Menghitung Persen Bunga Pinjaman

Cara Menghitung Persen Bunga Pinjaman di Bank Perlu Diketahui

 

Cara Menghitung Persen Bunga – Buat kalian yang suka meminjam atau ingin meminjam uang di bank perlu kalian tahu ada bunga pinjaman yang harus di pinjaman, apasih yang di maksud dengan bunga pinjaman itu?. Bunga pinjaman adalah balas jasa yang ditetapkan bank kepada peminjam atas pinjaman yang didapat. Suku bunga tetap atau fixed adalah suku bunga yang bersifat tetap dan tidak berubah sampai jangka waktu atau sampai dengan tanggal jatuh tempo (selama jangka waktu kredit).

Cara menghitung persen bunga pinjaman perbulan bisa di lakukkan dengan 5 metode perhitungan berdasarkan jenis suku bunga kredit yang sudah di tetapkan oleh bank. Nah sedangkan bunga kredit sendiri juga bisa di artikan dengan keuntungan dari jasa pinjaman dengan besaran yang sudah di tetapkan oleh pihak yang bersangkutan.

Sebelum mengajukan pinjaman di bank kalian harus ketahui dulu 5 macam suku bunga pinjaman perbulan dan rumus perhitungannya yang sudah di tetapkan, dan berikut kami uraiakan di bawah buat kalian:

1. Suku Bunga Tetap (FIXED)

Pertama ada suku bunga tetap yang merupakan suku bunga bersifat tetap dan tidak akan berubah hingga jangka waktu atau sampai dengan tanggal jatuh tempo, biasanya suku bunga tetap di gunakan saat nasabah mengajukan pinjaman KPR buat rumah rumah/bersubsidi dan jenis kendaraan.

2. Suku Bunga Mengambang (FLOATING)

Berikutnya ada suku bunga mengambang yang merupakan suku bunga yang selalu berubah mengikuti suku bunga yang ada di pasaaran, Jika suku bunga di pasar sedang naik maka suku bunga di bank juga ikut naik.

Bunga mengambang atau floating rate adalah jenis suku bunga yang digunakan oleh bank dalam perhitungan pinjaman kredit kepada debitur. Pinjaman kredit yang dimaksud adalah kredit rumah, toko, atau apartemen – dikenal juga sebagai KPA (Kredit Pemilikan Apartemen).

3. Suku Bunga Flat

Lalu ada jenis suku bunga flat yang merupakan suku bunga dengan penghitungannya mengacu pada jumlah pokok pinjaman di awal buat setiap periode cicilan. Penghitungannya pun sangat sederhana yaitu sistem perhitungan suku bunga yang besarannya mengacu pada pokok utang awal. Maka umumnya di gunakan buat kredit jangka pendek seperti kredit : kendaraan,Ponsel dan kredit tanpa agunan (KTA).

4. Suku Bunga Efektif

Suku bunga efektif adalah suku bunga yang di perhitungkan dari sisa jumlah pokok pinjaman setiap bulan seiring dengan menyusutnya utang yang sudah di lunasi, Nah artinya semakin sedikit pokok pinjaman maka semakin sedikit juga suku bunga yang di bayarkan. Jenis suku bunga efektif di anggap lebih adil bagi nasabah di bandingkan dengan menggunakan suku bunga flat, karena suku bunga flat hanya berdasarkan jumlah awal pokok pinjaman saja.

5. Suku Bunga Anuitas

Suku bunga jenis anuitas ini adalah suatu perubahan dari suku bunga efektif, maka memudahkan nasabah dalam melunasi angsuran perbulannya karena jumlah cicilan yang sama setiap bulannya. Dalam perhitungan anuitas besaran bunga pada masa awal sangat besar sedangkan angsuran pokok kecil, dan ketika mendekati masa berakhirnya kredit keadaan ini akan menjadi berbalik. Porsi angsuran pokok akan sangat besar sedangkan suku bunga bisa menjadi lebih kecil.

Cara menghitung Persen Bunga Pinjaman Perbulan

 

1. Menghitung Suku Bunga Tetap (Fixed)

Bunga = pokok pinjaman x jangka waktu pinjaman x suku bunga per tahun.

2. Menghitung Suku Bunga Mengambang (Floating)

Bunga = sisa pokok pinjaman bulan sebelumnya x suku bunga per tahun x (30 hari/ 360 hari)

3. Suku Bunga Flat

Bunga = (P x i x t) : Jb
Bunga = (Pokok pinjaman awal x suku bunga per tahun x jumlah tahun jangka waktu kredit) : jumlah bulan dalam jangka waktu kredit.

Contoh ” Bank memberikan kredit dengan jangka waktu 10 bulan sebesar 20.000.000 dengan bunga yang di tawarkan 10 %Tahun (Flat). Maka asumsi bahwa suku bunga kredit tidak berubah selama jangka waktu kredit.”
” Bunga = (20.000.000 X 10% X 1 ) : 10/12 = 1.666.666″ jadi bunga perbulan selama 10 bulan adalah = 166.666.

4. Suku Bunga Efektif

Bunga = SP x i x (30/360)
Bunga = Saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya x suku bunga per tahun : jumlah bulan per tahun.

5. Suku Bunga Anuitas

“Bunga = SP X i X (30/360)” “Bunga saldo = saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya X suku bunga per tahun X (30 Hari/360 Hari) “.
“Total angsuran = angsuran pokok + angsuran bunga”.
“Tota angsuran/bulan = PP X i : 1-1/(1-i) N.
“Maka total angsuran perbulan = Pinjaman pokok X suku bunga/tahun : 1 – 1 (1+i) tenor pinjaman.

 

Demikian uraian dari kami mengenai Cara Menghitung Persen Bunga Pinjaman di Bank Perlu Diketahui, dengan mengetahui hal sederhana di atas maka kalian bisa lebih teliti lagi ketika akan mengajukana jenis pinjaman ya. Semoga bermanfaat