Daftar Satelit TV Gratis

Daftar Satelit TV Gratis (Frekuensi C Band dan Ku Band) Terbaru

Posted on

Empat Pilar – Daftar Satelit TV Gratis (Frekuensi C Band dan Ku Band) Terbaru. Pernahkah Anda bosan dengan tagihan bulanan TV kabel yang semakin meningkat setiap bulan? Atau mungkin ingin menikmati lebih banyak saluran TV tanpa harus membayar biaya tambahan? Jika iya, maka satelit TV gratis bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Di bawah ini adalah daftar satelit TV gratis yang dapat Anda gunakan untuk menonton siaran favorit Anda tanpa harus membayar biaya bulanan. Selain itu, artikel ini juga akan memberikan informasi terkait dengan cara menginstal dan menggunakan satelit TV gratis.

Mengenai Satelit TV Gratis

Satelit TV Gratis

Parabola atau TV satelit adalah solusi bagi wilayah-wilayah yang sulit menerima sinyal digital atau analog terestrial (UHF), terutama di daerah terpencil seperti pedesaan atau pegunungan.

TV satelit menjadi pilihan terbaik karena jangkauan sinyalnya yang merata di seluruh Indonesia. Keuntungan lain dari menggunakan TV satelit meliputi banyaknya jumlah dan variasi channel, kualitas gambar dan suara yang lebih baik, dan sebagainya.

Untuk mendapatkan siaran TV satelit bisa melalui dua cara, yakni melalui Pay TV atau TV berlangganan dan melalui siaran parabola gratis FTA (Free To Air).

Jadi anggapan bahwa menggunakan TV satelit atau parabola adalah berbayar adalah salah, karena ada banyak satelit bisa di lock secara gratis. Artinya pada satelit tersebut tersedia channel atau saluran televisi yang bisa didapatkan/dinikmati secara gratis. Lalu satelit apa sajakah itu?

Tipe Siaran Gratis

TV satelit gratis adalah opsi terbaik untuk geografi Indonesia. Sinyal satelit yang kuat dapat mencakup seluruh wilayah Indonesia. Antena parabola digunakan untuk mencari saluran lokal dan internasional, menggunakan frekuensi C-Band yang tahan cuaca dan mampu menangkap sinyal dari satelit tetangga.

Penggunaan Biss Key dan PowerVU dapat membuka siaran terenkripsi di kanal C-Band pada antena parabola berukuran besar. Namun, siaran terenkripsi di kanal Ku-Band lebih sulit diakses dan memerlukan decoder rekomendasi. Ada dua jenis siaran TV satelit gratis, yaitu Free To Air dan Free To View, dengan perbedaan sebagai berikut.

1. Free To Air

Free To Air (FTA) adalah siaran televisi yang tidak terenkripsi, sehingga dapat ditonton oleh siapa saja dengan perangkat apa pun tanpa perlu berlangganan seperti layanan TV berbayar.

Pendapatan untuk stasiun televisi berasal dari iklan produk yang ditayangkan selama siaran. Siaran FTA dapat ditemukan pada kanal UHF analog dan digital serta melalui satelit.

Meskipun sebagian provider enggan menyiarkan siaran FTA, masih banyak stasiun televisi yang menyediakan siaran jenis ini.

2. Free To View

Free To View (FTV) adalah tayangan televisi gratis yang terenkripsi, namun hanya dapat diakses menggunakan Decoder Rekomendasi dari provider.

Pengguna tidak perlu membayar biaya langganan, namun harus membeli STB terbaru yang direkomendasikan oleh penyedia layanan. Model bisnis pertelevisian seperti ini mulai populer sejak tahun 2019. Sistem FTV sedikit mempersulit masyarakat kecil untuk mengaksesnya.

Daftar Satelit TV Gratis

Daftar Satelit TV Gratis, dari banyak satelit yang dapat digunakan atau di-lock dalam proses pelacakan satelit, ada beberapa satelit yang menyiarkan saluran secara gratis. Saluran yang ditayangkan bervariasi dari saluran lokal hingga saluran asing yang dapat dinikmati tanpa biaya alias gratis. Berikut adalah daftar satelit yang menyiarkan siaran TV secara gratis.

Baca Juga :  Cara Upgrade Android TV Box : Fungsi dan Contoh Terbarunya

1. Satelit TV Gratis Merah Putih atau Telkom 4

Satelit Telkom 4 terletak pada orbit 108,0°E, dimana salurannya dapat dinikmati secara gratis melalui parabola jaring dengan jalur pita frekuensi C Band.

Satelit Telkom 4 memiliki banyak saluran TV yang disediakan, karena banyak saluran TV yang beralih ke satelit ini setelah masa orbit satelit Palapa D berakhir pada tahun 2019 lalu.

Untuk mendapatkan siaran gratis (FTA) tidak diperlukan receiver khusus, artinya receiver merk apapun bisa digunakan. Begitu pula dengan tipe format receivernya, dimana bisa dengan tipe MPEG 2 maupun MPEG 4.

2. Satelit TV Gratis Measat 3a

Satelit Measat 3a terletak pada orbit 91,4°E, untuk dapat menikmati siaran TV gratis, jalur pita yang digunakan adalah jalur Ku Band. Saluran gratis (FTA) dapat diterima secara maksimal dengan menggunakan dekoder K Vision, karena satelit ini dapat dikatakan sebagai siaran gratis yang dimiliki oleh K Vision. Berikut ini adalah daftar saluran gratis yang tersedia pada satelit ini jika menggunakan dekoder K Vision:

  1. Trans TV
  2. ANTV
  3. Trans 7
  4. Metro TV
  5. tvOne
  6. Kompas TV
  7. TVRI
  8. JTV
  9. RTV
  10. TV MU
  11. MNC Shop
  12. MNC Shop Smart
  13. Daai TV
  14. Quran TV
  15. Bali TV
  16. TV 9 Nusantara
  17. Reformed 21

3. Satelit TV Gratis Measat 3b

Satelit Measat 3b berada pada posisi orbit 91.5°E. Sama seperti Measat 3a, saluran TV gratis juga bisa didapat melalui jalur pita Ku Band dimana siaran gratis atau FTA nya diberikan oleh Nusantara HD namun jumlahnya tidak sebanyak Measat 3a.

4. Satelit TV Gratis Asiasat 9

Satelit Asiasat 9 berada pada posisi orbit 122,0°E, tempat frekuensi Ninmedia KuBand berada. Ninmedia dianggap sebagai gudang saluran TV gratis, karena banyak saluran TV gratis yang tersedia pada penyedia layanan Ninmedia. Berikut ini adalah daftar saluran gratis yang tersedia pada satelit ini:

  1. tvOne
  2. Net TV
  3. ANTV
  4. Trans TV
  5. Trans 7
  6. Metro TV
  7. RTV
  8. Persija TV
  9. TVRI Nasional
  10. Kompas TV
  11. Pal TV
  12. Al Bahjah TV
  13. TVRI Jambi
  14. Maleo
  15. Pop Musik
  16. FTV
  17. RRI Net
  18. 0 Shop
  19. Nabawi TV
  20. Quran TV
  21. JTV
  22. Arek TV
  23. Madu TV
  24. Nu Channel
  25. TV Tabalong
  26. Ainos
  27. TVRI Kaltim
  28. Space Toon Indonesia
  29. Lapak Musik TV
  30. Dangdut TV
  31. BETV
  32. Nusantara TV
  33. Radar Cirebon
  34. Al Jazeera English
  35. Sinema Indonesia X
  36. Arirang World
  37. NHK World Japan
  38. TVRI Riau
  39. TVRI Sumsel
  40. Gemilang TV
  41. Balikpapan TV
  42. Jak TV
  43. Tawaf TV
  44. Ujung Batu TV
  45. M Cine Channel
  46. Siak TV
  47. TV Mu
  48. Riau TV
  49. TVRI Sumbar
  50. TV 9 Nusantara
  51. RB TV
  52. Saling Sapa TV

5. Satelit SES 9

Satelit SES 9 berada pada posisi orbit 108.2°E, siaran gratis pada satelit ini diberikan oleh provider Matrix Garuda melalui jalur pita frekuensi Ku Band. Adapun daftar saluran TV gratis pada satelit ini yaitu sebagai berikut :

  1. Metro TV
  2. Trans TV
  3. Trans 7
  4. ANTV
  5. Net TV
  6. Kompas TV
  7. RTV
  8. TVRI Sport
  9. tvOne
  10. Indonesia Maju
  11. TV 8
  12. Matrix TV
  13. Matrix TV Mp 4
  14. Daai TV
  15. Berkarya TV
  16. MNC Shop
  17. Matrix Shop

Nah itu dia satelit – satelit sebagai tempat bernaungnya saluran TV gratis atau bersifat FTA yang bisa di lock untuk menonton siaran TV secara gratis.

Penutup

Secara keseluruhan, terdapat banyak pilihan saluran TV gratis yang bisa dinikmati melalui berbagai satelit, baik dengan jalur frekuensi C Band maupun Ku Band.

Beberapa di antaranya adalah Satelit Telkom 4, Measat 3a, dan Asiasat 9 yang memiliki daftar saluran TV gratis yang bervariasi dan dapat diakses dengan mudah. Dengan mengetahui daftar satelit TV gratis (frekuensi C Band dan Ku Band), kita dapat menikmati berbagai program TV secara gratis tanpa harus membayar biaya berlangganan.

Dengan demikian, pilihan ini dapat menjadi alternatif menarik bagi mereka yang ingin menikmati siaran TV berkualitas tanpa biaya berlangganan yang mahal. Semoga bermanfaat

Baca Juga :  Apa itu Revolusi Industri 4.0? Berikut adalah Pengertiannya
Kata Pencarian Terpopulerdaftar satelit yang ada spacetoon,Satelit tv spac t,TV satelit gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *