Aplikasi Google Classroom

Aplikasi Google Classroom Pengertian Fitur dan Keunggulannya

Pengertian Google Classroom Adalah

Google Classroom adalah program berplatform website gratis yang dibuat untuk mempermudah aktivitas belajar mengajar di dunia pembelajaran. Dilansir dari Google for Education, Google Classroom memungkinkan guru mengelola dan mengukur perkembangan siswa sambil tetap tersambung dari mana saja.

Karena berbasis website, program secara otomatis terintegrasi dengan layanan Google Suite for Education yang lain seperti Gmail, Google Documents, serta Google Kalender.

Siswa bisa menerima dan mengirimkan tugas langsung di kelas, begitu juga dengan guru. Layanan ini secara signifikan bisa mengurangi penggunaan kertas dan mempermudah proses pembelajaran, terutama jika dilakukan dari jarak jauh.

 

Fitur yang Ada di Dalamnya

Setelah Kalian mengetahui Google Classroom dan tujuan layanannya, pasti Kalian penasaran mengenai fitur di dalamnya, kan?

Nah, berbagai fitur yang ada di dalam Google Classroom adalah sebagai berikut:

 

1. Fitur Guru

Fungsi pertama yang dapat dipakai oleh seorang guru di Google Classroom adalah membuat kelas, membagikan tugas, dan melakukan penilaian tanpa kertas. Seseorang guru bisa menambahkan materi dari YouTube, survey di Google Formulir, serta dokumen lain di Google Drive, dan melakukan sesi pertanyaan jawab dengan siswa.

Mereka juga bisa mengundang wali dan orang berumur untuk melihat ringkasan hasil akademik anak dan kemungkinan kewajiban yang diberikan oleh guru.

2. Fitur Murid

Siswa dan siswi bisa langsung mempelajari tugas yang diserahkan dan mengumpulkannya langsung di kelas. Para siswa atau i juga dapat mengecek hasil evaluasi guru.

Nah, fitur lain yang dapat dipakai siswa di Google Classroom adalah berinteraksi di kelas yang terorganisir, melalui email ataupun langsung di aplikasi.

3. Fitur Orang Tua Murid

Seperti yang disebutkan sebelumnya, orang tua juga bisa memiliki akses ke Google Classroom. Mereka bisa menerima email reguler mengenai hasil pekerjaan anak- anak mereka dan juga bisa melihat semua aktivitas yang dilakukan. Jika sekolah sering harus berkomunikasi melalui grup orang tua atau bahkan secara 4 mata, Google Classroom memungkinkan mereka melakukan semuanya dari satu platform.

4. Fitur Pihak Administrasi

Dalam fitur admin ini, seseorang admin yang biasanya mengelola jadwal dan hal- hal yang berhubungan dengan pengajaran juga bisa mengatur semuanya dari Google Classroom. Mereka bisa mempersiapkan kelas, daftar nama, dan memastikan keamanan data dengan memilih siapa yang mempunyai akses ke kelas. Fitur Google Classroom lain yang bisa mereka gunakan adalah menambahkan ataupun menghapus siswa atau guru dari kelas yang sedang berjalan.

 

Kelebihan Google Classroom

Dari uraian apa itu Google Classroom dan fitur- fitur yang terdapat di dalamnya, Kalian pasti sudah bisa melihat apa saja keunggulan dari layanan ini.

Nah, sebagian kelebihan dari Google Classroom adalah sebagai berikut:

 

1. Guru Bisa Melakukan Banyak Tugas Dari Satu Tempat

Seperti yang sudah disebutkan berulang kali di atas, guru dan administrator bisa melakukan sebagian besar tugas mereka langsung dari platform ini. Mereka dapat membagikan tugas, menyiapkan materi pembelajaran, membagikan penilaian, menghubungi orang tua, langsung dari Google Classroom.

Butuh lebih banyak materi di tengah kelas? Jangan takut, karena yang wajib Kalian lakukan hanyalah memperoleh dokumen yang sudah tersimpan di Google Drive ataupun dokumen apa pun di internet.

2. Komunikasi dan Kerja sama yang Lancar

Keuntungan lain dari Google Classroom adalah komunikasi dan kerja sama jadi lebih mudah, dimanapun peserta kelas berada. Misalnya, Kalian dapat mengajar siswa di Indonesia, saat Kalian terletak di Eropa. Karena berplatform website, semua komunikasi bisa dicoba secara real time seolah- olah terletak di ruang kelas biasa. Guru bisa memulai pelajaran, menyusun latihan yang bisa dicoba, dan siswa bisa mendiskusikan apa yang wajib dilakukan.

Jadi, jika seketika ada yang merasa stuck dan memerlukan bantuan, bisa langsung bertanya langsung di diskusi. Tidak hanya untuk siswa, guru juga lebih gampang untuk berbicara dengan orang tua sebab mereka akan menerima informasi rutin.

3. Dokumen Bisa Ditaruh Secara Otomatis, Rapi dan Aman

Keuntungan besar yang lain dari Google Classroom adalah semua dokumen ditaruh dengan aman dan berintegrasi dengan produk Google yang lain. Jadi, baik guru ataupun siswa tidak perlu lagi repot memilah- milah kertas yang berantakan untuk menemukan suatu. Guru bisa menyimpan materi ajar dalam satu folder. Begitu juga dengan siswa, mereka bisa menyimpan semua tugas serta hasil tes di folder mereka sendiri.

Tidak hanya itu, karena Google Classroom terintegrasi dengan Google Suite for Education, ini berarti tidak ada iklan yang akan melewatinya. Oleh sebab itu, tidak perlu khawatir data itu akan dipakai untuk kebutuhan periklanan dan lain- lain.

 

Penutup

Itulah penjelasan mengenai apa itu Google Classroom, fitur yang tersedia, dan juga keunggulannya. Intinya, Google Classroom merupakan layanan yang mempermudah semua pihak, mulai dari guru sampai orang tua. Mudah- mudahan setelah membaca postingan ini Kalian tertarik untuk memakai layanan ini, betul. Mudah- mudahan Bermanfaat