cara menambah ram android

cara menambah ram android dengan tepat!

Empatpilar.com – Cara menambah ram android, tutorial ini bertujuan untuk membantu handphone anda dalam mengatasi sering lag, atau patah-patah. Menggunakan handphone yang sering lag pasti membuat kita merasa sangat jengkel. Selain itu, handphone yang sering lag dan patah-patah juga sering mengalami force close sendiri dari sebuah aplikasi. Bahkan, handphone yang suka ngelag juga sering mati sendiri . Hal inilah yang membuat performa menggunakan handphone kita menjadi sangat buruk. Oleh karena , kita harus mengetahui bagaimana sih cara menambah ram android supaya beberapa hal menjengkelkan tersebut tidak terjadi lagi.

1.Membersihkan Cache

Cara pertama yang paling mudah ialah dengan menghapus cache Aplikasi. Cache Aplikasi merupakan data sementara yang tersimpan pada device kita. Data cache ini mencatat semua aktifitas kita di dalam sebuah aplikasi.

Data ini juga tidaklah penting dan bisa kita hapus. Jika tidak, lama-kelamaan data cache ini akan menumpuk dan membuat handphone kita semakin lag.Cara untuk menghapus cache Aplikasi pun cukup mudah.

Langkah pertama masuk ke aplikasi pengaturan pada handphone kalian masing-masing. Lalu pilih pada menu Aplikasi dan izin (Semua Device berbeda-beda), klik pengelola Aplikasi.Setelah itu akan muncul deretan aplikasi yang kalian gunakan. Klik salah satu dari aplikasi tersebut.

Kemudian tab pada menu penyimpanan internal. Nah, disini akan ada menu hapus data dan cache. Kamu tinggal pilih yang hapus cache. Ulangi langkah seperti ini pada aplikasi-aplikasi lainya, ya!

2.Menghapus Aplikasi Yang Jarang Digunakan

Cara yang kedua untuk menambah ram android ialah dengan menghapus aplikasi yang tidak sering kalian gunakan. Cara ini terbilang manjur untuk menambah ram.

Dengan menghapus aplikasi yang jarang kalian gunakan, otomatis data Aplikasi tersebut akan terhapus dari handphone kalian. Cache juga akan sekalian terhapus. Sehingga bisa menambah ram pada handphone kalian.

Namun, Pastikan Aplikasi yang akan kalian hapus tersebut itu jarang kalian gunakan. Selain itu, apabila pada aplikasi tersebut ada data pribadi kalian. Segera catat info data pribadi tersebut. Supaya jika pada kemudian hari kalian membutuhkan aplikasi tersebut, kalian hanya perlu login saja.

3.Disable Aplikasi Bawaan

Ternyata bukan hanya Aplikasi intallan yang membuat ram hp kita penuh. Aplikasi bawaan seperti google play music, google play film dan lainnya juga memakan ram pada handphone kita.

Padahal, Aplikasi ini tidak terlalu dibutuhkan oleh penggunanya. Bahkan ada yang tidak pernah mengoperasikannya sama sekali. Oleh karena itu, kita harus melakukan disable pada Aplikasi ini supaya bisa menambah ram android. Bagaimana caranya? Simak tutorial berikut ini.

  • Buka Aplikasi Play store
  • Klik Profil kalian, lalu tab pada menu ‘bantuan & masukan’
  • Kemudian kamu akan terarah ke halaman lain. Pada kolom pencarian, ketik Disable App.
  • setelah itu akan muncul beberapa hasil, pilih hasil yang sesuai dengan disable apps.
  • Kemudian pada artikel tersebut. Klik link ‘ketuk untuk membuka setelan Aplikasi.
  • Lalu kalian tinggal pilih Aplikasi Bawaan yang ingin kalian Disable, selesai!

4.Menggunakan Booster Apps

Cara yang terakhir untuk menambah ram android ialah dengan menggunakan aplikasi Booster. Aplikasi ini membuat kinerja handphone meningkat.

Selain itu, Aplikasi ini juga secara otomatis menghapus cache-cache aplikasi dan sampah android lainnya. Namun, kalian juga harus melakukan pembersihan ruang secara rutin melalui manager handphone kalian masing-masing.

Nah, kalian bisa menggunakan semua cara tersebut untuk menambah ram handphone kalian. Namun tetap ingat bahwa cara tersebut belum tentu manjur. Tetapi kebanyakan bisa.