CDI Yang Cocok Buat Honda Vario

Rekomendasi CDI Yang Cocok Buat Honda Vario : Untuk Semua Merk

Posted on

Empat Pilar – Rekomendasi CDI Yang Cocok Buat Honda Vario : Untuk Semua Merk. Temukan CDI yang cocok buat Honda Vario Kalian dengan panduan lengkap ini. Dapatkan tips memilih, rekomendasi terbaik, dan jawaban atas pertanyaan umum mengenai CDI Honda Vario.

Honda Vario merupakan salah satu motor matic paling populer di Indonesia. Banyak pemilik Vario yang ingin meningkatkan performa kendaraan mereka, dan salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengganti CDI.

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai CDI yang cocok buat Honda Vario untuk membantu Kalian memilih yang terbaik untuk motor Kalian.

Pengertian CDI (Capacitor Discharge Ignition)

CDI atau Capacitor Discharge Ignition merupakan salah satu komponen penting pada sistem pengapian sepeda motor.

Fungsi utama dari CDI adalah untuk memproduksi percikan api pada busi yang dibutuhkan untuk proses pembakaran bahan bakar dalam mesin sepeda motor.

Kinerja CDI yang baik sangat penting untuk menjaga performa mesin sepeda motor agar selalu optimal.

Ketika CDI mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan baik, maka mesin sepeda motor tidak akan dapat menyala.

Meskipun CDI memiliki fungsi yang sangat vital, namun bentuk fisiknya cukup sederhana dan mudah digunakan pada mesin motor yang umumnya memiliki ruang yang terbatas.

Perlu diketahui bahwa pengertian CDI untuk sepeda motor dan mobil sama, namun ukurannya bisa berbeda-beda tergantung pada kebutuhan mesin kendaraan tersebut.

Fungsi CDI (Capacitor Discharge Ignition)

Setelah memahami pengertian CDI, kita dapat memahami fungsi penting dari CDI pada sistem pengapian kendaraan bermotor dan pengaruhnya terhadap performa mesin motor.

CDI berfungsi untuk mengatur waktu pengapian pada busi sehingga proses pembakaran bahan bakar di ruang pembakaran mesin motor dapat berlangsung secara optimal.

Fungsi CDI tidak hanya terbatas pada menyalakan kendaraan bermotor, namun juga memengaruhi gerak laju motor.

Oleh karena itu, jenis dan kualitas CDI yang digunakan dapat mempengaruhi kinerja motor sehingga perlu diperhatikan dengan baik.

Cara Kerja CDI Motor

Setelah memahami pengertian dan fungsi CDI pada motor, penting juga untuk memahami cara kerja komponen ini. CDI sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu sederhana dan modern.

Pada versi modern, CDI lebih awet karena tidak menggunakan komponen platina melainkan pulse igniter. Fungsinya adalah mengirimkan sinyal PWM sesuai dengan waktu mesin digunakan.

Sedangkan pada versi sederhana, CDI memanfaatkan platina untuk mengalirkan arus pada kapasitor. CDI tidak akan bekerja sebelum kontak motor diubah menjadi On. Setelah langkah ini, maka arus baterai CDI akan tercipta.

Arus tersebut akan melewati konverter dan meningkatkan tegangan baterai hingga 300 volt. Mesin masih belum menyala dan arus tertahan pada kapasitor sampai mesin menyala.

Sinyal yang dikirimkan ke PWM dari pick up coil sesuai dengan RPM mesin dan muncul pulse tertentu yang dikirimkan ke SCR. Dari SCR, arus kapasitor akan dialihkan.

Ketika rangkaian baterai terputus, maka kapasitor langsung terhubung ke ignition coil. Kemudian, magnet pada kumparan primer yang besar muncul, di mana kemagnetan akan menciptakan induksi kumparan sekunder dan tegangan bisa jadi 7 kali lebih besar. Output tersebut yang menjadi penyebab busi menciptakan percikan api.

Dari percikan api tersebut, pembakaran bahan bakar kendaraan bisa terjadi dan mesin akan langsung menyala.

Dengan memahami cara kerja CDI, kita dapat mengoptimalkan penggunaannya dan memperpanjang masa pakainya.

Penyebab CDI Honda Vario 110 Mati

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai CDI yang cocok untuk Honda Vario 110, penting untuk memahami penyebab CDI mati pada kendaraan ini.

Salah satu penyebab utama adalah arus listrik yang menurun atau tidak stabil, yang sering disebabkan oleh daya aki motor yang sudah lemah atau bahkan mati.

Oleh karena itu, menjaga kondisi aki motor agar tidak cepat soak sangat penting untuk memperpanjang usia pakai CDI. CDI bekerja menggunakan arus listrik, sehingga ketika tidak ada arus yang mengalir, kinerja CDI bisa terpengaruh.

Baca Juga :  Tips, Cara Membersihkan Kaca Helm yang Menguning dengan Benar

Selain itu, masa pakai CDI juga bisa menjadi penyebab lain. Umumnya, CDI yang telah berusia di atas 5 tahun akan mengalami penurunan kinerja.

Namun, usia pakai CDI juga bisa lebih pendek jika kendaraan telah diupgrade dan membutuhkan pengapian yang lebih besar.

Kondisi CDI yang sudah tidak baik juga bisa menjadi penyebab Honda Vario 110 mati total, karena tidak adanya perintah yang diberikan kepada busi untuk memercikkan bunga api sehingga terjadi proses pembakaran.

Oleh karena itu, memilih CDI yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan dan melakukan perawatan secara teratur sangat penting untuk memastikan kinerja dan usia pakai CDI yang optimal.

CDI Yang Cocok Buat Honda Vario 110

Lantas CDI apa yang cocok buat Honda Vario 110? Selain CDI original yang diproduksi oleh Honda, ada beberapa CDI lain yang cocok digunakan untuk Honda Vario 110, yaitu CDI BRT Power Max dan CDI Racing DSK. Dimana kedua CDI tersebut bisa menjadi pilihan lain bagi para pengguna Honda Vario 110. Berikut CDI Yang Cocok Buat Honda Vario, simak di bawah ini :

1. CDI BRT Power Max

CDI BRI Power Max merupakan jenis CDI yang memiliki voltage mulai dari 8 sampai 15.5 VDC. CDI ini menggunakan tipe mikroprosesor dari NXP Semiconductor dan memiliki konsumsi listrik yang berkisar antara 0.1 hingga 0.85 A. CDI ini juga mampu bekerja dengan frekuensi mencapai 20.000 rpm.

Selain itu, CDI BRI Power Max untuk Honda Vario 110 memiliki tiga jenis pengaturan yang dapat digunakan, yaitu Standar Tune Up, Tune Up Racing, dan Racing Competition.

Sehingga pengguna dapat memilih jenis pengaturan CDI yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pada motor mereka.

Tidak hanya itu, CDI BRI Power Max juga menawarkan fitur-fitur lainnya, antara lain:

  • Dualband (2 memori kurva pengapian) yang memungkinkan pengguna untuk memilih kurva pengapian yang paling sesuai dengan karakteristik motor mereka.
  • Automatic Low Voltage Protection (ALVP) yang dapat melindungi CDI dari kerusakan akibat tegangan listrik yang rendah.
  • Stand By Mode yang memungkinkan CDI untuk beristirahat saat motor tidak digunakan dan menghemat konsumsi bahan bakar dan aki hingga 30%.
  • Kemampuan untuk menghemat bahan bakar dan pemakaian aki hingga 30%.
  • Kemampuan untuk meningkatkan HP (Horse Power) hingga 20%.

Dengan fitur-fitur tersebut, CDI BRI Power Max dapat meningkatkan performa motor dan menghemat penggunaan bahan bakar dan aki. Hal ini membuat CDI ini menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan performa motor Honda Vario 110.

2. CDI Racing DSK

CDI Racing DSK merupakan pilihan CDI yang murah dan cocok digunakan pada Honda Vario 110 karena tidak dilengkapi dengan limit penggunaan.

Hal ini membuat CDI Racing DSK sangat cocok digunakan bagi pengguna yang menyukai performa motor yang tinggi.

Selain itu, CDI Racing DSK juga memiliki beberapa fitur lainnya, antara lain:

  • No limit, yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan motor pada RPM yang lebih tinggi tanpa adanya limitasi.
  • Kemampuan untuk meningkatkan HP (Horse Power) hingga 20%, yang akan memberikan performa motor yang lebih baik.
  • Dapat digunakan pada RPM yang tinggi, yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan motor pada kecepatan yang lebih tinggi tanpa adanya masalah.

Dengan fitur-fitur tersebut, CDI Racing DSK merupakan pilihan yang baik bagi pengguna yang ingin meningkatkan performa motor Honda Vario 110 dengan biaya yang terjangkau.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan CDI Racing DSK harus disesuaikan dengan kondisi motor dan disarankan untuk menggunakan dengan hati-hati.

Harga CDI Yang Cocok Buat Vario 110

Setelah mengetahui CDI Yang Cocok Buat Honda Variodan memiliki niat untuk membelinya, penting untuk mengetahui informasi harga CDI Honda Vario 110. Berikut ini adalah informasi harga CDI Honda Vario 110 yang dapat dilihat secara lengkap:

Tipe CDIHarga
CDI Honda Vario 110 OriginalRp624,500
CDI BRT Power MaxRp640,000
CDI DSK RacingRp370,000

Penutup

Dalam kesimpulan, pemilihan CDI Yang Cocok Buat Honda Vario terbaru memang sangat penting bagi performa kendaraan Kalian. Berbagai rekomendasi CDI yang telah disebutkan, seperti CDI Brisk, BRT Powermax, dan KTC Racing, tentunya bisa menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan kualitas performa serta keamanan Honda Vario Kalian.

Baca Juga :  Penyebab dan Biaya Perbaikan Tangki Bensin Motor Bocor

Jangan ragu untuk melakukan riset lebih lanjut dan berkonsultasi dengan ahli untuk menemukan CDI yang paling sesuai dengan kebutuhan Kalian.

Itu saja yang bisa empatpilar.com bahas buat kalian mengenai CDI Yang Cocok Buat Honda Vario.

Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat membantu Kalian dalam memilih CDI terbaik untuk Honda Vario terbaru Kalian! Kata Pencarian TerpopulerCDI VARIO 110 KARBU terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *