Ciri-Ciri Knalpot Tsukigi yang Asli

Ketahui, Ciri-Ciri Knalpot Tsukigi yang Asli dan Harganya

Posted on

Empat Pilar – Ketahui, Ciri-Ciri Knalpot Tsukigi yang Asli dan Harganya. Selama beberapa dekade, Tsukigi telah menjadi merek terkemuka dalam industri knalpot. Keandalan, performa, dan kualitas materialnya telah menarik perhatian banyak penggemar sepeda motor di seluruh dunia. Namun, popularitas merek yang besar juga berarti ada banyak knalpot Tsukigi palsu di pasaran.

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari knalpot Tsukigi, penting untuk mengenali ciri-ciri yang membedakan produk asli dari yang palsu. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci ciri-ciri knalpot Tsukigi yang asli dan bagaimana mengidentifikasinya dengan tepat.

Mengenal Knalpot Tsukigi ?

Knalpot Tsukigi adalah knalpot racing populer yang berasal dari Jepang. Knalpot ini menawarkan harga yang terjangkau, khususnya bagi para rider dengan anggaran terbatas. Dengan rata-rata harga di bawah 1 Juta Rupiah, knalpot Tsukigi menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin meningkatkan performa motor tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Selain harganya yang terjangkau, knalpot Tsukigi juga dikenal memiliki kualitas yang baik dan terbukti mampu meningkatkan performa motor yang menggunakannya. Knalpot ini sangat cocok untuk modifikasi motor bergaya Thailand, seperti Thailook Style atau Babylook Style. Meskipun memiliki desain mirip dengan knalpot standar bawaan motor, knalpot Tsukigi tetap mampu memberikan performa yang lebih baik dan akselerasi yang lebih cepat.

Kepopuleran knalpot Tsukigi di Indonesia membuat beberapa produsen knalpot lain meluncurkan produk dengan desain serupa, seperti NVD dan RGGS yang berasal dari Thailand, serta merek AHM dari Malaysia. Meskipun demikian, kualitas knalpot Tsukigi asli tetap dianggap sangat baik, dan para pembeli tidak perlu ragu untuk memilih merek sekelas NVD, RGGS, atau AHM jika menginginkan pilihan alternatif dengan desain serupa.

Kami sendiri lebih merekomendasikan untuk memilih knalpot Tsukigi asli dari Jepang karena selain harganya yang sama terjangkau, kualitasnya juga dijamin. Namun, perlu berhati-hati dalam membeli knalpot Tsukigi, karena banyak produk palsu yang beredar di pasaran.

Material Knalpot Tsukigi

Tentu saja. Knalpot Tsukigi adalah sebuah produk modifikasi kendaraan yang terkenal dengan kualitas dan desainnya. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang material yang digunakan oleh knalpot Tsukigi.

1. Silincer

Silincer pada knalpot Tsukigi dibuat dari besi berkualitas tinggi. Fungsi utama dari silincer adalah untuk mengurangi suara yang dihasilkan oleh gas buangan yang dikeluarkan oleh mesin. Pemilihan besi sebagai bahan silincer ini adalah karena besi memiliki kekuatan dan durabilitas yang sangat baik, yang penting untuk menahan tekanan dan suhu tinggi dari gas buangan.

2. Leher Knalpot

Bagian leher knalpot Tsukigi menggunakan bahan stainless steel. Stainless steel adalah bahan yang sangat tahan terhadap korosi atau karat, yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk digunakan di bagian luar knalpot yang sering terpapar air dan debu. Selain itu, stainless steel juga dapat menahan suhu tinggi, yang penting untuk mengarahkan gas buangan dari mesin ke silincer.

Meski knalpot Tsukigi menggunakan material yang sama seperti knalpot asli bawaan motor, namun ada beberapa peningkatan kualitas dan desain yang ditawarkan oleh Tsukigi. Dengan desain yang lebih modern dan kinerja yang lebih baik, Tsukigi berhasil menarik perhatian banyak pengendara motor.

Tetapi harus diingat juga bahwa saat ini banyak beredar knalpot merek lain yang memiliki desain serupa dengan Tsukigi. Misalnya knalpot buatan AHM Malaysia, VND Thailand, dan banyak lagi merek lainnya. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membeli produk asli dari Tsukigi untuk mendapatkan kualitas dan performa terbaik.

Ciri-Ciri Knalpot Tsukigi yang Asli

Berikut merupakan penjelasan yang lebih mendalam tentang Ciri-Ciri Knalpot Tsukigi yang Asli:

1. Las Sambungan Rapi

Ciri pertama yang membedakan knalpot Tsukigi asli dengan yang palsu adalah bagaimana las sambungannya dilakukan. Knalpot Tsukigi asli memiliki las sambungan yang rapi, hal ini dikarenakan proses pembuatan dilakukan dengan menggunakan teknologi robotik yang canggih. Sebaliknya, pada knalpot Tsukigi palsu, las sambungannya biasanya terlihat asal atau tidak rapi, mencerminkan kualitas produksi yang rendah.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless : Ketahui Sebelum Menggunakannya

2. Suara Terdengar Empuk

Knalpot Tsukigi asli juga dapat dikenali dari suara yang dihasilkannya. Suara yang dihasilkan oleh knalpot Tsukigi asli biasanya lebih empuk dan halus, memberikan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan. Sebaliknya, knalpot Tsukigi palsu biasanya akan menghasilkan suara yang pecah, yang tentunya mengganggu pengalaman berkendara.

3. Bahan Berkualitas

Knalpot Tsukigi asli dibuat dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas. Untuk bagian silincer, biasanya menggunakan besi yang kuat dan tahan lama. Sedangkan untuk bagian leher knalpot, mereka menggunakan besi stainless anti karat yang memberikan perlindungan maksimal terhadap korosi. Jika knalpot Tsukigi tidak menggunakan kedua bahan ini, besar kemungkinan itu adalah produk palsu.

4. Desain Knalpot Sama Dengan Knalpot Bawaan

Desain dari knalpot Tsukigi asli biasanya mirip dengan desain knalpot bawaan. Hal ini memberikan penampilan yang harmonis dan asli pada kendaraan. Jika Anda menemui knalpot Tsukigi dengan bentuk atau desain yang berbeda dari knalpot bawaan dan memiliki warna yang berbeda, itu bisa jadi indikasi bahwa produk tersebut adalah palsu.

5. Harga Jauh Lebih Mahal

Kualitas memang berbanding lurus dengan harga. Knalpot Tsukigi asli biasanya dijual dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan knalpot palsu. Jadi, jika Anda menemukan knalpot Tsukigi dengan harga yang jauh lebih murah dari harga rata-rata, itu bisa jadi tanda bahwa produk tersebut adalah palsu.

Secara keseluruhan, memilih produk asli selalu menjadi pilihan yang tepat, karena menjamin kualitas dan kepuasan pengguna. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri produk asli untuk menghindari penipuan atau produk palsu.

Jenis dan Daftar Harga Knalpot Tsugiki

Membedakan antara knalpot Tsukigi asli dan palsu sebenarnya cukup mudah. Kalian hanya perlu memeriksa kualitas penyelesaian produk, apakah halus atau tidak. Selain itu, kita dapat mempertimbangkan aspek harga. Jika harga knalpot Tsukigi yang Kalian beli terpaut jauh dari harga pasar, maka kemungkinan besar itu adalah produk tiruan. Jadi, berapa sih harga sebenarnya dari knalpot Tsukigi asli?

1. Harga Knalpot Tsukigi Non Embos

Asli Knalpot motor Tsukigi hanya tersedia dalam dua jenis, yaitu EMBOS dan NON EMBOS. Meskipun memiliki karakteristik yang berbeda, keduanya harganya sangat terjangkau, dibawah 1 Juta Rupiah. Varian Non Embos memiliki kekhasan suara bass seperti knalpot biasa dan bentuk peredam suara yang identik dengan knalpot bawaan motor.

Yang unik dari knalpot Tsukigi Non Embos ini adalah desainnya. Ini karena knalpot ini tampak serupa dengan knalpot asli bawaan motor namun dengan ukuran yang lebih kecil sekitar 1-2mm. Selain itu, knalpot ini memiliki lima las cacing pada bagian leher knalpot dan dibuat lurus seperti knalpot balap, yang menghasilkan suara bass yang terdengar lebih segar.

Fitur unik lainnya adalah hadirnya tiga baut L di ujung peredam suara yang bisa digunakan untuk menambah atau mengganti glasswool. Untuk harga, knalpot ini ditawarkan sekitar 350 Ribu sampai 500 Ribu, tergantung pada tipe motor yang memakainya. Meskipun harganya sangat terjangkau, kualitas knalpot ini terbukti baik dan dapat meningkatkan performa motor.

2. Harga Knalpot Tsukigi Embos

Knalpot Tsukigi Non Embos memiliki suara Ngebass Adem yang khas. Namun, untuk varian Embos, knalpot ini memiliki ciri khas suara cring-cring atau lebih pelan. Knalpot ini dirancang khusus untuk motor harian, sehingga suaranya hampir mirip dengan knalpot bawaan motor. Desainnya juga 100% identik dengan knalpot bawaan pabrik.

Salah satu hal menarik dari knalpot Tsukigi Embos adalah leher knalpotnya yang dilas cacing berjumlah 8 atau lebih, memberikan kesan sporty pada motor yang menggunakannya. Bentuk leher knalpotnya juga menyerupai huruf “S” seperti bawaan pabrik. Pada bagian silincer, terdapat 3 baut berbentuk (+) yang berada di ujung silincer.

Baut (+) tersebut berfungsi untuk memudahkan penambahan atau penggantian glasswool, sehingga perawatan knalpot ini lebih mudah dibandingkan dengan knalpot racing pada umumnya. Harganya hampir sama dengan knalpot Tsukigi Non Embos, berkisar antara 350 Ribu hingga 500 Ribu Rupiah. Namun, harga knalpot Tsukigi dapat bervariasi di setiap penjual, jadi disarankan untuk mencari yang termurah.

Baca Juga :  Cara Membedakan Ban Tubeless dengan Ban Biasa : Panduan Lengkap

Penutup

Kesimpulan dari empatpilar.com, membedakan knalpot Tsukigi asli dan palsu tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kita hanya perlu memahami ciri-ciri utamanya. Pastikan untuk memeriksa logo dan merek yang jelas, kualitas material yang digunakan, dan tentu saja suara yang dihasilkan.

Meski demikian, pilihan terbaik selalu membeli produk dari penjual resmi atau toko yang terpercaya. Dengan demikian, kualitas dan keaslian knalpot Tsukigi yang kita beli bisa terjamin. Selalu berhati-hati dan teliti dalam berbelanja, karena investasi Anda pada kendaraan Anda tentunya layak mendapatkan barang dengan kualitas terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *