Mengatasi Genset Bensin Tidak Mau Hidup

√ Penyebab dan Cara Mengatasi Genset Bensin Tidak Mau Hidup

Posted on

Empat Pilar –Penyebab dan Cara Mengatasi Genset Bensin Tidak Mau Hidup. Selamat datang di artikel ini yang akan membahas tentang cara mengatasi genset bensin yang tidak mau hidup.

Genset bensin merupakan sebuah mesin yang digunakan untuk menghasilkan tenaga listrik. Namun, tidak jarang kita mengalami masalah ketika ingin menjalankan genset bensin tersebut.

Tidak dapat dinyalakan atau tidak mau hidup bisa menjadi masalah yang membingungkan dan mengganggu. Untungnya, dalam artikel ini kami akan memberikan tips dan solusi yang efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Mari kita mulai!

Genset Bensin

Genset bensin adalah jenis mesin genset yang menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya. Cara kerja sebagian besar genset bensin dimulai dengan pembakaran yang dipicu oleh arus listrik dengan tegangan tinggi.

Arus listrik ini menghasilkan percikan api di busi untuk membakar bensin atau gas dan mengaktifkan genset. Genset bensin melakukan proses pembakaran dengan memanfaatkan pasokan listrik tegangan tinggi, yang menghasilkan percikan api di antara busi untuk memulai pembakaran gas.

Kelebihan dan Kekurangan Genset Bensin

Tentu, berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan genset bensin:

a. Kelebihan:

  • Kebisingan Rendah
    Genset bensin umumnya menghasilkan suara yang lebih hening dibandingkan dengan genset yang menggunakan bahan bakar lainnya. Hal ini bisa menjadi pertimbangan penting jika genset akan digunakan di lingkungan yang membutuhkan tingkat kebisingan rendah.
  • Performa Horse Power yang Besar
    Mesin bensin biasanya mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar per liter bahan bakar dibandingkan mesin diesel. Ini berarti bahwa genset bensin dapat menyediakan lebih banyak daya dalam situasi tertentu.
  • Harga Jual Lebih Murah
    Genset bensin umumnya dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan genset diesel atau gas. Ini bisa menjadi pertimbangan penting jika anggaran adalah faktor utama dalam keputusan pembelian.

b. Kekurangan:

  • Boros Bahan Bakar
    Meski memiliki performa horse power yang besar, genset bensin umumnya lebih boros dalam penggunaan bahan bakar. Ini berarti biaya operasional yang lebih tinggi dibandingkan genset dengan bahan bakar lain.
  • Daya Tahan Mesin Lebih Rendah
    Mesin bensin biasanya memiliki umur pakai yang lebih pendek dibandingkan dengan mesin diesel. Mesin bensin juga lebih cepat panas, yang berarti mereka mungkin memerlukan lebih banyak pemeliharaan dan perbaikan.
  • Tidak Cocok untuk Kapasitas Besar
    Genset bensin umumnya tidak cocok untuk aplikasi dengan kebutuhan daya yang sangat besar. Jika Anda memerlukan genset untuk keperluan dengan kapasitas besar (>10.000 Watt), maka genset diesel atau gas mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.
  • Perawatan Lebih Rumit
    Mesin bensin biasanya memerlukan perawatan yang lebih sering dan kompleks dibandingkan dengan mesin diesel. Hal ini bisa menambah biaya dan waktu yang diperlukan untuk memastikan genset berjalan dengan baik dan efisien.

Cara Mengatasi Genset Bensin Tidak Mau Hidup

Bagi yang sedang mencari solusi cara memperbaiki genset bensin susah hidup, semoga langkah-langkah dibawah ini dapat menyelesaikannya dan genset dapat hidup kembali.

1. Membersihkan Karburator

Karburator adalah komponen yang sangat vital dalam sistem kerja mesin genset. Fungsi utama karburator adalah menghasilkan campuran udara dan bensin yang optimal untuk pembakaran dalam mesin.
Sayangnya, karburator bisa menjadi kotor dan tersumbat akibat endapan bensin yang tidak terbakar. Jika ini terjadi, aliran udara dan bensin bisa terganggu, menyebabkan genset susah dihidupkan.

Untuk membersihkan karburator, Kalian perlu melepasnya dari genset terlebih dahulu. Setelah dilepas, cuci semua bagian karburator dengan bensin hingga bersih dari semua endapan dan kotoran.

Pastikan semua celah dan lubang di karburator bersih dan tidak tersumbat. Setelah selesai membersihkan, pasang kembali karburator ke posisinya dan coba hidupkan genset. Jika masih susah dihidupkan, periksa kembali karburator atau komponen lainnya.

2. Mengatasi Busi Berkerak

Busi merupakan bagian lainnya yang juga penting dalam kerja mesin genset. Busi berfungsi untuk menghasilkan percikan api yang akan menyulut campuran udara dan bensin dalam silinder mesin.

Namun, busi bisa menjadi hitam dan berkerak akibat penggunaan yang tidak tepat atau terlalu lama. Jika ini terjadi, busi mungkin tidak dapat menghasilkan percikan api yang cukup, menyebabkan genset susah dihidupkan.

Baca Juga :  Kenali, Macam-Macam Alat Tukang Kayu : Modern dan Tradisional

Solusinya adalah dengan membersihkan busi. Lepaskan busi dari mesin genset dan bersihkan dengan amplas hingga bersih dari kerak dan kotoran.

Setelah bersih, pasang kembali busi dan coba hidupkan genset. Jika masih susah dihidupkan, mungkin busi sudah rusak dan perlu diganti. Kalian bisa membeli busi baru dan pasang sesuai instruksi pabrik.

3. Menangani Kabel Massa yang Menempel pada Bodi Mesin

Kabel massa adalah bagian yang sangat penting dalam sistem kelistrikan genset. Jika kabel massa terkelupas dan menempel pada bodi mesin, ini bisa mengganggu sistem kelistrikan dan menghentikan genset. Salah satu penyebab umum dari masalah ini adalah tikus atau hewan lainnya yang menggigit kabel.

Untuk mengecek kabel massa, Kalian perlu membuka penutup genset dan mencari kabel massa yang biasanya berada di bawah tangki bensin.

Kabel massa ini biasanya dibungkus dengan bahan anti panas untuk melindunginya dari panas mesin. Jika Kalian melihat kabel massa yang terkelupas atau putus, Kalian harus menyambungnya kembali dan membungkusnya dengan isolasi listrik untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Periksalah kabel massa dari CDI sampai saklar on/off. Jika menemukan kabel yang terkelupas atau putus, sambunglah dan bungkus dengan isolatip. Pastikan semua koneksi kabel massa berfungsi dengan baik sebelum Kalian mencoba menghidupkan genset kembali.

4. Mengatasi Masalah Bensin Habis

Bensin adalah bahan bakar utama untuk mesin genset bensin. Jika bensin habis, tentu saja genset tidak akan bisa hidup.

Meski ini terdengar jelas, banyak orang lupa memeriksa bahan bakar mereka ketika genset tidak mau hidup. Selain itu, keran bensin yang tertutup (off) juga bisa menjadi penyebab genset tidak mau hidup.

Solusinya adalah dengan memeriksa tangki bensin dan memastikan ada bahan bakar yang cukup. Jika tangki bensin kosong, isi dengan bensin baru.

Selain itu, pastikan keran bensin dalam posisi on (terbuka). Keran bensin yang tertutup akan mencegah bensin mengalir ke mesin, sehingga mesin tidak bisa hidup. Jika setelah memeriksa semua ini dan genset masih tidak hidup, periksa komponen lain yang mungkin bermasalah.

Cara Merawat Genset Yang Baik Dan Benar

Genset, singkatan dari Generator Set, adalah perangkat yang berfungsi mengubah energi mekanik (gerakan) menjadi energi listrik (arus tegangan).

Biasanya, ini berupa generator. Genset merupakan kombinasi antara generator atau alternator dan mesin, yang bisa digunakan sebagai perangkat pembangkit listrik.

Seperti perangkat lainnya, Genset membutuhkan perawatan khusus agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang dan tetap beroperasi secara optimal. Jika diperawat dengan benar, Genset dapat bekerja secara efisien dan tahan lama.

Berikut adalah beberapa saran untuk merawat Genset dengan tepat :

1. Letakkan Genset pada tempat yang kering

Untuk menjaga agar generator set Kalian tetap berfungsi dengan baik, penting untuk meletakkannya di tempat yang kering. Hindari menempatkan genset di area yang terkena air atau terpapar sinar matahari langsung, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada genset dan bahkan risiko kejadian sengatan listrik.

2. Perhatikan Kabel-kabel Instrument

Jaga keadaan kabel genset agar tetap dalam kondisi baik dan tidak rusak. Ini akan membantu meminimalkan risiko sengatan listrik dan memastikan genset tetap bekerja secara optimal. Periksa secara rutin kondisi kabel genset dan segera ganti jika terdapat sobekan atau kerusakan lainnya.

3. Jaga kebersihan Genset

Penting untuk menjaga kebersihan genset Kalian dengan rutin membersihkannya dari debu, kotoran, minyak, dan air yang mungkin menempel. Bagian radiator genset juga perlu diperhatikan agar tetap bersih. Dengan menjaga kebersihan genset, Kalian dapat memastikan kinerjanya tetap optimal dan mencegah kerusakan yang mungkin terjadi.

4. Cek Oli Mesin Genset secara berkala.

Periksa kondisi oli mesin genset secara teratur dan lakukan penggantian setiap 6 bulan atau jika oli sudah mulai berubah warna menjadi hitam atau keruh. Pemeriksaan berkala ini penting untuk memastikan bahwa mesin genset memiliki pelumasan yang cukup dan dapat berfungsi dengan baik.

5. Pastikan ada sirkulasi udara yang baik.

Jika genset Kalian ditempatkan di dalam ruangan, pastikan terdapat sirkulasi udara yang baik. Sirkulasi udara yang cukup akan membantu menjaga keamanan pengguna dari asap buangan knalpot dan mencegah mesin genset dari overheating atau kelebihan panas. Pastikan ada ventilasi yang memadai di ruangan tersebut.

6. Ganti Spare part Genset yang sudah Aus termakan Usia

Jika Genset sudah mengalami keausan dan terkena dampak usia, penting untuk mengganti sparepart yang sudah tidak berfungsi secara optimal.

Tindakan ini perlu dilakukan sebelum komponen Genset lainnya ikut rusak, karena jika tidak segera diatasi, hal tersebut dapat menyebabkan Genset mati secara keseluruhan.

Untuk mengetahui komponen-komponen apa saja yang perlu diperiksa atau diganti, bacalah buku panduan yang disediakan. Buku panduan tersebut akan memberikan informasi mengenai waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan atau penggantian bagian-bagian Genset.

Baca Juga :  Ketahui, Perbedaan Genset Diesel dan Genset Bensin Secara Lengkap

7. Pastikan pengoperasian Genset dengan benar.

Sebelum mengoperasikan Genset, sangat penting untuk membaca buku panduan penggunaan Genset dengan teliti. Pastikan Kalian memahami cara pengoperasian yang benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kerusakan pada Genset.

Jika ada pertanyaan atau ketidakjelasan, Kalian juga dapat berkonsultasi kepada penjual Genset untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

8. Nyalakan Genset secara berkala meskipun tidak sedang digunakan.

Meskipun Genset sedang tidak digunakan, disarankan untuk menyalakannya secara berkala. Panaskan atau nyalakan Genset setidaknya selama 5 hingga 10 menit setiap 3 hari. Tindakan ini bertujuan untuk menjaga sirkulasi dan kinerja Genset agar tetap optimal meskipun tidak digunakan secara rutin.

9. Perhatikan Kabel-kabel instrumen.

Jaga kabel-kabel Genset agar tetap dalam kondisi baik. Pastikan kabel-kabel tersebut tidak rusak atau sobek untuk menghindari risiko sengatan listrik dan untuk memastikan Genset tetap dapat bekerja secara optimal. Lakukan perawatan yang tepat terhadap kabel-kabel Genset agar umur pakainya lebih panjang dan terhindar dari kerusakan.

10. Segera matikan jika terjadi hal yang mengganjal.

Jika Kalian mengalami hal-hal yang tidak wajar saat mengoperasikan Genset, seperti suara yang terlalu keras atau getaran yang terlalu kuat, segera matikan Genset dan periksa kondisinya saat Genset dalam keadaan mati. Langkah ini penting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada Genset dan untuk menghindari risiko yang mungkin timbul.

11. Lakukan pemeriksaan Distilled Water pada bagian Battery.

Lakukan pemeriksaan dan pengisian ulang distilled water pada baterai Genset secara teratur. Biasanya, hal ini dilakukan setiap 2 hingga 3 tahun agar Genset tetap bekerja secara optimal. Pastikan kadar air dalam baterai selalu mencukupi agar kinerja Genset tidak terganggu.

Penutup

Sekian ulasan empatpilar.com tentang “Mengatasi Genset Bensin Tidak Mau Hidup”. Permasalahan genset yang tidak mau hidup memang kerap menjadi kendala yang cukup meresahkan, tetapi dengan pengetahuan yang tepat, kita bisa menyelesaikan masalah ini dengan efisien.

Dengan pemahaman mengenai komponen-komponen dasar genset dan cara kerjanya, serta langkah-langkah perbaikan dan perawatan yang telah kita bahas, diharapkan masalah genset bensin yang tidak mau hidup bisa teratasi.

Semoga informasi ini berguna dan membantu Kalian dalam menjaga genset bensin Kalian agar selalu beroperasi dengan baik. Teruslah memperdalam pengetahuan dan keterampilan Kalian dalam perawatan dan perbaikan genset, karena itu akan sangat berharga tidak hanya untuk sekarang, tetapi juga untuk masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *