Listik Yang Korslet

Cara Mengatasi Listik Yang Korslet Dan Penyebabnya

 

Cara Mengatasi ListikListrik adalah energi yang bisa di salurkan melalui penghantar berupa kabel-kabel, dengan adanya arus listrik itu di karenakan muatan listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif, dan di dalam kehidupan kita listrik sangat berpengaruh loh.

Energi listik adalah energi yang utama di butuhkan bagi peralatan listrik atau rumah tangga yang tersimpan dalam arus listrik dengan satuan AMPERE (A) dan tegangan listrik dengan satuan VOLT (V) dengan ketentuan kebutuhan konsumsi daya listik dengan satuan WATT (W) buat kendaraan, penerangan, dan pemanasan.

Nah pasti kalian sering mendengar istilah korsleting pada aliran lsitrik baiik di rumah sendiri atau di rumah orang lain kan. Terjadinya konsleting pada arus listrik adalah hal wajar yang tentunya sering terjadi dan di beberapa kasus kecil hal tersebut disebabkan oleh hal sepele.

Berikut Beberapa Cara Mengatasi Listrik Korslet

 

1. Ada Lampu yang Rusak

Apabila di rumah kalian terjadi korslet maka hal pertama biasanya yang terjadi adalah terdapat lampu yang rusak, buat mengetahui lebih lanjut mengenai lampu mana yang mati maka coba posisikan semua saklar menjadi OFF. Jika semua lampu sudah di matikan maka langkah selanjutnya adalah coba posisikan MCB ke ON, ketika MCB sudah On maka silahkan nyalakan lampu satu persatu. Nah Apabila saat tombol saklar ditekan dan MCB langsung kembali Off/ Jeglek maka sudah dipastikan bahwa lampu tersebut harus diganti dengan yang baru. Biasanya beberapa lampu yang mati atau sedikit terbakar bohlam dalamnya itulah yang mengalami korslet.

2. Mengganti Stop Kontak Dan Saklar Dirumah Kalian

Korsleting juga terjadi akibat adanya hal janggal pada stopkontak maupun saklar di rumah kalian, di antara hal janggal tersebut adalah karena stopkontak dan saklar terkena air dan biaasanya terkena air hujan. Nah caranya dengan memeriksa bagian mana yang terkena air biasanya saklar yang terkena air akan mengalami padam pada bagian lampunya, kalian bisa periksa dan bersihkan saklar mau stopkontaknya, ketika terjadi terbakar pada bagian saklar dan stopkontak maka segera ganti saja yaa.

3. Adanya Alat Elektronik yang Rusak

Penyebab berikutnya ketika terjadi korslet maka bisa terjadi karena adanya alat elektronik di rumah kalian yang mengalami kerusakan dan kurang berfungsi dengan baik. Maka ketika terjadi korslet sebaiknya kalian segera cabut colokan ekektronik yang menancap dan coba colokkan sekali lagi buat melihat alat elektronik mana yang mengalami kerusakan sehingga terjadinya korsleting listrik.

4. . Instalasi Listrik Yang Buruk

Kadang kala hal ini mempengaruhi kualitas listrik dirumah, Instalasi yang tidak sesuai dengan prosedur pemasangan yang semestinya kadangkala sering menimbulkan banyak masalah yang akan terjadi. Diatara masalah masalah tersebut adalah sering terjadi konslet pada arus listrik. Buat mengatasi hal ini tidak ada cara lain selain memanggil kembali teknisi yang memasang instalasi listrik dirumah anda, karena dia yang akan paham betul mengenai hal yang terjadi pada arus listrik rumah kalian.

5. Kabel Yang Terkelupas

Penyebab yang sering umum terjadi ketika korslet listrik adalah karena adanya kabel instalasi yang rusak atau terkelupas ataupun terkena air. Salahsatu yang pernah dialami yaitu dijumpai kabel yang terkelupas dan hanya tinggal isian tembaganya saja. Hal ini biasanya terjadi karena kulit atau pelindung kabel dimakan oleh tikus. Tentunya jika kabel sudah dalam keadaan terkelupas tanpa bungkus yang hanya menyisakan kawat tembaga, Sudah dipastikan jika kedua kawat tembaga tersebut akan nempel atau terkena genangan air maka akan terjadi konslet di rumah kalian dan hal ini juga bisa menyebabkan tejadinya kebakaran lho, maka selalu cek dan teliti keadaan listrik di rumah kalian ya gaes.

 

Demikian beberapa uraian mengenai Cara Mengatasi Listik Yang Korslet Dan Penyebabnya, dengan membaca ini semoga kalian lebih berhati-hati lagi yaa danketika terjadi korslet maka kalian sudah tahu apa yang harus di lakukkan. Semoga Bermanfaat