Pengertian Buletin dan Fungsinya

Pengertian Buletin dan Fungsinya : Pahami dengan Baik

Posted on

Empat Pilar – Pengertian Buletin dan Fungsinya : Pahami dengan Baik. Kalian akan menemukan pengertian buletin dan fungsinya, serta bagaimana buletin dapat menjadi alat komunikasi yang efektif. Pelajari tentang berbagai jenis buletin dan bagaimana cara membuatnya yang menarik.

Dalam era digital saat ini, informasi menjadi sesuatu yang sangat penting dan berharga. Salah satu cara untuk menyampaikan informasi adalah melalui buletin. Namun, apa sih pengertian buletin dan fungsinya?

Artikel ini akan membahasnya secara mendalam, mulai dari pengertian, fungsi, hingga cara membuat buletin yang menarik. Yuk, simak ulasannya!

Pengertian Buletin

Pengertian Buletin dan Fungsinya, buletin adalah sebuah publikasi yang diterbitkan secara berkala oleh sebuah organisasi, yang membahas perkembangan suatu topik atau aspek tertentu.

Buletin ini ditujukan untuk khalayak yang lebih spesifik, yang terkait dengan bidang tertentu. Isi dari buletin ini umumnya singkat dan padat, mirip dengan berita, dan menggunakan bahasa formal serta banyak istilah teknis yang berkaitan dengan bidang tersebut.

Desain, foto, dan ilustrasi dalam buletin umumnya memiliki kesan formal. Ukuran buletin biasanya menggunakan A4 (210 x 297 mm) atau eksekutif (7¼ x 10½ inci).

Jumlah halaman buletin yang diterbitkan secara berkala selama 1-2 bulan biasanya agak tebal, yaitu sekitar 36-120 halaman, yang berisi informasi tentang topik yang dibahas.

Fungsi dari Buletin

Pengertian Buletin dan Fungsinya, apa sebenarnya fungsi dari buletin? Menurut Onong U, buletin memiliki berbagai fungsi sebagai media komunikasi, seperti:

  1. Memberikan informasi kepada masyarakat tentang peristiwa, ide, dan tingkah laku orang lain untuk disampaikan kepada orang lain.
  2. Menjadi sarana pendidikan dengan cara menyampaikan ide dan pengetahuan kepada orang lain melalui komunikasi manusia.
  3. Memiliki fungsi untuk memengaruhi. Tulisan di dalam buletin dapat membantu memengaruhi individu serta pola pikir dan perilaku yang diharapkan.
  4. Berfungsi untuk menghibur dengan menyampaikan hiburan atau menghibur orang lain melalui buletin.

Dengan banyaknya fungsi tersebut membuat buletin memiliki kekuatan untuk menyampaikan sebuah pendapat atau ide.

Ciri-Ciri Buletin

Setelah memahami Pengertian Buletin dan Fungsinya, selanjutnya jika masih bingung dengan ciri-ciri buletin, berikut adalah beberapa ciri khas dari buletin:

  • Dibuat oleh organisasi, lembaga, atau yayasan tertentu.
  • Isi buletin berisi pikiran atau ide dari organisasi atau lembaga tersebut.
  • Biasanya memiliki edisi dengan tema yang berbeda.
  • Fokus pada bidang tertentu.
  • Terbit secara teratur, seperti seminggu sekali atau sebulan sekali.
  • Bentuknya seperti selebaran atau majalah singkat.
  • Biasanya menggunakan ukuran A4 atau A5.
  • Ditujukan untuk khalayak yang lebih spesifik dan sesuai dengan bidang tertentu.
  • Penulisan dalam buletin umumnya singkat dan menggunakan bahasa formal dengan istilah teknis yang berkaitan dengan bidang tertentu.
  • Desain dan ilustrasi dibuat secara formal.
  • Berisi tulisan dan berita terkait dengan kegiatan organisasi yang menerbitkan buletin.

Biasanya memiliki ciri serius, tergantung pada masing-masing lembaga yang menerbitkan. Setiap buletin juga memiliki ciri khas yang berbeda.

Tujuan Pembuatan Buletin

Tujuan dari pembuatan buletin adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kemampuan menjadi jurnalis yang baik.
  2. Menumbuhkan minat baca melalui daya tarik buletin.
  3. Meningkatkan jumlah pembaca yang tertarik untuk membaca buletin.
  4. Meningkatkan keasyikan bagi para penggemar membaca.
  5. Meningkatkan minat baca orang yang sebelumnya tidak tertarik untuk membaca.
Baca Juga :  Kelebihan Dan Kekurangan Biznet, Ketahui Sebelum Berlangganan

Hubungan Buletin dan Komunikasi

Sudah memahami Pengertian Buletin dan Fungsinya?. Menurut Oemi Abdurachman dalam bukunya “Dasar-Dasar Public Relations”, salah satu tugas humas adalah melakukan komunikasi yang persuasif dan informatif.

Salah satu cara untuk melakukan komunikasi yang persuasif dan informatif adalah melalui brosur, surat, atau buletin.

Media ini dapat mengirim pesan ke lebih banyak orang dalam waktu yang singkat.

Buletin adalah publikasi berkala yang diterbitkan secara teratur sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan merupakan salah satu media informasi yang efektif.

Berikut adalah Jenis buletin :

1. Buletin Forum

Bulletin board adalah tempat di mana orang dapat meninggalkan pesan-pesan untuk dilihat oleh publik.

Biasanya digunakan untuk mengiklankan barang-barang yang ingin dibeli atau dijual, mengumumkan acara-acara yang akan diselenggarakan, atau memberikan informasi lainnya.

Dalam dunia komputer, bulletin board sering dikenal sebagai bulletin board systems. Aplikasi ini telah populer selama bertahun-tahun. Istilah bulletin board systems juga sering dikenal sebagai forum internet.

2. Bulletin Board System (BBS)

Sistem bulletin board (BBS) adalah sistem komputer yang menggunakan perangkat lunak untuk memungkinkan pengguna untuk menghubungkan ke sistem melalui saluran telepon dan menggunakan program terminal untuk melakukan berbagai fungsi, seperti mengunduh perangkat lunak dan data, memainkan game, membaca berita, dan berkomunikasi dengan pengguna lain melalui pesan.

3. Fenomena Sosial

Bulletin board system (BBS) merupakan perintis dalam bentuk modern dari world wide web dan aspek.

Cara Pembuatan Buletin Kampus

Setelah mengetahui dan memahami Pengertian Buletin dan Fungsinya, selanjutnya untuk membuat jenis Buletin di dalam Kampus, diperlukan strategi yang cukup baik. Hal ini penting untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan akan cepat dikenal dan diketahui oleh setiap orang.

Berikut adalah beberapa cara pembuatan Buletin Kampus yang dapat dilakukan:

1. Latar Belakang Pembuatan Buletin Kampus

Langkah pertama dalam pembuatan Buletin Kampus adalah menuliskan latar belakang atau alasan mengapa Buletin Kampus tersebut dibuat.

Ini penting untuk memastikan struktur pertama yang formal dan dilakukan dengan benar.

2. Sumber Daya Manusia (Struktur Organisasi yang Jelas)

Penyebutan mengenai sumber daya manusia atau SDM juga sangat penting dalam pembuatan Buletin Kampus.

Struktur organisasi yang jelas seperti Ketua Redaksi, Pimpinan Umum, Sekretaris, dan Pelindung juga harus disebutkan dengan jelas.

3. Logo dan Hal yang Menarik Lainnya

Pencantuman logo dan hal-hal menarik seperti tulisan, karya, prestasi, dan lain-lain juga sangat diperlukan dalam membuat Buletin Kampus yang menarik.

Hal ini akan membuat pembaca tertarik dan terus membaca Buletin Kampus tersebut.

Dengan menerapkan cara pembuatan Buletin Kampus yang tepat, diharapkan Buletin Kampus tersebut dapat menjadi media informasi yang efektif dan berguna bagi seluruh civitas akademika di dalam Kampus.

Penutup

Sebagai penutup, buletin telah menjelma sebagai salah satu bentuk informasi yang efektif dan efisien dalam mengkomunikasikan berbagai jenis berita.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pengertian buletin dan fungsinya, kita dapat memanfaatkannya sebagai alat yang ampuh untuk menyampaikan informasi penting dan terkini kepada khalayak yang dituju.

Selain itu, buletin dapat menghemat waktu dan tenaga dengan menyajikan informasi yang ringkas dan mudah dipahami.

Teruslah menggali keberagaman format buletin dan nikmati cara-cara baru dalam mendapatkan informasi yang lebih menarik dan informatif.

Mungkin itu saja yang bisa empatpilar.com bahas mengenai Pengertian Buletin dan Fungsinya. Semoga bermanfaat

Baca Juga :  Pengertian Derajat Kebebasan (Degree of Freedom) : Jenis Perhitungan dan Rumusnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *