Kelebihan Dan Kekurangan Telkomsel Orbit

Kelebihan Dan Kekurangan Telkomsel Orbit : Spesifikasi & Harga

Posted on

Empat Pilar – Kelebihan Dan Kekurangan Telkomsel Orbit : Spesifikasi & Harga. Telkomsel Orbit adalah layanan internet dari Telkomsel yang menawarkan akses internet cepat dan stabil dengan berbagai paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Namun, seperti halnya produk atau layanan lainnya, Telkomsel Orbit memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Kalian ketahui sebelum Kalian memutuskan untuk berlangganan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas semua hal yang perlu Kalian ketahui tentang Kelebihan dan Kekurangan Telkomsel Orbit, sehingga Kalian dapat membuat keputusan yang tepat dan memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Kalian.

Mengenal Modem Telkomsel Orbit

Telkomsel Orbit

Orbit Telkomsel merupakan layanan internet dari Telkomsel yang dapat digunakan untuk keperluan rumahan.

Dalam bahasa sehari-hari, layanan ini sering disebut sebagai WiFi. Biasanya, Orbit Telkomsel tersedia dalam bentuk perangkat modem yang aman dan memiliki kecepatan akses internet yang cukup tinggi.

Keunggulan dari Orbit Telkomsel adalah pengguna dapat memanfaatkan layanan ini tanpa harus berlangganan. Pengguna hanya perlu melakukan pengisian kuota saat membutuhkannya saja.

Hal ini sangat menguntungkan bagi mereka yang jarang berada di rumah, sehingga pengisian kuota dapat dilakukan secara selektif dan efisien.

Selain itu, keunggulan lain dari produk ini adalah jangkauan sinyal dan akses jaringan yang kuat. Pengguna hanya perlu memiliki satu produk saja, dan dapat dengan mudah mendapatkan paket Orbit Telkomsel.

Dengan begitu, pengguna dapat merasakan manfaat dari layanan internet yang cepat dan stabil di mana saja tanpa khawatir kehilangan sinyal.

Kelebihan Telkomsel Orbit

Kelebihan Dan Kekurangan Telkomsel Orbit, telkomsel Orbit adalah layanan internet nirkabel yang ditujukan untuk kebutuhan rumahan dalam bentuk modem.

Layanan ini menjadi solusi yang tepat bagi calon konsumen yang belum tercover oleh jaringan IndiHome.

Meskipun layanan internet berlangganan biasanya menawarkan paket unlimited dengan batasan FUP (Fair Usage Policy), Telkomsel Orbit tidak kalah unggul dalam berbagai aspek yang perlu diketahui oleh calon pengguna.

Berikut adalah beberapa kelebihan dari layanan Telkomsel Orbit yang paling lengkap:

1. Praktis

Telkomsel Orbit merupakan layanan internet WiFi yang mirip dengan paket IndiHome, namun menggunakan koneksi broadband seluler tanpa melalui jaringan fiber optik.

Modem beroperasi secara nirkabel tanpa instalasi pengkabelan yang rumit, sehingga sangat praktis untuk memenuhi akses WiFi yang dapat dibawa ke mana saja.

2. Prabayar

Sebagian besar layanan WiFi biasanya mengadopsi sistem kontrak berlangganan dalam periode tertentu. Pelanggan akan menerima tagihan rutin setiap bulan sesuai dengan paket yang dipilih.
Namun, Telkomsel Orbit bersifat prabayar yang fleksibel tanpa terbebani oleh tagihan bulanan. Dengan sekali bayar, pelanggan dapat menikmati layanan selama 1 tahun penuh dengan jumlah kuota tertentu.

3. Multidevice

Modem Telkomsel Orbit mendukung koneksi multidevice dengan maksimal 64 perangkat. Hal ini sangat berguna bagi keluarga yang memiliki banyak perangkat yang terhubung ke internet.

Kecepatan koneksi tergantung dari pemilihan tipe modem mulai dari 15 Mbps sampai 50 Mbps. Namun, demi kenyamanan berinternet, disarankan untuk membatasi jumlah pengguna di bawah 10 perangkat.

4. Coverage Luas

Telkomsel Orbit memanfaatkan layanan 4G LTE dengan coverage jaringan yang luas. Hampir seluruh wilayah Indonesia sudah terjangkau oleh sinyal seluler dari provider tersebut.

Artinya, selama sinyal 4G Telkomsel tersedia di lokasi, pelanggan dapat merasakan paket Orbit. Layanan internet nirkabel ini sudah menjangkau sekitar 59 persen populasi masyarakat Indonesia.

Kekurangan Telkomsel Orbit

Layanan Orbit memang terbilang lebih praktis daripada berlangganan WiFi secara bulanan. Namun, kamu perlu memperhatikan aspek kekurangan produk supaya bisa menganalisa sendiri.

Kelebihan dan kekurangan Telkomsel Orbit tergolong wajar dan berlaku untuk seluruh jenis layanan. Yang penting adalah menyesuaikan dengan kebutuhan akses data dan kemampuan pribadi.

Berikut adalah beberapa kekurangan Telkomsel Orbit yang perlu diperhatikan:

1. Model Kuota

Modem Telkomsel Orbit termasuk jenis layanan internet prabayar yang menggunakan sistem kuota. Meskipun beroperasi secara nirkabel, modem ini perlu diisi ulang apabila paket data mulai habis.

Sementara itu, layanan WiFi berlangganan menawarkan pemakaian unlimited bahkan tanpa FUP (Fair Usage Policy).

Jadi, apabila kamu menginginkan pemakaian yang bebas tanpa batasan, Telkomsel Orbit mungkin kurang cocok untuk kamu.

Baca Juga :  Mengenal AC Ceiling Suspended Secara Lengkap

2. Lebih Baik Menggunakan Smartphone

Paket Orbit hanyalah sebuah modem nirkabel yang meneruskan sinyal broadband Telkomsel. Selain itu, kecepatan koneksi internet terbatas mulai dari 15 Mbps sampai 50 Mbps saja.

Fungsi modem sudah tersedia dalam setiap unit smartphone yang tinggal mengaktifkan hotspot. Bahkan, tidak ada batasan kecepatan tergantung dari sinyal 4G dari provider yang kamu gunakan.
Oleh karena itu, menggunakan smartphone sebagai modem mungkin lebih praktis daripada menggunakan Telkomsel Orbit.

Harga dan Spesifikasi Telkomsel Orbit

Setelah mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Telkomsel Orbit. Telkomsel Orbit memiliki enam produk yang menggunakan modem asal pabrikan yang berbeda-beda, sehingga mendasari harga yang bervariasi.

Selain itu, perbedaan modem yang digunakan juga mempengaruhi spesifikasi dan tingkat kecepatan yang dihasilkan.

Berikut ini adalah daftar produk Telkomsel Orbit yang bisa menjadi solusi untuk kebutuhan selalu online.

1. Telkomsel Orbit Star A1

Modem nirkabel yang menggunakan jaringan 4G Telkomsel ini dijual dengan harga Rp 479.000. Tingkat kecepatan produk ini mencapai 15 Mbps, dan selain teknologi WiFi 2.4 GHz, Telkomsel Orbit Star A1 termasuk modem multi-pengguna dengan kemampuan hingga 32 pengguna.

Advan A10 adalah produk komunikasi nirkabel berkinerja tinggi yang didasarkan pada persyaratan jaringan 4G.

Produk ini terutama digunakan untuk layanan transmisi data, pemantauan peralatan, perutean nirkabel, dan fungsi lainnya. A10 menggunakan prosesor berkinerja tinggi yang dapat memproses protokol dan data dalam jumlah besar dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, produk ini dapat digunakan dengan berbagai modul 4G CAT4, serta menyediakan akses Wi-Fi 802.11b/g/n.

ModemAdvan A10
Tingkat KecepatanUp to 15 Mbps
Multi Pengguna32 Pengguna
Paket DataTotal 150GB (25GB / 30 hari selama 6 bulan)
Teknologi WiFi2.4 Ghz WiFi
Teknologi Selular2×2 MIMO LTE
Ukuran Modem135 mm x 142 mm x 62 mm
HargaRp

2. Telkomsel Orbit Star Lite

Modem nirkabel Telkomsel Orbit Star Lite yang juga menggunakan jaringan 4G Telkomsel dijual dengan harga Rp 549.000. Modem model HKM0126 ini dibuat oleh pabrikan Huawei.

Tingkat kecepatan produk ini mencapai 15 Mbps, dan selain teknologi WiFi 2.4 GHz, Telkomsel Orbit Star Lite yang menggunakan HKM0126 termasuk modem multi-pengguna dengan kemampuan hingga 32 pengguna.

Telkomsel Orbit Star Lite tersedia dalam dua varian warna, yaitu Telkomsel Orbit Star Lite putih dan Telkomsel Orbit Star Lite hitam.

ModemModem Huawei HKM0126
Tingkat KecepatanUp to 15 Mbps
Multi Pengguna32 Pengguna
Paket DataTotal 150GB (25GB / 30 hari selama 6 bulan)
Teknologi WiFi2.4 Ghz WiFi
Teknologi Selular2×2 MIMO LTE
Ukuran Modem135mm x 112.5mm x 46mm
HargaRp

3. Telkomsel Orbit Star 3

Modem nirkabel berikutnya dengan tingkat kecepatan mencapai 15 Mbps adalah produk Telkomsel Orbit Star 3 yang dijual dengan harga Rp 599.000 dan juga menggunakan jaringan 4G Telkomsel. Modem model MF283U ini adalah Wireless Router ZTE 4G.

ZTE 4G Wireless Router MF283U adalah router nirkabel 4G yang menyediakan layanan data dengan kecepatan tinggi hingga LTE CAT4 untuk pengguna rumahan atau bisnis.

Dengan desain ramping, MF283U mendukung kecepatan downlink data hingga 150 Megabit per detik, dan 50Mbps untuk uplink, sehingga memberikan akses internet seluler berkecepatan tinggi hingga 32 pengguna secara bersamaan.

Dukungan untuk antena eksternal akan memungkinkan MF283U digunakan di area dengan sinyal seluler yang buruk.

ModemWireless Router ZTE 4G
Tingkat KecepatanUp to 15 Mbps
Multi Pengguna32 Pengguna
Paket DataTotal 150GB (25GB / 30 hari selama 6 bulan)
Teknologi WiFi2.4 Ghz WiFi
Teknologi Selular2×2 MIMO LTE
Ukuran Modem195 mm x 150 mm x 55 mm
HargaRp

4. Telkomsel Orbit Star 2

Modem nirkabel Telkomsel Orbit Star 2 ini merupakan produk dengan modem pabrikan HUAWEI dengan seri B312-926 LTE CPE.

Produk Telkomsel Orbit Star 2 ini dijual dengan harga Rp 629.000 dan juga menggunakan jaringan 4G Telkomsel dengan tingkat kecepatan mencapai 15 Mbps.

ModemModemHUAWEI B312-926
Tingkat KecepatanUp to 15 Mbps
Multi Pengguna32 Pengguna
Paket DataTotal 150GB (25GB / 30 hari selama 6 bulan)
Teknologi WiFi2.4 Ghz WiFi
Teknologi Selular2×2 MIMO LTE
Ukuran Modem101mm x 126mm x 36mm
HargaRp

5. Telkomsel Orbit Pro

Modem nirkabel Telkomsel Orbit Pro merupakan produk dengan modem pabrikan HUAWEI dengan seri HKM-281.

Produk Telkomsel Orbit Pro dijual dengan harga Rp 1.129.000 dan juga menggunakan jaringan 4G Telkomsel dengan tingkat kecepatan mencapai 21.6 Mbps.

Baca Juga :  Rekomendasi Merk Kulkas 1 Pintu Tanpa Bunga Es Terbaik dan Termurah

Telkomsel Orbit Pro mendukung multi-pengguna hingga 64 pengguna, selain itu modem ini telah dilengkapi dengan teknologi WiFi 2.4 GHz & 5 GHz.

ModemModemHUAWEI B312-926
Tingkat KecepatanUp to 21.6 Mbps
Multi Pengguna64 Pengguna
Paket DataTotal 150GB (25GB / 30 hari selama 6 bulan)
Teknologi WiFi2.4 GHz & 5 GHz
Teknologi Selular4×4 MIMO LTE
Ukuran Modem210mm x 165.5mm x 53mm
HargaRp

6. Telkomsel Orbit Pro 2

Modem nirkabel Telkomsel Orbit Pro 2 merupakan produk dengan modem pabrikan ZTE dengan seri MF286R.

Produk Telkomsel Orbit Pro 2 dijual dengan harga Rp 1.159.000 dan juga menggunakan jaringan 4G Telkomsel dengan tingkat kecepatan mencapai 20 Mbps.

Telkomsel Orbit Pro 2 mendukung multi-pengguna hingga 32 pengguna, selain itu modem ini telah dilengkapi dengan teknologi WiFi 2.4 GHz.

ModemZTE 4G Wireless Router MF286R
Tingkat KecepatanUp to 20 Mbps
Multi Pengguna32 Pengguna
Paket DataTotal 150GB (25GB / 30 hari selama 6 bulan)
Teknologi WiFi2.4 GHz
Teknologi Selular3×3 MIMO LTE
Ukuran Modem180 mm x 170 mm x 30 mm
HargaRp

Kesimpulan

Telkomsel Orbit adalah salah satu layanan internet rumah yang cukup populer di Indonesia. Seperti halnya produk dan layanan lainnya, Telkomsel Orbit memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum Kalian memutuskan untuk membeli layanan ini.

Secara keseluruhan, Telkomsel Orbit masih merupakan salah satu pilihan layanan internet rumah yang dapat dipertimbangkan, terutama jika Kalian membutuhkan kecepatan internet yang tinggi dan jangkauan yang stabil.

Namun, pastikan untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan Telkomsel Orbit secara seksama sebelum memutuskan untuk berlangganan.

Demikian ulasan dari empatpilar.com mengenai Kelebihan Dan Kekurangan Telkomsel Orbit. Semoga bisa bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *