Mengenal Hebel (Bata Ringan)

Mengenal Hebel (Bata Ringan) : Jenis dan Keunggulannya

Posted on

Empat Pilar –Mengenal Hebel (Bata Ringan) : Jenis dan Keunggulannya. Selamat datang dalam panduan lengkap Mengenal Hebel (Bata Ringan), sebuah bahan konstruksi serbaguna dengan beragam aplikasi. Jika kalian penasaran tentang bahan ini dan potensi penggunaannya, kalian berada di tempat yang tepat. Dalam artikel komprehensif ini, kita akan menggali lebih dalam ke dunia Mengenal Hebel, menjelajahi sifatnya, keunggulan, dan aplikasi praktisnya.

Mengenal Hebel (Bata Ringan)

Bata ringan, yang lebih dikenal dengan merek dagang Hebel, merupakan jenis bata yang terbuat dari campuran pasir silika, gypsum, batu kapur, semen, air, dan serbuk aluminium. Campuran ini kemudian diawetkan dengan memanaskannya dan menerapkannya tekanan tinggi menggunakan alat yang disebut autoclave.

Dengan metode ini, Hebel memberikan beberapa keunggulan seperti peredaman suara, ketahanan terhadap api, dan ketahanan terhadap pertumbuhan jamur. Bata ringan Hebel dapat digunakan baik untuk bagian eksterior maupun interior bangunan, dan dapat diwarnai dengan menggunakan campuran stucco atau papan plastik. Keunggulan lainnya adalah pemasangannya yang cepat dan mudah, sehingga membuat Hebel populer di kalangan masyarakat.

Bata ringan Hebel sangat cocok untuk digunakan pada bangunan yang memiliki variasi suhu tinggi. Bangunan tinggi yang menggunakan Hebel hanya memerlukan sedikit baja dan beton sebagai pondasi karena bata ringan ini memiliki berat yang ringan.

Selain itu, jumlah campuran semen yang diperlukan untuk menempelkan Hebel juga cukup sedikit karena sambungannya lebih sedikit dibandingkan dengan material lain. Hebel juga sangat sesuai untuk bangunan di daerah dengan suhu rendah, karena mampu menyimpan panas dengan baik tanpa memerlukan tambahan material pemanas. Hal ini memungkinkan proyek konstruksi selesai lebih cepat dan mengurangi biaya.

Meskipun sebenarnya “Hebel” adalah merek dagang, istilah ini telah menjadi sebutan umum untuk bata ringan di masyarakat. Bata ringan Hebel pertama kali diproduksi di Indonesia oleh PT Hebel Indonesia pada tahun 1995 di Jawa Barat.

Pada awalnya, penjualan terbatas hanya di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Meskipun PT Hebel Indonesia telah bangkrut beberapa tahun yang lalu, istilah “Hebel” tetap melekat dan lebih umum digunakan oleh masyarakat ketimbang istilah “bata ringan” hingga saat ini.

Jenis-Jenis Bata Hebel

Setelah Mengenal Hebel (Bata Ringan), selanjutnya Bata Hebel adalah salah satu jenis material bangunan yang populer digunakan karena ringan dan memiliki sifat isolasi termal yang baik. Terdapat beberapa jenis bata hebel yang berbeda, di antaranya adalah:

1. Jenis Hebel AAC (Autoclaved Aerated Concrete)

Bata hebel AAC merupakan jenis bata hebel yang terbuat dari beton seluler. Ciri khas dari hebel AAC adalah adanya gelembung udara yang terbentuk dari reaksi kimia. Salah satu bahan yang digunakan dalam proses ini adalah aluminium pasta, yang digunakan sebagai bahan pengembang atau pengisi udara secara kimia. Aluminium pasta dipilih karena kemudahan dalam pengelolaannya dan dampak lingkungan yang minim.

Dalam proses pembuatannya, bata hebel AAC dapat diproduksi menggunakan peralatan sederhana, bahkan di industri rumahan. Bata hebel AAC memiliki warna putih dan memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan dengan bata hebel CLC.

2. Jenis Hebel CLC (Cellular Lightweight Concrete)

Hebel CLC, di sisi lain, merupakan jenis bata hebel yang terbuat dari beton konvensional, namun dengan mengganti material kerikil dengan gelembung udara. Proses pembuatan hebel CLC menggunakan busa organik yang kurang stabil, sehingga tidak melibatkan reaksi kimia saat proses pencampuran.

Bata hebel CLC memiliki warna abu-abu karena material yang digunakan umumnya adalah jenis pasir sungai atau pasir tambang. Proses pembuatan hebel CLC menggunakan peralatan yang canggih dan modern, menghasilkan kualitas yang baik. Namun, jika dibandingkan dengan hebel AAC, hebel CLC memiliki berat yang lebih tinggi.

Baca Juga :  Apa itu Ducting? Pengertian dan Komponen dalam Sistemnya

Ukuran Hebel Bangunan

Ukuran hebel bangunan sangat penting dalam proses pembangunan rumah atau struktur lainnya. Terdapat beberapa ukuran hebel yang tersedia di pasaran, dan pemilihan ukuran yang tepat akan sangat memengaruhi kekuatan dan tampilan akhir bangunan Anda.

Sebelum Anda memutuskan ukuran hebel yang akan digunakan, penting untuk melakukan perhitungan yang cermat untuk menentukan berapa banyak hebel yang diperlukan.

Berikut adalah beberapa ukuran hebel yang umumnya tersedia di pasaran:

1. Ukuran hebel dengan panjang 60 cm, lebar 20 cm, dan ketebalan 7.5 cm

Hebel dengan ketebalan ini cocok untuk dinding interior yang tidak memerlukan isolasi suara atau perlindungan termal yang ekstra. Mungkin juga cocok untuk proyek dinding eksterior yang tidak terlalu ekspos terhadap cuaca ekstrem.

2. Ukuran hebel dengan panjang 60 cm, lebar 20 cm, dan ketebalan 10 cm

Hebel yang sedikit lebih tebal ini biasanya digunakan untuk dinding eksterior, memberikan sedikit perlindungan tambahan terhadap cuaca dan suara.

3. Ukuran hebel dengan panjang 60 cm, lebar 20 cm, dan ketebalan 12,5 cm

Ukuran ini sering dipilih untuk dinding eksterior, terutama di daerah dengan iklim yang lebih ekstrem. Ketebalan ini memberikan isolasi suara dan perlindungan termal yang lebih baik.

4. Ukuran hebel dengan panjang 60 cm, lebar 20 cm, dan ketebalan 15 cm

Hebel berketebalan 15 cm ideal untuk proyek yang membutuhkan isolasi suara dan perlindungan termal yang tinggi, seperti dinding pemisah antara ruang-ruang dalam rumah.

5. Ukuran hebel dengan panjang 60 cm, lebar 20 cm, dan ketebalan 20 cm

Ukuran ini umumnya digunakan untuk dinding struktural yang mendukung beban berat, seperti dinding luar yang harus kuat dan tahan terhadap tekanan atau dinding penopang di konstruksi yang lebih besar.

Pemilihan ukuran hebel yang tepat akan tergantung pada kebutuhan konstruksi Anda, termasuk faktor-faktor seperti ketahanan terhadap beban, isolasi suara, dan perlindungan termal. Sebelum membeli hebel, hitunglah kebutuhan hebel Anda secara teliti agar proyek konstruksi Anda dapat berjalan dengan baik dan efisien.

Keunggulan Hebel

Sudah Mengenal Hebel (Bata Ringan) kan? nah meskipun bata hebel biasanya lebih mahal daripada bata merah, kelebihan-kelebihan berikut ini membuatnya menjadi pilihan yang menarik untuk konstruksi bangunan:

1. Bobot yang Ringan

Salah satu keunggulan utama bata hebel adalah bobotnya yang ringan. Bobot yang rendah memudahkan tukang bangunan dalam pemasangan, terutama di bagian atas bangunan. Material yang lebih berat memerlukan lebih banyak waktu dan usaha dalam mobilisasi dari bawah ke atas. Dengan bobot yang ringan, proses pemasangan bata hebel menjadi lebih cepat.

2. Bentuk Seragam dan Simetris

Bata hebel memiliki bentuk yang seragam dan simetris karena diproduksi melalui cetakan mesin. Hal ini memastikan bahwa ukuran dan bentuk bata hebel konsisten dan rapi. Keberagaman ukuran dan bentuk menjadi lebih kecil dibandingkan dengan bata tradisional. Proses cetakan mesin juga menghasilkan permukaan yang lebih rata dan halus, memudahkan proses pemasangan.

3. Finishing Mudah

Proses pemasangan yang cepat dan permukaan yang rata membuat finishing bata hebel lebih mudah. Anda tidak perlu menggunakan pelapis yang tebal pada permukaannya, sehingga menghemat biaya material finishing.

4. Ketahanan yang Kuat

Meskipun memiliki bobot yang ringan, bata hebel memiliki ketahanan yang baik. Ini karena bata hebel terbuat dari bahan berkualitas, termasuk semen yang merupakan perekat yang kuat. Sehingga, bata hebel memiliki ketahanan yang baik terhadap beban dan tekanan.

5. Isolasi Termal yang Baik

Keunggulan terakhir bata hebel adalah kemampuannya sebagai isolator suhu yang baik. Bata hebel memiliki pori-pori yang mampu menyerap panas dari luar bangunan, menjaga suhu dalam ruangan tetap sejuk dan mengurangi panas yang masuk ke dalam bangunan.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Hebel : Pahami Sebelum Menggunakannya

Penutup

Dalam penutup artikel ini, empatpilar.com telah Mengenal Hebel (Bata Ringan), yang juga dikenal sebagai bata ringan. Hebel adalah bahan konstruksi yang semakin populer dan digunakan secara luas dalam berbagai proyek pembangunan. Keunggulan bata ringan ini, seperti ringan, kuat, dan memiliki sifat isolasi yang baik, membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi para kontraktor dan pemilik rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *