Cara Memprogram Channel TV Samsung

Cara Memprogram Channel TV Samsung : Mudah Dilakukan

Posted on

Empat Pilar – Cara Memprogram Channel TV Samsung : Mudah Dilakukan. TV Samsung merupakan salah satu merek TV paling terkenal di seluruh dunia. Selain menawarkan kualitas gambar dan suara yang jernih, TV Samsung juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan pengguna.

Salah satu fitur yang sangat berguna adalah kemampuan untuk memprogram channel TV Samsung, sehingga Anda dapat menonton saluran favorit Anda dengan mudah.

Jika Anda adalah pemilik TV Samsung dan ingin mempelajari cara memprogram channel TV Samsung, maka artikel ini akan memberikan panduan lengkap untuk Anda.

Beberapa Kelebihan dan Kekurangan TV Samsung Secara Lengkap

Samsung sebagai produsen elektronik ternama mengembangkan unit televisi berkualitas untuk masyarakat Indonesia. Tersedia beragam pilihan produk yang bisa kamu pilih sesuai budget dan selera masing – masing.

Namun, bila kamu ingin memperoleh produk terbaik sesuai harapan tentu membutuhkan banyak pertimbangan. Paling tidak, harus mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan TV Samsung terlebih dahulu.

Kelebihan TV Samsung

Sebenarnya, kelebihan dari TV Samsung bisa kamu lihat pada aspek fitur maupun spefikasi produk. Hal ini sering dijadikan dasar pertimbangan oleh banyak orang sebelum melakukan transaksi pembelian unit.

Berikut beberapa keunggulan dan alasan memilih televisi merek Samsung:

1. Clear Colors

Kualitas gambar yang baik menjadi faktor penting untuk memberikan pengalaman menonton yang nyaman. TV LED merek Samsung menyediakan fitur backlight untuk meningkatkan kejernihan warna pada gambar.

Tak hanya itu, produk QLED Samsung memiliki warna yang sangat hidup dan jelas karena disetel dengan baik. Fungsi Motion Xcelerator juga memastikan gerakan yang mulus dengan memperkirakan dan mengkompensasi frame pada konten.

2. Merek Terpercaya

Samsung merupakan merek global yang fokus pada produk elektronik berkualitas tinggi. Dengan pengalaman dan inovasi yang terus ditingkatkan, produsen ini telah membangun reputasi dan diakui oleh masyarakat.

Samsung berhasil membangun merek dengan baik sehingga produk televisinya dapat bersaing di pasar. Oleh karena itu, tak heran jika produk Samsung menjadi salah satu merek terkenal dan terpercaya.

3. Produk Awet

Daya tahan TV Samsung menjadi keunggulan tersendiri yang telah terbukti mampu beroperasi dalam jangka waktu lama. Pihak produsen merakit unit memakai material terbaik dengan fabrikasi otomatis untuk menjaga kualitas.

Selain itu, lampu backlight pada perangkat dapat bertahan lebih lama dengan pengaturan intensitas yang benar. Faktor ini, sering menjadi alasan utama mengapa orang – orang memilih produk dari Samsung Electronics.

4. Hemat Listrik

Di masa ekonomi yang semakin sulit ini, tarif dasar listrik cenderung mengalami kenaikan secara bertahap. TV berteknologi LED memiliki kelebihan dalam pemrosesan manipulasi gambar yang lebih efisien.

Dengan demikian, konsumsi energi juga jauh lebih hemat dibandingkan model konvensional misalnya Tabung dan LCD. Bahkan, untuk menyalakan perangkan dengan dimensi 40 inc hanya membutuhkan daya sebesar 20 watt saja.

Kekurangan TV Samsung

Selain melihat aspek kelebihan, kamu juga perlu memperhatikan kekurangan produk sebagai bahan pertimbangan. Mengingat, setiap peralatan elektronik tidak ada yang mampu menyesuaikan selera orang secara penuh.

Berikut beberapa kelemahan dari televisi merek Samsung:

1. Harga Unit yang Tinggi

Tidak lagi menjadi rahasia umum bahwa produk-produk Samsung termasuk dalam kategori yang lebih mahal dibandingkan dengan pesaingnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan membandingkan perangkat dengan spesifikasi serupa.

Situasi ini menjadi salah satu kekurangan bagi orang yang memiliki keterbatasan dana. Sebagai akibatnya, banyak yang memilih merek lain yang lebih murah dengan spesifikasi produk yang sama.

2. Tuner Belum Digital

Siaran digital menawarkan berbagai keunggulan dibandingkan teknologi lama analog yang memiliki banyak kekurangan. Akhir-akhir ini, siaran digital semakin populer karena industri pertelevisian Indonesia beralih ke frekuensi digital.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Tirai PVC Curtain : Secara Lengkap

Banyak TV Samsung LED biasa dengan ukuran 32 inci ke bawah yang masih belum dilengkapi dengan tuner digital seperti DVB-T2. Kelemahan ini sangat disayangkan karena pemilik TV harus membeli Set Top Box secara terpisah.

Cara Memprogram Channel TV Samsung

Cara Memprogram Channel TV Samsung, walaupun demikian masih ada juga yang masih mengalami kebingungan dalam melakukannya. Memprogram televisi jenis tabung dengan jenis LCD / LED berbeda, berikut ini penjelasanya masing masing.

1. Memprogram Channel TV Samsung Tabung

Buat pengguna televisi jenis tabung, berikut ini langkah langkah pencarian channel televisi.

a. Pencarian Manual

  • Pertama tekan tombol Menu yang ada di remot.
  • Kemudian pilih opsi Channel / Saluran.
  • Selanjutnya pilih Program Manual atau Pencarian Manual.
  • Lalu pilih opsi Cari / Search.
  • Kemudian ubah sistem ke BG.
  • Terakhir kalau sudah menemukan channel yang diinginkan, pilih Simpan.

b. Pencarian Otomatis

  • Pertama tekan tombol Menu pada remot.
  • Kemudian pilih opsi Channel / Saluran.
  • Selanjutnya pilih opsi Program Auto / Pencarian Otomatis.
  • Maka televisi akan mencari channel secara otomatis, tunggu beberapa saat hingga 100%.

2. Memprogram Channel TV Samsung LCD / LED

Kemudian bagi pengguna TV Samsung jenis LCD / LED, untuk mencari channel televisi bisa mengikuti langkah langkah dibawah ini.

a. Pencarian Manual

Melakukan pencarian manual memang memakan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan pencarian otomatis, namun banyak yang lebih memilih metode ini karena lebih mudah mencari saluran yang diinginkan dan mengurutkan saluran sesuai keinginan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Yang pertama tekan tombol Menu yang ada di remot.
  • Kemudian pilih opsi Pengaturan.
  • Selanjutnya pilih Pencarian Manual.
  • Setelah itu pilih Cari / Lacak.
  • Lalu ubah sistem ke posisi BG.
  • Kalau sudah mendapatkan channel yang diinginkan, pilih Simpan.
  • Ulangi langkah tersebut untuk mencari channel yang lain.

b. Pencarian Otomatis

Cara ini lebih mudah dan praktis untuk mencari salutan atau channel televisi, hanya dibutuhkan beberapa klik dan tinggal menunggu sebab channel akan tersimpan sendiri secara otomatis. Langkah langkahnya sebagai berikut.

  • Yang pertama tekan tombol Menu pada remot.
  • Selanjutnya pilih opsi Pengaturan.
  • Setelah itu pilih Pencarian Otomatis lalu klik Mulai.
  • Tunggu pencarian hingga 100%, maka channel akan tersimpan secara otomatis.
  • Jika pencarian telah selesai, klik tombol Exit pada remot untuk keluar dari menu.

Cara Setting TV Digital Samsung di TV yang Memiliki DVB T2

TV digital merek Samsung menjadi salah satu pilihan perangkat populer di masyarakat Indonesia. Agar bisa menikmati siaran TV digital Samsung, kamu dapat mengikuti cara setting TV digital Samsung berikut ini:

1. Pastikan antena terpasang pada ketinggian dan arah yang tepat.

Pastikan antena terpasang pada ketinggian dan arah yang tepat. Kemudian sambungkan antena ke TV Samsung dan hidupkan TV.

2. Masuk ke menu Pengaturan

Tekan tombol Menu pada remote TV, lalu masuk ke menu Pengaturan.

3. Masuk ke sub-menu

Setelah memilih sub-menu Siaran dan menekan Penyetelan Otomatis, sistem akan menampilkan dua pilihan, yaitu Antena dan Jenis Saluran.

4. Klik Jenis Saluran

Pilih opsi Jenis Saluran dan centang opsi Digital.

5. Tekan tombol Pindai

Klik tombol Pindai untuk mencari saluran televisi digital di TV Samsung.

6. Tunggu pemindaian hingga selesai

Tunggu proses memindai sampai selesai, biasanya ini tidak memakan waktu begitu lama. Jika saluran digital sudah muncul dan setiap channel sudah mempunyai nomor saluran, kamu bisa keluar dari menu Settings.

Cara Setting TV Digital Samsung Menggunakan STB

Artikel ini diambil dari situs resmi Samsung. Jika kamu menggunakan TV Samsung lama atau yang belum dilengkapi dengan DVB T2, kamu dapat menggunakan perangkat STB.

Terdapat banyak merek STB yang dapat kamu beli secara langsung atau online, seperti Xtreamer, Skybox, Venus, Polytron, dan lainnya. Berikut adalah cara mengatur TV digital Samsung menggunakan STB:

  1. Pasang antena di luar ruangan menggunakan tiang yang tinggi untuk memperoleh kualitas sinyal yang lebih baik.
  2. Pasang kabel antena STB dan sambungkan kabel HDMI atau kabel RCA dari STB ke TV.
  3. Nyalakan TV dan STB.
  4. Ubah siaran dari Mode TV ke AV melalui menu Setting di remot TV.
  5. Masuk ke menu Instalasi, lalu pilih Pencarian Channel.
  6. Pilih opsi Digital.
  7. Terakhir, tunggu proses pencarian sinyal digital selesai.
Baca Juga :  10+ Rekomendasi Merk Cat Genteng Terbaik Saat Ini

 

Penutup

Dengan langkah-langkah yang sederhana, cara memprogram channel TV Samsung menggunakan antena atau perangkat STB ternyata sangat mudah dilakukan.

Dengan memastikan antena terpasang pada ketinggian dan arah yang tepat, masuk ke menu pengaturan, dan memilih opsi jenis saluran digital, kamu bisa dengan mudah mencari dan memprogram channel TV Samsung.

Jadi, tidak perlu khawatir lagi jika ingin menikmati siaran televisi digital di rumah, karena memprogram channel TV Samsung ternyata sangat mudah dilakukan!. Semoga bermanfaat Kata Pencarian Terpopulercara mengurutkan chanel tv digital samsung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *