Kelebihan dan Kekurangan Lantai Granit

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Granit : Ketahui Selengkapnya

Posted on

Empat Pilar – Kelebihan dan Kekurangan Lantai Granit : Ketahui Selengkapnya. Granit adalah pilihan lantai yang populer dan elegan. Dengan penampilan yang mewah dan daya tahan yang luar biasa, banyak orang tertarik pada lantai granit. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya, Anda perlu memahami Kelebihan dan Kekurangan Lantai Granit agar Anda dapat membuat keputusan yang terinformasi.

Lantai granit adalah pilihan yang menawan untuk rumah Anda. Bahan ini terbuat dari batuan beku yang kuat dan tahan lama yang diekstraksi dari dalam bumi. Dengan berbagai warna, tekstur, dan pola yang tersedia, granit adalah pilihan yang sangat fleksibel dan cocok untuk berbagai gaya dekorasi.

Lantai Granit Adalah?

Lantai granit adalah jenis lantai yang terbuat dari batuan granit, sebuah jenis batuan beku yang sering digunakan dalam konstruksi bangunan. Batuan granit terbentuk melalui proses pembekuan magma yang berlangsung secara perlahan di dalam bumi.

Secara fisik, granit aslinya memiliki warna abu-abu, putih, atau kombinasi kedua warna tersebut. Namun, beberapa jenis granit juga dapat memiliki warna jingga atau merah muda, tergantung pada proses kimia dan komposisi mineral yang ada di dalamnya.

Lantai granit tidak hanya memikat mata dengan penampilannya yang indah, tetapi juga memiliki kilau alami yang menambah pesonanya. Keindahannya tidak hanya berdampak visual, tetapi juga menunjukkan daya tahan yang luar biasa.

Granit adalah bahan yang tahan terhadap perubahan cuaca, baik panas maupun dingin, sehingga cocok digunakan di berbagai iklim. Selain itu, granit juga memiliki sifat tahan terhadap zat asam, membuatnya menjadi pilihan yang kuat dan tahan lama untuk lantai.

Proses pengolahan granit menjadi lantai melibatkan pemotongan batuan granit yang biasanya ditemukan dalam bentuk batu-batu besar. Batuan ini kemudian dipotong dan diolah sesuai dengan ukuran yang diinginkan dengan menggunakan alat potong khusus.

Hasilnya adalah lantai granit yang memiliki kekuatan, keindahan, dan daya tahan, membuatnya menjadi pilihan populer untuk menghiasi lantai dalam berbagai jenis bangunan, dari rumah tinggal hingga proyek komersial.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Granit

Nah berikut adalah ulasan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Lantai Granit yang bisa kalian ketahui sebelum memutuskan untuk menngunakannya :

A. Kelebihan Lantai Granit

Banyak alasan mengapa orang memilih jenis lantai ini, mulai dari keandalannya hingga penampilannya. Berikut adalah beberapa keunggulan yang dapat dipertimbangkan saat memilih material ini.

1. Sangat Tahan Lama

Material granit memiliki ketahanan yang luar biasa, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk lantai rumah, perumahan, hotel, dan sebagainya. Ketahanan ini menjadi alasan utama mengapa banyak orang memilih granit untuk lantai di tempat tinggal mereka.

Selain itu, granit juga tahan terhadap goresan dari benda tajam seperti kaki meja, pisau, atau perabot lainnya. Bahkan, material ini dikenal sebagai salah satu yang paling tahan lama jika dibandingkan dengan material lantai lainnya.

2. Mengkilap Lebih Baik

Lantai granit memiliki kilauan yang sangat menawan, sehingga menambah keindahan ruangan. Ini sangat cocok untuk menciptakan tampilan rumah yang modern dan elegan. Kilauan yang khas dari granit memberikan kesan mewah saat diaplikasikan dalam rumah. Tidak mengherankan bahwa harga material ini cukup tinggi, sejajar dengan ketahanan dan kualitasnya yang unggul.

3. Ideal untuk Area Basah

Selain memiliki ketahanan yang tinggi, jenis lantai ini sangat sesuai untuk digunakan di area kering seperti kamar tidur, ruang tamu, dan dapur. Namun, sebenarnya, material ini menjadi pilihan terbaik untuk area yang rentan terkena air, seperti kamar mandi, teras, hingga garasi.

Baca Juga :  Apa itu Sumur Artesis? Pengertian dan Kelebihannya

Dengan lantai granit, Anda tidak perlu khawatir tentang kelembapan yang dapat merusak lantai. Material granit menciptakan permukaan yang praktis dan tahan terhadap cairan. Meskipun lantainya mampu mengatasi air, tetap perlu dijaga kebersihannya saat basah.

4. Tekstur yang Lebih Tangguh

Anda mungkin sering merasa frustrasi ketika lantai mudah tergores dan harus menutupinya dengan karpet. Hal ini kemungkinan tidak akan terjadi jika Anda menggunakan material granit. Ini disebabkan oleh teksturnya yang sangat tangguh.

Material granit memiliki tingkat daya tahan dan durabilitas yang tinggi, sehingga lantai tidak mudah tergores atau bahkan retak. Anda tidak perlu khawatir tentang kerusakan lantai saat harus memindahkan perabot dan furnitur di atasnya.

5. Membantu Mengurangi Gejala Alergi

Bagi mereka yang memiliki anggota keluarga yang menderita asma atau alergi, lantai granit merupakan pilihan yang sangat bijaksana. Hal ini karena material ini dapat membantu mengurangi gejala alergi. Dengan menjaga kebersihannya secara teratur, jumlah alergen dalam rumah dapat berkurang.

Tidak hanya itu, menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, kualitas udara dalam ruangan yang buruk dapat menjadi masalah kesehatan yang serius. Tinggal dalam lingkungan dengan kualitas udara yang buruk dapat meningkatkan risiko penyakit seperti kanker, masalah jantung, dan gangguan pernapasan dalam jangka panjang.

6. Ragam Motif yang Elegan dan Beragam

Lantai granit memiliki beragam motif yang menawan dan terlihat mewah jika dibandingkan dengan keramik. Meskipun motif granit mungkin tidak sebanyak keramik biasa, namun hal ini menjadi daya tarik tersendiri dibandingkan dengan material lainnya.

Anda dapat memilih motif sesuai dengan selera dan keinginan Anda. Misalnya, Anda dapat memilih corak yang menyerupai marmer atau batu alam untuk menciptakan suasana yang lebih elegan. Cukup sesuaikan warnanya dengan tema ruangan Anda agar rumah tetap memiliki tampilan estetis dan memikat.

B. Kekurangan Lantai Granit

Tidak hanya memiliki keunggulan, material granit ini juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilihnya. Perhatikan kekurangannya agar Anda tidak terburu-buru dalam menentukan lantai ini:

1. Sulit dalam Pemasangan

Salah satu kekurangan granit adalah bobotnya yang cenderung lebih berat dibandingkan jenis lantai dari material batuan lainnya. Hal ini membuat para tukang seringkali merasa kesulitan dan sering memerlukan bantuan dari tenaga profesional saat melakukan pemasangan. Granit juga memerlukan proses pemasangan yang rumit dan memakan waktu, serta biaya yang relatif tinggi. Jika Anda memilih untuk memasang sendiri, granit mungkin bukan pilihan yang baik sebagai material lantai di rumah.

2. Licin dan Dingin

Lantai granit dapat menjadi sangat licin saat basah, sehingga kurang cocok untuk orang tua dan anak-anak yang rentan terpeleset. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera mengeringkannya dan membersihkannya dengan cermat saat dalam kondisi basah agar tidak menimbulkan risiko bagi siapa pun.

Meskipun cocok digunakan di rumah dengan iklim tropis karena memberikan efek mendinginkan, lantai granit dapat terasa sangat dingin. Namun, ini sebenarnya menjadi preferensi pribadi yang bergantung pada tingkat kenyamanan individu saat berada di dalam rumah.

3. Warna yang Tidak Konsisten

Granit memiliki penampilan yang memukau dan terbentuk secara alami. Warna alami ini adalah karakteristik yang melekat pada permukaan granit. Namun, warna-warna ini tidak bisa dihasilkan secara seragam atau identik karena granit terbentuk secara alami.

Hal ini berarti Anda tidak dapat memastikan bahwa setiap potongan lembar granit akan memiliki corak yang seragam. Bahkan, mungkin saja setiap lembarannya memiliki warna yang hampir sama atau bahkan identik.

4. Harga yang Relatif Tinggi

Banyak orang mengakui bahwa harga granit memang tergolong tinggi. Namun, tentu saja, ini sebanding dengan kualitas yang diberikan oleh material ini. Namun, jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membangun rumah dengan anggaran terbatas, perlu dipikirkan kembali. Selain itu, granit juga memiliki berat yang cukup besar, sehingga memerlukan upaya tambahan saat memindahkannya. Hal ini juga dapat berdampak pada penambahan biaya selama proses pemasangan.

Baca Juga :  Cara Mengkilapkan Lantai Granit : Panduan Mudah

Penutup

Dalam dunia desain interior dan eksterior, pemilihan lantai menjadi langkah krusial. Salah satu pilihan yang banyak dipertimbangkan adalah lantai granit. Lantai granit memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda membuat keputusan akhir.

Mungkin itu saja uraian yang bisa empatpilar.com bahas mengenai Kelebihan dan Kekurangan Lantai Granit. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *