Perbedaan Shock Tabung dan Biasa

Kenali, Perbedaan Shock Tabung dan Biasa : Kelebihan dan Kekurangan

Posted on

Empat Pilar – Kenali, Perbedaan Shock Tabung dan Biasa : Kelebihan dan Kekurangan. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara shock tabung dan biasa. Pelajari lebih lanjut tentang kedua tipe suspensi ini dan temukan mana yang paling cocok untuk kendaraan Kalian.

Dalam dunia otomotif, suspensi adalah salah satu komponen kunci yang menentukan kenyamanan dan kinerja kendaraan.

Terdapat berbagai jenis suspensi yang tersedia di pasar, namun yang paling umum digunakan adalah shock tabung dan shock biasa.

Keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, sehingga penting untuk mengetahui perbedaan antara keduanya sebelum memutuskan mana yang terbaik untuk kendaraan Kalian.

Dalam artikel ini, kita akan membahas Perbedaan Shock Tabung dan Biasa, serta memberikan beberapa FAQ untuk membantu Kalian dalam membuat keputusan.

Shock tabung, juga dikenal sebagai shock tabung gas, adalah jenis suspensi yang menggunakan tabung gas bertekanan tinggi untuk mengendalikan gerakan roda dan kendaraan.

Pengertian Shockbreaker

Sebelum mengenali Perbedaan Shock Tabung dan Biasa, kalian kenali dulu pengertian dan fungsi dari Shockbreaker. Shockbreaker adalah salah satu komponen penting pada sepeda motor yang berfungsi sebagai peredam kejut.

Biasanya, komponen ini terbuat dari bahan logam baja untuk meningkatkan daya tahan dan ketahanannya terhadap penggunaan dalam jangka waktu yang lama.

Fungsi utamanya adalah untuk mengurangi getaran dan goncangan pada bodi sepeda motor saat melintasi jalan yang tidak rata atau bergelombang.

Ketika pengendara melewati gundukan atau medan yang tidak rata, shockbreaker akan meredam gerakan per keongnya yang bergerak naik dan turun.

Prinsip kerjanya adalah dengan menekan pegas melalui minyak sehingga dapat menghasilkan gesekan hidrolik yang diperlukan untuk menghilangkan gerakan suspensi yang berlebihan.

Hal ini bertujuan untuk menjaga kenyamanan dan kestabilan pengendara saat berkendara.

Dalam fungsi utamanya sebagai peredam kejut, shockbreaker berperan penting untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas sepeda motor.

Selain itu, penggunaan shockbreaker yang baik dan berkualitas juga akan meningkatkan umur pakai dari komponen lainnya pada sepeda motor.

Oleh karena itu, pemilihan dan perawatan shockbreaker yang tepat sangatlah penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengendara saat berkendara.

A. Mengenal Shockbreaker Tabung

Shockbreaker jenis tabung, yang juga dikenal sebagai tipe “twin-tube”, memiliki dua tabung yaitu tabung dalam yang berisi minyak dan tabung luar yang berisi gas nitrogen.
Dalam jenis shockbreaker ini, piston akan menggerakkan minyak dari ruang bawah ke ruang atas melalui valve dan sebaliknya.

Teknologi ini memberikan kestabilan dan ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan jenis shockbreaker lainnya.

Selain itu, shockbreaker tabung juga dapat menahan panas yang lebih tinggi daripada jenis shockbreaker biasa dan lebih responsif dalam menyerap guncangan dan getaran pada kecepatan yang lebih tinggi.

Desain shockbreaker tabung juga memungkinkan untuk menambahkan lebih banyak minyak ke dalam tabungnya sehingga memberikan kinerja yang lebih baik dalam menyerap guncangan.

Meskipun begitu, shockbreaker tabung memiliki harga yang cenderung lebih mahal daripada jenis shockbreaker biasa dan memerlukan perawatan yang lebih sering karena kompleksitas desainnya.

Oleh karena itu, bagi pengendara yang mengutamakan kinerja dan stabilitas pada sepeda motornya, shockbreaker tabung dapat menjadi pilihan yang tepat.

Namun, sebaiknya pengendara juga memperhatikan perawatan shockbreaker tabung secara rutin agar tetap dapat berfungsi dengan baik dan tahan lama.

1. Kekurangan Shockbreaker Tabung

Salah satu kekurangan yang sering dirasakan pada Shockbreaker Tabung adalah tingkat kekerasan yang terasa lebih tinggi dibandingkan dengan jenis shockbreaker biasa.
Meskipun begitu, hal tersebut bukanlah akibat dari redaman suspensi yang menjadi lebih keras, melainkan karena kinerja suspensi yang lebih responsif.

2. Kelebihan Shockbreaker Tabung

Kelebihan dari Shockbreaker Tabung adalah kemampuannya yang sangat responsif, sehingga sangat cocok digunakan oleh pengendara yang ingin turun ke lintasan balap.
Dengan respon yang cepat, ban motor tidak akan kehilangan cengkeramannya pada aspal, sehingga dapat meningkatkan stabilitas dan kecepatan pada lintasan balap.

Baca Juga :  Syarat Perpanjangan SIM Yang Perlu Anda Ketahui

B. Mengenal Shockbreaker Biasa

Shockbreaker biasa atau yang juga dikenal dengan tipe “mono-tube” merupakan jenis shockbreaker yang hanya memiliki satu tabung, sesuai dengan namanya.

Namun, kekurangan dari shockbreaker biasa adalah kemampuannya untuk menahan panas.

Pada saat shockbreaker digunakan dalam jangka waktu yang lama, minyak pada tabung dalam akan mengalami pemanasan yang menyebabkan kinerjanya menurun.

Selain itu, shockbreaker biasa juga kurang responsif dalam menyerap guncangan dan getaran pada kecepatan yang lebih tinggi.

Hal ini dapat memengaruhi kenyamanan dan stabilitas kendaraan Kalian, terutama pada kondisi jalan yang kurang baik atau berlubang.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan performa dan kinerja shockbreaker yang lebih baik, disarankan untuk menggunakan jenis shockbreaker yang lebih canggih dan responsif, seperti tipe “twin-tube” atau “gas-charged”.

C. Perbedaan Shock Tabung dan Biasa

Meskipun secara fungsional shockbreaker tabung dan shockbreaker biasa memiliki fungsi yang sama, terdapat perbedaan hasil dari pemegasan pada kedua jenis shockbreaker ini.

Untuk mengetahui Perbedaan Shock Tabung dan Biasa, dapat dilihat di bawah ini:

1. Penampilan Shockbreaker

Dari segi penampilan atau desain, terdapat perbedaan yang jelas antara kedua jenis shockbreaker ini.

Shockbreaker tabung dilengkapi dengan komponen tabung, sedangkan shockbreaker biasa tidak memiliki komponen tabung.

Oleh karena itu, pengguna shockbreaker tabung biasanya menggunakannya untuk meningkatkan nilai estetika motor.

2. Komponen Tambahan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, shockbreaker tabung memiliki komponen tambahan berupa tabung, sementara shockbreaker biasa tidak dilengkapi dengan komponen tersebut.

Namun, komponen tambahan tersebut memiliki fungsi penting yaitu menampung gas.

Tabung pada shockbreaker tabung berisikan gas yang akan berpengaruh pada elastisitas shockbreaker.

Oleh karena itu, komponen tambahan tersebut tidak hanya sekadar tambahan saja, melainkan juga memiliki fungsi yang sangat penting untuk kinerja shockbreaker.

Dengan adanya tabung tersebut, shockbreaker tabung dapat memberikan performa dan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan shockbreaker biasa.

Sehingga, penggunaan shockbreaker tabung lebih disarankan untuk kendaraan yang digunakan secara intensif dan untuk menghadapi kondisi jalan yang lebih berat.

3. Tingkat Elastisitas

Adanya gas pada shockbreaker tabung mempengaruhi tingkat elastisitas dari shockbreaker tersebut.

Shockbreaker tabung umumnya terasa lebih keras dibandingkan dengan shockbreaker biasa yang tidak dilengkapi tabung.

Perbedaan ini mirip dengan perbedaan antara shockbreaker oli dan gas, dimana tingkat elastisitas dari shockbreaker gas jauh lebih keras dibandingkan dengan shockbreaker oli.

Meskipun shockbreaker tabung masih menggunakan oli di dalamnya, namun adanya gas pada tabungnya membuat tingkat elastisitasnya menjadi lebih tinggi sehingga terasa lebih keras.

Karena tingkat elastisitas yang lebih tinggi, shockbreaker tabung lebih cocok digunakan untuk kendaraan yang menghadapi medan jalan yang lebih berat dan memerlukan tingkat suspensi yang lebih kuat.

Namun, terdapat juga jenis shockbreaker tabung yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengendara untuk memberikan tingkat kenyamanan yang lebih baik.

Harga Shock Tabung dan Biasa

Setelah memahami Perbedaan Shock Tabung dan Biasa, yang terakhir yang perlu diketahui adalah perbedaan harga antara shockbreaker tabung dan biasa.

Meskipun demikian, perbedaan harganya sebenarnya tidak terlalu signifikan, tergantung pada merek shockbreaker yang dipilih.

Harga shockbreaker tabung dan biasa bisa dimulai dari ratusan ribu rupiah, tergantung pada mereknya.

Namun, beberapa merek shockbreaker tabung untuk motor biasa dapat mencapai harga jutaan rupiah, seperti misalnya shockbreaker tabung RCB.

Namun, harga yang lebih tinggi tersebut biasanya terkait dengan kualitas dan performa yang lebih baik.

Oleh karena itu, jika Kalian ingin membeli shockbreaker yang lebih baik untuk motor Kalian, ada baiknya untuk mempertimbangkan merek yang terpercaya dan memiliki kualitas yang baik, bahkan jika harganya sedikit lebih mahal.

Dalam jangka panjang, hal ini dapat menghemat uang dan memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Penutup

Dalam kesimpulan, Perbedaan Shock Tabung dan Biasa terletak pada desain dan cara kerjanya.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Shock tabung menawarkan kinerja yang lebih baik dan lebih stabil, sementara shock biasa lebih ekonomis dan cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Baca Juga :  Ukuran Roller Honda Vario Biar Kenceng dan Tarikan Ringan

Dalam memilih shockbreaker yang tepat, pertimbangkan kebutuhan dan budget Kalian. Jika Kalian sering berkendara di jalanan yang bergelombang atau mengharapkan kinerja terbaik, shock tabung mungkin lebih sesuai.

Namun, jika Kalian mencari solusi yang lebih murah dan cukup untuk kebutuhan sehari-hari, shock biasa bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tetaplah bijaksana dalam memilih, dan jangan lupa untuk selalu menjaga perawatan serta melakukan pengecekan berkala agar kinerja shockbreaker tetap optimal.

Itu saja yang bisa empatpilar.com berikan kepada kalian mengenai Perbedaan Shock Tabung dan Biasa. Selamat mencari shockbreaker yang tepat untuk kendaraan Kalian! Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/perbedaan-shock-tabung-dan-biasa/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *