Nex Parabola Vs K Vision

√ Nex Parabola Vs K Vision : Mana Pilihan Terbaik Kalian?

Posted on

Empat Pilar – √ Nex Parabola Vs K Vision : Mana Pilihan Terbaik Kalian?. Menonton televisi adalah salah satu aktivitas yang paling populer di seluruh dunia. Namun, untuk menikmati pengalaman menonton TV yang terbaik, Anda membutuhkan layanan TV satelit yang berkualitas.

Di Indonesia, Nex Parabola dan K Vision adalah dua provider TV satelit yang paling terkenal. Kedua provider menawarkan beragam channel dan paket yang berbeda. Namun, mana yang lebih baik untukmu? Mari kita bandingkan Nex Parabola vs K Vision dan pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu.

A. Mengenai Nex Parabola

 

Nex Parabola didirikan setelah Emtek Grup menjalin kerjasama dengan salah satu produsen decoder televisi satelit, yaitu Matrix. Sistem Nex Parabola tidak berbeda jauh dengan televisi satelit pada umumnya, yaitu menggunakan parabola dan dekoder DVB-S2 untuk menangkap sinyal C-Band dan Ku-Band. Produk utama Nex Parabola adalah hak siar sejumlah acara olahraga. Oleh karena itu, Nex Parabola dapat diterima secara nasional, berbeda dengan Nexmedia.

Kelebihan Receiver Nex Parabola

Setiap perusahaan TV berlangganan tentunya mengeluarkan receiver dengan spesifikasi dan harga yang berbeda. Mereka berlomba-lomba untuk menghadirkan produk yang mampu menerima siaran parabola yang berkualitas dan dilengkapi dengan berbagai fitur menarik.

Nex Parabola juga terus menghadirkan berbagai macam receiver dengan berbagai kelebihan di dalamnya. Berikut adalah beberapa kelebihan dari receiver Nex Parabola:

  1. Resolusi gambar HD yang membuat tampilan menjadi lebih menarik.
  2. Dilengkapi dengan teknologi hybrid yang memungkinkan para pengguna mendapatkan berbagai frekuensi yang dimiliki oleh Nex Parabola.
  3. Bisa merekam siaran TV sehingga para pengguna bisa menonton acara favorit berulang kali.
  4. Sistem video MPEG 4 yang secara efektif membuat kualitas video menjadi lebih baik.
  5. Dilengkapi dengan konektor USB yang memungkinkan para pengguna untuk melakukan komunikasi data dengan perangkat lainnya.
  6. Bisa memutar file video, musik, atau foto.
  7. Bisa melakukan update software OTA sehingga para pengguna tidak harus tersambung ke provider Nex Parabola untuk melakukan update software.

Dengan semua kelebihan di atas, Nex Parabola dapat menjadi pertimbangan untuk digunakan sekarang ini.

B. Mengenai K-Vision

K-Vision merupakan TV satelit prabayar di Indonesia di bawah MNC Vision Networks Group. K-Vision adalah pilihan yang tepat bagi masyarakat Indonesia yang ingin berlangganan TV berbayar khususnya masyarakat yang berada di area tidak terjangkau antena UHF.

Kelebihan K-Vision

Provider tv berlangganan k-vision dulunya adalah milik kompas gramedia. didirikan sekitar tahun 2014. Pada pertengahan tahun 2019 mnc vision network mengakuisisi sahamnya sebesar 60% sehingga kendali dikuasai mnc vision.

K-vision mengudara di dua satelit yaitu satelit telkom 4 frekuensi c-band dan satelit measat 3a frekuensi ku-band. Di satelit telkom 4, k-vision menyewa 2 transponder dan di satelit measat 3a juga menyewa 2 transponder.

Setiap provider TV berlangganan memiliki kelebihan masing-masing, termasuk K-Vision. Berikut adalah kelebihan dari K-Vision:

  1. Chanel Nasional Lengkap
    K-Vision menyajikan channel nasional yang lengkap baik di satelit Measat 3A maupun di satelit Telkom 4.
  2. Sistem Hybrid Receiver
    K-Vision memungkinkan receiver jenis Bromo, Cartenz, dan Gol Garmedia bisa aktif di jalur pita C-Band satelit Telkom 4 maupun Ku-Band satelit Measat 3A.
  3. Chanel Premium FTV
    FTV adalah channel yang bisa dinikmati tanpa berlangganan. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, K-Vision memberikan beberapa channel premium secara gratis yang bervariatif seperti film, kartun, musik, dan lain-lain di receiver Gol Garmedia. Sementara di receiver tipe Bromo dan Cartenz, K-Vision memberikan channel lokal secara gratis.
  4. Tersedia Paket Mini
    Bagi yang suka berlangganan namun memiliki budget terbatas, K-Vision menyediakan paket minipack yang banyak pilihan. Konsumen tinggal memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan.

Dengan kelebihan-kelebihan di atas, K-Vision dapat menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen yang mencari provider TV berlangganan.

C. Frekuensi Siaran

K vision dan Nex Parabola saat ini sama-sama menggunakan dua tipe frekuensi transponder satelit untuk menyiarkan program televisi mereka, yaitu frekuensi C Band dan Ku Band. Ini memberikan keuntungan bagi pengguna tv parabola karena mereka dapat memilih jenis antena parabola yang mereka inginkan.

Baca Juga :  Jenis Receiver K Vision : Produk Baru Yang Beredar Saat Ini

Namun, kita semua tahu bahwa frekuensi C Band hanya dapat diakses menggunakan antena parabola jenis jaring atau disk solid yang besar. Oleh karena itu, harga perangkat tv parabola yang menggunakan jenis antena besar akan lebih mahal.

Namun, ini sebanding dengan kualitas siarannya yang lebih baik. Frekuensi C Band lebih tahan terhadap gangguan cuaca buruk seperti hujan dan mendung tebal.

Sementara itu, untuk frekuensi siaran Ku Band, K vision dan Nex Parabola dapat diakses menggunakan antena parabola mini yang memiliki harga paket pemasangan jauh lebih murah. Namun, kendala yang dihadapi pengguna parabola mini adalah siaran televisi sering hilang ketika cuaca hujan.

Berikut ini data frekuensi k vision dan nex parabola :

1. K Vision

SatelitTelkom 4
Frekuensi4060 V 31000
3860 V 31000
TipeC Band
SatelitMeasat 3a
Frekuensi12396 H 31000
12436 H 31000
TipeKu Band

2. Nex Parabola

SatelitTelkom 4
Frekuensi4180 V 29800
TipeC band
SatelitSES 7/9
Frekuensi11861 H 45000
11921 H 45000
TipeKu Band

D. Spesifikasi Nex Parabola Vs K Vision

Berikut merupakan perbandingan mengenai spesifikasi antara Nex Parabola dengan K Vision :

1. Spesifikasi Nex Parabola

  • Termasuk jenis receiver Hybrid dan bisa diaktifkan pada jalur pita C Band maupun Ku Band
  • Memakai chipset G6605S, dengan flash sebesar 8 Mb, Audio AAC/AC3
  • Dibekali memori sebesar 512 MB
  • Port USB dibagian depan
  • Kualitas video H.264/MPEG 2/MPEG 4
  • WiFi dongle RT5370 dan MT 7601
  • Support OTA dan Super OTA

2. Spesifikasi K Vision

  • Output analog HDMI dan CVBS
  • USB suppor OTA serta media
  • Format Video MPEG 2, MPEG 4 dan H.264
  • Mendukung setting pindah channel pada saat tertentu
  • FTA recording
  • Nomor channel dengan grouping dan LCN

E. Siaran Favorit Nex Parabola Vs K Vision

Sebagai penggemar olahraga khususnya sepak bola, pastinya akan merasakan dampak yang sangat besar dengan kebijakan Pay TV di Indonesia. Hal ini dikarenakan siaran olahraga sangat sulit disaksikan menggunakan parabola jaring, sementara sinyal UHF tidak dapat dijangkau di semua wilayah.

Perbedaan signifikan antara K Vision dan Nex Parabola terletak pada konten siaran televisi yang mereka tawarkan. Kedua provider ini bersaing untuk merebut minat pengguna tv parabola dari segi konten siaran yang disajikan.

Umumnya, pengguna tv satelit parabola berbayar sangat dipengaruhi oleh tayangan olahraga yang ditawarkan oleh provider ketika memilih tv berlangganan. Pihak provider merespons fenomena ini dengan berlomba-lomba untuk mendapatkan hak siar tayangan olahraga dunia bergengsi yang diminati oleh pengguna.

1. Tayangan Nex Parabola

Beberapa tayangan olahraga favorit yang dapat disaksikan di Nex Parabola :

  • RCTI, GTV,MNC TV
  • Liga 1 Indonesia
  • Liga Eropa
  • Liga Champion

Untuk pecinta Liga Champion wajib memakai Nex Parabola, sebab Liga Champion merupakan salah satu produk utama Nex Parabola yang sekaligus menjadi kelebihan.

2. Tayangan K Vision

Tayangan Favorit yang bisa disaksikan di K Vision diantaranya seperti :

  • SCTV, O Channel, Indosiar
  • Liga Perancis
  • Bundesliga
  • Liga Spanyol (La Liga)
  • Liga Italia Serie A

Semua tayangan yang disebutkan di atas tersedia di channel BeIN Sport dan Fox Sport melalui mesin K Vision. Untuk tayangan hiburan keluarga, kedua provider baik K Vision maupun Nex Parabola memiliki tayangan yang hampir serupa. Namun, bagi penggemar tayangan film, K Vision sepertinya menjadi pilihan yang bisa dipertimbangkan karena menghadirkan channel HBO yang merupakan saluran penyedia film-film berkualitas.

Sementara itu, channel nasional disediakan secara gratis oleh K Vision dan Nex Parabola sebagai bonus pembelian paket siaran.

F. Harga Nex Parabola Vs K Vision

  1. Jika dilihat dari sisi harga, tentunya tiap-tiap toko elektronik memiliki bandrol yang berbeda, namun umumnya Nex Parabola dibandrol sebesar Rp 275.000 hingga Rp 300.000.
  2. Sedangkan untuk receiver K Vision dibandrol dengan harga antara Rp 285.000 hingga Rp 320.000. Jadi jika dilihat dari data tersebut, bisa diambil kesimpulan bahwa harga untuk sebuah perangkat receiver Nex Parabola lebih murah dibanding receiver K Vision.

 

Penutup dan Kesimpulan

Dalam persaingan antara Nex Parabola dan K Vision, keduanya menawarkan layanan TV satelit yang berkualitas untuk pelanggan. Namun, ketika memilih antara kedua layanan ini, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

Baca Juga :  Ninmedia Vs K Vision : Mana Yang Terbaik ? Penjelasan Lengkap

Jika Anda mencari pilihan yang lebih terjangkau, Nex Parabola mungkin menjadi pilihan yang lebih baik untuk Anda. Mereka menawarkan paket yang lebih murah dibandingkan dengan K Vision, dan juga menawarkan opsi untuk memilih paket khusus dengan saluran yang lebih sedikit.

Namun, jika Anda mencari kualitas siaran yang lebih baik, K Vision mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Mereka menawarkan kualitas siaran yang lebih tinggi dan juga memiliki lebih banyak pilihan saluran premium.

Dalam hal keandalan, keduanya memiliki reputasi yang baik dalam menjaga layanan mereka tetap tersedia sepanjang waktu. Keduanya juga menawarkan pilihan pemasangan dan perbaikan yang cepat dan mudah.

Pilihan terbaik antara Nex Parabola dan K Vision sepenuhnya tergantung pada preferensi dan kebutuhan individu Anda. Pertimbangkan faktor-faktor di atas dan buatlah keputusan yang bijak saat memilih layanan TV satelit yang tepat untuk Anda. Semoga bermanfaat Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/nex-parabola-vs-k-vision/,pilih k vision atau nex parabola,resiever k vision vs nex parabola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *