indikator receiver, apakah menyala atau tidak. Cara melakukannya adalah dengan merestart receiver, mencabut colokan listrik selama sekitar 5 menit, dan kemudian menyalakannya kembali.

Selain itu, parameter pada receiver juga perlu diperiksa. Caranya adalah dengan masuk ke menu, memilih opsi “Instalasi,” dan kemudian memilih “Satelit.” Setelah itu, periksa pengaturan transponder, motor, LNB, actuator, dan juga Diseq 1.0 dan Diseq 1.1.

3. Cek Sambungan Konektor Kabel Coaxcial

Langkah berikutnya dalam memperbaiki receiver adalah dengan memeriksa sambungan kabel koaksial. Pada umumnya, receiver dilengkapi dengan kabel antena yang dapat dilepas. Periksa apakah konektor kabel sudah terpasang dengan benar, apakah tembaga berkarat, apakah tembaga terhubung dengan ground, apakah lubang konektor di receiver berkarat, apakah pemasangan konektor sudah kencang, dan lain sebagainya.

Jika semua sudah diperiksa, langkah berikutnya adalah memeriksa sambungan konektor pada LNB dan Diseq. Saat memeriksa LNB, pastikan posisi antena parabola tidak berubah dari posisi titik fokusnya.

4. Mengecek Fokus Parabola

Mengecek fokus parabola adalah langkah untuk memperbaiki receiver yang tidak menerima sinyal. Pada parabola jenis C Band, perlu memperhatikan fokus antena sebelum memeriksa konektor diseq dan LNB. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain kekencangan baut, jaring yang robek, halangan di antara antena dan satelit, fokus yang bergeser, atau ada penyok pada antena.

5. Mengecek LNB

Posisi LNB pada parabola C Band haruslah menghadap arah barat, sedangkan pada KU Band LNB harus menghadap ke arah utara atau selatan. Jika semua posisi sudah benar, periksa pemasangan LNB apakah sudah kencang dan benar atau belum. Jadi memeriksa LNB merupakan salah satu cara mempebaiki receiver tidak ada sinyal.

Baca Juga :  Mengenal Gelar Sarjana Teknik Sipil dan Berbagai Keahliannya

Apa saja Kelebihan Receiver Nex Parabola?

Nex Parabola adalah layanan TV satelit yang dikeluarkan oleh Mediatama Televisi, yang dimiliki oleh Surya Citra Media.

Sebagai salah satu penyedia layanan TV satelit, Nex Parabola bersaing dengan penyedia layanan lainnya dengan menawarkan berbagai fitur dan layanan yang menarik. Berikut adalah 7 keunggulan dari Receiver Nex Parabola yang perlu Anda ketahui sebelum membeli:

1. Hasil Grafis HD

Dengan adanya prosesor untuk gambar berkualitas HD, tampilan grafis yang disajikan oleh receiver Nex Parabola terlihat jernih dan berkualitas. Kualitas audio yang dihasilkan juga sangat baik dan sebanding dengan kualitas gambar yang disajikan.

Berbeda dengan televisi biasa yang memiliki kualitas SD, resolusi gambar pada Nex Parabola memiliki kerapatan piksel yang dua kali lebih banyak sehingga gambar terlihat lebih detail. Hal ini tentu saja membuat pengalaman menonton televisi lebih baik.

Apabila dibandingkan dengan K-Vision, mana yang lebih baik? Anda dapat membaca artikel perbandingan Nex Parabola VS K-Vision Mana yang Terbaik? untuk mengetahui lebih lanjut.

2. Tertanam Teknologi “hybrid”’

Baru yaitu “hybrid” memungkinkan kita bisa menerima sinyal frekuensi C band dan KU band.

Yang artinya lebih fleksibel dalam memilih siaran, dan patut diketahui bahwa Frekuensi C band memiliki kualitas yang lebih bagus lagi, apalagi jika anda mensupport nya dengan parabola yang lebih besar.

3. Bisa Rekam Siaran Tv

Fitur lain yang menarik adalah kita bisa me- record acara TV yang disukai agar bisa di tonton kembali di kesempatan lain, misalkan anda bisa merekam acara tentang “daily life hacks” yang berisi banyak trik dan tips untuk sehari-hari yang berguna Gunakan memory eksternal untuk menyimpan unduhan hasil

4. Bentuk Video Mpeg 4

Beberapa layanan memang sudah menggunakan format siaran video Mpeg 4. Alasanya karena kualitas hasil konversi dan kompresi data yang bagus dan maksimal tanpa mengurangi kualitas tampilan.

5. Adanya Usb Port

Fitur Usb port ini sudah menjadi suatu keharusan saat ini karena kegunaanya cukup penting, baik untuk penyimpanan data ataupun untuk komunikasi data antar perangkat.

Untuk Receiver nex parabola yang kuning dan hitam sudah menyediakan 2 port USB.

6. Terupdate secara otomatis OTA

Hal ini sangat penting bagi pengguna layanan TV satelit, karena firmware atau perangkat lunak pada receiver harus selalu diperbarui.

Beberapa layanan TV satelit memerlukan koneksi dengan penyedia layanan untuk memperbarui firmware. Ini kadang agak mengganggu dan tidak nyaman.

Namun, Nex Parabola memiliki keunggulan dalam hal ini, yaitu pembaruan perangkat lunak secara otomatis melalui OTA (over-the-air). Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot menunggu koneksi dengan penyedia layanan untuk memperbarui firmware pada receiver.

7. Bisa memainkan file video

Salah satu keunggulan lain dari receiver Nex Parabola adalah kemampuannya untuk membuka dan memainkan segala jenis multimedia hanya dengan menghubungkan penyimpanan eksternal ke perangkat melalui USB port.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Receiver Nex Parabola yang bisa menjadi informasi referensi sebelum Anda memutuskan untuk berlangganan TV satelit.

Tentu saja, setiap produk pasti memiliki kekurangan. Berikut ini kita akan membahas kekurangan dari Nex Parabola.

Cara Memilih Receiver Parabola Yang Bagus

Berikut ini kami berikan Cara Memilih Receiver Parabola Yang Bagus yang bisa kalian jadikan acuan dalam memilih receiver nantinya, simak di bawah ini:

1. Pilih berdasarkan jenis

Berdasarkan penyedia layanan TV satelit, terdapat dua jenis receiver parabola yang tersedia, yaitu receiver rekomendasi dan non-rekomendasi.

Receiver rekomendasi adalah receiver yang telah bekerja sama dengan penyedia layanan TV satelit.

Sementara itu, receiver non-rekomendasi adalah receiver dari pihak ketiga yang tidak terikat dengan penyedia layanan TV satelit manapun. Receiver non-rekomendasi biasanya cocok untuk dipakai oleh mereka yang memasang parabola besar.

2. Periksa LNB Mendukung

LNB dibagi menjadi 2 jenis, yaitu C-Band dan Ku-Band.

LNB C-Band merupakan jenis LNB yang sudah banyak digunakan sejak dahulu karena memiliki karakteristik yang kuat dan stabil saat terjadi hujan deras. Karena memiliki pita frekuensi yang kecil, receiver C-Band lebih cocok digunakan untuk antena parabola berukuran besar dan parabola jaring.

Sementara itu, LNB Ku-Band memiliki pita frekuensi yang cukup kuat sehingga sangat cocok dipasang pada antena parabola mini.

Baca Juga :  Sejarah Internet dan Manfaatnya Secara Lengkap

3. Sesuaikan fitur receiver dengan kebutuhan

Untuk memenuhi kebutuhan, receiver parabola juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Karena itu, pilihlah produk receiver yang mempunyai fitur fitur sesuai dengan kebutuhan.

4. Periksa kelengkapan alat alat

Biasanya, pembelian paket receiver sudah berisikan 1 buah receiver, remote control, buku panduan, kartu garansi, dan juga baterai. Tetapi, ada juga produsen yang memberikan bonus berupa kabel USB dan HDMI. Jika ingin yang lebih hemat dan praktis, utamakan produk yang paketnya sudah lengkap.

Penutup

Dalam kesimpulannya, memperbaiki receiver yang tidak memiliki sinyal dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah dan sederhana. Pertama-tama, pastikan bahwa kabel antena terhubung dengan baik ke receiver dan antena.

Jika masih tidak ada sinyal, cobalah untuk mengatur ulang posisi antena atau memperbaiki kerusakan pada kabel antena. Jika masalah masih berlanjut, periksa juga pengaturan pada receiver dan pastikan bahwa frekuensi dan transponder yang dipilih sudah benar.

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat memperbaiki masalah sinyal pada receiver dengan mudah dan mengembalikan kualitas tayangan televisi ke kondisi yang optimal. Nah itulah ulasan dari kami mengenai Cara Memperbaiki Receiver Tidak Ada Sinyal, Semoga bermanfaat Kata Pencarian Terpopulercara memperbaiki resiver tak ad sinyal,https://www empatpilar com/cara-memperbaiki-receiver-tidak-ada-sinyal/,mengatasi receiver tidak ada sinyal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *