Harga Borongan Pasang Hebel Per Meter

Daftar Harga Borongan Pasang Hebel Per Meter : Terbaru Saat Ini

Posted on

Empat Pilar – Daftar Harga Borongan Pasang Hebel Per Meter : Terbaru Saat Ini. Jika kalian merencanakan proyek konstruksi, kalian mungkin sudah pernah mendengar istilah Daftar Harga Borongan Pasang Hebel. Frasa ini mengacu pada daftar harga untuk pemasangan blok Hebel, bahan konstruksi yang populer. Dalam panduan komprehensif ini, kami akan membantu kalian memahami segala hal tentang Harga Borongan Pasang Hebel Per Meter, termasuk harga, bahan, dan wawasan dari para ahli.

Mengenal Hebel

Hebel, atau yang dikenal sebagai bata ringan, merupakan jenis bata yang terbuat dari campuran pasir silika, gypsum, batu kapur, semen, air, dan serbuk aluminium. Campuran ini kemudian diawetkan dengan proses pemanasan dan tekanan tinggi menggunakan alat yang disebut autoclave. Dengan demikian, hebel memiliki sifat kedap suara, tahan terhadap api, dan juga tahan terhadap serangan jamur. Hebel dapat digunakan baik untuk bagian eksterior maupun interior bangunan, dan dapat diwarnai dengan campuran stucco atau panel plastik sesuai keinginan. Kemudahan pemasangan hebel telah menjadikannya populer di kalangan masyarakat.

Hebel sangat cocok digunakan dalam bangunan tinggi yang mungkin menghadapi variasi suhu. Bangunan bertingkat yang menggunakan hebel memerlukan lebih sedikit baja dan beton sebagai pondasi karena hebel memiliki bobot yang ringan. Penggunaan semen dalam pemasangan hebel juga lebih efisien karena jumlah sambungan yang lebih sedikit. Hebel juga cocok untuk digunakan dalam daerah beriklim dingin karena mampu menyimpan panas dengan baik, sehingga tidak perlu menambahkan material tambahan untuk menjaga suhu. Hal ini mempercepat penyelesaian proyek konstruksi dan mengurangi biaya secara signifikan.

Perlu dicatat bahwa Hebel sebenarnya merupakan merek dagang. Produksi pertama Hebel di Indonesia dimulai pada tahun 1995 oleh PT Hebel Indonesia di Jawa Barat. Pada awalnya, produk ini hanya tersedia di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Meskipun PT Hebel Indonesia telah bangkrut beberapa tahun yang lalu, istilah “hebel” masih digunakan secara umum oleh masyarakat untuk menyebut bata ringan, sehingga istilah “hebel” tetap populer hingga saat ini.

Kelebihan Hebel

Berikut ada beberapa Kelebihan Pemanfaatan Hebel yang bisa kalian ketahui :

  1. Mengurangi Fluktuasi Suhu Ruangan yang Signifikan.
  2. Kestabilan Struktur yang Kebal Api.
  3. Tingkat Presisi Tinggi dalam Pemotongan, Mengurangi Pemborosan Material.
  4. Penggunaan Material yang Efisien dan Dampak Lingkungan yang Minim dari Awal hingga Akhir Siklus Hidup.
  5. Bobot Ringan yang Menyederhanakan Transportasi, Mengurangi Biaya Tenaga Kerja, dan Meningkatkan Ketahanan Terhadap Gempa.
  6. Ukuran yang Lebih Besar, Mempercepat Proses Konstruksi.
  7. Mengurangi Biaya Proyek untuk Konstruksi Berskala Besar.
  8. Ramah Lingkungan dengan Pemberian Ventilasi yang Baik.
  9. Bebas dari Gas Beracun.
  10. Umur Panjang yang Menjaga Keberlanjutan.

Cara Menghitung Volume untuk Pemasangan Hebel

Untuk menghitung volume pekerjaan pemasangan dinding dengan menggunakan material hebel, berikut adalah langkah-langkahnya:

Contoh:

Kita akan menghitung volume untuk membangun rumah berukuran 8 x 12 meter dengan menggunakan hebel sebagai material dinding, dan tinggi dindingnya adalah 3.5 meter.

1. Mulailah dengan mengukur panjang dan lebar rumah

  • Panjang rumah: 12 meter
  • Lebar rumah: 8 meter
  • Tinggi dinding hebel: 3.5 meter

2. Hitung keliling bangunan dengan rumus

  • Keliling bangunan = (2 x Panjang) + (2 x Lebar)
  • Keliling bangunan = (2 x 12) + (2 x 8) = 40 meter
Baca Juga :  Harga Pasang HPL (High Pressure Laminated) Terbaru Saat Ini

3. Hitung volume pekerjaan pemasangan dinding hebel dengan rumus

  • Volume = Keliling bangunan x Tinggi dinding
  • Volume = 40 meter x 3.5 meter = 140 meter kubik

Jadi, total volume pekerjaan pemasangan dinding hebel untuk rumah berukuran 8 x 12 meter adalah sekitar 140 meter kubik. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat menghitung volume yang dibutuhkan untuk pemasangan hebel dalam proyek konstruksi rumahmu.

Daftar Harga Borongan Pasang Hebel Per Meter

Nah, setelah mengetahui besaran volume dinding rumah, barulah kamu bisa menghitung harga borongan tenaga pasang hebel.

Berikut adalah daftar harga borongan pasang hebel per meter persegi:

1. Harga Borongan Tenaga Pasang Hebel

Untuk menghitung harga borongan pasang hebel, langkah pertama adalah menentukan volume pekerjaan. Misalnya, jika rumah memiliki ukuran 8×12 meter, maka volume pekerjaan adalah 140 m2. Selanjutnya, kita akan menghitung harga borongan dengan langkah berikut:

  • Upah per hari tukang pasang hebel: Rp150.000
  • Koefisien Standar Nasional Indonesia (SNI): 0,1

Perhitungan:

  • Upah borongan = Volume x Upah per hari x Koefisien SNI
  • Upah borongan = 140 m2 x Rp150.000 x 0,1 = Rp2.100.000

Dengan demikian, estimasi harga borongan pasang hebel per meter persegi adalah sekitar Rp2.100.000.

2. Harga Material Hebel

Terdapat dua jenis bata ringan hebel dengan ketebalan 10 cm dan 7,5 cm, dengan ukuran panjang dan lebar yang sama, yaitu 60 cm x 20 cm. Harga bata ringan hebel di pasaran berkisar antara Rp700.000 hingga Rp900.000 per meter kubik. Untuk menghitung berapa banyak bata yang dibutuhkan, berikut adalah informasinya:

  • Ketebalan 10 cm: sekitar 83 pcs/m3
  • Ketebalan 7,5 cm: sekitar 111 pcs/m3

Anda dapat memilih jenis bata sesuai kebutuhan dalam proses pembangunan atau renovasi rumah.

3. Harga Pemasangan Hebel Per M2 Tahun 2023 dengan Mortar

Untuk memasang hebel dengan ketebalan 10 cm pada bidang dinding pengerjaan 1 meter persegi, termasuk penggunaan lem PM Mortar, Anda dapat menghitungnya sebagai berikut:

  • Harga bata ringan hebel (0.105 m3 x Rp700.000) = Rp73.500
  • Harga lem mortar (0,1 Sak x Rp80.000) = Rp8.000
  • Ongkos pasang (1 M2 x Rp25.000) = Rp25.000
  • Biaya peralatan (1 Lot x Rp3.500) = Rp3.500

Total harga pemasangan hebel per meter persegi yang perlu Anda siapkan adalah Rp110.000.

Penutup

Dalam penutup artikel ini, empatpilar.com telah menjelaskan secara rinci tentang harga borongan pasang hebel per meter. Harga ini dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk lokasi, ukuran proyek, dan pilihan material. Penting untuk selalu mendapatkan penawaran dari beberapa kontraktor atau pemasok untuk memastikan kalian mendapatkan harga yang kompetitif dan sesuai dengan anggaran kalian.

Semoga informasi tentang harga borongan pasang hebel per meter ini bermanfaat bagi kalian dalam merencanakan proyek konstruksi kalian. Jika kalian memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan tambahan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan para profesional di bidang ini. Selamat mengerjakan proyek kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *