Daftar Siaran TV Digital

√ UPDATE Terbaru Daftar Siaran TV Digital : Semua Wilayah

Posted on

Empat Pilar – UPDATE Terbaru Daftar Siaran TV Digital : Semua Wilayah. Sejak awal kemunculannya, TV menjadi hiburan yang disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Di Indonesia, banyak keluarga menghabiskan waktu bersama-sama di depan TV setelah beraktivitas seharian.

Dengan berkembangnya teknologi, tayangan TV kini dapat disiarkan dalam format digital yang lebih baik, yakni Daftar Siaran TV Digital.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang Daftar Siaran TV Digital, mengapa Anda harus beralih ke siaran digital, dan bagaimana cara meningkatkan kualitas tontonan Anda di rumah.

Tentang Televisi Digital

Televisi digital di Indonesia merupakan perkembangan yang tidak dapat dihindari. Sistem penyiaran digital saat ini telah berkembang pesat di dunia industri penyiaran, meningkatkan kapasitas layanan dengan cara yang lebih efisien dalam penggunaan spektrum frekuensi radio.

Selain itu, sistem transmisi televisi digital juga memiliki banyak fitur dan multimedia, seperti layanan interaktif dan informasi peringatan dini bencana.

Siaran televisi terestrial digital adalah siaran yang menggunakan gelombang radio VHF/UHF dan menggunakan format konten digital, berbeda dengan siaran analog.

Pada siaran TV analog, semakin jauh jarak antara pemirsa dengan stasiun TV, semakin lemah sinyal yang diterima dan semakin buruk kualitas gambar yang diterima.

Dalam hal ini, televisi digital menawarkan keunggulan dalam memberikan pengalaman menonton yang lebih baik dengan kualitas gambar yang jauh lebih baik bahkan pada daerah yang jauh dari stasiun TV.

Berbeda dengan TV digital, yang terus memberikan gambar dan suara jernih hingga sinyal tidak lagi diterima. Singkatnya, transmisi televisi digital hanya mengenali dua keadaan:

Terima (1) atau Tidak (0). Artinya, jika penerima siaran digital dapat mendeteksi sinyal, program siaran diterima. Sebaliknya, jika tidak ada sinyal yang diterima, tidak ada gambar atau suara.

Dengan siaran digital, kualitas gambar dan suara yang diterima pemirsa jauh lebih baik daripada siaran analog di mana hantu dan kebisingan (bintik-bintik semut) tidak lagi ditampilkan di layar TV.

Di era penyiaran digital, pemirsa TV tidak hanya menonton program siaran, tetapi juga menggunakan fungsi tambahan seperti EPG (Electronic Program Guide) untuk mengetahui program mana yang akan disiarkan dan yang akan disiarkan nanti.

Siaran digital memiliki potensi untuk menyediakan layanan interaktif yang memungkinkan pemirsa untuk secara langsung mengevaluasi audio program siaran.

Daftar Frekuensi Channel Siaran TV Digital

Dalam siaran televisi digital, satu frekuensi dapat mendukung hingga 10 saluran, dan tidak diperlukan interval antara setiap frekuensi yang digunakan. Sebagai contoh, SCTV pada frekuensi 42 UHF dan RCTI pada frekuensi 50 UHF.

Saat ini, dengan sistem digital, saluran-saluran seperti SCTV, ANTV, TV One, Trans TV, Trans 7, dan Metro TV dapat mengisi frekuensi digital 42 UHF secara bersamaan.

SCTV24498 MHz
Indosiar24498 MHz
Mentari TV24498 MHz
O Channel24498 MHz
Magna Channel32562 MHz
UGTV / TV Gunadarma32562 MHz
BBS TV Jakarta32562 MHz
BN TV32562 MHz
Metro TV (SD)32562 MHz
Metro TV (HD)32562 MHz
My TV32562 MHz
JawaPosTV32562 MHz
AnTV34578 MHz
JAK TV34578 MHz
SportOne34578 MHz
TVOne34578 MHz
Berita Satu36594 MHz
Berita Satu World36594 MHz
CNBC Indonesia40626 MHz
CNN Indonesia40626 MHz
Trans740626 MHz
Trans TV40626 MHz
Badar TV42642 MHz
DAAI TV42642 MHz
GramediaTV42642 MHz
Inspira TV42642 MHz
KompasTV42642 MHz
MITV/Mata Indonesia TV42642 MHz
NTV / Nusantara TV42642 MHz
Opus TV42642 MHz
tvMU / TV Muhamadiyah42642 MHz
TVRI342642 MHz
TVRIJakarta42642 MHz
TVRINasional42642 MHz
TVRISport42642 MHz
TVT / TV Tempo42642 MHz
RCTI44658 MHz
MNCTV44658 MHz
GTV44658 MHz
iNews44658 MHz
RTV-148690 MHz
RTV-248690 MHz
RTV-348690 MHz
RTV-448690 MHz

Apa TV kita sudah TV digital?

Masyarakat dapat melakukan pengecekan dengan mudah yakni melakukan cek pada laman resmi Siaran Digital Kominfo. Caranya yakni sebagai berikut:

  • Buka laman siarandigital.kominfo.go.id
  • Pilih menu “Perangkat TV Digital”
  • Pada pilihan “Pilih Kategori”, pilih “Televisi”
  • Isikan merek televisi beserta Model/Type-nya
  • Apabila merek dan type televisi tersebut sudah mampu menerima siaran TV analog, maka keterangannya akan muncul.

Namun, apabila televisi yang dicari tidak terdaftar, maka akan muncul keterangan, “Mohon maaf, perangkat yang Anda cari tidak terdaftar pada database kami atau belum memiliki sertifikasi perangkat.”

Baca Juga :  Cara Mencari Siaran TV Digital Polytron & Disertai Gambar Terbaru

Cara Mencari Frekuensi TV Digital

Untuk menemukan frekuensi televisi digital, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui nama saluran televisi yang ingin dicari frekuensinya. Berikut ini adalah cara mudah untuk mencari frekuensi televisi digital menggunakan remote TV:

  • Pilih menu pengaturan/setting untuk pencarian sinyal.
  • Terdapat pilihan DTV untuk siaran digital di samping ATV untuk siaran analog.
  • Pilih menu auto scan untuk memindai program-program siaran TV digital dan tunggu sampai proses selesai.

Untuk menerima saluran televisi digital yang baru beroperasi, Anda perlu melakukan proses tertentu terlebih dahulu. Namun, perlu diingat bahwa jika Anda masih menggunakan televisi analog atau televisi tabung, maka tidak akan bisa menerima sinyal televisi digital.

Untuk dapat menerima siaran televisi digital, dibutuhkan perangkat tambahan seperti set top box (STB) dan antena TV digital terbaik agar bisa menerima sinyal televisi digital.

Sinyal televisi digital disiarkan melalui DVB-T2 (Penyiaran Televisi Terestrial Digital) yang menggunakan frekuensi radio VHF/UHF yang sama dengan penyiaran televisi analog, namun disiarkan sebagai konten digital.

Aplikasi Sinyal TVDigital

Berikut adalah aplikasi Saluran TV Digital, yang dapat diunduh dari Google Play Store, sebagai alat untuk memeriksa sinyal antena televisi di lokasi masing-masing.

Kualitas sinyal televisi dan televisi digital dapat berbeda-beda di lokasi yang berbeda.

Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat menentukan apakah lokasi mereka memiliki sinyal televisi digital yang lemah, sinyal televisi yang buruk, atau bahkan tidak ada sinyal televisi sama sekali.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur detail tentang sinyal televisi dan memungkinkan pengguna untuk memeriksa saluran televisi digital dalam satu aplikasi.

Dengan peta yang menunjukkan lokasi pemancar sinyal televisi digital di seluruh Indonesia, masyarakat dapat memeriksa apakah saluran televisi digital tersedia di kota mereka atau tidak melalui aplikasi ini.

Aplikasi ini sangat berguna untuk digunakan sebelum memutuskan untuk membeli TV DVB-T2 atau STB DVB-T2.

Daftar Frekuensi TV Digital Terbaru

Daftar channel TV digital menggunakan frekuensi dari 478 MHz hingga 694 MHz (kanal 22-48 UHF). Biar nggak bingung saat melakukan setting TV digital dan mencari channel, simak dulu daftar frekuensi TV digital DVB-T2 2023 berikut ini. Lengkap mulai dari Trans TV, RCTI, Indosiar, ANTV, SCTV, dan lainnya.

1. Daftar Frekuensi TV Digital Jabodetabek

Area yang dianggap sudah siap untuk bermigrasi dari TV analog ke TV digital adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Berikut frekuensi TV digital Jakarta dan sekitarnya:

Channel (UHF)FrekuensiStasiun TV
24 UHF498 MHzSCTV
Kompas TV
Indosiar
Mentari TV
O Channel
28 UHF530 MHzRCTI
GTB
MNC TV
iNews
31 UHF554 MHzMetro TV
MyTV
JPNN
BBSTV
UGTV
Smile TV
Magna TV
34 UHF578 MHzTVONE
JakTV
ANTV
SportOne
40 UHF626 MHzTransTV
Trans7
CNN
CNBC
43 UHF650 MHzTVRI
TVRI Sport
TVRI World
TVRI Jakarta
nusantaraTV (ntv)
Inspira
Net TV
Radar TV
Elshinta TV
DAAI TV
tMU
48 UHF690 MHzRTV

2. Daftar Frekuensi TV Digital Jawa Barat

Di samping Jabodetabek, penyiaran televisi analog di wilayah Jawa Barat, seperti Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat, telah dihentikan. Oleh karena itu, bagi Anda yang tinggal di wilayah tersebut, silakan perhatikan daftar frekuensi televisi digital Jawa Barat berikut ini.

Channel (UHF)FrekuensiStasiun TV
29 UHF538 MHzSCTV
Kompas TV
Indosiar
Mentari TV
RTV
Moji
32 UHF562 MHzMetro TV
Magna Channel
BN Channel
Independen
Independen (komunitas)
35 UHF586 MHzTVRI
Independen
Inspira TV (stasiun induk)
Nusantara TV
BTV
NET
Eka TV (stasiun TV)
Independen (PTV)
38 UHF610 MHzantv
tvOne
SportOne
Indonesia Network
JPM
41 UHF634 MHzRCTI
MNCTV
GTV
iNews
44 UHF650 MHzTransTV
Trans7
CNN Indonesia
CNBC Indonesia

3. Daftar Frekuensi TV Digital Bandung

Jika Anda saat ini tinggal di Kota Bandung, beruntunglah karena Jaka memiliki daftar frekuensi televisi digital yang lengkap di sana. Apakah Anda tidak sabar untuk mencarinya? Berikut ini adalah daftar frekuensi televisi digital yang bisa Anda simak.

Channel (UHF)FrekuensiStasiun TV
31 UHF554 MHzRCTI
MNCTV
GTV
iNews
32 UHF562 MHzMedia Group News
Magna Channel
BNTV
35 UHF586 MHzLPP TVRI Jawa Barat
TVRI Nasional
TVRI Jawa Barat
NetTV
39 UHF618 MHzSCTV
Indosiar
O Channel
Mentari TV
Rajawali TV
45 UHF666 MHzTransTV
Trans7
CNN Indonesia
CNBC Indonesia
Kompas TV TV
47 UHF682 MHzTV One
ANTV

4. Daftar Frekuensi TV Digital Jawa Timur

Jika Anda berdomisili di wilayah Jawa Timur, jangan khawatir karena Jaka juga menyediakan daftar frekuensi televisi digital di Jawa Timur yang mencakup berbagai daerah, seperti Surabaya, Blitar, Malang, Lumajang, dan lainnya, yang dapat Anda temukan di bawah ini. Silakan periksa daftarnya, ya.

Channel (UHF)FrekuensiStasiun TV
29 UHF538 MHzSCTV
Indosiar
O Channel
Mentari TV
Rajawali TV[br[Kompas TV
32 UHF562 MHzTV One
ANTV[BR]Arek Televisi
35 UHF586 MHzTVRI Jawa Timur
TVRI Nasional
TVRI Sport HD
TVRI World
38 UHF619 MHzRek TV
Metro TV
BBS TV
JTV
TV9
Magna Channel
BNTV
41 UHF634 MHzRCTI
MNCTV
GTV
iNews
44 UHF658 MHzTransTV
Trans7
CNN Indonesia
CNBC Indonesia
Baca Juga :  UPDATE Frekuensi TV Digital Purwokerto DVB-T2 : Semua Saluran

5. Daftar Frekuensi TV Digital Banten

Tak hanya frekuensi TV digital Tangerang, warga Banten di daerah Cilegon, Pandeglang, dan Lebak juga sudah dapat menerima frekuensi TV digital Indonesia KHZ 2023. Berikut ini adalah daftar frekuensi TV digital di Banten:

Cilegon/Banten 1

Channel (UHF)FrekuensiStasiun TV
24 UHF498 MHzSCTV
Indosiar
O Channel
Mentari TV
32 UHF562 MHzMetro TV
Magna Channel
BNTV
46 UHF674 MHzTrans TV
Trans7
CNN Indonesia
CNBC Indonesia
36 UHF594 MHzBerita Satu

Pandeglang/Banten 2

Channel (UHF)FrekuensiStasiun TV
34 UHF578 MHztvOne
antv
40 UHF626 MHzTrans TV
Trans7
CNN Indonesia
CNBC Indonesia
36 UHF594 MHzBerita Satu

Pandeglang/Banten 2

Channel (UHF)FrekuensiStasiun TV
36 UHF594 MHzBerita Satu
33 UHF570 MHzMetro TV
Magna Chanel
BNTV
31 UHF554 MHzTVRI Nasional
TVRI DKI
TVRI Kanal 3
TVRI Sport HD

6. Daftar Frekuensi TV Digital Surabaya

Bagi masyarakat di Jawa Timur, khususnya di kota Surabaya dan sekitarnya, kini sudah dapat menikmati siaran televisi digital. Kota-kota di sekitarnya seperti Mojokerto, Pasuruan, Sidoarjo, Jombang, Lamongan, Gresik, dan Bangkalan juga sudah menyediakan siaran televisi digital.

Channel (UHF)FrekuensiStasiun TV
23 UHF490 MHztvOne
antv
25 UHF506 MHzMetro TV
Jawa Pos TV
TV9 Nusantara
Magna Channel
NTV
BS TV
Madu TV
27 UHF522 MHzTrans TV
Trans7
CNN Indonesia
CNBC Indonesia
Kompas TV
29 UHF538 MHzSCTV
O Channel
Indosiar
Mentari TV
35 UHF586 MHzLPP TVRI Jawa Timur
41 UHF634 MHzRCTI
MNC TV
GTV
iNews

7. Daftar Frekuensi TV Digital Yogyakarta

Channel (UHF)FrekuensiStasiun TV
25 UHF506 MHzSCTV
Indosiar
O Channel
Mentari TV
27 UHF522 MHzMetro TV
Magna Channel
BNTV
29 UHF538 MHzTVRI Yogyakarta
TVRI Nasional
TVRI Jawa Tengah
TVRI Kanal 3
TVRI Sport HD
35 UHF586 MHzTV One
ANTV
41 UHF634 MHzRCTI
GTV
MNCTV
iNews
47 UHF682 MHzTrans TV
Trans 7
CNN

 

Artikel terkait :

Penutup

Demikianlah informasi terbaru mengenai daftar siaran TV digital di semua wilayah. Dengan update terbaru ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah mengetahui daftar siaran TV digital yang tersedia di wilayahnya masing-masing.

Sebagai upaya untuk terus memperbaiki layanan siaran TV digital, kami akan terus melakukan pembaruan dan peningkatan kualitas siaran TV digital di seluruh wilayah.

Dengan demikian, masyarakat dapat menikmati tayangan TV digital dengan lebih baik dan jernih.

Terima kasih telah mengikuti informasi terbaru dari kami. Tetaplah memantau update dari kami untuk informasi terbaru lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *