Harga Pasang Penangkal Petir

Harga Pasang Penangkal Petir : Terbaru Saat Ini

Posted on

Empat Pilar – Harga Pasang Penangkal Petir : Terbaru Saat Ini. Di kepulauan Indonesia yang indah, di mana pemandangan menakjubkan bertemu dengan budaya yang kaya, ada aspek kehidupan sehari-hari yang kurang dikenal tetapi sangat penting – perlindungan petir. Harga Pasang Penangkal Petir, biaya pemasangan penangkal petir, adalah topik yang perlu kita perhatikan, karena ini berkaitan langsung dengan keselamatan rumah, bisnis, dan individu.

Pengertian dan Fungsi Penangkal Petir

Penangkal petir, yang juga dikenal sebagai sistem penangkis petir, adalah perangkat yang sangat penting dalam melindungi bangunan dan fasilitas dari bahaya petir. Perangkat ini terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu splitzen atau batang penangkal, kawat konduktor, dan grounding atau tempat pembumian. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang pengertian dan fungsi penangkal petir.

Penangkal petir adalah perangkat yang dirancang untuk menarik sambaran petir dan mengalirkannya ke tanah dengan aman. Perangkat ini biasanya terbuat dari logam yang runcing, seperti tembaga atau aluminium, dan ditempatkan di atas bangunan atau fasilitas tertentu, seperti gedung pencakar langit, menara, dan rumah, untuk menghindari kerusakan yang mungkin disebabkan oleh petir.

Sedangkan Fungsi dari penangkal petir bisa kalian lihat di bawah ini :

  1. Mengalihkan Sambaran Petir:
    Fungsi utama penangkal petir adalah menjadi jalur untuk mengalihkan arus listrik yang dihasilkan oleh sambaran petir ke tanah. Ketika petir menyambar, perangkat ini menarik sambaran petir dan memberikan jalur yang lebih aman untuk arus listrik tersebut menuju tanah, menghindari kerusakan pada bangunan dan fasilitas.
  2. Perlindungan Terhadap Konslet Aliran Listrik:
    Selain mengalihkan arus petir, penangkal petir juga dapat melindungi aliran listrik di dalam bangunan dari konslet akibat sambaran petir. Ini mencegah kerusakan pada peralatan elektronik dan sistem listrik dalam gedung.
  3. Pengurangan Efek Sambaran Petir:
    Penangkal petir juga dapat meredam efek sambaran petir yang bisa sangat membahayakan. Dengan mengalihkan arus petir ke tanah, penangkal petir membantu mencegah api, kerusakan struktural, dan bahaya kebakaran yang mungkin timbul akibat petir.
  4. Melindungi Kehidupan Manusia:
    Penggunaan penangkal petir juga memiliki dampak positif dalam melindungi kehidupan manusia. Dengan menghindari terjadinya kerusakan pada bangunan dan fasilitas, risiko cedera manusia yang disebabkan oleh petir dapat diminimalkan.

Konsep Penangkal Petir

Penangkal petir merupakan perangkat penting dalam melindungi bangunan dari bahaya sambaran petir. Perangkat ini terdiri dari tiga komponen utama, yaitu tombak splitzen (head radius) atau batang penangkal petir, kabel atau kawat konduktor, dan grounding (ground rod atau kabel BC) untuk tempat pembumian. Konsep penangkal petir ini sangat relevan dalam menjaga keamanan bangunan, terutama gedung pencakar langit.

  • Tombak Splitzen (Batang Penangkal Petir)
    Tombak splitzen merupakan bagian terpenting dari penangkal petir. Tombak ini biasanya terbuat dari bahan logam yang runcing dan terletak di puncak bangunan. Fungsi utamanya adalah menarik sambaran petir menuju ke arah tombak tersebut dan menjauhkannya dari bangunan. Dengan merancang tombak yang baik, energi petir dapat dengan aman dialirkan ke bawah tanah melalui konduktor.
  • Kabel/Kawat Konduktor
    Kabel konduktor menghubungkan tombak penangkal petir dengan sistem grounding. Fungsi kabel ini adalah untuk mengalirkan arus petir dari tombak ke grounding dengan minimal hambatan. Bahan konduktor yang baik digunakan agar arus dapat dengan efektif dialirkan ke tanah.
  • Grounding (Tempat Pembumian)
    Grounding adalah tempat di mana arus petir dialirkan ke tanah. Ini penting karena arus petir sangat kuat dan harus dialirkan dengan aman untuk mencegah kerusakan. Grounding dilakukan dengan menggunakan ground rod atau kabel grounding yang ditanam dalam tanah. Ini memungkinkan energi petir disipasi ke tanah tanpa merusak bangunan.
Baca Juga :  Cara Kerja Penangkal Petir : Pengertian dan Fungsinya Lengkap

Penangkal petir sangat penting, terutama pada gedung pencakar langit yang rentan terhadap sambaran petir. PT. Megah Alam Semesta merupakan salah satu penyedia penangkal petir dan jasa pemasangan di berbagai lokasi, termasuk Bekasi dan Jakarta. Mereka menawarkan berbagai jenis penangkal petir elektrostatis dengan berbagai estimasi biaya pemasangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Harga Pasang Penangkal Petir

Terdapat banyak jenis penstabil petir dengan beragam harga dan tentunya memiliki kelebihan tersendiri. Kalian dapat memasang alat ini secara mandiri maupun menggunakan jasa yang nantinya akan dikenakan biaya pasang penangkal petir. Berikut adalah Harga Pasang Penangkal Petir yang secara umum tersedia saat ini :

1. Pemasangan Penangkal Petir 2 AIP BC 25

  • Paket 2 AIP BC 25: Rp 2.000.000
  • Termasuk 1 Buah Split (Tombak) Atas “Kerucut”, 1 Buah Split (Tombak) Bawah, 15 Meter Kabel BC25, Grounding system (Pembuamian) hingga maksimal 8 Meter, dan 3 Buah Pipa PVC 1/2″.
  • Instalasi gratis
  • Garansi Jasa dan Instalasi

2. Pemasangan Penangkal Petir 3 AIP BC 25

  • Paket 3 AIP BC 25: Rp 2.500.000
  • Termasuk 2 Buah Split (Tombak) Atas “Kerucut”, 1 Buah Split (Tombak) Bawah, 15 Meter Kabel BC25, Grounding system (Pembuamian) hingga maksimal 8 Meter, dan 3 Buah Pipa PVC 1/2″.

3. Pemasangan Penangkal Petir 4 AIP BC 25

  • Paket 4 AIP BC 25: Rp 3.000.000
  • Termasuk 3 Buah Split (Tombak) Atas “Kerucut”, 1 Buah Split (Tombak) Bawah, 15 Meter Kabel BC25, Grounding system (Pembuamian) hingga maksimal 8 Meter, dan 3 Buah Pipa PVC 1/2″.
  • Instalasi gratis
  • Garansi Jasa dan Instalasi

4. Pemasangan Penangkal Petir Elektrostatis R-85 Meter

  • Paket Elektrostatis R-85 Meter: Rp 8.500.000
  • Termasuk Head Terminal Radius 85 “Kurn R-85, 15 meter kabel BC 50, 1 meter As Grounding 1/2″ inci, system (pembumian) hingga maksimal 12 Meter, 3 Batang Pipa PVC 1/2” inci, Tiang penyangga Galvanis 2 meter.
  • Instalasi gratis
  • Garansi

5. Pemasangan Penangkal Petir Elektrostatis R-150 Meter

  • Paket Elektrostatis R-150 Meter: Rp 9.300.000
  • Termasuk Head Terminal Radius 150 “Kurn R-150, 15 meter kabel BC 50, 1 meter As Grounding 1/2″ inci, system (pembumian) hingga maksimal 12 Meter, 3 Batang Pipa PVC 1/2” inci, Tiang penyangga Galvanis 2 meter.
  • Instalasi gratis
  • Garansi

6. Pemasangan Penangkal Petir Viking V 3 110 Meter

  • Paket Viking V 3 110 Meter: Rp 16.500.000
  • Termasuk Head Terminal Radius 110 meter, 15 meter kabel BC 50, 1 meter As Grounding 1/2″ inci, system (pembumian) hingga maksimal 12 Meter, 3 Batang Pipa PVC 1/2″ inci, Tiang penyangga Galvanis 2 meter.
  • Instalasi gratis
  • Garansi

Penutup

Penangkal petir adalah investasi yang tidak hanya melindungi properti kalian, tetapi juga nyawa dan keselamatan keluarga kalian. Dengan harga pasang penangkal petir yang kompetitif, kalian dapat memastikan perlindungan terbaik untuk properti kalian. Ingatlah bahwa keselamatan tidak dapat diukur dengan angka, dan dengan melindungi diri kalian dan aset kalian dari bahaya petir, kalian membuat pilihan yang bijak.

Jangan ragu untuk menghubungi profesional yang berpengalaman dalam instalasi penangkal petir untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang harga dan manfaatnya. Dengan begitu, kalian dapat tidur nyenyak, mengetahui bahwa kalian telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi apa yang kalian cintai.

Itu saja uraian secara lengkap yang bisa empatpilar.com bahas mengenai Harga Pasang Penangkal Petir. Semoga bermanfaat

Baca Juga :  Pengertian Curing Beton : Fungsi dan Metodenya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *