MCB Posisi ON Tapi Listrik Mati

Cara Mengatasi MCB Posisi ON Tapi Listrik Mati Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Cara Mengatasi MCB Posisi ON Tapi Listrik Mati Secara Lengkap. Masalah listrik? Terkadang MCB (Mini Circuit Breaker) di rumah Kalian berada dalam posisi ON, tapi listrik tetap mati? Nah, Kalian tidak sendirian.

Situasi ini bisa membuat Kalian bingung dan frustrasi. Tapi jangan khawatir, ada beberapa langkah sederhana yang bisa Kalian coba untuk menyelesaikan masalah ini.

Apa itu MCB?

MCB atau Miniature Circuit Breaker, merupakan komponen penting dalam instalasi listrik rumah. MCB biasanya dipasang pada kWh meter listrik PLN dan pada box MCB.

Fungsinya adalah melindungi instalasi listrik dari beban berlebih, short circuit, atau korsleting. Ketika terjadi beban berlebih atau korsleting, MCB akan secara otomatis memutuskan aliran arus listrik.

Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dan mencegah terjadinya kebakaran atau masalah lainnya.

Secara prinsip, cara kerja MCB hampir sama dengan sekring sebagai alat pengaman. Namun, perbedaannya adalah sekring perlu diganti setelah terjadi korsleting, sedangkan MCB dapat diaktifkan kembali setelah masalah teratasi.

3 Fungsi MCB pada Instalasi Listrik

Sebelum memahami MCB Posisi ON Tapi Listrik Mati, nah ketahui dulu nih fungsi dari MCB. MCB memiliki fungsi dan peranan vital dalam sistem kelistrikan rumah Kalian. Berikut beberapa fungsi MCB yang perlu diketahui:

1. Pemutus Arus

MCB berfungsi untuk memutus aliran listrik agar pemilik rumah atau gedung dapat mematikannya.

Hal ini dapat dilakukan secara manual melalui sakelar toggle. Misalnya, saat Kalian perlu memperbaiki kabel dan ingin mematikan seluruh jaringan listrik, Kalian dapat mematikan MCB melalui sakelar toggle tersebut.

Biasanya, dalam satu rumah atau gedung terdapat lebih dari satu MCB. Oleh karena itu, saat mematikan MCB secara manual, penting untuk memahami jalur instalasi listrik agar tidak terjadi kesalahan.

Selain manual, MCB juga dapat memutus aliran listrik secara otomatis. Ketika rumah atau gedung mengalami beban listrik yang berlebihan, MCB akan memutus aliran listrik tersebut secara otomatis untuk menghindari bahaya.

2. Pencegahan Beban Berlebih (Overload)

MCB dapat memutus aliran listrik secara otomatis saat terjadi beban listrik yang melebihi kapasitas.

Pada MCB, terdapat komponen bimetal yang berfungsi mendeteksi beban berlebih. Ketika penggunaan daya listrik melebihi kapasitas, komponen bimetal akan memanas akibat arus listrik yang berlebihan.

Saat bimetal memanas, ia akan melengkung dan memutus aliran listrik secara otomatis.

3. Proteksi terhadap Arus Pendek (Short Circuit) atau Korsleting

MCB berfungsi melindungi dari risiko korsleting yang dapat menyebabkan kebakaran. Untuk tujuan ini, MCB dilengkapi dengan komponen magnetic trip berupa solenoid.

Komponen ini juga akan bereaksi saat terjadi panas. Namun, jika terjadi korsleting, panas yang dihasilkan sangat tinggi, sehingga solenoid menghasilkan gaya magnet yang menarik sakelar secara otomatis, memutus aliran listrik.

Perbedaan antara komponen magnetic trip dan bimetal terletak pada kecepatan reaksinya.  Bimetal membutuhkan waktu untuk melengkung dan memutus aliran listrik saat beban berlebih, sedangkan komponen magnetic trip bereaksi lebih cepat dalam situasi darurat saat terjadi korsleting yang memerlukan reaksi spontan.

Cara Mengatasi MCB Posisi ON Tapi Listrik Mati

Apabila Kalian menemui situasi dimana MCB berada di posisi ON namun tidak ada aliran listrik di rumah Kalian, beberapa solusi berikut ini mungkin dapat membantu. Situasi seperti ini seringkali cukup membingungkan bagi mereka yang tidak memiliki pengetahuan tentang kelistrikan.

Biasanya, pemadaman listrik seringkali ditunjukkan dengan penurunan MCB ke posisi OFF atau bagian bawah, sehingga aliran listrik ke instalasi listrik rumah terputus. Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah korsleting dalam sistem kelistrikan rumah.

Bagi Kalian yang belum tahu tentang posisi saklar listrik yang benar, terutama pada MCB, berikut adalah posisi ON pada MCB :

Baca Juga :  Arti Kode pada MCB (Miniature Circuit Breaker) : Pahami dengan Baik

Namun, jika MCB berada dalam posisi ON tapi tidak ada aliran listrik, dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk menemukan penyebab yang sebenarnya.

Berikut ini beberapa langkah Cara Mengatasi MCB Posisi ON Tapi Listrik Mati :

1. Terjadi Pemadaman Listrik

Langkah awal yang harus Kalian periksa adalah situasi listrik di lingkungan sekitar Kalian, termasuk tetangga terdekat.

Jika memang sedang terjadi pemadaman listrik sementara, tKalian yang paling mudah diamati adalah lampu indikator pada meteran listrik yang mati.

Selain itu, jika saldo listrik masih ada namun listrik padam, maka Kalian hanya perlu menunggu hingga aliran listrik kembali normal.

Terutama saat musim hujan, pemadaman listrik cenderung terjadi lebih sering. Berdasarkan pengalaman, kerap kali pohon tumbang akibat hujan, yang mengakibatkan gangguan pada jalur kelistrikan, terjadi lebih banyak saat musim hujan.

Namun, jika ternyata hanya rumah Kalian yang mengalami pemadaman listrik, silakan lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Sekring atau Fuse Box Rusak

Pada instalasi meteran listrik model lama, terdapat sekring atau fuse box yang biasanya berbentuk kotak hitam dengan sekring berisi kabel tembaga.

Sekring model ini saat ini umumnya sudah jarang digunakan, karena fungsinya telah digantikan oleh MCB. Namun, masih ada juga yang menggunakan MCB dan fuse box secara bersamaan.

Jika terjadi overload atau korsleting pada instalasi listrik rumah dengan model sekring seperti ini, maka perlu dilakukan penggantian pada kabel sekring tersebut.

Kabel dapat diganti dengan 1-2 kabel serabut, disesuaikan dengan kapasitas daya rumah. Penggantian ini tidak harus dilakukan oleh petugas PLN.

Bila fuse box di rumah mengalami kerusakan, hal ini juga dapat menjadi penyebab listrik padam.

Tapi tidak perlu khawatir, karena Kalian dapat menghubungi petugas PLN untuk penggantiannya.

3. MCB Rusak

Penyebab lainnya dari situasi dimana MCB berada di posisi ON tapi listrik mati adalah kerusakan pada MCB itu sendiri, yang bisa bervariasi.

Karena MCB juga memiliki bagian mekanis, tentu saja ada batas usia pemakaian pada MCB dan wajar jika terjadi kerusakan pada kontak-kontaknya. Berikut adalah bagian mekanis pada sebuah MCB :

Penggantian MCB pada meteran listrik harus dilakukan dengan hati-hati dan sebaiknya oleh petugas yang berwenang dari PLN. Kalian juga bisa menghubungi call center PLN di nomor telepon 123 untuk bantuan lebih lanjut.

4. Ada Gangguan pada Kontak Terminal MCB

Dikarenakan arus listrik yang mengalir melalui MCB bisa sangat besar, ada kemungkinan koneksi menjadi overpanas dan menyebabkan kontak tidak berfungsi dengan baik.

Terutama jika proses instalasi tidak dilakukan dengan baik, seperti contohnya terminal kontak pada MCB yang terbakar seperti di bawah ini, yang menyebabkan aliran listrik terhambat meski MCB sudah dalam posisi ON.

5. Terjadi Kerusakan pada Jalur Instalasi Listrik

Sebelum memeriksa kerusakan pada instalasi stop kontak atau lampu, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu pada output MCB agar area pemeriksaan tidak terlalu luas.

Periksa jalur instalasi listrik ini, terutama jika instalasi rumah menggunakan kabel serabut yang rentan tergigit dan diputus tikus.

Sedangkan jika menggunakan kabel NYA, kemungkinan kerusakan pada jalur instalasi listrik sangat kecil.

Ciri lain dari kerusakan jalur instalasi listrik adalah listrik rumah yang mati hanya pada sebagian area.

Hal ini bisa terjadi jika arus listrik terputus di bagian beban listrik, tempat dimana kabel tersebut dapat tergigit tikus.

6. kWhmeter PLN Menampilkan Layar “Periksa”

Jika terjadi kerusakan pada kWhmeter, tentunya akan mengakibatkan pemadaman listrik di rumah, meskipun MCB berada di posisi ON. Kerusakan ini ditKaliani dengan munculnya tulisan “periksa” atau “Err” pada layar kWhmeter.

Jika situasi seperti ini terjadi, tidak perlu merasa panik atau khawatir. Kalian hanya perlu menghubungi layanan PLN di nomor 123. Untuk menghubunginya, cukup menekan (kode area)+123.

Kerusakan ini akan ditangani oleh PLN dan pelayanannya adalah gratis. Setelah Kalian melaporkan kerusakan ke layanan PLN, petugas akan datang pada hari yang sama.

 

Baca juga artikel terkait :

  1. Cara Memasang MCB Tambahan Untuk Rumah dengan Aman dan Mudah
  2. Arti Kode pada MCB (Miniature Circuit Breaker) : Pahami dengan Baik
  3. Cara Memasang MCB 3 Fasa, Pengertian dan Harga MCB Terbaru
Baca Juga :  Cara Memasang Stop Kontak Paralel dengan Baik dan Benar

Penutup

Demikianlah beberapa langkah dan cara mengatasi MCB posisi ON tapi listrik mati yang dapat Kalian coba di rumah.

Situasi ini mungkin menimbulkan rasa frustrasi, namun dengan pemahaman yang tepat dan penanganan yang cermat, masalah ini bisa diatasi. Ingat, keselamatan adalah prioritas utama.

Jika Kalian merasa tidak yakin atau kesulitan dalam mengatasi masalah ini, segera hubungi profesional listrik yang berpengalaman.

Jangan biarkan masalah ini mengganggu kenyamanan dan kegiatan sehari-hari Kalian.

Itu saja yang bisa empatpilar.com ulas buat kalian mengenai Cara Mengatasi MCB Posisi ON Tapi Listrik Mati . Selalu pastikan instalasi listrik di rumah Kalian berfungsi dengan baik dan aman. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/mcb-posisi-on-tapi-listrik-mati/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *