Harga Borongan Pasang Granit Per Meter

UPDATE : Harga Borongan Pasang Granit Per Meter Terbaru

Posted on

Empat Pilar – UPDATE : Harga Borongan Pasang Granit Per Meter Terbaru. Selamat datang dalam panduan komprehensif mengenai Harga Borongan Pasang Granit Per Meter, di mana kita akan memahami lebih dalam dunia pemasangan granit. Granit adalah jenis batu alam yang sangat cantik dan telah menjadi pilihan populer untuk countertop dan lantai.

Apakah kalian seorang pemilik rumah yang sedang merenovasi atau seorang pemilik bisnis yang ingin meningkatkan ruang kalian, memahami biaya, manfaat, dan proses pemasangannya adalah hal yang sangat penting. Kami di sini untuk memberikan cahaya pada topik ini, menjawab pertanyaan kalian, dan memberikan wawasan yang berharga.

Granit Adalah?

Granit adalah jenis batuan igneus yang sering ditemukan, bersifat intrusif dan felsik. Sebagian besar granit memiliki tekstur yang keras dan kuat, serta tahan lama, sehingga sering digunakan sebagai bahan konstruksi. Granit memiliki rata-rata kepadatan sekitar 2,75 gr/cm³, dengan variasi antara 1,74 hingga 2,80. Nama “granit” berasal dari bahasa Latin granum. Selain itu, granit memiliki beragam variasi warna, beberapa di antaranya memiliki pola yang menarik dan keindahan alami.

Dalam industri dan rekayasa, granit sering digunakan sebagai bahan referensi dalam berbagai pengukuran dan peralatan pengukuran. Hal ini disebabkan oleh sifat-sifatnya yang tahan air, kaku, tidak menyerap kelembaban, dan memiliki koefisien ekspansi termal yang sangat rendah. Salah satu contohnya adalah penggunaan granit sebagai meja atau permukaan referensi pada Mesin Pengukur Koordinat (Coordinate Measuring Machine, CMM) untuk memastikan keakuratan konstruksi CMM yang sangat kaku.

Manfat Granit

Granit adalah bahan yang sangat serbaguna dalam berbagai aplikasi. Batu granit, atau yang sering disebut “manfat granit,” memiliki sejumlah kegunaan yang bervariasi. Berikut adalah beberapa penggunaan umum dari batu granit:

  1. Bahan Konstruksi Bangunan
    Granit digunakan dalam konstruksi gedung dan jembatan karena ketahanannya yang tinggi. Batu granit tahan terhadap cuaca, goresan, dan beban berat, menjadikannya pilihan yang ideal untuk lantai dan dinding bangunan.
  2. Paving
    Batu granit sering digunakan untuk paving jalan, trotoar, dan area pejalan kaki lainnya. Kekerasannya membuatnya mampu mengatasi tekanan dan lalu lintas berat.
  3. Monumen
    Granit dikenal sebagai bahan yang awet dan tahan lama, sehingga sering digunakan untuk membuat monumen dan tugu peringatan. Batu granit memberikan tampilan yang indah dan estetis.
  4. Perhiasan dan Permata
    Beberapa jenis granit yang mengandung mineral berkilau seperti mika digunakan untuk membuat perhiasan. Permata granit yang dipotong rapi memiliki kilau alami yang menawan.
  5. Lantai Ubin
    Granit adalah pilihan populer untuk lantai ubin dalam ruangan. Lantai granit memberikan tampilan yang elegan dan tahan lama.
  6. Meja
    Meja granit sering digunakan dalam desain interior dan dapur. Keindahan dan daya tahan granit membuatnya menjadi bahan yang sempurna untuk meja.
  7. Aplikasi Lainnya
    Selain penggunaan utama di atas, granit juga digunakan dalam berbagai aplikasi lain, seperti tangga, ubin dinding, lantai dapur, dan bahkan batu nisan.

Harga Borongan Pasang Granit Per Meter

Harga borongan pasang granit per meter merupakan biaya yang diperlukan untuk proses pemasangan granit di dalam rumah atau bangunan. Biaya ini dihitung berdasarkan satuan per meter persegi (m2), mirip dengan perhitungan harga borongan pemasangan keramik. Biasanya, para tukang akan menentukan harga borongan pasang granit mulai dari Rp 70.000 hingga Rp 115.000 per meter persegi, terlepas dari ukuran granit yang digunakan, apakah itu ukuran 60 x 60 atau 80 x 80.

Harga borongan pemasangan granit per meter dapat bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran granit yang digunakan. Di bawah ini, terdapat tabel perkiraan harga borongan pemasangan granit per meter untuk berbagai ukuran granit, mulai dari tahap awal hingga tahap finishing:

Baca Juga :  Harga Granit 60x60 Per Dus : Terbaru

KeteranganHarga / Meter
Upah pekerja boronganRp60,000
Biaya pemotongan plinRp15,000
Biaya pembersihanRp10,000
JUMLAH TOTALRp85,000

Harap dicatat bahwa harga tersebut dapat bervariasi tergantung pada lokasi geografis Anda, dan harga yang disebutkan di atas belum termasuk biaya pembelian material granit. Biasanya, pemilik rumah yang memasang granit akan menyediakan materialnya sendiri. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilih material granit berkualitas, meskipun harganya mungkin sedikit lebih tinggi.

Selain itu, perlu diingat bahwa harga borongan biasanya lebih terjangkau daripada menggunakan pekerja bangunan sistem harian di suatu daerah. Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan sistem borongan, ada baiknya untuk mempertimbangkan kelebihan dan kelemahan yang mungkin terkait dengan jenis kontrak ini.

Prosedur Pasang Lantai Granit

Sebelum kalian memulai proses pemasangan lantai granit, penting untuk memahami tata cara pemasangannya. Sebenarnya, proses pasang granit sebagai pelapis lantai tidak terlalu berbeda dengan cara memasang keramik. Oleh karena itu, hampir semua tukang dapat memasang lantai granit jika mereka memahami langkah-langkah umum pemasangan keramik.

Berikut adalah prosedur lengkap untuk memasang lantai granit:

1. Persiapan Pemasangan

Langkah pertama adalah memastikan bahwa lantai dasar dalam keadaan kering dan memiliki permukaan yang agak kasar. Biasanya, pekerja menggunakan alat seperti balok tipis atau sapu lidi untuk membuat permukaan menjadi kasar. Ini diperlukan agar granit dapat menempel dengan kuat pada lantai dasar.

2. Teknik Pemasangan

Teknik pemasangan granit yang benar dimulai dengan membentuk barisan granit secara memanjang. Sebaiknya, arah pemasangan granit dimulai dari sisi bagian dalam dan menuju ke bagian luar ruangan. Dengan demikian, hasil akhirnya akan terlihat lebih rapi dan estetis.

3. Tahap Pemasangan

Pada tahap ini, biasanya tukang akan menggunakan campuran adonan semen dan pasir untuk merekatkan granit ke permukaan dasar. Pastikan bahwa campuran adonan perekat ini memiliki konsistensi yang tepat, tidak terlalu lembek, agar tidak terjadi penyusutan yang berlebihan.

Sebelum meletakkan granit, oleskan lapisan adonan perekat pada bagian bawah granit dengan merata. Setelah itu, letakkan granit secara perlahan di atas permukaan lantai dasar. Teknik pemasangan ini juga berlaku untuk granit berikutnya yang akan dipasang.

4. Penyusunan Motif

Saat memasang granit, pastikan kalian menyesuaikan motif dan pola dengan baik. Perhatikan dengan cermat agar potongan granit saling cocok dan membentuk pola yang indah. Ini sangat penting untuk mencapai hasil akhir yang estetis dan profesional.

5. Finishing

Setelah semua granit terpasang dengan baik, pastikan untuk membersihkan permukaan granit dari adonan perekat yang mungkin menempel di permukaannya. Kalian dapat menggunakan kain lembut dan air bersih untuk membersihkannya. Setelah itu, biarkan granit mengering selama beberapa hari sebelum digunakan.

Penutup

Dalam menjalani proyek perbaikan atau pembangunan rumah, pemilihan material seperti granit dapat menjadi langkah penting. Granit adalah pilihan yang populer untuk lantai dan dinding karena keindahannya yang tahan lama. Namun, sebelum kalian memutuskan untuk menggunakan granit, penting untuk mempertimbangkan harga borongan pasang granit per meter.

Dengan perencanaan yang baik dan pemahaman tentang harga borongan pasang granit per meter, kalian dapat menjalani proyek penggunaan granit dengan lebih lancar. Semoga artikel ini telah memberikan wawasan yang berguna dalam perjalanan kalian menuju perbaikan atau pembangunan rumah yang indah.

Itu saja uraian secara lengkap yang bisa empatpilar.com bahas mengenai Harga Borongan Pasang Granit Per Meter. Semoga bermanfaat

Baca Juga :  Cara Mengkilapkan Lantai Granit : Panduan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *