Cara menggunakan HDMI Dongle ke TV

3 Cara menggunakan HDMI Dongle ke TV Mudah & Simple

Posted on

Empat Pilar – Cara menggunakan HDMI Dongle ke TV Mudah & Simple. Apakah Kalian ingin menikmati konten dari smartphone atau laptop di layar yang lebih besar seperti TV? Jika ya, maka HDMI dongle bisa menjadi solusi yang tepat.

HDMI dongle adalah alat yang memungkinkan Kalian untuk menghubungkan perangkat yang memiliki port HDMI seperti smartphone, laptop, atau tablet ke TV.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menggunakan HDMI dongle ke TV dengan langkah-langkah yang mudah dan lengkap.

HDMI dongle adalah perangkat yang memungkinkan Kalian untuk menampilkan layar perangkat seperti smartphone atau laptop di TV. Ini adalah cara yang mudah dan praktis untuk menikmati konten yang lebih besar.

Cara menggunakan HDMI dongle ke TV cukup mudah dan bisa dilakukan dalam beberapa langkah sederhana. Berikut adalah tips lengkap untuk menghubungkan perangkat ke TV menggunakan HDMI dongle.

Tentang Kabel HDMI Dongle

Mungkin ada di antara kalian yang belum familiar dengan HDMI dongle. HDMI dongle adalah perangkat yang dapat menampilkan layar gadget, seperti hp, laptop, atau komputer ke TV atau proyektor.

Untuk koneksi proyeksi hp, HDMI dongle memanfaatkan fitur miracast atau airplay agar koneksi antara hp dan televisi dapat terjadi.

HDMI dongle semakin dikenal dan banyak dicari orang setelah era smart TV diperkenalkan. Dengan fitur jaringan internet yang terintegrasi, televisi kini dapat digunakan untuk berselancar seperti smartphone.

Sayangnya, harga smart TV cukup mahal dan tidak semua orang mampu membelinya. Dengan menggunakan HDMI dongle, kalian dapat mengubah TV di rumah menjadi perangkat smart TV yang terkoneksi dengan smartphone.

Menarik, bukan? Alat ini hanya berfungsi untuk menampilkan tampilan layar hp di media monitor lain saja. Sehingga, tampilan gambar atau video yang dilihat di hp akan terlihat jauh lebih besar ketika ditampilkan di monitor TV atau proyektor.

Kalian tidak perlu mengubah atau mengatur apa pun pada TV yang digunakan ketika menggunakan HDMI dongle ini.

Perangkat ini hanya membutuhkan konektor input HDMI atau AV yang tersedia pada televisi. Jadi, bagi kalian yang ingin menikmati konten dari hp atau laptop di layar yang lebih besar, HDMI dongle adalah solusi yang tepat.

Cara menggunakan HDMI dongle ke TV

Selain HP, kalian juga dapat mengkoneksikan laptop atau komputer dengan tv atau proyektor. Berikut ini adalah tutorial Cara menggunakan HDMI Dongle ke TV :

1. Cara Menggunakan HDMI Dongle ke TV dari HP

  • Silakan pasang konektor HDMI dongle sesuai dengan jenis konektor video yang tersedia pada televisi Kalian. Jika menggunakan televisi tabung, maka Kalian perlu menggunakan alat tambahan yang disebut HDMI to AV Converter.
  • Selanjutnya, sambungkan port daya USB dongle ke sumber tegangan 5V. Sumber tegangan tersebut dapat berasal dari konektor USB di televisi atau charger hp jika menggunakan televisi tabung.
  • Jika menggunakan televisi LED, maka secara otomatis tampilan berKalian HDMI dongle akan muncul di layar televisi. Namun jika menggunakan televisi tabung, maka perlu masuk ke mode AV menggunakan tombol remote atau panel depan televisi.
  • Kemudian, ambil smartphone yang akan dihubungkan dengan televisi dan buka pengaturan. Aktifkan fitur Miracast atau Airplay jika tersedia. Lalu, hubungkan perangkat smartphone dengan HDMI dongle.
  • Tunggu beberapa saat dan tampilan yang sama dengan layar hp Kalian akan muncul di layar televisi. Setelah itu, Kalian sudah selesai menggunakan HDMI dongle.

Perlu diingat bahwa tidak semua tipe hp dilengkapi dengan fitur Miracast. Maka dari itu, sebaiknya periksa pengaturan pada hp Kalian untuk mengetahuinya.

Baca Juga :  5 Daftar Kode Receiver Nex Parabola : UPDATE Terbaru

2. Cara Menggunakan HDMI Dongle Dari Laptop Ke TV

Tidak hanya smartphone, HDMI dongle juga bisa digunakan untuk menghubungkan laptop atau komputer ke televisi. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Hubungkan HDMI dongle ke televisi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Setelah halaman berKalian HDMI dongle muncul di layar televisi, hidupkan laptop atau komputer Kalian.
  • Buka menu Action Center di laptop dan pilih HDMI dongle.
  • Sambungkan laptop dengan dongle.
  • Setelah beberapa saat, layar laptop Kalian akan muncul di televisi.
  • Selesai.

3. Cara Menggunakan HDMI Dongle ke Proyektor

HDMI dongle juga dapat digunakan untuk menghubungkan laptop atau komputer ke layar besar melalui proyektor. Hal ini bermanfaat ketika Anda ingin melakukan presentasi data dari laptop.

Namun, tidak semua jenis proyektor mendukung fitur ini. Anda harus memeriksa fitur yang tersedia pada proyektor Anda.

Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan HDMI dongle ke proyektor:

  • Nyalakan proyektor yang akan dihubungkan.
  • Sambungkan kabel HDMI dan USB pada dongle ke port yang tersedia pada proyektor.
  • Proyektor akan secara otomatis mendeteksi HDMI dongle dan menampilkan layar utama dongle.
  • Buka menu pengaturan smartphone Anda.
  • Aktifkan fitur miracast yang tersedia pada ponsel Anda.
  • Setelah beberapa saat, proyektor akan menampilkan layar yang sama seperti layar pada ponsel Anda.
  • Selesai.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan HDMI Dongle Anycast

Setelah mengetahui Cara menggunakan HDMI Dongle ke TV di atas Kalian juga perlu mengetahui kelebihan serta kekurangannya. Lalu apa saja itu?

1. Lebih aman untuk mata

Menonton layar ponsel dalam waktu yang lama dapat membahayakan kesehatan mata, seperti menyebabkan mata minus, mata berair, dan sakit kepala.

Oleh karena itu, penggunaan dongle Anycast sangat disarankan untuk memproyeksikan layar ponsel ke televisi yang lebih aman untuk mata.

Selain itu, Kalian dapat menonton dari jarak yang lebih jauh sehingga radiasi ke mata dapat berkurang.

2. Mendukung berbagai merk perangkat

Dongle Anycast dapat digunakan untuk berbagai jenis perangkat, mulai dari Android hingga iOS, serta televisi berbagai merk asalkan memenuhi persyaratan.

Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pengguna yang memiliki berbagai jenis perangkat, sehingga tidak perlu khawatir apakah perangkat mereka dapat digunakan dengan dongle Anycast.

3. Baterai boros

Penggunaan dongle Anycast dapat mempercepat konsumsi baterai pada ponsel Kalian. Sebelum menghubungkan ponsel ke Anycast, pastikan bahwa baterai ponsel Kalian telah terisi penuh.

Jika ponsel Kalian memiliki masalah daya baterai yang boros, sebaiknya hindari menggunakan fitur maksimal dari Anycast.

4. Layar harus selalu hidup

Satu hal yang perlu diketahui adalah layar harus selalu dalam kondisi hidup. Ketika layar ponsel mati, maka saluran akan terputus dan di layar televisi juga akan hitam saja.

 

Pertanyaan Seputar Menggunakan HDMI Dongle Anycast ke TV

Beberapa orang mungkin mengalami kendala atau kebingungan saat mengikuti langkah-langkah di atas. Untuk itu, berikut beberapa pertanyaan yang mungkin muncul.

1. Apakah Wi-Fi harus digunakan?

Ya, langkah-langkah yang disebutkan di atas memerlukan Wi-Fi baik pada perangkat Android maupun iOS.

Pastikan Wi-Fi pada ponsel Kalian berfungsi dengan baik. Jika tidak, Kalian dapat menggunakan alat penangkap Wi-Fi eksternal sebagai alternatif.

2. Mengapa Anycast tidak terdeteksi oleh televisi?

Kadang-kadang, Anycast tidak langsung terdeteksi oleh televisi. Hal ini mungkin disebabkan oleh masalah pada Anycast itu sendiri.

Namun, kemungkinan lainnya adalah masalah pada televisi. Untuk memastikan, coba gunakan Anycast di televisi lain.

Jika Anycast berhasil terdeteksi pada televisi lain, berarti masalah ada pada televisi yang digunakan. Namun, jika Anycast tetap tidak terdeteksi pada televisi lain, kemungkinan masalah ada pada dongle Anycast itu sendiri.

3. Bagaimana menggunakan HDMI dongle Anycast ke TV LG?

Pada dasarnya cara yang telah dijelaskan di atas berlaku untuk sebagian besar merk TV. Jadi untuk TV LG Kalian hanya perlu memperhatikan langkah tersebut dengan baik.

4. Apakah harus menggunakan aplikasi Miracast?

Untuk pengguna Android Kalian memang wajib menggunakan aplikasi tersebut untuk bisa terhubung dengan perangkat. Sementara itu bagi pengguna iOS dapat menggunakan DLNA.

Kalian tidak perlu khawatir karena Miracast bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Selain itu ukuran aplikasi juga tidak terlalu besar sehingga tidak akan memenuhi ruang penyimpanan ponsel.

Baca Juga :  √ Apa Itu Blower? Berikut Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Harga HDMI dongle

Saat ini, harga HDMI dongle di beberapa toko online dan toko elektronika berkisar antara Rp.75.000 hingga Rp.85.000. Ada banyak tipe dan merk perangkat HDMI dongle ini. Salah satunya yang terkenal adalah Anycast.

Harga yang cukup wajar mengingat kegunaannya yang membuat tv biasa kalian dapat terlihat seperti smart tv.

Sebenarnya ada juga tipe HDMI dongle lain dengan harga yang lebih mahal, sekitar 100 ribuan. Secara kualitas tentu jauh lebih baik. Kalian bisa cek harganya Disini.

Penutup

Demikian ulasan dari empatpilar.com mengenai Cara menggunakan HDMI Dongle ke TV.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dengan baik, Kalian dapat dengan mudah menyambungkan perangkat Kalian ke TV dan menikmati konten favorit Kalian dengan lebih nyaman.

Pastikan perangkat Kalian terhubung dengan baik dan periksa kembali jika ada masalah. Dengan menggunakan HDMI dongle Anycast, Kalian dapat menikmati konten ponsel Kalian di layar yang lebih besar dengan lebih mudah dan sederhana.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kalian. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/cara-menggunakan-hdmi-dongle-ke-tv/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *