Kelebihan dan Kekurangan Lantai Marmer

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Marmer : Serta Jenisnya

Posted on

Empat Pilar – Kelebihan dan Kekurangan Lantai Marmer : Serta Jenisnya. Lantai marmer adalah pilihan mewah dan abadi untuk rumah atau ruang komersial kalian. Penampilannya yang elegan dan daya tahan menjadikannya pilihan populer. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi Kelebihan dan Kekurangan Lantai Marmer, memberikan wawasan berharga untuk membantu kalian membuat keputusan yang terinformasi.

Apa Itu Lantai Marmer?

Lantai marmer adalah jenis lantai yang terbuat dari marmer, sebuah batu alam yang dihasilkan melalui proses metamorfosis dari batu kapur. Marmer memiliki ciri khas berupa corak dan pola alami yang membuatnya memiliki nilai jual yang tinggi dibandingkan dengan bahan lantai lain yang dibuat secara buatan.

Marmer adalah pilihan populer untuk berbagai jenis bangunan, termasuk rumah tinggal, hotel, dan perkantoran, karena mampu menciptakan kesan kemewahan. Keindahan marmer berasal dari proses alami metamorfosis batu kapur. Batuan marmer biasanya pertama-tama ditambang dalam bentuk potongan besar, lalu diolah menjadi lempengan-lempengan yang siap dipasang. Selanjutnya, marmer dihaluskan dan dipoles untuk memberikan kilauan yang indah.

Peminat lantai marmer selalu tinggi karena keindahan dan daya tahan material ini. Namun, sebelum kalian memutuskan untuk menggunakan lantai marmer di hunian kalian, penting untuk memahami kelebihan dan kekurangannya.

Karakteristik Lantai Marmer

Lantai marmer memiliki karakteristik unik yang membuatnya sangat diminati dalam dunia desain interior. Berikut adalah beberapa karakteristik lantai marmer yang membedakannya dari jenis lantai lain:

  1. Struktur Kristal dan Kilauan Alami
    Marmer memiliki struktur kristal yang indah, dan ini memberikan tampilan berkilauan alami pada lantai. Kekilauan ini menciptakan sentuhan kemewahan dalam ruangan dan seringkali menjadi sorotan utama dalam desain interior.
  2. Poros Ringan
    Marmer memiliki poros yang ringan, sehingga lantainya tampak lebih transparan dan bersih dibandingkan dengan jenis batuan alam lainnya. Ini juga memungkinkan cahaya alami untuk meresap ke dalam ruangan, menciptakan kesan ruangan yang lebih cerah dan terbuka.
  3. Tahan Terhadap Air
    Lantai marmer memiliki sifat tahan terhadap air, yang membuatnya cocok untuk digunakan di area dengan kelembapan tinggi, seperti kamar mandi. Namun, tetap penting untuk menghindari tumpahan air yang dibiarkan terlalu lama karena dapat menyebabkan kerusakan pada lantai.
  4. Rentan Terhadap Zat Asam
    Salah satu kelemahan lantai marmer adalah kerentanannya terhadap zat asam. Tumpahan cairan asam, seperti jus lemon atau cuka, dapat merusak permukaan marmer dengan cepat. Oleh karena itu, perawatan yang hati-hati dan pembersihan segera setelah tumpahan sangat penting.
  5. Variasi Warna dan Tekstur
    Marmer hadir dalam berbagai pilihan warna dan tekstur. Anda dapat memilih dari beragam warna mulai dari putih murni, abu-abu, hingga merah muda dan cokelat. Tekstur alami marmer menciptakan corak yang unik pada setiap lantai, memberikan ruangan sentuhan estetika yang berbeda.
  6. Kekerasan yang Tinggi
    Marmer memiliki tingkat kekerasan yang baik, yang membuatnya tahan terhadap goresan dan aus sehari-hari. Namun, seperti semua lantai, perawatan yang baik tetap diperlukan agar tampilan marmer tetap cantik dan awet.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Marmer

Peminat lantai marmer hampir tidak pernah sepi. Namun jika kalian kini tengah berencana untuk menggunakan marmer pada hunian, ada baiknya jika kalian mengetahui kelebihan dan kekurangan jenis lantai yang satu ini. Di bawah ini kami merangkum Kelebihan dan Kekurangan Lantai Marmer :

A. Kelebihan Lantai Marmer

Nah pembahasan berikut adalah Kelebihan Lantai Marmer yang bisa kalian ketahui dengan baik :

1. Kuat dan Tahan Lama

Marmer adalah batuan alami yang memiliki daya tahan tinggi. Kekuatan alaminya membuatnya cocok untuk digunakan dalam berbagai kondisi iklim, termasuk di eksterior ruangan. Marmer juga tahan terhadap goresan, sehingga lantai ini akan tetap terlihat bagus dalam jangka waktu yang lama.

2. Perawatan Mudah

Merawat lantai marmer relatif mudah. Marmer membutuhkan waktu lama sebelum mengalami penurunan kilau. Untuk perawatan sehari-hari, Anda hanya perlu membersihkannya seperti lantai biasa dengan menyapu dan mengepel. Hindari penggunaan bahan kimia abrasif karena dapat merusak keindahan dan kilau marmer. Jika marmer terlihat kusam, Anda bisa memulihkannya melalui proses poles, namun sebaiknya dilakukan oleh teknisi berpengalaman agar hasilnya terlihat rapi dan mengkilap.

Baca Juga :  Perbedaan MU 400 dan MU 420 : Pahami Secara Lengkap

3. Banyak Variasi

Marmer memiliki berbagai variasi. Setiap lantai marmer memiliki motif yang unik, seringkali berbentuk guratan atau urat yang terbentuk oleh kandungan mineral-mineral tertentu. Keanekaragaman inilah yang membuat setiap lantai marmer menjadi unik dan memberikan sentuhan estetika yang beragam.

4. Cocok untuk Semua Ruangan

Lantai marmer sangat serbaguna dan dapat digunakan di berbagai ruangan, mulai dari teras, ruang tamu, dapur, hingga kamar mandi. Anda dapat memilih variasi marmer yang sesuai dengan karakteristik masing-masing ruangan. Sebagai contoh, untuk kamar mandi, Anda mungkin lebih memilih marmer dengan motif yang lebih sederhana.

5. Tahan Panas

Marmer memiliki sifat anti panas yang membuatnya ideal untuk iklim tropis seperti di Indonesia. Selain daya tahan panasnya, marmer juga dapat memberikan efek sejuk pada ruangan, menciptakan lingkungan yang nyaman dan menyegarkan.

B. Kekurangan Lantai Marmer

Selain memiliki kelebihan, lantai marmer juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan:

1. Licin

Permukaan lantai marmer yang rata dan halus membuatnya cenderung licin, terutama saat basah. Hal ini dapat menjadi masalah, terutama jika Anda memiliki anak-anak kecil atau orang dewasa yang rentan terpeleset. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu berhati-hati dan bisa mempertimbangkan penggunaan karpet atau permadani anti-selip di area yang rentan basah.

2. Harganya Relatif Mahal

Keindahan dan keunikan marmer datang dengan harga yang relatif mahal. Harga lantai marmer dapat mencapai dua hingga tiga kali lipat dari harga keramik biasa atau bahan lantai lainnya. Meskipun mahal, investasi ini sebanding dengan kualitas, daya tahan, dan estetika yang Anda peroleh.

3. Sulit Diperbaiki

Meskipun marmer memiliki daya tahan yang tinggi, itu tidak berarti tidak mungkin rusak. Kerusakan pada lantai marmer dapat berupa retak, berlubang, atau bahkan patah. Memperbaiki kerusakan ini bisa menjadi tugas yang sulit dan memerlukan keahlian khusus. Biasanya, teknisi spesialis akan menggunakan resin atau metode lain untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Jika kerusakan parah, Anda mungkin perlu mengganti seluruh lantai marmer. Oleh karena itu, perawatan yang baik sangat penting untuk menjaga keawetan lantai marmer.

Jenis Lantai Marmer Recommended

Setelah mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Lantai Marmer, nah selanjutnya marmer adalah pilihan yang populer untuk lantai interior karena keindahan alaminya yang timeless. Setiap jenis marmer memiliki karakteristik uniknya sendiri, dan berikut ini adalah beberapa jenis lantai marmer yang direkomendasikan:

  1. Travertine
    Travertine memiliki tampilan khas berupa guratan dan lubang alami. Lubang-lubang tersebut dibiarkan terbuka untuk memberikan kesan alami, namun juga dapat ditutup dengan polimer transparan. Warna-warni yang beragam membuatnya ideal untuk kebutuhan interior bangunan.
  2. Statuario
    Statuario adalah marmer putih yang terkenal dengan guratan hitam yang mencolok. Marmer ini ditambang dari perbukitan yang tertutup salju, biasanya diimpor dari Tiongkok. Harganya mungkin lebih tinggi, tetapi memberikan kesan mewah dan sejuk.
  3. Onyx
    Marmer Onyx memiliki pola dan corak berlapis-lapis yang memberikan kesan yang sangat elegan dan mewah. Lantai dengan marmer ini akan memberikan kilauan istimewa pada interior kalian.
  4. Kristalin
    Jenis marmer ini memiliki corak khas yang membedakannya dari yang lain. Marmer kristalin terkenal dihasilkan dari wilayah Lampung dan Poso, sehingga kalian dapat merasakan nuansa lokal yang unik.
  5. Carrara
    Carrara adalah marmer yang umumnya memiliki warna abu-abu, putih, atau biru keabu-abuan. Harga yang lebih terjangkau membuatnya mudah ditemukan di pasaran, sementara tetap memberikan kesan elegan.
  6. Calacatta
    Marmer Calacatta adalah pilihan mewah yang langka. Ini memiliki warna putih dengan gurat yang gelap dan dalam, memberikan sentuhan kemewahan pada interior kalian.
  7. Emperador
    Emperador adalah marmer impor dari Spanyol yang dikenal dengan ciri khasnya berwarna cokelat mulai dari muda hingga tua. Ini adalah pilihan yang hangat dan indah untuk lantai interior.
  8. Marmer Hitam
    Marmer hitam adalah pilihan yang kuat dan elegan dengan warna dominan hitam. Marmer Levadia Black dan Nero Marquina adalah varian yang terkenal.
  9. Marmer Buatan (Solid Surface)
    Jika kalian mencari pilihan yang lebih terjangkau, marmer buatan yang terbuat dari akrilik adalah solusi yang baik. Meskipun bukan marmer asli, ini menawarkan estetika yang mirip dengan marmer alami dengan harga yang lebih bersahabat.
Baca Juga :  Apa Itu Conwood? Pengertian dan Kelebihannya Lengkap

Setiap jenis marmer ini memiliki keunikan dan daya tariknya sendiri. Pilihan kalian akan tergantung pada anggaran, preferensi gaya, dan kebutuhan desain interior kalian. Dengan berbagai opsi ini, kalian dapat menciptakan lantai marmer yang sesuai dengan visi kalian untuk rumah atau bangunan kalian.

Penutup

Dalam artikel ini, empatpilar.com telah menjelaskan berbagai kelebihan dan kekurangan lantai marmer. Dari kilau indah yang tidak terbantahkan hingga perawatan yang memerlukan perhatian ekstra, lantai marmer menawarkan beragam karakteristik yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan apakah itu pilihan yang tepat untuk kalian.

Meskipun lantai marmer dapat memberikan sentuhan kemewahan dan keindahan alami, penting untuk mempertimbangkan bagaimana faktor-faktor ini akan berdampak pada gaya hidup kalian. Dengan pemahaman yang baik tentang kelebihan dan kekurangan lantai marmer, kalian dapat membuat keputusan yang bijak tentang pilihan lantai yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *