Pengertian Storage (Penyimpanan)

Pengertian Storage (Penyimpanan) Fungsi dan Contohnya

Posted on

Pengertian Storage (Penyimpanan) – Kita biasanya menyimpan berbagai barang di kamar, lemari, dan tempat-tempat lainnya. Kemudian dimana kita akan menyimpan barang atau data yang bentuknya digital? Tidak mungkin kalau kita membuat kotak khusus untuk menyimpan data digital. Perkembangan teknologi memungkinkan kita untuk menyimpan data digital dengan aman dan sederhana. Salah satu tempat yang bisa kita gunakan untuk menyimpan data digital adalah Storage.

Perangkat gadget seperti smartphone, laptop, DSLR, tablet, dan beberapa lainnya pasti dilengkapi dengan Storage. Storage ini memiliki fungsi untuk menyimpan data yang diambil, disimpan, atau diolah oleh perangkat gadget. Tetapi tahukah kamu apa yang disebut dengan Storage itu?

Pengertian Storage (Penyimpanan)

Ruang penyimpanan atau storage adalah tempat menyimpan data atau file yang memanfaatkan teknologi komputer dalam operasinya. Dengan adanya storage, Anda dapat menyimpan data baik sementara maupun permanen.

Contoh storage yang umum digunakan di banyak perusahaan seperti hard disk, flash drive, dan masih banyak lainnya. Melalui perangkat tersebut, Anda dapat menyimpan data atau file dalam bentuk dokumen digital, foto, video, dan lain sebagainya.

Dalam dunia komputer, storage memiliki arti yang berbeda dengan memori. Memori lebih kepada tempat penyimpanan data sementara yang akan selalu dibersihkan setiap komputer dimatikan. Sedangkan storage dapat menyimpan data secara permanen dan dapat Anda akses di kemudian hari.

 

Jenis-Jenis dan Contoh Storage

Primary storage

Adalah ruang penyimpanan utama yang disebut juga sebagai internal storage. Ruang penyimpanan jenis ini adalah bagian dari CPU yang menyimpan instruksi program, data input, serta hasil operasi komputer lainnya.

Primary storage umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil. Beberapa contoh primary storage seperti:

1. RAM (Random Access Memory)

RAM termasuk ke dalam perangkat penyimpanan utama yang berfungsi untuk melayani processor komputer dalam mengolah data. RAM menyediakan layanan penyimpanan sementara yang mentransfer data dari harddisk ke processor.

2. ROM (Read Only Memory)

ROM adalah media penyimpanan yang menyimpan informasi secara permanen. ROM termasuk ke dalam unit memori utama komputer bersama dengan Random Access Memory (RAM).

Disebut Read Only Memory karena Anda hanya dapat membaca program dan data yang tersimpan di dalamnya, tanpa dapat membuat atau menulis. ROM dibatasi untuk membaca kata-kata yang disimpan secara permanen di dalam unit komputer.

Secondary Storage

Contoh ruang penyimpanan selanjutnya adalah secondary storage. Ruang penyimpanan sekunder ini terletak di bagian luar perangkat komputer dan umumnya digunakan untuk menyimpan program maupun data permanen dalam jangka panjang.

Beberapa contoh secondary storage seperti:

1. HDD (Hard Disk Drive)

HDD adalah perangkat penyimpanan tradisional yang berbentuk piringan yang dapat digunakan untuk membaca dan menulis data.

2. SSD (Solid State Drive)

Berbeda dengan HDD, SSD menggunakan teknologi terbaru yang bekerja dengan menyimpan data pada chip memori serta dapat diakses dengan lebih mudah.

Baca Juga :  2 Distro Linux Mirip Windows : Saran Terbaik Buat Kalian

3. CD (Compact Disc)

Compact disc atau cakram optik digital adalah media penyimpanan berbentuk cakram yang dapat digunakan untuk menyimpan data. Jika dibandingkan dengan jenis media penyimpanan lainnya, CD memiliki ukuran yang lebih kecil.

4. DVD (Digital Versatile Disc)

Disk serbaguna digital atau DVD termasuk ke dalam media penyimpanan optik yang mirip dengan CD, tetapi dengan kapasitas penyimpanan data yang ditingkatkan serta kualitas format video dan audio yang lebih tinggi.

5. Pen/Flash drive

Pen atau flash drive dikenal juga dengan USB flash drive. Media penyimpanan yang satu ini menjadi salah satu yang paling populer karena praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

 

Fungsi dari Storage

Secara umum, fungsi penyimpanan adalah fungsi disk untuk input atau output. Penyimpanan primer dan sekunder memiliki karakteristik masing-masing. Berikut beberapa fungsi pengarsipan yang umum:

1. Media Penyimpanan

Ini adalah fungsi utama unit, yaitu sebagai pembawa informasi. Kita dapat menyimpan berbagai jenis file di memori. Dan pada umumnya kita juga menggunakan storage untuk menyimpan berbagai jenis data.

2. Media Akses

Jika kita memiliki data yang tersimpan di memori, maka kita bisa mengaksesnya kapan saja dimana saja selama ada gadget yang menampung memori tersebut. Repositori kemudian bertindak sebagai sarana akses.

Selain itu, pengarsipan juga dapat berfungsi sebagai media proses. Artinya saat kita bekerja dengan gadget, otomatis pekerjaan tersebut tersimpan sementara. Dengan cara ini, kita tidak kehilangan data apapun.

 

Demikian ulasan mengenai Pengertian Storage (Penyimpanan) Fungsi dan Contohnya, semoga mudah kalian pahami dan bisa menambah wawasan pastinya. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *