Kelebihan dan Kekurangan Oli Enduro Matic

Kelebihan dan Kekurangan Oli Enduro Matic, Jenis Serta Harganya

Posted on

Empat Pilar – Kelebihan dan Kekurangan Oli Enduro Matic, Jenis Serta Harganya. Ketika datang ke perawatan motor, memilih oli yang tepat sangatlah penting. Ada banyak merek dan jenis oli yang tersedia di pasaran, salah satunya adalah oli Enduro Matic.

Namun, sebelum Kalian memutuskan untuk memilih oli ini, penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari oli Enduro Matic untuk motor Kalian.

Dalam artikel ini, kita akan membahas segala hal yang perlu Kalian ketahui tentang kelebihan dan kekurangan oli Enduro Matic.

Mari kita mulai dengan membahas apa itu oli Enduro Matic dan apa saja keuntungan yang bisa Kalian dapatkan dari penggunaannya.

Sejarah Singkat Oli Enduro Matic

Oli Enduro adalah produk yang dihasilkan oleh Pertamina, perusahaan minyak dan bahan bakar.

Oli Enduro ini memiliki kualitas yang cukup bagus dan tersedia dalam beberapa jenis. Salah satu jenisnya adalah Enduro matic, yang dirancang khusus untuk digunakan pada motor matic.
Komposisi Enduro matic berbeda dengan oli untuk motor biasa, karena motor matic memiliki komponen yang lebih kompleks dibandingkan dengan motor biasa sehingga memerlukan jenis oli yang berbeda pula.

Oli Enduro matic ini diproduksi secara lokal di Indonesia dan mudah ditemukan di pasaran.

Kelebihan dan Kekurangan Oli Enduro Matic

Setelah mengetahui beberapa jenis oli yang tersedia, saatnya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari oli Enduro matic.

Informasi tentang kelebihan dan kekurangan oli untuk motor matic ini dapat dilihat secara lengkap di bawah ini.

1. Kelebihan Oli Enduro Matic

Salah satu kelebihan utama dari oli Enduro matic adalah kemampuannya dalam menjaga performa mesin dan melindungi mesin dari suhu panas yang berlebihan akibat penggunaan.
Dengan begitu, mesin pada motor matic tetap terjaga performanya ketika digunakan. Selain itu, penggunaan oli Enduro matic juga membuat mesin menjadi lebih tahan lama.

Oleh karena itu, masa pakai mesin menjadi lebih panjang karena kebersihannya terjaga oleh oli Enduro matic yang cocok.

Oli Enduro matic juga dikenal lebih efisien karena masa pakainya lebih lama dibandingkan dengan beberapa merek oli lainnya. Hal ini dapat membantu mengurangi biaya perawatan motor.

2. Kekurangan Oli Enduro Matic

Meskipun ada beberapa kelebihan dari oli Enduro matic, tetapi ada juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan.

Meskipun kekurangan ini tidak fatal, namun tetap perlu diperhatikan karena dapat mempengaruhi performa motor matic yang digunakan.

Kekurangan pertama adalah pemilihan oli yang harus sesuai dengan tipe motor yang digunakan.

Seperti yang telah dijelaskan pada jenis-jenis oli Enduro matic, terdapat beberapa tipe oli yang khusus untuk motor matic dengan kapasitas di bawah dan di atas 150cc.

Ada juga jenis oli yang cocok untuk motor matic yang sudah tua.

Jika jenis oli yang dipilih tidak sesuai dengan tipe motor, maka performa oli pada motor tersebut dapat menjadi kurang maksimal.

Sebagai contoh, jika oli yang seharusnya digunakan untuk motor matic di bawah 150cc, namun digunakan pada motor matic dengan kapasitas 150cc, maka performa motor matic tersebut dapat menjadi kurang maksimal dan penggunaan oli juga menjadi lebih boros karena tidak sesuai dengan tipe mesin yang digunakan.

Hal ini dapat mempengaruhi masa pakai mesin motor.

Jenis-Jenis Oli Enduro Matic dan Harga Terbarunya

Setelah kami bahas mengenai Kelebihan dan Kekurangan Oli Enduro Matic, selanjuntya kalian ketahui terlebih dahulu jenis-jenis oli yang ditawarkan.

Dimana oli Enduro matic menawarkan empat varian oli, yaitu Enduro matic, Enduro matic V, Enduro Matic S dan Enduro matic G.

1. Enduro Matic G

Oli pertama yang dibahas adalah Pertamina Enduro Matic G yang khusus digunakan untuk motor matic lama.

Baca Juga :  Apa Itu Motor Stepper : Pengertian, Cara Kerja dan Kelebihannya

Kelebihan dari Enduro Matic G adalah mampu mengurangi gesekan pada mesin, tahan terhadap oksidasi, dan menjaga kebersihan bagian dalam mesin.

Enduro Matic G direkomendasikan untuk digunakan pada motor matic lama karena memiliki SAE yang tinggi yaitu 20W-40.

Oli ini menggunakan base semi-sintetik dan memiliki rating API SL serta JASO MB.

Harga Enduro Matic G 800 ml di website resmi Pertamina adalah Rp 39.000, sementara harga Enduro Matic G 1 liter adalah Rp 45.000.

2. Enduro Matic S

Oli Enduro Matic selanjutnya dari Pertamina adalah Enduro Matic S, yang khusus digunakan untuk motor matic low-end terbaru.

Pertamina mengklaim bahwa Enduro Matic S cocok bagi pengendara yang membutuhkan oli berkualitas tinggi dengan harga yang ekonomis.

Enduro Matic S memiliki banyak kelebihan, antara lain dapat menghemat bahan bakar motor, memperpanjang umur mesin, memberikan perlindungan khusus pada komponen mesin, serta efisien dan ekonomis.

Enduro Matic S dapat digunakan untuk beberapa jenis motor Honda seperti Genio, Beat, Scoopy, Vario 125, dan Spacy.

Harga Enduro Matic S yang direkomendasikan untuk kemasan 800 ml adalah Rp 36.000. Spesifikasi Enduro Matic S menggunakan base oli semi sintetik, dengan rating SAE 10W-30, dan rating JASO MB serta API SL.

3. Oli Enduro Matic

Jenis Oli Enduro Matic selanjutnya adalah Enduro Matic, dengan spesifikasi yang hampir sama dengan Enduro Matic S untuk kemasan 1 liter.

Kedua oli tersebut memiliki tingkat kekentalan 10W-40, API Service SL, dan JASO MB. Namun, Enduro Matic memiliki aditif moly additive yang berguna untuk mengurangi friksi pada temperatur dan kecepatan tinggi.

Oli Enduro Matic memiliki tiga selling point yang meliputi maximum protection, high performance, dan ultimate for matic.

Harga rekomendasi Pertamina untuk Enduro Matic kemasan 1 liter adalah Rp52.000, sementara harga Enduro Matic 800 ml di Lestari Motor hanya Rp42.000.

4. Enduro Matic V

Jenis Oli Enduro Matic terakhir dari Pertamina adalah Enduro Matic V, yang saat ini menjadi oli tertinggi di kelas motor matic Pertamina.

Meskipun Enduro Matic V masih menggunakan basis oli semi sintetik, spesifikasinya sudah sangat bagus.

Enduro Matic V cocok untuk digunakan pada motor matic 150cc seperti Aerox, Nmax, PCX, ADV, Vario 150 dan 160 series, serta dapat digunakan pada motor matic lainnya.
Spesifikasinya sama dengan Enduro Matic S, dengan SAE 10W-30, JASO MB, namun dengan rating API yang sedikit lebih tinggi, yaitu API SN.

Kelebihan dari Enduro Matic V adalah memberikan pelumasan terbaik di kelasnya, yang dapat memberikan pelumasan dan perlindungan pada komponen dalam mesin.

Harga Enduro Matic V adalah sekitar Rp50 ribuan, sedangkan harga rekomendasi Pertamina untuk kemasan 1 liter adalah Rp52.000.

Bahaya Oli Enduro Matic Palsu

Setelah mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Oli Enduro Matic. Beredarnya oli palsu atau oplosan memang sulit dicegah, karena dari segi packaging sangat mirip dengan oli asli.

Namun, dari segi kualitas tentu sangat berbeda. Oli palsu biasanya menggunakan oli berkualitas rendah yang dapat menimbulkan kerusakan pada mesin dengan efek yang bervariasi, mulai dari ringan hingga berat.

Berikut adalah beberapa efek negatif dari oli palsu:

  • Suara mesin terdengar kasar
  • Mesin menjadi cepat panas
  • Oli bekas bisa merusak piston dan silinder
  • Konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros
  • Komponen mesin menjadi cepat aus, sehingga bisa berakibat turun mesin

Kualitas oli palsu sangat berbeda dengan oli Enduro Matic asli yang sudah memenuhi standar JASO MB dan API SL.

Oli palsu tidak akan melindungi mesin, malah akan merusak mesin. Kondisi mesin harus selalu dijaga agar tidak mengalami overheat.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Oli Enduro Matic memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan jenis oli ini.

Kelebihan dari oli Enduro Matic adalah dapat meningkatkan performa mesin dan melindungi mesin dari kerusakan.

Oli Enduro Matic juga mudah ditemukan di toko-toko otomotif dengan harga yang terjangkau.

Namun, kekurangan dari oli Enduro Matic adalah tidak semua jenis motor cocok menggunakan jenis oli ini.

Selain itu, kandungan zat aditif dalam oli Enduro Matic juga tidak sebaik oli synthetic atau full synthetic, sehingga bisa membuat mesin terasa kurang responsif.

Baca Juga :  Perbedaan SIM Nembak dan Resmi : Pahami Dengan Baik

Harganya sendiri bisa bervariasi tergantung pada kemasan dan kualitas yang ditawarkan, dengan harga mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Jadi, sebelum memilih menggunakan oli Enduro Matic, pastikan untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan serta menyesuaikan jenis motor dan kualitas yang dibutuhkan dengan harga yang sesuai dengan budget.

Nah itulah ulasan yang bisa empatpilar.com berikan kepada kalian mengenai Kelebihan dan Kekurangan Oli Enduro Matic. Semoga bermanfaat Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/kelebihan-dan-kekurangan-oli-enduro-matic/,review enduro matic s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *