Ciri Thermostat Kulkas Rusak

Ciri Thermostat Kulkas Rusak dan Cara Memeriksanya Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Ciri Thermostat Kulkas Rusak dan Cara Memeriksanya Lengkap. Kulkas adalah salah satu perangkat rumah tangga yang sangat penting bagi kebanyakan orang. Kulkas memungkinkan kita untuk menyimpan makanan dan minuman dalam waktu yang lebih lama.

Namun, seperti semua perangkat rumah tangga, kulkas juga dapat mengalami masalah. Salah satu masalah yang sering terjadi pada kulkas adalah kerusakan pada thermostat.

Thermostat adalah bagian penting dari kulkas karena berfungsi untuk mengontrol suhu di dalam kulkas.

Jika thermostat rusak, maka suhu di dalam kulkas tidak akan terkontrol dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan makanan dan minuman di dalam kulkas menjadi rusak atau bahkan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui Ciri Thermostat Kulkas Rusak dan cara memeriksanya dengan lengkap.

Pengertian dan Fungsi Thermostat Pada Kulkas

Thermostat merupakan sebuah komponen yang berperan penting dalam mengatur suhu pada kulkas.

Fungsinya adalah untuk menyesuaikan suhu agar tetap stabil pada tingkat yang diinginkan. Selain itu, Thermostat juga dapat bekerja secara otomatis untuk mengatur kapan mesin kulkas harus bekerja dan kapan harus berhenti (stunby).

Tak hanya pada kulkas, hampir semua jenis pendingin juga menggunakan Thermostat untuk mengontrol suhu, termasuk pada AC yang biasa menggunakan Thermistor.

Thermostat akan bekerja dengan cara memutuskan aliran listrik yang menuju mesin kulkas saat suhu telah mencapai titik yang diatur sebelumnya. Hal ini akan membuat mesin kulkas berhenti bekerja pada saat standby.

Ketika suhu dalam kulkas mulai naik, maka Thermostat akan menghidupkan mesin kembali untuk mendinginkan ruangan kulkas hingga suhu yang diinginkan tercapai.

Dengan begitu, suhu dalam kulkas dapat tetap terjaga dan makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya tetap segar dan awet.

Dalam kesimpulannya, Thermostat merupakan komponen penting dalam menjaga kestabilan suhu pada kulkas dan pendingin lainnya.

Fungsi otomatisnya memastikan bahwa mesin kulkas hanya akan bekerja saat diperlukan dan menghemat energi listrik.

Oleh karena itu, penggunaan Thermostat sangatlah penting dalam menjaga kualitas makanan dan minuman yang disimpan di dalam kulkas.

Cara Kerja Thermostat Kulkas Tersebut ?

Thermostat pada kulkas menggunakan sensor yang mengandung gas yang berubah sifatnya ketika terpapar suhu dingin.

Ketika sensor terkena suhu rendah, tekanan gas di dalamnya turun sehingga kontak switch pada thermostat beralih dari posisi tertutup menjadi terbuka.

Batas tekanan di mana kontak switch berubah bisa diatur menggunakan sebuah knop pada thermostat. Semakin tinggi angka knop, semakin rendah suhu yang diperlukan untuk membuka kontak switch.

Oleh karena itu, jika ingin mengatur kulkas pada suhu yang sangat dingin, harus menggunakan angka yang paling tinggi.

Jika thermostat rusak atau tidak digunakan, mesin kompresor pada kulkas tidak akan menyala dan kulkas tidak akan dingin.

Hal ini disebabkan karena tidak ada aliran listrik yang mengalir ke mesin. Sistem kelistrikan pada kulkas saling terkait satu sama lain, sehingga jika salah satu komponen rusak, hal tersebut akan mempengaruhi komponen lainnya.

Jika kulkas dioperasikan tanpa menggunakan thermostat, mesin akan nyala terus dan tidak bisa standby. Hal ini dapat menyebabkan mesin cepat rusak atau jebol.

Ciri Thermostat Kulkas Rusak

Ada beberapa ciri yang dapat menandakan terjadi kerusakan pada kulkas yang disebabkan oleh thermostat kulkas rusak. Berikut adalah beberapa Ciri Thermostat Kulkas Rusak:

1. Kulkas tidak dingin

Jika kulkas tidak dingin, maka masalahnya mungkin terletak pada thermostat yang terhubung dengan knop pengatur suhu di dalam kulkas.

Baca Juga :  8 Cara Memilih Booster TV Yang Bagus : Saran Terbaik Buat Kalian

Jika thermostat bermasalah, maka suhu di dalam kulkas tidak dapat teratur dengan baik sehingga kulkas tidak dingin. Meskipun knop pengatur suhu sudah diatur maksimal, kulkas tetap tidak akan dingin.

2. Munculnya bunga es di freezer

Jika terdapat bunga es di dalam freezer, maka bisa jadi switch di dalam thermostat tidak berfungsi dengan baik.

Switch ini seharusnya membuka ketika suhu di dalam freezer telah mencapai suhu rendah tertentu sesuai dengan settingan pada knop pengatur suhu. Jika switch tidak berfungsi, maka bunga es akan muncul di dalam freezer box.

3. Kulkas menjadi kurang dingin

Jika kulkas tidak mencapai dingin maksimal, maka bisa jadi masalahnya juga terletak pada thermostat yang bermasalah.

Jika suhu di dalam freezer box tidak dapat mencapai suhu dingin seperti biasanya, maka bisa jadi thermostat yang menjadi penyebabnya.

4. Kompresor menyala terus menerus

Kompresor kulkas bekerja untuk menghisap dan mengalirkan gas freon atau refrigerant di dalam pipa kapiler pendingin.

Namun, jika terjadi kerusakan pada switch di dalam thermostat, maka kompresor dapat beroperasi terus menerus. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor kulkas.

5. Kompresor tidak menyala

Kerja kompresor kulkas dikendalikan oleh thermostat. Jika terjadi kenaikan suhu di dalam ruangan freezer, maka thermostat akan menyalakan kompresor.

Namun, jika terdapat masalah pada thermostat, maka kompresor tidak akan menyala sehingga kulkas tidak dapat mendinginkan makanan dan minuman.

Bentuk Thermostat Kulkas

Thermostat pada kulkas biasanya memiliki bentuk kotak dengan pipa sensor yang menjulur dan berisi gas.

Terdapat knop pada salah satu sisi thermostat yang digunakan untuk mengatur suhu yang diinginkan oleh pengguna.

Letak thermostat pada kulkas dapat berbeda-beda tergantung pada jenis dan merk kulkas. Ada yang terletak di sisi samping atau di bagian tengah kulkas.

Oleh karena itu, perlu memperhatikan letak thermostat pada kulkas agar dapat melakukan pengaturan suhu yang diinginkan dengan tepat.

Cara Cek Thermostat Kulkas

Ciri Thermostat Kulkas Rusak, thermostat pada kulkas biasanya memiliki dua buah terminal kabel yang terhubung ke kompresor dan aliran arus listrik.

Di dalam thermostat terdapat switch yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutus sambungan kedua terminal tersebut.

Untuk mengecek kondisi thermostat pada kulkas, kita memerlukan multimeter dan semangkuk air es yang dingin.

Air es dingin digunakan untuk mengecek apakah sensor suhu pada thermostat masih berfungsi atau tidak. Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan pengecekan:

  • Lepas thermostat dari dalam kulkas.
  • Lepas soket terminal kabel yang terhubung ke thermostat.
  • Lepas pipa sensor suhu dari evaporator.
  • Diamkan thermostat selama beberapa waktu agar terkena suhu luar.
  • Ukur hambatan pada kedua terminal thermostat menggunakan multimeter pada skala pengukuran Ohm. Pada kondisi thermostat normal, jarum multimeter akan bergerak ke arah kanan.
  • Celupkan ujung pipa sensor ke dalam air es yang dingin, setelah beberapa saat seharusnya jarum multimeter akan kembali ke arah kiri.

Dengan melakukan pengecekan ini, kita dapat mengetahui apakah thermostat pada kulkas masih berfungsi dengan baik atau tidak, sehingga dapat segera dilakukan perbaikan atau penggantian apabila diperlukan.

Harga Mesin Otomatis Kulkas

Jika terjadi kerusakan pada kondisi thermostat kulkas, sebaiknya segera diganti agar kulkas dapat kembali berfungsi dengan normal.

Harga thermostat untuk kulkas satu pintu bervariasi antara 30 ribu hingga 100 ribu, tergantung pada tipe dan kualitasnya.

Untuk memperoleh thermostat yang dibutuhkan, Kalian dapat membelinya di toko-toko yang menyediakan komponen kulkas di sekitar Kalian atau melalui toko online seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, atau Lazada.

Pastikan untuk membeli thermostat yang sesuai dengan ukuran dan jenis kulkas Kalian. Hal ini penting agar thermostat pengganti dapat berfungsi secara optimal dan membantu kulkas Kalian kembali beroperasi dengan baik.

Kesimpulan

Thermostat merupakan komponen penting pada kulkas yang berfungsi untuk mengatur suhu dalam kulkas. Ketika terjadi kerusakan pada thermostat, maka kinerja kulkas pun akan terganggu.

Baca Juga :  2 Frekuensi Nex Parabola C-Band & Ku Band : UPDATE !!

Ciri-ciri thermostat kulkas yang rusak antara lain kulkas tidak dingin, kulkas terlalu dingin, kulkas mati total, dan kulkas terus bekerja tanpa henti.

Jika Kalian mengalami masalah seperti ini, kemungkinan besar thermostat kulkas Kalian mengalami kerusakan.

Semoga informasi dari empatpilar.com mengenai Ciri Thermostat Kulkas Rusak, ini bermanfaat bagi Kalian yang ingin memeriksa kondisi thermostat kulkas.

Jangan lupa selalu memperhatikan kondisi kulkas Kalian agar dapat berfungsi dengan baik dan mempertahankan kesegaran makanan Kalian. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/ciri-thermostat-kulkas-rusak/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *