Skema Power Supply TV LED Polytron

√ Skema Power Supply TV LED Polytron : Upgrade Terbaru!!

Posted on

Empat Pilar – √ Skema Power Supply TV LED Polytron : Upgrade Terbaru!!. Apakah Anda memiliki TV LED Polytron yang bermasalah dengan power supply-nya? Anda mungkin tidak perlu membeli TV baru karena masalah ini bisa diatasi dengan melakukan perbaikan atau penggantian skema power supply TV LED Polytron.

Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang skema power supply TV LED Polytron dan bagaimana Anda dapat memperbaikinya.

Skema power supply TV LED Polytron adalah komponen penting dalam TV LED Polytron. Ini bertanggung jawab untuk menyediakan daya listrik yang diperlukan oleh TV untuk berfungsi. Ketika skema power supply bermasalah, TV LED Polytron mungkin tidak menyala atau tidak bekerja dengan benar.

Namun, Anda dapat memperbaiki atau mengganti skema power supply TV LED Polytron dengan mudah dengan panduan ini.

Mengenai Power Supply (Catu Daya) pada TV

Catu daya atau Power Supply adalah perangkat listrik yang berfungsi untuk menyediakan energi listrik bagi peralatan elektronik. Secara umum, Catu Daya memerlukan sumber listrik yang kemudian dikonversi menjadi energi listrik yang dibutuhkan oleh perangkat elektronik. Oleh karena itu, Catu Daya sering juga disebut sebagai Electric Power Converter.

Pada perangkat televisi, keberadaan Catu Daya sangat penting. Catu Daya TV LED sebaiknya memiliki tegangan keluaran yang stabil, faktor ripple yang rendah, dan mampu menyuplai tegangan listrik pada komponen di seluruh bagian TV sesuai dengan kebutuhan daya.

Oleh karena itu, Catu Daya TV LED Polytron berbeda dengan Catu Daya pada perangkat elektronik lain seperti amplifier audio, radio, dan lainnya.

Tegangan Power Supply keluaran pada Catu Daya TV LED Polytron digunakan untuk menyuplai bagian rangkaian pada televisi, seperti rangkaian output horizontal, rangkaian vertikal, rangkaian output video, rangkaian audio, dan rangkaian digital untuk pemrograman channel.

Dalam teknologi televisi, skema rangkaian memberikan gambaran lengkap tentang struktur televisi. Dengan skema rangkaian tersebut, kerusakan apapun pada televisi dapat diatasi, seperti mengetahui komponen yang terbakar atau mengetahui spesifikasi komponen yang tidak umum.

Skema Power Supply TV LED Polytron

Berikut merupaka kumpulan beberapa skema power supply TV LED Polytron :

1. Skema Power Supply TR – FS7UM Polytron

2. Skema Power Supply Polytron HBT


Komponen Pada Rangkaian Power Supply TV LED Polytron

Pada dasarnya power supply tipe tertentu tidak hanya bisa dipakai untuk tipe tersebut saja, melainkan juga bisa dipakai untuk TV Polytron tipe lain. Berikut komponen yang ada pada skema power supply Polytron :

1. IC:

  • IC501: Mosfet
  • IC502: Coupler
  • IC504: IC kaki 3 (mirip transistor)

2. TRANSISTOR

  • T507: Transistor NPN
  • T509: Transistor NPN
  • T508: Transistor PNP

3. DIODA

  1. D502
  2. D503
  3. D504
  4. D505
  5. D511
  6. D513: Dioda kaca
  7. D514: Dioda Zener 3,2 volt
  8. D515: Dioda Zener 6,2 volt
  9. D516
  10. D517
  11. D528: Dioda pengubah arus utama listrik
  12. D529: Dioda pengubah arus utama dari listrik
  13. D530: Dioda pengubah arus utama dari listrik
  14. D531: Dioda pengubah arus utama dari listrik

4. KAPASITOR

  1. C502: Elco
  2. C503: Elco
  3. C504: Milar
  4. C531: Milar
  5. C505: Elco
  6. C507: Milar
  7. C532: Milar
  8. C508: Elco
  9. C516: Milar
  10. C517: Milar
  11. C518: Milar
  12. C519: Milar
  13. C520: Milar
  14. C521: Milar
  15. C522: Milar
  16. C523: Milar
  17. C525: Milar
  18. C527: Milar
  19. C528: Milar
  20. C529: Milar
  21. C533: Milar

5. RESISTOR

  • R501
  • R503
  • R542
  • R544
  • R504
  • R505
  • R507
  • R518
  • R522
  • R524
  • R525
  • R526
    R527
  • R528
  • R529
  • R530
  • R531
  • R532
  • R533
    R534
  • R536
  • R538
  • R539
  • R543

6. Komponen Lainnya

  1. Transformator
  2. Hambatan 39: L503
  3. Lilitan Ferit: L501, L502, L504, L505
  4. Hambatan 22: RTH501
  5. Hambatan 20 Degausing Dual PTC: RTH502
  6. Line Filter: M502
  7. Fuse: F501
  8. V501
  9. Degausing: terhubung ke coil
  10. AC 110-240 volt: terhubung ke listrik
  11. STANDBY: Digunakan untuk standby (adjust) power supply atas perintah dari IC Program.
Baca Juga :  Mengenal Sifat Besi, Karakteristik dan Manfaatnya Secara Lengkap

Untuk ukuran dan jenis komponen di atas disesuaikan dengan tipe dari power supply TV LED Polytron.

Cara memperbaiki Big Band Polytron BB3201 dengan mudah

Penting untuk kamu ketahui bahwa ada 2 cara yang berbeda di dalam pembahasan kali ini. Pada dasarnya, kedua cara ini dibedakan menurut jenis permasalahan yang sedang terjadi. Untuk memahaminya secara lebih jelas, simak penjelasannya yang ada di bawah ini:

1. PSU switching Polytron BB3201

Jika terjadi masalah pada bagian ini, Anda perlu membersihkan dan mengeringkan bagian tersebut dengan cermat. Periksa setiap komponen yang ada dan periksa apakah ada yang terbakar di dalamnya. Berdasarkan pengalaman yang sering terjadi, biasanya terdapat kesalahan atau kerusakan pada bagian utamanya yang mengalami short transistor kecil. Karena sekarang Anda sudah mengetahui masalahnya, Anda dapat mengatasinya dengan cara yang tepat.

2. Short transistor kecil

Jika masalah yang dialami sama dengan itu, maka perlu mengganti transistor yang rusak dengan yang baru. Setelah itu, periksa tegangan yang sudah keluar pada bagian DC sekunder. Jika terlihat tanda-tanda bahwa Big Band akan hidup kembali, maka tegangan tersebut dapat disambungkan ke soket rangkaian. Setelah itu, Big Band Polytron akan dapat digunakan dengan baik.

Cara reset Polytron Big Band dengan benar

Setelah ngobrolin cara memperbaiki masalah di Big Band Polytron, sekarang kita perlu tau gimana cara reset Big Band Polytron yang bener-bener gampang. Nah, caranya sendiri tuh begini:

  1. Sebelum mereset produk Big Band tersebut, kamu perlu mengecek dulu kabel AC Cord yang ada pada produknya. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan alat yang bernama multimeter.
  2. Jika ternyata hasil memang menunjukkan terjadi permasalahan pada produk tersebut, maka kamu bisa menyambungkan perangkat tersebut ke HP, tablet, atau PC.
  3. Kemudian, hidupkan kembali Big Band tersebut dan lakukan aktivitas pairing dengan perangkat yang memang akan digunakan.
  4. Jika kamu merasa kurang yakin dengan cara yang ada di atas, kamu juga bisa mematikan Big Band itu terlebih dahulu, kemudian tekan tombol power lagi selama 3-6 detik.
  5. Lepas tombol power setelah lewat dari 3-6 detik, dan tunggu selama beberapa saat untuk menyalakan Big Band itu kembali.

Skema Power Supply Polytron 24 Inch

Pada catu daya TV LED Polytron, tegangan yang dihasilkan digunakan untuk menyediakan daya pada berbagai rangkaian dalam televisi, seperti rangkaian vertikal, output horizontal, rangkaian audio, rangkaian digital untuk pemrograman channel, dan rangkaian output video.

Dalam teknologi televisi, informasi teknis yang lengkap terdapat pada skema rangkaian. Dengan adanya skema rangkaian tersebut, kerusakan pada televisi, baik yang sederhana maupun rumit, dapat diatasi dengan mudah. Sebagai contoh, skema rangkaian dapat membantu mengetahui spesifikasi komponen yang tidak umum atau komponen yang terbakar.

Berikut gambar regulator untuk Polytron LED 24 inch.

Skema PSU TV LED Polytron 32

Selain skema PSU 24 inch, berikut skema PSU untuk ukuran 32 inch.

Harga Power Supply TV LED Polytron 24 Inch

Rangkaian catu daya harus mampu menyediakan tegangan yang dibutuhkan oleh setiap rangkaian di dalam TV. Jika catu daya atau regulator TV tidak berfungsi dengan baik, maka dapat menyebabkan ketidakwajaran dan merusak perangkat TV.

Kerusakan pada regulator dapat diketahui dari lampu indikator yang mati, meskipun tidak semua kasus lampu indikator mati menandakan kerusakan pada catu daya. Beberapa hal yang mungkin terjadi akibat kerusakan catu daya antara lain:

  1. TV hidup, tetapi mati sendiri setelah beberapa waktu dan lampu indikator mati bersamaan.
  2. TV mati total, sekring tidak putus, tetapi tidak ada tegangan output.
  3. TV mati total, sekring putus atau tidak putus, tetapi MCB turun.

Berdasarkan laman e-commerce, harga regulator Polytron LED 24 inch dijual mulai dari harga Rp 170 ribu hingga Rp 250 ribu.

Skema PSU TV LED Polytron 32

Selain skema PSU 24 inch, berikut skema PSU untuk ukuran 32 inch.

Harga Power Supply TV LED Polytron PLD 24T800

Beralih ke harga catu daya untuk seri PLD 24T800. Dilansir dari laman e-commerce, terdapat beberapa seller yang menjual regulator tipe ini mulai dari harga Rp 275 ribu hingga Rp 300 ribu.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membahas skema power supply TV LED Polytron dan upgrade terbarunya. Dengan menggunakan skema yang tepat, power supply TV LED Polytron dapat ditingkatkan ke level yang lebih baik dan lebih efisien.

Baca Juga :  Cara Cek Frekuensi Jaringan : Melalui 3 Langkah Mudah

Sebagai hasilnya, TV LED Polytron akan memiliki performa yang lebih baik, daya yang lebih hemat, dan masa pakai yang lebih panjang.

Dalam melakukan upgrade terbaru ini, pastikan Anda mengikuti skema dengan benar dan memperhatikan setiap langkah dengan teliti.

Selalu pastikan bahwa peralatan yang digunakan dalam proses upgrade sudah sesuai dan aman digunakan. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan bahwa TV LED Polytron Anda akan berfungsi dengan optimal dan tahan lama.

Dalam mengoperasikan TV LED Polytron yang telah di-upgrade, pastikan juga bahwa Anda selalu merawat dan membersihkannya secara berkala. Selalu hindari penggunaan yang berlebihan dan jangan lupa untuk mematikan TV LED Polytron ketika tidak digunakan.

Dengan skema power supply TV LED Polytron yang ditingkatkan dan terbaru, Anda dapat menikmati pengalaman menonton TV yang lebih baik dan lebih hemat daya. Upgrade sekarang dan rasakan perbedaannya! Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/skema-power-supply-tv-led-polytron/,skema power on psu led,skematik psu polytron pld20d900

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *