MCB Broco Vs Schneider

Perbandingan MCB Broco Vs Schneider : Pilih Mana?

Posted on

Empat Pilar – Perbandingan MCB Broco Vs Schneider : Pilih Mana?. Mencari perbandingan komprehensif antara MCB Broco dan pemutus arus Schneider? Telusuri fitur, manfaat, dan kinerja kedua merek untuk membuat keputusan yang tepat.

Pemutus arus adalah komponen penting dalam sistem listrik, yang memastikan keamanan dan perlindungan terhadap beban berlebihan dan hubung singkat. Ketika memilih pemutus arus yang tepat, dua nama terkemuka yang muncul adalah MCB Broco dan Schneider.

Artikel ini akan membahas perbandingan rinci antara Perbandingan MCB Broco Vs Schneider, membantu kalian memahami fitur kunci, kinerja, dan kecocokan keduanya untuk berbagai aplikasi.

Apa Itu MCB Listrik?

MCB listrik merupakan bagian dari Circuit Breaker yang berperan sebagai pemutus dalam suatu rangkaian ketika aliran arus dalam rangkaian atau beban listrik melebihi kapasitasnya. Contohnya, ketika terjadi korsleting dan situasi serupa.

Pemasangan MCB listrik tipe ini sudah cukup memadai untuk kebutuhan rumah tangga. Salah satu komponen penting yang perlu dipahami adalah trip level, yang merujuk pada ambang batas arus yang dapat mengakibatkan MCB mati.

Dengan kata lain, jika arus yang mengalir melebihi nilai yang diatur, MCB akan secara otomatis memutus aliran listrik. Kelebihan arus seperti ini sering kali menjadi penyebab kebakaran, maka fungsi MCB sangatlah penting. Dalam MCB listrik, pengaturan trip level umumnya tidak dapat diubah.
Sementara itu, kapasitas pemutusan adalah batasan arus yang dapat dilewati oleh MCB sebelum mengalami kerusakan. Jika arus melebihi kapasitas pemutusan, MCB tidak akan berfungsi dengan baik.

Fungsi MCB Adalah

Bukan hanya simbolnya saja yang sederhana, melainkan MCB (Miniature Circuit Breaker) juga memiliki fungsi yang sebenarnya sangatlah simpel. Fungsi MCB adalah sebagai berikut :

1. Sebagai Pemutus Arus Listrik

Fungsi utama dari MCB (Miniature Circuit Breaker) sebenarnya ialah untuk menghentikan aliran listrik yang masuk. Ia memiliki kemampuan untuk secara manual memutus aliran listrik, mencegah aliran listrik yang mengalir. Oleh karena itu, perangkat elektronik akan mati jika tidak ada aliran listrik yang mengalirinya.

Ini adalah hal yang umum terjadi pada berbagai perangkat elektronik, seperti komputer, TV, AC, genset, atau perangkat elektronik biasa seperti lampu. Tidak heran MCB merupakan perangkat sederhana yang sering digunakan dalam dunia elektronika.

2. Memproteksi Adanya Beban Lebih (Overload)

Seiring dengan perkembangan zaman, MCB juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya overload, di mana perangkat ini akan mendeteksi adanya beban berlebih pada suatu perangkat elektronik. Ketika terjadi overload, MCB akan secara otomatis memutus aliran listrik untuk mencegah terjadinya situasi yang merugikan.

Contohnya, saat terjadi pemanasan berlebih pada perangkat elektronik atau bahkan kerusakan yang lebih serius. Oleh karena itu, MCB sering digunakan untuk perangkat elektronik dengan beban listrik yang besar, seperti pembangkit listrik, panel listrik, dan lain sebagainya.

3. Memproteksi Adanya Hubung Singkat (Korsleting)

Selain melindungi perangkat elektronik dari overload atau pemanasan berlebih, MCB juga berfungsi untuk melindungi dari korsleting. Biasanya, korsleting terjadi akibat kegagalan operasional pada perangkat elektronik, di mana dua arus pada kabel yang berbeda bertemu dan menyebabkan sambungan pendek yang dapat mengganggu aliran listrik.

Oleh karena itu, MCB akan dengan cepat mendeteksi adanya korsleting dan secara otomatis memutus aliran listrik ketika korsleting terjadi. Tindakan ini dilakukan untuk mencegah korsleting agar tidak menyebar ke bagian penting lainnya dalam sebuah perangkat elektronik.

Baca Juga :  Panduan, Cara Memasang Saklar Seri Secara Lengkap

MCB Broco Vs Schneider

Berikut ini adalah perbandingan antara MCB Broco dan Schneider yang masing-masing Mimin ambil dari situs resminya:

1. MCB Broco

MCB Broco memberikan perlindungan optimal terhadap risiko korsleting akibat penggunaan beban listrik yang berlebihan, kelalaian dalam pemasangan perangkat elektrikal, atau kerusakan pada alat-alat listrik. Selain itu, MCB Broco juga berfungsi untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Produk MCB Broco diproduksi sesuai dengan standar internasional IEC 60898, menjamin kualitas dan keamanan produk sesuai dengan standar global yang berlaku.

MCB Broco telah mendapatkan sertifikasi SNI 04-6507.1-2002 dan diproduksi oleh Broco Electrical, sebuah perusahaan dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri elektrikal dan memiliki sertifikasi ISO 9001.

Berikut ini adalah bagian-bagian dari MCB Broco:

Keunggulan MCB Broco dibandingkan dengan merek lain meliputi:

  1. Kontak Tetap dan Kontak Bergerak terbuat dari bahan dengan konduktivitas listrik yang unggul.
  2. MCB Broco dilengkapi dengan Peredam Busur Api yang lebih canggih, menjamin kehandalan MCB saat terjadi korsleting atau hubung singkat.
  3. Dilengkapi dengan Kumparan Magnetis untuk memutus arus listrik secara instan saat terjadi korsleting atau hubung singkat.
  4. Kumparan Magnetis terbuat dari Kawat Tembaga Enamel yang memiliki penampang cukup untuk mengalirkan arus listrik dan tahan terhadap panas.
  5. Memiliki Elemen Bimetal yang berfungsi membatasi arus beban berlebih.

Semua fitur ini membuat MCB Broco menjadi pilihan yang unggul dalam hal perlindungan dan kehandalan listrik.

2. MCB Schneider

MCB Schneider mempersembahkan sistem bernama Acti 9 yang mengusung komponen utama bernama QuickVigi.

QuickVigi dirancang khusus untuk memberikan perlindungan instan, mudah, dan efisien terhadap kebocoran arus tanah yang kuat dengan cara yang langsung pada pemutus sirkuit.

Tak hanya itu, MCB Schneider juga mengadopsi teknologi EverPlug yang diimplementasikan dalam QuickVigi. Teknologi ini bertujuan untuk memastikan instalasi listrik menjadi aman secara menyeluruh dan selaras dengan standar IEC.

Berikut ini adalah gambar bagian-bagian MCB Schneider:


Terdapat beberapa keunggulan MCB Schneider dalam instalasi listrik, di antaranya:

  1. QuickVigi telah diakui sepenuhnya aman dengan sertifikasi internasional dan didukung oleh teknologi EverPlug.
  2. QuickVigi telah melebihi persyaratan yang paling ketat, memberikan keamanan menyeluruh selama masa pemakaian instalasi.
  3. Teknologi EverPlug memberikan koneksi yang aman, tanpa memerlukan penggunaan sekrup, dan sesuai dengan standar IEC.
  4. Koneksi ini menunjukkan gaya kontak permanen sebesar 2 kilogram untuk koneksi tekanan tinggi.

Kelebihan-kelebihan ini membuat MCB Schneider menjadi solusi unggul dalam sistem instalasi listrik.

Penutup

Dalam merangkum perbandingan antara MCB (Miniature Circuit Breaker) Broco dan Schneider, kita bisa melihat bahwa kedua merk ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Broco dikenal dengan harga yang lebih terjangkau dan sering menjadi pilihan untuk proyek-proyek dengan anggaran yang lebih terbatas. Sementara itu, Schneider lebih diakui dalam hal kualitas dan reliabilitas, meskipun harganya relatif lebih tinggi.

Dengan mempertimbangkan semua aspek ini, kita dapat menyimpulkan bahwa tidak ada pilihan yang benar-benar salah antara kedua merk ini; hanya ada pilihan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan prioritas Anda. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/mcb-broco-vs-schneider/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *