Skema SMPS Gacun

Skema SMPS Gacun : Lengkap dengan Cara Membuatnya

Posted on

Empat Pilar – Skema SMPS Gacun : Lengkap dengan Cara Membuatnya. Skema SMPS Gacun adalah salah satu cara untuk membuat power supply sendiri yang dapat digunakan dalam berbagai aplikasi elektronik. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk membuat skema SMPS Gacun dan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuatnya.

Apa itu SMPS Gacun?

SMPS Gacun adalah jenis power supply yang menggunakan transformator gacun sebagai pengubah tegangan. Skema SMPS Gacun dapat digunakan untuk membuat power supply dengan tegangan output yang dapat diatur sesuai kebutuhan.

Apa fungsi SMPS?

Switch mode power supply (SMPS) merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk menghasilkan sumber daya DC dengan menggunakan metode switching. Salah satu masalah yang dapat terjadi pada SMPS adalah ketidakmampuan untuk melakukan power factor correction sehingga memerlukan penambahan kapasitor besar sebagai filter DC.

Skema SMPS Gacun : Lengkap dengan Cara Membuatnya

Merakit SMPS sederhana sebenarnya cukup mudah, asalkan layout sudah benar, semua komponen sudah tersedia dan berfungsi normal. Dengan persiapan yang baik, kemungkinan besar hingga 90% bisa berhasil dalam membuat SMPS. Namun, kunci keberhasilan akhir terletak pada lilitan trafo utama karena trafo utama menentukan besarnya keluaran volt dan amper dari SMPS sederhana.

Skema SMPS Gacun

Bagi yang ingin membuat SMPS Gacun untuk keperluan power supply, berikut adalah skema serta daftar komponen yang dibutuhkan untuk membuat SMPS model Gacun.

Komponen Atau Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat SMPS Gacun

Berikut bahan atau komponen yang diperlukan untuk membuat sebuah SMPS gacun :

  1. Modul regulator switching.
  2. Transformator, trafo bisa didapat dari bekas switching regulator yang telah rusak atau bisa menggulungnya sendiri.
  3. Komponen pendukung, seperti : transistor, kapasitor, optocoupler, dioda zener, resistor dan lain lain.
  4. Alat ukur, seperti : Multi tester, LCR meter.

Skema SMPS Gacun : Lengkap dengan Cara Membuatnya

Merakit SMPS sederhana sebenarnya cukup mudah, asalkan layout sudah benar, semua komponen sudah tersedia dan berfungsi normal. Dengan persiapan yang baik, kemungkinan besar hingga 90% bisa berhasil dalam membuat SMPS. Namun, kunci keberhasilan akhir terletak pada lilitan trafo utama karena trafo utama menentukan besarnya keluaran volt dan amper dari SMPS sederhana.

Cara Membuat SMPS Gacun

Merakit SMPS gacun sebenarnya tidaklah sulit, asalkan skema atau layout sudah tersedia dan semua komponen yang dibutuhkan telah ada dan lengkap serta berfungsi normal. Keberhasilan atau kegagalan dalam merakit SMPS gacun terletak pada lilitan trafo utama, karena trafo utama menentukan besarnya keluaran volt dan amper dari SMPS gacun. Berikut adalah penjelasan mengenai cara merakit SMPS gacun dengan benar.

1. Menempatkan Modul Gacun

Tempatkan modul gacun pada tempat yang telah disiapkan dan tancapkan tiga kabel gacun dengan warna merah, hitam, dan biru ke titik PCB yang sudah ditandai dengan tiga warna tersebut. Modul gacun bisa dibeli dengan harga kisaran 25-40 ribu rupiah, tergantung pada seri gacun yang diinginkan.

Ada beberapa seri gacun yang tersedia, seperti MK21 (TV 21 inci), MK29 (TV 29 inci), dan MK34 (TV 34 inci), dengan harga yang berbeda-beda. Sebenarnya, semua seri tersebut sama saja, yang membedakan hanyalah FET-nya. Seri MK21 menggunakan FET 7 amper, seri MK29 menggunakan FET 9 amper, dan seri MK34 menggunakan FET 12 amper.

2. Dioda

Untuk dioda bridge pada bagian primer, dapat menggunakan dioda bridge sisir dengan minimal daya 10 amper. Sedangkan untuk dioda pada bagian sekunder atau output, harus menggunakan dioda ultrafast dengan kode FR, HER, atau MUR dan daya minimal 6 amper. Disarankan untuk tidak menggunakan dioda biasa karena output SMPS memiliki frekuensi yang tinggi, berbeda dengan output trafo biasa.

3. Trafo Ferit

Sediakan trafo ferit yang ber GAP, bisa didapat dari bekas trafo TV 21-29 inch. Yang dimaksud dengan GAP disini adalah pada trafo ferit terdapat celah sekitar 1-2 mm pada tengah tengah pertemuan ferit trafo. Tapi jika tidak ada, bisa menggunakan trafo ferit tipe ETD42 ataupun tipe lain yang jarak kakinya sesuai dengan skema atau layout.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Air Sumur yang Bau : Tips Lengkap

4. Cara Melilit Kawat Pada Trafo

Siapkan kawat dengan diameter 0,8 mm untuk melilit trafo ferit dan kawat dengan diameter 1-1,5 mm untuk melilit primer dan sekunder. Semakin besar ukuran trafo ferit dan jumlah lilitan kawat tembaga, maka semakin besar pula amper yang dapat dihasilkan.

Lilitan trafo ferit terdiri dari dua bagian, yaitu lilitan sekunder (NS) dan lilitan primer (NP). Jumlah lilitan pada bagian primer harus memiliki induktansi sebesar 500µH agar sejalan dengan modul gacun. Jika induktansi tidak sesuai, maka FET atau trafo ferit dapat menjadi panas bahkan mengalami kegagalan start. Untuk mengukur induktansi, dapat menggunakan Avo atau ESR.

Jika tidak memiliki alat ukur, dapat dilakukan dengan cara melilit kawat primer sebanyak 50 lilit. 50 lilit pada bagian primer dibagi menjadi dua bagian, yaitu NP1 sebanyak 25 lilit dan NP2 sebanyak 25 lilit.

Arah lilitan kawat harus searah jarum jam dan perhatikan awal serta akhir lilitan. Jika tidak diperhatikan, maka dapat terjadi kegagalan dan jika keluar tegangan, tegangan tersebut kemungkinan besar akan turun. Berikut adalah urutan melilit kawat yang dapat diikuti:

a. Lilit NP1 25 lilitan

Pada bagian ini kawat yang digunakan berukuran 0,8 mm, setelah jumlah lilitan 25 potomg kawat dan tarik ke kaki koker yang bertanda (.) dikaki NP 2.

b. Lilit NS 25 lilitan

Pada bagian ini, ukuran kawat minimal adalah 1 mm dan jumlah lilitan tidak harus selalu 25 lilitan, dapat disesuaikan dengan target jumlah output VDC. Jika variabel di modul gacun berada pada posisi mentok kiri, rata-rata 1 lilitan kawat akan menghasilkan 2VDC. Jika jumlah lilitan pada lilitan sekunder (NS) sebanyak 25 lilitan, maka tegangan DC yang akan dihasilkan sekitar 50-60 VDC.

Tegangan dapat ditingkatkan dengan memutar variabel pada modul gacun. Jika ingin membuat supply CT, lilitan kawat dibuat double, dua helai sekaligus sebanyak 25 lilitan untuk mendapatkan VDC antara 50-60 volt. Kaki koker dengan tanda titik putih di kaki NS menandakan awal lilitan.

Setelah melilit 25 lilitan, tarik kawat ke kaki koker NS bagian akhir. Setelah melilit bagian NS selesai sebanyak 25 lilitan, akhir lilitan kawat 1 disambungkan ke awal lilitan kawat 2. Pertemuan kedua kawat tersebutlah yang akan diaplikasikan pada kaki koker CT.

c. Lilit Extra 7 lilitan

Caranya sama seperti melilit bagian NS yang membedakan cuma jumlah lilitannya saja. Karena target extra hanya membutuhkan kurang lebih 15 volt jadi cukup melilit sebanyak 7 lilitan saja.

d. Lilit NP 2 25 lilit

Selanjutnya adalah melilit NP 2 sebanyak 25 lilitan lagi. Awal lilitan NP 2 disatukan dengan akhir lilitan NP 1 kemudian akhir lilitan NP 2 diterapkan di kaki koker akhir NP 2.

5. Menentukan Nilai Zener

Jumlah tegangan DC yang akan distabilkan pada output SMPS akan memengaruhi nilai kedua zener yang masih kosong. Misalnya, jika pada lilitan sekunder terdapat 25 lilitan yang menghasilkan output 60 VDC, maka pasang kedua zener dengan nilai yang mendekati 60 VDC.

Sebelum memasang IC Optocoupler 817 dan zener sebagai penstabil tegangan, lakukan pengetesan terlebih dahulu pada output VDC SMPS menggunakan Avo. Untuk memasang zener 56 volt, setel dahulu output VDC SMPS pada kisaran 60-65 VDC dengan memutar variabel pada modul gacun. Setelah itu, pasang IC optocoupler dan kedua zener sebagai penstabil.

Cara Membuat Lilitan atau Kumparan dan Menghitung Banyaknya Lilitan.

Seringkali kita membuat lilitan tanpa memahami berapa jumlah lilitan yang seharusnya dibuat, berapa nilai induktansinya setelah selesai dibuat, dan berapa jumlah lilitan yang ideal. Hal ini berkaitan dengan bahan ferit, celah udara (airgap), dan ukuran fisik ferit.

Secara umum, semakin bagus permeabilitas ferit (Bmax), maka semakin sedikit jumlah lilitan yang dibutuhkan. Semakin besar celah udara, maka semakin banyak jumlah lilitan yang dibutuhkan. Dan semakin besar ukuran fisik ferit, maka semakin sedikit jumlah lilitan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, jika salah satu atau ketiga unsur di atas berbeda, maka jumlah lilitan yang dibutuhkan juga akan berbeda.

Lalu, berapa jumlah lilitan yang pas dan efisien? Berdasarkan pengujian berulang kali, nilai induktansi yang ideal adalah 500 µH jika kita memiliki LCR meter. Setelah mencari solusi di internet, akhirnya saya menemukan salah satu grup Facebook yang khusus membahas tentang SMPS gacun, yaitu Angkringan D Kuntul 212.

Data lilitan kawat email :

NP/ Lilitan Primer = 45 lilit (tidak baku kreasikan sendiri)

Baca Juga :  Ketahui, Perbedaan Kertas HVS dan Kertas Folio

NS / Lilitan Sekunder = 2 volt / lilitan (tergantung keperluan)

Ukuran diameter kawat email sangat menentukan besarnya daya / ampere yang didapat.

Salah satu kunci sukses dalam pembuatan SMPS gacun adalah dengan memastikan cara melilit kawat email trafo switching sesuai dengan gambar, dan jangan sampai terbalik.

FET gacun dapat di-parallel dengan tujuan agar dapat menangani daya yang lebih besar. Namun, hal ini disarankan hanya jika kita telah berhasil menggunakan gacun standar.

Banyak anggota grup Facebook Angkringan yang telah berhasil membuat SMPS gacun. Beberapa gambar di artikel ini adalah hasil karya anggota grup Facebook, semoga dapat menjadi inspirasi. Meskipun artikel ini masih kurang dalam menjelaskan secara detail fungsi dari setiap komponen, harap dimaklumi karena kami masih pemula dalam bidang elektro.

Contoh Gambar atau Hasil dari SMPS Gacun


Penutup

Dalam artikel ini, telah dibahas secara lengkap skema SMPS Gacun beserta cara membuatnya. Dengan menggunakan skema ini, Anda dapat membuat sumber daya listrik yang efisien dan andal untuk keperluan elektronik Anda.

Kami berharap artikel ini dapat membantu Anda memahami konsep SMPS Gacun dan memberikan panduan yang berguna dalam membuatnya.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan keamanan saat melakukan pengaturan dan pengujian sumber daya listrik Anda. Terima kasih telah membaca artikel kami. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/skema-smps-gacun/,skema gacun 4pin,skema optocoupler dengan zener,skema psu smps tanpa optocoupler,skema smps ct,skema smps ga,Smps 30 ampere CT 65,smps gacun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *