Cara Mengatasi Kompresor Tidak Mengisi Angin

Cara Mengatasi Kompresor Tidak Mengisi Angin: Panduan Mudah 

Posted on

Empat Pilar – Cara Mengatasi Kompresor Tidak Mengisi Angin: Panduan Mudah. Selamat datang di panduan lengkap tentang cara mengatasi kompresor tidak mengisi angin. Kompresor adalah alat yang sangat berguna untuk berbagai keperluan, mulai dari pekerjaan bengkel hingga kegiatan rumah tangga.

Namun, terkadang kompresor bisa mengalami masalah dan tidak mengisi angin seperti seharusnya. Jangan khawatir, artikel ini akan membantu Kalian memahami penyebab umum masalah ini dan memberikan solusi langkah demi langkah untuk memperbaikinya.

Jika Kalian menghadapi masalah dengan kompresor Kalian dan tidak yakin harus mulai dari mana, tenang saja! Kami akan membahas langkah-langkah perbaikan secara rinci, didukung dengan penjelasan yang jelas dan sumber-sumber terpercaya.

Dalam panduan ini, Kalian akan mendapatkan wawasan berdasarkan pengalaman langsung dan keahlian dalam mengatasi masalah kompresor. Jadi, mari kita mulai!

Apa Itu Kompresor?

Kompresor adalah mesin atau alat yang digunakan untuk mengurangi volume gas atau udara dan meningkatkan tekanannya. Kompresor digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti industri, pertanian, dan peralatan rumah tangga.

Secara umum, kompresor terdiri dari dua bagian utama, yaitu blok mesin dan komponen pengatur tekanan. Blok mesin berfungsi memompa gas atau udara dari ruang kecil ke ruang yang lebih besar, sementara komponen pengatur tekanan memastikan agar tekanan tetap stabil.

Untuk menggerakkan blok mesin, kompresor dapat menggunakan berbagai jenis energi, seperti listrik, bahan bakar, atau uap. Kompresor modern saat ini juga dilengkapi dengan kontrol dan pemantauan yang memungkinkan operator untuk mengendalikan dan memantau proses kompresi dengan mudah.

Fungsi Kompresor

Kompresor memiliki fungsi utama untuk mengambil udara atau gas dari sekitarnya, kemudian memberikan tekanan pada tabung, sehingga udara tersebut dapat disalurkan kembali dalam bentuk yang memiliki tekanan tinggi.

Dalam kehidupan sehari-hari, kompresor digunakan untuk berbagai keperluan yang sangat bermanfaat. Berikut adalah beberapa fungsi kompresor dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Menyuplai udara bagi para penyelam:
    Kompresor digunakan dalam industri selam untuk mengisi tabung-tabung oksigen yang diperlukan oleh para penyelam untuk melakukan aktivitas di bawah air.
  2. Mengisi udara pada ban:
    Kompresor sering digunakan di bengkel atau fasilitas layanan kendaraan untuk mengisi angin pada ban kendaraan, sehingga tekanan udara dalam ban dapat tetap optimal.
  3. Menyuplai udara bagi alat semprot (airbrush) atau alat spray:
    Kompresor juga digunakan dalam bidang seni, lukisan, atau industri kreatif lainnya untuk menyediakan udara bertekanan yang diperlukan dalam penggunaan alat semprot atau alat spray.
  4. Menghasilkan udara bertekanan besar untuk kebutuhan industri skala besar:
    Dalam berbagai industri seperti pabrik, pertambangan, dan manufaktur, kompresor digunakan untuk menyediakan udara dengan tekanan yang besar untuk menggerakkan mesin, peralatan, dan sistem produksi lainnya.
  5. Menyuplai udara bersih bertekanan tinggi untuk mengisi tabung gas atau silinder:
    Di sektor medis atau industri yang menggunakan gas dalam tabung seperti tabung oksigen, helium, atau gas lainnya, kompresor digunakan untuk mengisi tabung dengan udara atau gas bertekanan tinggi.
  6. Suplai udara bersih bertekanan untuk sistem pengendalian pemanasan, pendingin udara pneumatik, dan ventilasi pada bangunan sekolah dan perkantoran:
    Kompresor digunakan untuk menyediakan udara bertekanan yang diperlukan dalam sistem pengendalian lingkungan, seperti menggerakkan katup dan mekanisme pengendalian pemanas, pendingin udara, dan sistem ventilasi pada bangunan komersial maupun institusi pendidikan.

Dengan beragam fungsi pentingnya, kompresor menjadi perangkat yang sangat berguna dan memberikan dampak positif dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kompresor Tidak Mengisi Angin

Memelihara mesin kompresor sangatlah esensial untuk memastikan kinerjanya tetap optimal. Akan tetapi, kadang-kadang mesin kompresor menghadapi kendala. Salah satu masalah umum yang dihadapi adalah tabung yang tak terisi udara meskipun mesin sudah dinyalakan.

Baca Juga :  Apa Itu Mesin Sekrap? Pengertian dan Cara Kerjanya Secara Lengkap

Bagaimana Cara Mengatasi Kompresor Tidak Mengisi Angin? Berikut penjelasannya:

1. Klep Rusak

Klep pada mesin kompresor memiliki berbagai bentuk yang beragam, seperti plat kotak, plat berbentuk U, dan plat berbentuk V.

Fungsi utama klep dalam mesin kompresor adalah sebagai katup saluran hisap dan penahan angin agar tidak keluar. Namun, jika klep mengalami kerusakan, maka angin yang telah terhisap akan bocor kembali, sehingga menyebabkan angin tidak dapat tersimpan dengan baik di dalam tabung angin.

Untuk mengatasi masalah klep yang rusak, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memeriksa kondisi klep tersebut.

Jika kerusakan klep hanya bersifat aus atau terdapat alur yang tidak terlalu dalam, masalah ini dapat diatasi dengan mengamplas permukaan yang aus agar kembali rata. Namun, jika alur rusak terlalu dalam atau bahkan klep pecah, maka disarankan untuk mengganti klep dengan yang baru.

2. Packing Head Blower Rusak

Penyebab kedua masalah adalah terdapat kebocoran pada packing head blower. Kebocoran ini biasanya disebabkan oleh rusaknya bagian packing head. Kerusakan pada bagian packing head umumnya terjadi karena pemakaian dalam jangka waktu yang lama atau bisa juga disebabkan oleh baut silinder head yang kendur.

Untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama periksa baut silinder head blower dan pastikan semuanya terpasang dengan kencang. Jika ada yang kendur, segera kencangkan kembali. Namun, jika packing head telah mengalami kerusakan parah, lebih baik untuk menggantinya dengan packing head yang baru.

3. Terjadi Kebocoran Pada Sambungan Saluran Angin

Penyebab masalah selanjutnya adalah terjadinya kebocoran pada sambungan saluran angin. Kebocoran ini sering terjadi setelah melakukan proses pembongkaran pada mesin kompresor.

Meskipun terdengar mengkhawatirkan, namun mengatasi masalah ini sebenarnya cukup sederhana. Caranya adalah dengan membalutkan sealtape pada setiap drat sambungan sebelum melakukan proses pemasangan sambungan saluran angin tersebut.

Sealtape merupakan bahan yang dapat membantu mencegah kebocoran pada sambungan saluran angin. Dengan membalutkan sealtape pada drat sambungan, maka akan tercipta lapisan tambahan yang mampu mencegah udara bocor dan mengurangi kemungkinan terjadinya kebocoran pada sambungan tersebut.

Hal ini sangat penting karena kebocoran pada sambungan saluran angin dapat menyebabkan kompresor kehilangan tekanan udara yang dihasilkan, sehingga kinerjanya menjadi tidak efisien.

4. Tusen Klep Rusak/Aus

Tusen klep merupakan katup penting yang berfungsi untuk menahan angin yang telah tersimpan di dalam tabung kompresor, sehingga angin tersebut tidak keluar. Tusen klep ini umumnya terletak di dalam sambungan elbo yang menempel di tabung angin.

Permasalahan yang sering terjadi pada tusen klep adalah ausnya bagian klep akibat penggunaan yang intensif. Ketika tusen klep mengalami aus, dinding penahan udara pada tabung kompresor menjadi tidak optimal, sehingga menyebabkan angin dapat langsung keluar dari tabung. Akibatnya, tekanan udara dalam tabung tidak dapat dipertahankan dengan baik.

Untuk mengatasi masalah tusen klep yang aus, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan meratakan permukaan tusen klep tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan amplas atau mesin gerinda tangan untuk mengembalikan permukaan klep menjadi rata dan memungkinkan penutupan yang lebih baik.

Namun, jika ausnya tusen klep terlalu parah dan tidak dapat diperbaiki, maka solusi terbaik adalah menggantinya dengan tusen klep yang baru agar kinerja kompresor kembali optimal.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, Cara Mengatasi Kompresor Tidak Mengisi Angin memerlukan pemahaman yang tepat mengenai komponen dan cara kerjanya. Sejumlah tindakan pencegahan dan perbaikan bisa dilakukan untuk menghadapi permasalahan ini.

Tetapi yang terpenting adalah selalu melakukan perawatan rutin dan memeriksa alat-alat pendukung kompresor. Dengan begitu, kita dapat memastikan kinerja kompresor selalu optimal dan terhindar dari masalah yang tidak diinginkan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli atau teknisi profesional jika Kalian merasa kesulitan. Ingatlah, keselamatan dan keberlangsungan peralatan Kalian adalah prioritas utama.

Baca Juga :  Penyebab Ampere Kompresor AC Tinggi : dan Solusi Perbaikan

Itu saja yang bisa empatpilar.com mengenai Cara Mengatasi Kompresor Tidak Mengisi Angin. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *