Cara Menambah Satelit Telkom 4 Matrix Burger

Cara Menambah Satelit Telkom 4 Matrix Burger : UPDATE Terbaru

Posted on

Empat Pilar – Cara Menambah Satelit Telkom 4 Matrix Burger : UPDATE Terbaru. Jika Kalian menggunakan layanan TV satelit dari Telkom, Kalian mungkin ingin menambahkan satelit Telkom 4 Matrix Burger ke daftar satelit yang ada.

Dengan menambahkan satelit ini, Kalian akan mendapatkan akses ke saluran TV yang lebih banyak, termasuk saluran internasional dan regional. Namun, menambahkan satelit Telkom 4 Matrix Burger mungkin terdengar rumit bagi sebagian orang.

Namun, jangan khawatir, karena dalam panduan ini kami akan memberikan instruksi langkah demi langkah tentang cara menambahkan satelit Telkom 4 Matrix Burger dengan mudah.

Apa itu Receiver Parabola?

Receiver pada parabola, atau yang sering disebut decoder atau satellite receiver, umumnya sudah menjadi bagian dari paket antena parabola.

Namun, jika Anda pernah kehilangan atau merusak receiver Anda, Anda juga bisa membeli receiver secara terpisah.

Fungsi utama receiver adalah mendekripsi sinyal dari antena parabola, kemudian mengubahnya menjadi sinyal audio visual yang dapat ditampilkan di layar televisi Anda.

Selain itu, receiver juga dapat mengirimkan saluran televisi tertentu sesuai dengan paket yang Anda gunakan. Dengan menggunakan receiver, Anda dapat menikmati berbagai saluran televisi dari dalam dan luar negeri.

Cara Menambah Satelit Telkom 4 Matrix Burger

Cara Menambah Satelit Telkom 4 Matrix Burger, sebelum dapat menikmati siaran dari berbagai saluran televisi, terdapat beberapa pengaturan yang perlu dilakukan, termasuk menambah satelit, agar perangkat parabola dan receiver Matrix Burger dapat menangkap sinyal frekuensi dari berbagai channel televisi.

Berikut adalah langkah-langkah pengaturan yang perlu dilakukan:

1. Menambah Satelit Telkom 4 di Matrix Burger

Sebelum menambahkan satelit Telkom 4 pada receiver Matrix Burger, pastikan terlebih dahulu bahwa antena parabola sudah mengarah pada satelit Telkom 4 (tracking satelit Telkom 4) yang terletak di orbit 108.0°E. Setelah itu, barulah proses menambahkan satelit Telkom 4 pada receiver Matrix Burger dapat dilakukan. Berikut adalah cara atau langkah-langkahnya:

Tekan tombol Menu pada remote receiver Matrix Burger.

  • Pilih opsi menu Pengaturan Program.
  • Pilih Tambahkan Satelit.
  • Isi kolom-kolom yang muncul dengan data-data seperti berikut:
  • Satelit: Telkom 4
    Garis Bujur Satelit: 108.0°E
    Type LNB: Biarkan default saja
    LNB Freq 1: 5150
    Daya LNB: Biarkan default saja
    22K: Jika menggunakan switch 22K, aktifkan 22K, namun jika tidak, matikan saja atau biarkan Off.
    DiSeqC: Jika menggunakan switch, aktifkan DiseqC, jika tidak, biarkan Off.
  • Jika semua kolom sudah terisi, tekan Ok/Menu untuk menyimpan pengaturan.

2. Menambah Transponder di Satelit Telkom 4

Setelah berhasil menambahkan satelit Telkom 4, langkah selanjutnya adalah menambahkan transponder terkuat dari saluran atau channel yang tersedia pada satelit tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Masuk ke menu Pengaturan Program pada receiver Matrix Burger.
  • Pilih opsi Tambahkan Saluran.
  • Masuk ke menu Penambahan Transponder dengan menggunakan tombol Volume (+) dan -Volume (-) pada remote receiver Matrix Burger.
  • Tekan tombol Ok untuk memilih menu Penambahan Transponder.
  • Masukkan salah satu transponder dari salah satu saluran yang ada pada satelit Telkom 4.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Kalian dapat menambahkan transponder terkuat dari saluran atau channel yang tersedia pada satelit Telkom 4.

3. Scan Otomatis Atau Blind Scan

Setelah berhasil menemukan sinyal terkuat dari satelit Telkom 4, langkah selanjutnya adalah melakukan scan saluran untuk mendapatkan semua saluran yang tersedia pada satelit Telkom 4. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol Menu pada remote receiver Matrix Burger, kemudian pilih opsi Pengaturan Program.
  • Pilih menu Scan Otomatis.
  • Pilih satelit Telkom 4 dan pilih opsi Scan Semua atau Scan Bebas.
  • Tekan tombol OK untuk memulai proses scan otomatis atau blind scan.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses blind scan selesai.
Baca Juga :  Penyebab Kulkas Tidak Bisa Buat Es Batu dan Tips Perawatannya

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Kalian dapat menemukan dan mendapatkan semua saluran yang tersedia pada satelit Telkom 4.

Arah Parabola Harus ke Satelit Telkom 4

Cara Menambah Satelit Telkom 4 Matrix Burger, jika setelah menambahkan satelit Telkom 4 pada receiver Matrix Burger, sinyal yang diterima masih lemah bahkan tidak ada sama sekali, hal tersebut kemungkinan disebabkan karena arah parabola tidak sesuai dan belum mengarah dengan tepat pada satelit Telkom 4. Untuk mengatasi masalah ini, berikut adalah cara atau solusinya:

  • Pertama menambah atau memasukan frekuensi terkuat yang ada di satelit Telkom 4 pada receiver Matrix Burger (misal frekuensi dari Telkomsat 3720 H 32727
  • Setelah menambah transponder, selanjutnya yaitu mengarahkan antena parabola ke orbit satelit Telkom 4. Geser secara perlahan-lahan antena ke arah barat sembari melihat indikator kualitas sinyal di monitor atau layar televisi
  • Geser terus antena parabola hingga mendapat sinyal terkuat, setelah itu barulah kembali melakukan scan saluran kembali.

Setelah melakukan pengaturan ulang arah parabola, Kalian harus dapat menerima sinyal yang kuat pada receiver Matrix Burger dan menikmati saluran televisi yang tersedia pada satelit Telkom4.

Apa Perbedaan Receiver dengan Set Top Box?

Tidak sedikit yang masih menganggap bahwa receiver dengan set top box adalah sama, padahal diantara keduanya memiliki perbedaan. Bagi Anda yang penasaran apa saja perbedaannya bisa simak di bawah ini.

1. Teknologi

Dari segi teknologi, receiver parabola menggunakan teknologi DVB S2 atau Digital Video Broadcasting Satelite 2, sementara set top box menggunakan teknologi DVB T atau Digital Video Broadcasting Terrestrial. Di Indonesia, set top box menggunakan teknologi DVB T2.

2. Antena

Penggunaan antena pada kedua alat juga berbeda. Receiver menggunakan antena parabola, sedangkan set top box membutuhkan antena TV untuk menerima sinyal yang akan ditampilkan pada layar televisi. Set top box dapat menggunakan antena dengan sinyal UHF dan VHF, baik antena indoor maupun outdoor.

3. Channel

Receiver parabola memiliki kelebihan dapat menangkap banyak sekali channel televisi, termasuk dari luar negeri. Sedangkan set top box hanya dapat menangkap siaran televisi dalam negeri seperti RCTI, Indosiar, dan lain-lain.

4. Harga

Harga receiver parabola dan set top box memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Set top box dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 100 ribuan, sedangkan receiver parabola dibanderol dengan harga sekitar Rp 300 ribu hingga Rp 800 ribuan.

5. Biaya Langganan

Banyak orang lebih memilih set top box karena tidak dikenakan biaya bulanan, sedangkan receiver parabola memerlukan biaya langganan setiap bulannya untuk mendapatkan siaran televisi yang lebih banyak dan maksimal.

6. Port

Pada bagian port, receiver parabola menggunakan port berulir, sementara set top box menggunakan port Coaxial Male dan Female yang posisinya bersebelahan.

Kelebihan Receiver Matrix Burger Mini HD

Receiver Matrix Burger Mini HD merupakan receiver terbaru dari pabrikan Matrik Parabola yang memiliki beberapa kelebihan seperti receiver lainnya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan Receiver Matrix Burger Mini HD:

  • Dilengkapi dengan fitur PVR (Pemutar Video Recorder).
  • Mendukung fitur Fly, Biss key, Tanberg, dan Power VU autoroll.
  • Memiliki EPG (Electronic Program Guide).
  • Dapat memutar media seperti video, musik, dan gambar.
  • Memiliki port USB.
  • Bisa diupdate melalui USB.
  • Mampu menangkap siaran dengan format HD.
  • Dapat merekam siaran televisi.
  • Mendukung pencarian manual, jaringan, dan otomatis.
  • Dapat dioperasikan dalam banyak bahasa.
  • Sistem Otomatis Pal / NTSC.
  • Memungkinkan pengeditan channel seperti favorit, pindah, hapus, kunci, lewati, dan ubah nama.
  • Mendukung aspek ratio 4:3 kendali, layar lebar 16:9 & 4:3 Letter Box atau Auto mode.
  • Mampu menyimpan hingga 3000 saluran televisi.

Baca artikel terkait :

Baca Juga :  Bahaya Bunga Es Di Kulkas Jika Dibiarkan

Penutup

Demikianlah cara menambah satelit Telkom 4 pada receiver Matrix Burger beserta cara mengatasi masalah sinyal lemah.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, Kalian dapat menikmati saluran televisi yang tersedia pada satelit Telkom 4 dengan mudah dan nyaman.

Terus perbarui pengetahuan Kalian tentang dunia satelit dan receiver dengan mengikuti update terbaru. Demikian pembahasan mengenai Cara Menambah Satelit Telkom 4 Matrix Burger, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/cara-menambah-satelit-telkom-4-matrix-burger/,tracking telkom 4 matrix burger c band

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *