Cara Service TV China Mati Total

Cara Service TV China Mati Total : Panduan Lengkap dan Mudah Dilakukan

Posted on

Empat Pilar – Cara Service TV China Mati Total : Panduan Lengkap dan Mudah Dilakukan. Menghadapi masalah teknis dengan perangkat elektronik Kalian bisa menjadi pengalaman yang mencemaskan, terlebih lagi jika itu adalah televisi Kalian yang mati total.

Khususnya ketika berbicara tentang TV China, memahami Cara Service TV China Mati Total bisa menjadi pertolongan yang sangat berharga. Apa yang perlu Kalian lakukan ketika TV Kalian tidak mau hidup? Bagaimana Kalian bisa memperbaiki TV China Kalian? Inilah yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Dapatkan panduan lengkap tentang Cara Service TV China Mati Total. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai aspek penting terkait perbaikan TV China yang tidak berfungsi dan cara memulihkannya dengan efisien.

Kerusakan TV Cina Mati Total

Televisi Cina mengalami kerusakan total atau mati total, yang artinya televisi tersebut tidak dapat menyala sama sekali.

Mesin televisi Cina sering mengalami masalah mati total, namun tidak semua televisi Cina rentan rusak dengan cepat.

Pada era perdagangan bebas di awal milenium, televisi Cina yang berbagai merk masuk ke Indonesia memiliki kualitas yang tak kalah dengan merek televisi lainnya.

Kualitas televisi Cina pada masa itu memang sangat baik. Mungkin sebagai bagian dari promosi dan memperkenalkan produk, kualitas menjadi prioritas untuk menarik minat konsumen.

Selain itu, televisi Cina juga ditawarkan dengan harga yang sangat ekonomis. Kualitas televisi Cina asli sangat berbeda jauh dengan televisi rakitan lokal yang menggunakan mesin televisi Cina. Kerusakan total pada televisi Cina dapat diketahui dari ciri-ciri yang muncul pada televisi tersebut.

Ciri-Ciri TV Cina Mati Total

Sebelum memahami Cara Service TV China Mati Total, nah pahami dulu Ciri-ciri kerusakan pada televisi Cina yang mati total dengan indikasi solderan retak atau masalah pada bagian regulator TV Cina dan power supply mencakup beberapa gejala berikut:

1. Televisi Tidak Mau Menyala

Salah satu tanda pertama dari televisi mati total adalah televisi tidak mau menyala sama sekali. Ini berarti tidak ada reaksi atau respons apa pun dari televisi ketika Anda mencoba untuk menyalakannya.

2. Lampu Indikator LED Tidak Menyala

Lampu indikator LED biasanya berfungsi sebagai penanda bahwa televisi dalam kondisi standby atau aktif. Jika lampu LED ini tidak menyala, ini bisa menjadi indikasi bahwa televisi mati total.

3. Tidak Ada Tegangan Keluar Dari Regulator

Jika regulator televisi tidak mengeluarkan tegangan, ini berarti ada masalah pada bagian ini. Regulator televisi berfungsi untuk mengendalikan tegangan yang masuk ke berbagai komponen televisi. Jika regulator ini rusak, televisi mungkin tidak akan dapat bekerja dengan baik atau bahkan tidak akan menyala sama sekali.

4. MCB Listrik Langsung Jeglek Turun

Jika MCB (Miniature Circuit Breaker) listrik langsung turun atau ‘jeglek’ ketika televisi dinyalakan, ini bisa menjadi indikasi masalah serius pada power supply atau bagian lain dari televisi.

Penyebab TV Cina Mati Total

Penyebab TV Cina mati total dan tidak ada tegangan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Untuk membantu Anda lebih memahami, berikut beberapa kerusakan umum yang sering terjadi pada TV mesin Cina:

1. Solderan Kaki Komponen Retak

Solder adalah bahan yang digunakan untuk menghubungkan komponen elektronik ke PCB (printed circuit board).

Jika solderan pada kaki komponen retak, maka aliran listrik bisa terganggu dan menyebabkan TV tidak bisa menyala atau mati total. Perbaikan biasanya melibatkan proses pengecekan dan penysolderan ulang pada komponen yang bermasalah.

2. Regulator Tidak Ada Tegangan

Regulator adalah komponen elektronik yang mengatur tegangan listrik yang masuk ke dalam rangkaian TV. Jika regulator tidak berfungsi dengan baik atau tidak ada tegangan, maka TV tidak akan menerima pasokan listrik yang cukup untuk berfungsi. Solusinya adalah dengan mengecek dan mengganti regulator jika diperlukan.

Baca Juga :  Pengertian Antena Dipole : Cara Kerja dan Jenisnya Lengkap

3. Startup Regulator Tidak Ada Tegangan

Startup regulator adalah bagian dari rangkaian yang memastikan bahwa regulator dimulai dengan aman dan efisien saat TV dinyalakan. Jika tidak ada tegangan di startup regulator, maka regulator tidak akan dapat memulai fungsi dengan baik, yang berdampak pada kinerja seluruh rangkaian TV.

4. Regulator TV Konslet

Konslet atau short circuit adalah kondisi di mana arus listrik mengambil jalur yang lebih singkat dan menghindari beban utama dalam rangkaian. Jika regulator TV konslet, maka ini bisa menyebabkan kerusakan parah dan mempengaruhi berbagai komponen lainnya.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan mencari dan memperbaiki titik konslet, atau mengganti regulator jika kerusakannya terlalu parah.

Cara Service TV China Mati Total

Umumnya, mesin TV buatan China memiliki rangkaian yang tidak terlalu rumit dan memiliki sedikit perlindungan.

Berbeda halnya dengan kerusakan pada TV Sharp yang terkenal dengan banyak perlindungan, sehingga membutuhkan waktu dan ketelitian yang cukup.

Namun, jika terjadi kerusakan mati total pada TV China seperti merek Wansonic, Wcom, Changhong, dan merek-merek aneh lainnya, baik dalam ukuran 14 inci maupun 21 inci, kemungkinan penyebabnya bisa ditebak.

Biasanya, masalah terletak pada bagian horizontal (Flyback, Transistor Horizontal yang rusak), bagian sumber daya IC atau transistor yang rusak, atau blok Penguat Video.

Mengapa bagian-bagian ini sering mengalami kerusakan? Hal ini dikarenakan TV China umumnya menggunakan tabung CRT bekas monitor yang memiliki impedansi rendah dengan ukuran yang besar. Akibatnya, ketiga blok tersebut terpaksa bekerja keras, dan tidak mengherankan jika kerusakan sering terjadi.

Meskipun demikian, bukan berarti perbaikan TV China ini bisa dianggap sepele. Tetap diperlukan analisis kerusakan yang tepat untuk menemukan penyebab TV yang mati total dengan lampu indikator tidak menyala.

Berikut ini adalah beberapa penyebab dan Cara Service TV China Mati Total yang telah saya rangkum:

1. Kerusakan Blok Power Supply

Kerusakan yang sering terjadi pada blok power supply TV China adalah hilangnya atau penurunan tegangan B+ 110V, serta terganggunya tegangan 24 Volt yang berfungsi sebagai pasokan untuk blok vertikal.

Hal-hal yang perlu diperiksa adalah fuse (sekering) untuk memastikan tidak putus, dioda bridge yang mungkin short, dan kapasitor filter yang mungkin short sehingga tegangan menjadi rendah dan TV mati total.

Secara umum, jika ada kerusakan pada komponen, perbedaannya biasanya terlihat jelas karena kualitasnya yang tidak terlalu bagus. Misalnya, kapasitor elco akan terlihat menggembung, dan resistor akan berubah warna karena panas.

2. Kerusakan Blok Horizontal

Contoh kerusakan yang disebabkan oleh bagian horizontal adalah ketika TV mati total, flyback berdenging, atau transistor power horizontal mengalami short.

Sebagaimana kita ketahui, blok horizontal ini merupakan persyaratan yang wajib ada agar TV dapat berfungsi normal, jadi penting untuk memastikan tegangannya dalam kondisi normal.

Jika ada penurunan tegangan, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah memeriksa apakah terdapat jalur PCB yang putus dari power supply yang menyebabkan penurunan tegangan, atau apakah salah satu komponen horizontal yang rusak.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan penurunan tegangan pada blok horizontal antara lain adalah Elco yang sudah kering, atau jarang terjadi, dioda damper yang mengalami short. Namun, jika terjadi short pada dioda damper, tegangan biasanya tidak akan turun hingga 0 volt.

Pernah juga terjadi kasus di mana transistor horizontal mengalami short, dan ternyata penyebabnya adalah cop karet flyback yang menempel pada tabung CRT yang sudah mengering karena kualitasnya buruk. Hal ini menyebabkan adanya bocor tegangan tinggi yang menyambar ke mainboard dan menyebabkan short pada bagian horizontal.

3. Kerusakan Blok Vertikal

Salah satu kerusakan pada blok vertikal TV China yang dapat menyebabkan mati total adalah hilangnya tegangan +24 VDC dari power supply.

Untuk memeriksanya, periksa apakah IC vertikal pecah atau tidak, cek juga kondisi elco yang mungkin sudah kering, serta dioda zener yang mungkin mengalami short dan faktor-faktor lainnya.

Penting untuk diketahui bahwa tegangan output vertikal biasanya berkisar antara 12V hingga 16Vdc, yang berasal dari IC vertikal menuju defleksi vertikal.

Jika setelah mengganti IC vertikal, kerusakan terus-menerus terjadi, ada baiknya juga memeriksa artikel mengenai penyebab kerusakan IC vertikal pada TV yang sering rusak. Di bawah ini merupakan contoh skema TV vertikal China pada bagian vertikal.

Baca Juga :  Daftar Skema TV China Terbaru dan Lengkap : UPDATE

Baca juga :

  1. 50+ Daftar Kode Remot TV China : UPDATE Terlengkap
  2. Daftar Skema TV China Terbaru dan Lengkap : UPDATE
  3. Kelebihan dan Kekurangan TV Changhong, Ketahui Sebelum Membelinya

 

Penutup

Demikianlah panduan yang telah empatpilar.com bahas tentang Cara Service TV China Mati Total. Setiap langkah yang kita jelaskan diharapkan bisa membantu Kalian mengatasi masalah TV China yang tiba-tiba mati.

Ingatlah selalu untuk berhati-hati saat melakukan tindakan servis sendiri di rumah, mengingat komponen TV adalah bagian dari perangkat listrik yang berpotensi berbahaya.

Semoga artikel mengenai Cara Service TV China Mati Total ini, bisa bermanfaat dan menjadi sumber informasi yang berharga bagi Kalian.

Selamat mencoba dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *